Bacaterus / Film Jepang / 10 Film Horror Jepang yang Menyeramkan dan Menegangkan

10 Film Horror Jepang yang Menyeramkan dan Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2019

Jepang termasuk salah satu negara Asia penghasil film-film horror yang paling menakutkan. Bahkan, sudah banyak film horror Jepang yang dilirik oleh Hollywood dan dibuatkan versi Amerikanya. Selain ceritanya yang menarik, hampir semua film horror Jepang mampu menghadirkan atmosfer suram yang semakin menambah ketegangan.

Setidaknya ada dua jenis film horor yang sangat diminati oleh banyak orang, yaitu yang berhubungan dengan hantu dan juga film yang penuh adegan gore atau berdarah-darah. Tapi untuk kali ini, Bacaterus akan merekomendasikan 10 film horror Jepang yang berkaitan dengan makhluk tak kasat mata. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftarnya di bawah.

1. Ringu

Ringu

* sumber: www.imdb.com

Ringu adalah salah satu film horror Jepang terbaik yang melahirkan sosok mengerikan bernama Sadako. Cerita film ini diawali dengan kematian misterius remaja bernama Tomoko dan beberapa temannya. Reiko Asakawa (Nanako Matsushima)–reporter sekaligus bibi Tomoko—merasa penasaran dan akhirnya berusaha menyelidiki kasus kematian tersebut.

Reiko lalu menemukan fakta bahwa Tomoko dan teman-temannya sempat berlibur ke Pulau Izu dan menonton sebuah video. Reiko pun berangkat ke lokasi yang sama dan berhasil menemukan video yang dimaksud. Reiko akhirnya menonton video itu dan langsung kebingungan, pasalnya video tersebut hanya menampilkan beberapa potongan adegan yang aneh.

Akan tetapi, dari sinilah kengerian itu mulai terjadi. Reiko mendadak menerima telepon yang menandakan bahwa ia akan segera mati dalam waktu tujuh hari. Reiko tak punya jalan lain kecuali harus mencari cara untuk lepas dari kutukan. Masalah pun semakin rumit ketika putranya, Yoichi, diam-diam menonton video yang sama dan ikut terkena kutukan.

2. Kairo (Pulse)

Kairo (Pulse)

* sumber: www.imdb.com

Pulse merupakan film horor besutan sutradara Kiyoshi Kurosawa yang pernah ditayangkan di Cannes Film Festival 2001 dan mendapat sambutan positif dari para kritikus. Film ini juga pernah di-remake oleh Amerika dengan judul sama dan diluncurkan tahun 2006.

Pulse memiliki premis cerita yang cukup sederhana, yaitu hantu yang menyerang dunia manusia lewat teknologi, baik itu internet maupun alat elektronik. Film ini pun menyajikan dua cerita dengan dua tokoh berbeda yang pada akhirnya bertemu dan saling berkaitan.

Di cerita pertama, ada Kudo Michi yang berusaha mencari tahu keberadaan teman-temannya yang sudah tidak masuk kerja berhari-hari. Saat itulah Michi menemukan fakta bahwa teman-temannya berperilaku aneh dan meninggal dengan cara yang sangat misterius.

Di cerita kedua, ada seorang pria bernama Ryosuke yang mendapati komputernya mengakses website dengan sendirinya dan menunjukkan gambar-gambar janggal. Di waktu yang sama, kasus orang hilang di Tokyo dan negara-negara lain terus terjadi, sampai pada akhirnya Ryosuke bertemu dengan Kudo Michi dan keduanya berusaha menyelamatkan diri bersama-sama.

3. Ju-On (The Grudge)

Ju-On (The Grudge)

* sumber: www.imdb.com

Film Ju-On berkisah tentang sebuah rumah terkutuk yang pernah ditinggali oleh Takeo Saeki bersama keluarganya. Karena sebab tertentu, Takeo akhirnya membunuh istri dan anaknya yang bernama Kayako dan Toshio. Sejak saat itulah arwah Kayako dan Toshio yang penuh dendam terus menghantui rumah dan mengutuk siapapun yang masuk ke dalamnya.

Di awal film, penonton akan diperkenalkan dengan sosok petugas dinas sosial bernama Rika (Megumi Okina). Ia diminta untuk mengurus Sachie, nenek tua yang tinggal seorang diri di rumah terkutuk itu. Di rumah inilah Rika menyadari ada sesuatu yang mengerikan dari dunia lain yang bisa mengancam nyawanya.

Secara keseluruhan, film Ju-On lebih terfokus pada kisah orang-orang yang pernah masuk atau mendiami rumah tersebut. Mereka semua mendapat teror dari sosok Kayako yang selalu muncul dengan suara tercekik yang menyeramkan. Tak hanya Kayako, ada pula hantu anak kecil pucat yang tak lain adalah Toshio.

4. Honogurai Mizu no Soko Kara (Dark Water)

Honogurai Mizu no Soko Kara

* sumber: www.imdb.com

Sukses dengan film Ringu, sutradara Hideo Nakata kembali membuat film horor berjudul Dark Water. Film ini berpusat pada seorang tokoh wanita bernama Toshimi Matsubara (Hitomi Kuroki) yang sedang menghadapi masalah perceraian dengan sang suami.

Yoshimi dan putrinya, Ikuko (Rio Kanno), kemudian pindah ke sebuah apartemen kecil untuk memulai kehidupan yang baru.
Alih-alih menemukan kedamaian, Yoshimi justru sering melihat hal-hal aneh di tempat tinggalnya yang baru.

Atap apartemennya mendadak seperti bocor dan meninggalkan noda air hitam yang menyeramkan. Yoshimi sempat melaporkan hal ini pada pemilik apartemen, tapi usahanya tak membuahkan hasil karena si pemilik tidak melakukan tindakan apa-apa.

Yoshimi awalnya mengira kalau hal itu hanyalah kebocoran atap biasa, tapi ia mulai berubah pikiran setelah menemukan banyak kejanggalan, mulai dari munculnya tas merah hingga hadirnya sosok anak kecil misterius.

Sementara noda hitam di atap apartemennya semakin tak terkendali, Yoshimi terus berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

5. Chakushin Ari (One Missed Call)

Chakushin Ari

* sumber: Chakushin%20Ari

One Missed Call termasuk salah satu film horor yang cukup populer di awal tahun 2000-an, tepatnya di masa-masa kejayaan horor Jepang. Saking populernya, film ini sampai memiliki sekuel dan di-remake oleh Hollywood.

Film ini berkisah tentang Yumi (Kou Shibasaki) dan temannya yang bernama Yoko (Anna Nagata). Suatu hari Yoko mendapat pesan suara yang sangat aneh di ponselnya. Pesan itu tak hanya dikirim oleh nomor Yoko sendiri, tapi juga berisi suara jeritannya. Yang lebih aneh lagi, pesan itu dikirim beberapa hari setelahnya seolah-olah dikirim dari masa depan.

Kengerian terus berlanjut karena Yoko meninggal setelah berbicara dan mengeluarkan jeritan yang sama persis seperti di pesan suara yang ia terima dua hari sebelumnya. Yumi yang menyadari hal ini langsung mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, apalagi ia sendiri ikut menerima pesan suara serupa yang memberi peringatan soal kematiannya.

6. Rinne (Reincarnation)

Rinne (Reincarnation)

* sumber: freakengine.com

Sesuai judulnya, Rinne mencoba menggambarkan terjadinya reinkarnasi, namun dalam bentuk yang mengerikan. Teror film ini bermula saat seorang professor bernama Omori mengunjungi sebuah hotel dan membantai 11 orang, termasuk para pengunjung, karyawan hotel, dan anaknya. Kejadian ini sempat ia rekam dan sang professor pun mengakhiri aksinya dengan bunuh diri.

Sekitar 35 tahun kemudian, sutradara Ikuo Matsumura (Kippei Shina) ingin mengangkat kasus tersebut dalam sebuah film. Seorang aktris bernama Nagisa (Yuka) dipercaya untuk memerankan putri Prof. Omori, dan saat sejak itulah keanehan mulai terjadi.

Nagisa sering berhalusinasi tentang pembantaian 35 tahun lalu hingga ia merasa yakin kalau dirinya adalah reinkarnasi putri Prof. Omori. Kejadian mengerikan terus berlanjut saat syuting berlangsung, seolah-olah pembantaian 35 tahun lalu terulang kembali.

Tak hanya Nagisa, beberapa orang yang terlibat syuting juga menunjukkan tanda bahwa mereka adalah reinkarnasi dari para korban. Tapi seiring berjalannya waktu, Nagisa akhirnya menemukan fakta yang sangat mengerikan soal reinkarnasi tersebut.

7. Noroi (The Curse)

Noroi (The Curse)

Film bergaya mokumenter sempat menjadi tren tersendiri dan Noroi adalah salah satu film bergaya serupa yang cukup membuat bulu kuduk berdiri. Film karya Koji Shiraishi ini bercerita tentang perjalanan seorang jurnalis bernama Masafumi Kobayashi (Jin Muraki) yang suka menyelidiki hal-hal aneh dan penuh misteri.

Cerita Noroi berawal dari Kobayashi yang bertemu dengan seorang ibu yang mengeluh sering mendengar tangisan bayi dari tetangga sebelah. Kobayashi tidak bisa memecahkan misteri tangisan tersebut dan terus melanjutkan kegiatannya meliput hal-hal aneh, mulai dari menemui anak yang punya kekuatan supernatural hingga mewawancarai artis dengan indera ke-6.

Film Noroi sendiri seperti sebuah puzzle dan nyaris tidak ada jumpscare di sepanjang awal film, jadi penonton hanya diajak untuk mengikuti kegiatan Kobayashi. Tapi, semua kisah yang diliput oleh Kobayashi ternyata saling berkaitan satu sama lain. Semua kejadian aneh tersebut rupanya bersumber dari sebuah ritual kuno yang mengundang petaka.

8. Another

Another

* sumber: asianwiki.com

Film berikutnya adalah Another yang diadaptasi dari novel sekaligus anime berjudul sama karya Yukito Ayatsuji. Film ini diawali dengan kisah anak laki-laki bernama Koichi Sakakibara (Kento Yamazaki) yang dirawat di rumah sakit. Di sana ia sempat bertemu gadis misterius dengan penutup mata.

Setelah sembuh, Koichi masuk ke sekolah baru dan sekelas dengan gadis berpenutup mata yang ia lihat di rumah sakit. Anehnya, saat Koichi bertanya tentang gadis itu pada teman-teman sekelasnya yang lain, mereka mengaku tidak tahu-menahu seolah-olah gadis itu tidak pernah ada. Koichi yang penasaran akhirnya mencari tahu soal gadis yang belakangan diketahui bernama Mei tersebut.

Koichi juga menemukan fakta kalau Mei ada hubungannya dengan kutukan yang terjadi di kelasnya. Satu per satu siswa mendadak menjadi korban dengan cara meninggal yang tidak wajar. Koichi dan teman-temannya pun harus berkejaran dengan waktu untuk menghentikan kutukan tersebut. Kalau tidak, mereka bisa saja jadi korban berikutnya.

9. Kuroyuri Danchi (The Complex)

Kuroyuri Danchi (The Complex)

* sumber: asianwiki.com

The Complex yang diluncurkan tahun 2013 ini merupakan salah satu karya sutradara Hideo Nakata. Sebelum resmi dirilis, film ini cukup ditunggu-tunggu oleh semua pencinta horor Jepang. Bukan hanya karena digarap oleh sang sutradara yang sebelumnya sukses dengan Ringu dan Dark Water, tapi juga karena dibintangi oleh artis terkenal Atsuko Maeda dan Hiroki Narimiya.

Film ini sendiri bercerita tentang seorang pelajar bernama Asuka (Atsuko Maeda) yang baru pindah ke sebuah apartemen bersama keluarganya. Di tempat tinggal yang baru inilah Asuka mengalami banyak kejadian misterius. Asuka sempat mendengar suara-suara aneh dari kamar sebelah. Yang mengejutkan, penghuni kamar sebelah rupanya ditemukan meninggal.

Asuka lalu bertemu dengan seorang petugas kebersihan bernama Shinobu Sasahara (Hiroki Narimiya). Shinobu kemudian memberitahu bahwa sebenarnya ada banyak kasus kematian aneh di apartemen tersebut. Karena kejadian mengerikan terus terjadi, Asuka dan Shinobu pun berusaha mengungkap misteri yang ada di apartemen itu.

10. Karuto (The Cult)

Karuto (The Cult)

* sumber: asianwiki.com

Setelah Noroi, sutradara Koji Shiraishi kembali menggarap film horor bergaya mokumenter berjudul Karuto atau The Cult. Sesuai dengan judulnya, film ini akan mengungkap adanya ritual yang sangat berbahaya dan bisa mendatangkan petaka.

Karuto dibintangi oleh tiga aktris muda, yaitu Yu Abiru, Mari Iriki, dan Mayoko Iwasa yang berperan sebagai diri mereka sendiri. Dalam film, ketiga aktris ini diceritakan terlibat dalam pembuatan acara semacam reality show horor. Yu, Mari, dan Mayoko bertugas meliput kehidupan keluarga Kaneda yang kerap diganggu oleh makhluk halus jahat.

Selama meliput, ketiga aktris ini melihat banyak sekali hal-hal di luar nalar. Beberapa paranormal juga sudah didatangkan untuk mengusir roh-roh jahat, tapi semuanya selalu gagal.

Saat gangguan semakin parah, datanglah seorang paranormal yang cukup kuat, hingga akhirnya terbongkarlah misteri tentang kenapa keluarga Kaneda terus diganggu roh jahat.

Itulah 10 film horror Jepang yang dijamin bisa membuat kalian ketakutan. Jika kamu pecinta film Jepang, ketahui banyak informasi menarik mengenai perfilman Jepang hanya di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *