10 Film Horror Jepang yang Menyeramkan dan Menegangkan

Ditulis oleh Erika Erilia

Jepang termasuk salah satu negara Asia penghasil film-film horror yang paling menakutkan. Bahkan, sudah banyak film horror Jepang yang dilirik oleh Hollywood dan dibuatkan versi Amerikanya. Selain ceritanya yang menarik, hampir semua film horror Jepang mampu menghadirkan atmosfer suram yang semakin menambah ketegangan.

Setidaknya ada dua jenis film horor yang sangat diminati oleh banyak orang, yaitu yang berhubungan dengan hantu dan juga film yang penuh adegan gore atau berdarah-darah. Tapi untuk kali ini, Bacaterus akan merekomendasikan 10 film horror Jepang yang berkaitan dengan makhluk tak kasat mata. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftarnya di bawah.

1. Ringu

Ringu

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 1998
  • Genre: Horror, Mystery
  • Sutradara: Hideo Nakata
  • Pemeran: Nanako Matsushima, Miki Nakatani, Yûko Takeuchi
  • Perusahaan Produksi: Basara Pictures, Imagica, Asmik Ace Entertainment

Ringu adalah salah satu film horror Jepang terbaik yang melahirkan sosok mengerikan bernama Sadako. Cerita film ini diawali dengan kematian misterius remaja bernama Tomoko dan beberapa temannya. Reiko Asakawa (Nanako Matsushima)–reporter sekaligus bibi Tomoko—merasa penasaran dan akhirnya berusaha menyelidiki kasus kematian tersebut.

Reiko lalu menemukan fakta bahwa Tomoko dan teman-temannya sempat berlibur ke Pulau Izu dan menonton sebuah video. Reiko pun berangkat ke lokasi yang sama dan berhasil menemukan video yang dimaksud. Reiko akhirnya menonton video itu dan langsung kebingungan, pasalnya video tersebut hanya menampilkan beberapa potongan adegan yang aneh.

Akan tetapi, dari sinilah kengerian itu mulai terjadi. Reiko mendadak menerima telepon yang menandakan bahwa ia akan segera mati dalam waktu tujuh hari. Reiko tak punya jalan lain kecuali harus mencari cara untuk lepas dari kutukan. Masalah pun semakin rumit ketika putranya, Yoichi, diam-diam menonton video yang sama dan ikut terkena kutukan.

2. Kairo (Pulse)

Kairo (Pulse)

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Horror, Mystery, Sci-Fi
  • Sutradara: Kiyoshi Kurosawa
  • Pemeran: Haruhiko Katô, Kumiko Asô, Koyuki
  • Perusahaan Produksi: Daiei Eiga, Hakuhodo, Imagica

Pulse merupakan film horor besutan sutradara Kiyoshi Kurosawa yang pernah ditayangkan di Cannes Film Festival 2001 dan mendapat sambutan positif dari para kritikus. Film ini juga pernah di-remake oleh Amerika dengan judul sama dan diluncurkan tahun 2006.

Pulse memiliki premis cerita yang cukup sederhana, yaitu hantu yang menyerang dunia manusia lewat teknologi, baik itu internet maupun alat elektronik. Film ini pun menyajikan dua cerita dengan dua tokoh berbeda yang pada akhirnya bertemu dan saling berkaitan.

Di cerita pertama, ada Kudo Michi yang berusaha mencari tahu keberadaan teman-temannya yang sudah tidak masuk kerja berhari-hari. Saat itulah Michi menemukan fakta bahwa teman-temannya berperilaku aneh dan meninggal dengan cara yang sangat misterius.

Di cerita kedua, ada seorang pria bernama Ryosuke yang mendapati komputernya mengakses website dengan sendirinya dan menunjukkan gambar-gambar janggal. Di waktu yang sama, kasus orang hilang di Tokyo dan negara-negara lain terus terjadi, sampai pada akhirnya Ryosuke bertemu dengan Kudo Michi dan keduanya berusaha menyelamatkan diri bersama-sama.

3. Ju-On (The Grudge)

Ju-On (The Grudge)

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemeran: Megumi Okina, Misaki Itô, Misa Uehara
  • Perusahaan Produksi: Pioneer LDC, Nikkatsu, Oz Company

Film Ju-On berkisah tentang sebuah rumah terkutuk yang pernah ditinggali oleh Takeo Saeki bersama keluarganya. Karena sebab tertentu, Takeo akhirnya membunuh istri dan anaknya yang bernama Kayako dan Toshio. Sejak saat itulah arwah Kayako dan Toshio yang penuh dendam terus menghantui rumah dan mengutuk siapapun yang masuk ke dalamnya.

Di awal film, penonton akan diperkenalkan dengan sosok petugas dinas sosial bernama Rika (Megumi Okina). Ia diminta untuk mengurus Sachie, nenek tua yang tinggal seorang diri di rumah terkutuk itu. Di rumah inilah Rika menyadari ada sesuatu yang mengerikan dari dunia lain yang bisa mengancam nyawanya.

Secara keseluruhan, film Ju-On lebih terfokus pada kisah orang-orang yang pernah masuk atau mendiami rumah tersebut. Mereka semua mendapat teror dari sosok Kayako yang selalu muncul dengan suara tercekik yang menyeramkan. Tak hanya Kayako, ada pula hantu anak kecil pucat yang tak lain adalah Toshio.

4. Honogurai Mizu no Soko Kara (Dark Water)

Honogurai Mizu no Soko Kara

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Drama, Horror, Mystery
  • Sutradara: Hideo Nakata
  • Pemeran: Hitomi Kuroki, Rio Kanno, Mirei Oguchi
  • Perusahaan Produksi: Kadokawa Shoten Publishing Co., Nippon Television Network (NTV), Video Audio Project (VAP)

Sukses dengan film Ringu, sutradara Hideo Nakata kembali membuat film horor berjudul Dark Water. Film ini berpusat pada seorang tokoh wanita bernama Toshimi Matsubara (Hitomi Kuroki) yang sedang menghadapi masalah perceraian dengan sang suami.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram