Bacaterus / Film India / 10 Rekomendasi Film India tentang Keluarga yang Mengharukan

10 Rekomendasi Film India tentang Keluarga yang Mengharukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Desember 2019

Keluarga adalah rumah, tempat kita dapat melakukan banyak hal. Mereka terkadang membuatmu kesal dan marah, tetapi bagaimanapun juga mereka adalah keluarga. Mereka selalu ada untuk kita di saat kita membutuhkan perlindungan dan melakukan hal yang menyenangkan. Keluarga adalah tempat kita melepaskan semua penat dan kebosanan rutinitas kerja.

Banyak film India yang bertemakan tentang keluarga mengharukan. Film bergenre keluarga ini  menghadirkan tontonan yang dapat kita nikmati dengan santai bersama seluruh anggota keluarga. Film bertema keluarga umumnya menyentuh perasaan kita, bahkan membuat kita tertawa riang. Pilihan film India bertema keluarga berikut ini mungkin bisa kamu nikmat bersama keluarga.

1. Life Of Pi (2012)

Film ini dirilis pada tahun 2012 dan merupakan sebuah adapatasi dari novel dengan judul yang sama karya Yann Martel. Pemain dari film ini adalah Suraj Sharma, Irrfan Khan, Adil Hussain. Film ini disutradarai oleh Ang Lee, dan penulis naskahnya adalah David Magee.

Sang penulis meminta Pi Patel untuk menceritakan kisah hidupnya. Pi Patel menceritakan kisah masa kecilnya di Pondicherry, India, serta asal usul dari nama panggilannya. Sang ayah yang berkeinginan pindah ke Kanada  dengan membawa seluruh binatang peliharaannya.

Mereka pergi ke Kanada dengan menumpangi sebuah kapal Kargo Jepang dengan semua hewan peliharaannya. Tiba-tiba badai datang dan menenggelamkan kapal mereka. Pi dapat bertahan dengan sekoci yang berisikan zebra, orangutan, dan harimau jantan yang dijuluki Richard Parker. Mereka semua terombang ambing di samudra Pasifik. Pi harus menemukan jalan untuk bertahan. Apakah Pi bisa selamat?

2. Kabhi Khushi Kahbi Gham (2001)

Kabhi Khushi Kahbi Gham

Saat memikirkan film bertema keluarga, kita tak akan melewatkan film Kabhi Khushi Kabhi Gham. Film ini diisi oleh para pemain yang ternama seperti Amithabh Bachchan, Jaya Bachchan, Kajol, Shah Rukh Khan, Hrithik Roshan, Kareena Kapoor, dan Rani Mukerji. Kabhi Kushi Kabhi Gham dirilis pada tahun 2001 dan di sutradai oleh Karan Johar.

Film ini mengisahkan hubungan antara ayah dan anak yang menjadi renggang. Kerenggangan ini diakibatkan sang anak memilih menikahi wanita pilihannya yang berasal dari kalangan kelas menengah. Diceritakan pula bagaimana sang adik berusaha menyatukan kembali keluarganya yang terputus. Banyak mana akhir cerita keluarga ini? Jangan lewatkan untuk menonton filmnya.

3. English Vinglish (2012)

English Vinglish

Sashi adalah seorang ibu rumah tangga yang mencari nafkah dengan menjual ladoos. Kemampuan bahasa Inggrisnya yang kurang menyebabkan anak dan suaminya sering mengejeknya. Saat dia pergi ke New York untuk membantu pernikahan saudaranya, dia bertekad untuk belajar bahasa Inggris. Dia mulai mengikuti kursus bahasa Inggris dengan uang yang dia miliki.

Film ini dirilis pada tahun 2012, disutradarai oleh Gauri Shinde. Tokoh utama dari film ini diperankan oleh Sri Devi, yang karakternya terinspirasi dari Ibu Shinde sendiri. Film ini merupakan kembalinya Sri Devi setelah 15 tahun Vakum dari dunia perfilman. Cerita yang sederhana tetapi sangat indah,  yang mengajarkan kita untuk menghargai setiap anggota keluarga.

4. Taare Zameen Par (2007)

Taare Zameen Par

Film ini mengisahkan tentang seorang anak yang berusia delapan tahun bernama Ishaan Awasthi. Dia memiliki kesulitan memahami pelajaran di sekolahnya. Dunianya dipenuhi oleh keajaiban yang tidak dihargai oleh siapapun. Dia sering dianggap biang masalah. Dia pun dikirim ke sekolah asrama yang tidak membuatnya jadi lebih baik. Dia kesepian dan mengalami trauma perpisahan dengan keluarga.

Suatu hari seorang guru seni baru datang dan memberikan para murid suasana penuh dengan optimisme dan kebahagiaan. Guru baru itu adalah Ram Shankar Nikumbh. Dia mendobrak semua sistem yang ada. Dia mengajarkan murid untuk berpikir, bermimpi, dan berimajinasi.

Tetapi hanya Ishaan yang tidak merespon dengan bahagia seperti murid lainnya. Nikumbh menyadari bahwa Ishaan mengalami disleksia. Maka dengan waktu, kepeduliannya, serta kesabarannya, dia membantu Ishaan dan keluarganya untuk dapat mengatasi kekurangan yang dia miliki. Tokoh Ishaan diperankan oleh Darsheel Safary dan Aamir Khan memerankan tokoh Ram Shankar Nikumbh.

5. 3 Idiots (2009)

3 Idiots

Film ini mengisahkan 3 mahasiswa teknik  dari Imperial College of Engineering (ICE) yaitu. Rancho, Raju, dan Farhan. Ketiganya harus menghadapi kesulitan serta tekanan yang mereka hadapi di sekolah. Penindasan pun harus mereka alami dari dosen yang juga merupakan direktur dari ICE.

Selain menyoroti masalah pendidikan, film ini pun memperlihatkan masalah hubungan anak dan orang tua. Orangtua memiliki harapannya sendiri dan anak-anak memiliki impiannya masing-masing. Mereka harus memilih antara memenuhi ekspektasi orangtua atau mengejar impian mereka sendiri. Dan bagaimana mereka harus menemukan jalan yang terbaik untuk dilema yang mereka hadapi.

3 Idiots disutradarai oleh Rajkumar Hirani. Adapun para pemainnya adalah Aamir Khan sebagai Ranchoddas, R. Madhavan memerankan Farhan Quresh, Sharman Joshi sebagai Raju Rastogi, dan Kareena Kapoor memerankan tokoh Pia Sahastrabuddhe.

6. Dilwale Dulhaniya le Jayenge (1995)

Dilwale Dulhaniya le Jayenge

Film yang dirilis pada tahun 1995 ini memiliki rekor sebagai film terlama tayang di bioskop. Film ini memegang rekor bertahan tayang selama 600 minggu di bioskop. Di Industri film Bollywood film ini adalah film keluarga terbaik yang disukai semua generasi. Sutradara dari film ini adalah anak dari Yash Copra yaitu Aditya Chopra dan diperankan oleh Shah Rukh Khan sebagai Raj Malhotra dan Kajol sebagai Simran Singh.

Diceritakan Raj dan Simran bertemu di sebuah stasiun kereta di Eropa untuk pertama kali. Tetapi pertemuan itu belum membuat mereka jatuh cinta sama lain. Mereka mulai jatuh cinta selama perjalanan liburan mereka. Masalah mulai timbul saat Simran Kembali ke India untuk dinikahkan.

Atas saran sang ayah Raj menyusul Simran ke India agar dapat menikahinya. Raj harus  dapat mengambil hati dari dari keluarga Simran agar dapat menikahinya. Namun ayah Simran telah berjanji akan menikahkan Simran dengan anak sahabatnya. Ini membuat rumit rencana Raj yang berniat untuk menikahi wanita yang dicintainya itu.

7. Swades (2004)

Swades

Film ini akan memiliki nilai khusus bagi banyak warga India-Amerika. Mohan  yang diperankan Shah Rukh Khan adalah seorang ilmuwan hebat yang telah bekerja dengan NASA. Kembalinya dia ke India adalah untuk mencari sang pengasuh yang telah membesarkannya agar dia dapat membawanya ke Amerika.

Perjalanan Mohan yang sederhana telah berubah menjadi sebuah perjalanan yang menunjukan dari mana dia berasal. Dia menemukan sang pengasuh tinggal di sebuah desa kecil bersama teman masa kecilnya Gita. Tak hanya menemukan sang pengasuh tetapi dia juga menyaksikan kemiskinan yang diderita oleh warga desa.

Bersama Gita teman masa kecilnya Mohan mulai membantu warga desa. Dia sadar dengan kemampuannya dia dapat memberikan perubahan pada kehidupan warga desa.

8. Dangal (2016)

Dangal

Film Dangal adalah sebuah kisah nyata dari Mahavir sigh Phogat. Mahavir adalah seorang pegulat senior di India. Geeta phogat dan Babita Kumari adalah kedua anak perempuannya yang telah berhasil dia latih menjadi seorang Pegulat kelas dunia. Di Commonwealth Games 2010 keduanya berhasil memperoleh medali.

Semuanya berawal dari impian Mahavir yang menginginkan anak laki-lakinya mendapatkan medali emas. Tetapi dia kecewa karena keempat anaknya terlahir sebagai perempuan. Disaat kedua anaknya Geeta dan Babita pulang setelah berkelahi dengan pria, dia sadar bahwa anaknya memiliki potensi menjadi seorang pegulat. Maka dia mulai melatih kedua anaknya.

Metode yang diterapkan oleh Mahavir terlihat kasar sehingga dia ditentang oleh para penduduk desa. Tetapi dia tidak bergeming. Awalnya kedua anaknya pun membenci apa yang dilakukannya, tapi akhirnya mereka menyadari niat tulus sang ayah. Film ini dibintangi oleh Aamir Khan, Sakshi Tanwar, Fatima Sana Shaikh, Zaira Wasim, Sanya Malhotra, Suhani Bhatnagar, Aparshakti Khurana, dan Girish Kulkarni.

9. I am Kalam (2010)

I am Kalam

Film ini merupakan sebuah perayaan untuk jiwa manusia yang mampu bertahan dalam berbagai rintangan dalam hidup. Kebutuhan akan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu menjadi sorotan utama film ini. Kehidupan mantan Presiden India A.P.J. Abdul Kalam yang mendasari dibuatnya film ini.

Tujuan dari film ini adalah agar dapat menginspirasi orang tua dari kalangan kurang mampu agar mau mendidik anak-anaknya. Film ini mengisahkan seorang anak yang pintar bernama Chottu. Tetapi dia memanggil dirinya sendiri Kalam. Chottu dititipkan kepada pamannya Bathi oleh ibunya, yang terletak di pinggiran kota. Kepintarannya bisa mengalahkan asisten pamannya yang seorang dewasa.

Perubahan terjadi saat Chhotu kebetulan menyaksikan mantan Presiden APJ Abdul Kalam di televisi. Pesan Kalam “jika kamu percaya pada mimpimu, lakukanlah” terasa mengena baginya. Dan ketika dia bertemu Kunwar muda dari istana terdekat di mana dia pergi untuk menyajikan teh setiap pagi, Chhotu menjalankan rencananya. Dia membuat ikatan dengan pangeran kecil dan membuat kesepakatan dengannya.

10. Khosla Ka Ghosla! (2006)

Khosla Ka Ghosla

Film ini bercerita tentang seorang pria pria sederhana di New Delhi. Dia bernama K.K. Khosla. Dia memimpikan tentang kematiannya, tetapi tak satupun yang peduli. Orang-orang di sekitarnya hanya mementingkan kebutuhan materi saja. Disaat dia tertipu oleh seorang agen properti, anak-anaknya dan temannya membantunya untuk mendapatkan tanahnya kembali.

Sutradara film ini membuktikan bahwa bukan bintang besar yang membuat sebuah film sukses. Ada film yang bisa sukses dan bisa memperoleh box office tanpa bintang besar. Film ini menjadi sukses karena memiliki cerita yang bagus dan akting yang baik. Film ini disutradarai oleh Dibakar Banerjee, dengan pemeran utamanya Anupam Kher.

Itulah kesepuluh film India dengan tema keluarga yang bisa kita tonton dengan santai di akhir pekan. Adakah film yang menjadi pilihanmu? Baca juga artikel film India paling inspiratif sepanjang masa ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *