bacaterus web banner retina

10 Film Horor Thailand Terbaik yang Bisa Ditonton di Netflix

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 Oktober 2021

Sedang butuh film-film yang menegangkan? Film horor Thailand jarang meleset. Pihak produksi dengan pandai membangun aura seram yang bisa membuat penonton ketakutan dan terus teringat selama beberapa hari. Dengan formula yang teruji, film horor dari Thailand jadi tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sekarang, tak sulit juga menemukan judul-judul tersebut.

Sebagai penyedia jasa streaming online, Netflix punya beberapa koleksi film-film horor dari negeri Gajah Putih, dari mulai film horor Thailand yang rilis tahun 1999 hingga 2021, Netflix punya untukmu. Apa saja judul film horor Thailand Netflix? Yuk, simak daftar filmnya berikut ini!

1. Shutter (2004)

 Shutter (2004)
  • Tahun Rilis: September 2004
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Banjong Pisanthanakun, Parkpoom Wongpoom
  • Pemeran: Ananda Everingham, Natthaweeranuch Thongmee, Achita Sikamana

Jane dan Tun menjadi pelaku tabrak lari seorang wanita muda. Sejak peristiwa itu Tun mulai dihantui hal-hal tak wajar, seperti bayangan dan wajah putih misterius yang hadir dalam foto-foto hasil jepretannya.

Tun sendiri merasakan lehernya sakit parah semenjak kecelakaan itu. Dia juga mendapati bobot tubuhnya bertambah dua kali lipat dari berat badan normal dia selama ini.

Cerita membawa mereka pada Natre; gadis muda dan pemalu yang sempat menjalin hubungan diam-diam dengan Tun. Tun tak pernah mengenalkannya pada kawan-kawan tapi perasaan Natre tak berkurang. Dia bahkan menolak putus serta mengancam akan bunuh diri jika sampai itu terjadi.

Satu peristiwa memilukan akhirnya merenggut nyawa Natre. Namun, arwah Natre mulai mengganggu kehidupan Tun. Dalam foto-foto yang dia temukan, Jane melihat sosok Natre tertangkap berada di apartemen Tun.

Dia merangkak menuju rak buku. Tun akhirnya tahu dia sedang dihantui oleh Natre. Pria ini lalu mulai memotret tiap ruangan di apartemennya. Berkat hal ini Tun tahu penyebab sakit lehernya selama ini.

2. Phobia 2 (2009)

Phobia 2
  • Tahun Rilis: September 2009
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Paween Purijitpanya, Visute Poolvoralaks, Songyos Sugmakanan, Parkpoom Wongpoom, Banjong Pisanthanakun
  • Pemeran: Jirayu Laongmanee, Worrawech Danuwong, Charlie Trairat, Nicole Theriault

Film horor Thailand Netflix satu ini merupakan sebuah omnibus yang terdiri atas lima cerita seram berdurasi pendek. Judul-judul film pendek yang ada di Phobia 2 yaitu Novice, Ward, Backpackers, Salvage dan In the End. Masing-masing film tersebut disutradarai oleh orang berbeda dengan jalan cerita yang berbeda pula.

Salah satu film pendek yang masuk dalam Phobia 2 (2009) berjudul Novice atau Nibung karya sutradara Paween Purijitpanya. Film ini bercerita tentang remaja laki-laki berusia 14 tahun bernama Pey yang kerap melempar batu ke arah mobil yang melintas sebelum menjarah. Suatu hari tanpa sengaja dia melempar mobil yang dikendarai sang ayah. Ayahnya pun meninggal dunia.

Pey kemudian dikirim ke sebuah kuil terpencil. Di sana dia menyaksikan upacara tahunan memberi makan hantu. Tengah malam, Pey yang kelaparan memakan sajen yang disiapkan untuk hantu. Sejak kejadian itu Pey merasa diikuti oleh sesuatu. Apa yang mengikutinya?

3. Nang Nak (1999)

Nang Nak
  • Tahun Rilis: Juli 1999
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Nonzee Nimibutr
  • Pemeran: Intira Jaroenpura, Winai Kraibutr, Manit Meekaewjaroen, Pracha Thawornfia

Film horor Thailand Netflix satu ini diangkat dari legenda masyarakat setempat tentang sesosok arwah penasaran yang memakan otak manusia. Film Nang Nak sendiri rilis tahun 1999.

Ia bercerita tentang sepasang suami istri yang harus terpisah karena sang suami, Mak, dikirim untuk berperang dalam Perang Siam-Vietnam (1831-1834). Selama itu pula Mak tak berjumpa istrinya, Nak.

Suatu hari Mak pulang ke rumah. Penduduk desa kaget mengetahui bahwa Mak tinggal bersama Nak. Pasalnya mereka tahu bahwa Nak sudah meninggal beberapa bulan sebelumnya saat proses persalinan.

Namun, ketika masyarakat mulai mencoba menyadarkan Mak, satu per satu dari mereka tewas dibunuh oleh hantu Nak. Akankah Mak akhirnya tahu bahwa sang istri sudah meninggal?

4. Inhuman Kiss (2019)

Inhuman Kiss
  • Tahun Rilis: Maret 2019
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Sitisiri Mongkolsiri
  • Pemeran: Phantira Pipityakorn, Oabnithi Wiwattanawarang, Sapol Assawamunkong, SUrasak Wongthai

Sinopsis & Review Inhuman Kiss, Hantu Kuyang Versi Thailand

Jerd, Sai, Ting dan Noi bermain petak umpet di hutan. Noi dan Sai memutuskan bersembunyi di dalam rumah yang diduga terdapat roh Krasue pelindung hutan. Sai bertemu Krasue tapi dia sembunyikan. Sai yang berada di Thailand ditugaskan sebagai perawat ke Bangkok saat PD II. Di sana dia bertemu Jerd yang ternyata menyukainya.

Sai sendiri kembali bertemu Noi di hutan. Cinta keduanya pun tumbuh. Kedatangan Noi ke desa tempat Sai berada adalah untuk memburu Krasue bersama warga suku lainnya.

Sai tiba-tiba mulai melihat noda darah di tempat tidurnya. Semakin hari noda tersebut semakin besar dan pekat. Suatu hari Sai berteriak kesakitan dan melihat kepalanya terlepas dari tubuhnya lalu terbang. Apa yang akan terjadi selanjutnya pada Sai? 

5. Ladda Land (2011)

Ladda Land
  • Tahun Rilis: April 2011
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Sophon Sakdaphisit
  • Pemeran: Saharat Sangkapreecha, Piyathida Woramusik, Atipich Shutiwatkajornchai, Sutatta Udomsilp

Nan, yang biasa tinggal dengan neneknya harus kembali bersama kedua orangtua, termasuk ketika kedua orangtuanya pindah dari Bangkok ke Laddaland; sebuah perumahan kelas atas yang terletak di Chiang Mai.

Ayahnya, Thee, berharap upaya ini adalah jalan terbaik untuk memperbaiki hubungannya dengan Nan. Tak ada yang istimewa dengan tinggal di Laddaland hingga suatu hari terjadi pembunuhan yang menewaskan asisten rumah tangga.

Asisten rumah tangga tersebut ditemukan di dalam lemari es. Sejak itu ancaman horor meliputi perumahan tersebut. Thee kemudian menyadari bahwa orang-orang yang tinggal di Ladda Land berujung dengan peristiwa tragis, mulai dari penyiksaan dalam rumah tangga sampai pembunuhan. Apakah keluarga Thee dapat selamat dari Laddaland?

6. Senior (2015)

Senior
  • Tahun Rilis: Januari 2015
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Wisit Sasanatieng
  • Pemeran: Jannine Weigel, Phongsakon Tosuwan, Nitticha Namwong, Raweeroj Lertphiphopmetha

Mon punya kemampuan menyadari kehadiran arwah yang ada di dekatnya. Dia lalu bekerja sama dengan sesosok hantu kakak kelas yang dipanggil dengan sebutan Senior.

Kerja sama tak terduga ini adalah untuk memecahkan kasus pembunuhan yang terjadi di sebuah istana yang kini sudah berubah fungsi jadi sekolah Biarawati. Bukan main-main karena rahasia yang akan coba mereka pecahkan sudah berusia 50 tahun.

Korban pembunuhan yang dimaksud adalah Putri Bhannawadee yang konon dibunuh secara sadis di istananya oleh tukang kebun. Tukang kebun itu bersikeras tak melakukan hal tersebut tapi hukum seolah tutup mata hingga dia dijatuhi hukuman mati.

Sampai menjelang akhir hayatnya, tukang kebun itu tetap tak merasa sudah membunuh Putri Bhannawadee. Akankah Mon dan Senior bisa menemukan siapa pembunuh sebenarnya?

7. The Maid (2020)

The Maid
  • Tahun Rilis: Juli 2020
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Lee Thongkham
  • Pemeran: Ploy Somarin, Chi Wah Wong, Savika Chaiyadej, Teerapat Sajakul

Sinopsis & Review The Maid, Misteri Asisten Rumah Tangga

Film horor Thailand Netflix yang bisa kamu saksikan selanjutnya berjudul The Maid (2020). Garapan sutradara Lee Thongkham ini bercerita tentang seorang asisten rumah tangga baru bernama Joy yang diterima kerja di rumah keluarga Uma dan Nirach. Keluarga tersebut memiliki satu putri bernama Nid.

Tidak ada keanehan apa pun di hari pertama Joy kerja di rumah bangsawan tersebut. Ibu Wan, sang kepala asisten rumah tangga hanya mengingatkan Joy untuk tidak ikut campur apa pun urusan rumah tangga majikannya. Namun, Joy yang mulai merasa ada yang aneh tak mendengarkan saran Ibu Wan.

Dia masuk ke ruang kerja Uma diam-diam di malam hari dan menemukan sebuah foto yang di dalamnya terdapat Uma, Nirach dan satu asisten rumah tangga sebelumnya. Dari sana, teror misterius mulai menghantui Joy. Rahasia apa yang sebenarnya ada di rumah tersebut? Siapa sosok hantu yang meneror Joy?

8. Ghost Is All Around (2016)

Ghost Is All Around
  • Tahun Rilis: Maret 2016
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Sarawut Wichiensarn
  • Pemeran: Sukollawat Kanaros, Nutthasit Kotimanuswanich, Ramita Mahapreukpong, Mek Mekwattana

Film horor Thailand Netflix berjudul Ghost Is All Around atau Scary Holiday 11 12 13 ini bercerita tentang peristiwa mengerikan yang berlangsung selama tiga hari.

Peristiwa tersebut menimpa orang-orang berbeda di hari Raya Songkran yang berlangsung tanggal 11, 12, dan 13. Pada hari pertama, Tar yang sedang mengendarai mobil hendak pulang ke kampung halamannya. 

Hari kedua bercerita tentang Mod dan teman-teman kuliah yang pergi liburan bersama. Di saat bersamaan mereka mendapat kabar bahwa Mod meninggal dalam kecelakaan mobil.

Hari terakhir, hari ke 13, bercerita tentang Jane dan Kat yang punya rencana untuk pergi ke Chiang Mai merasakan kemeriahan Festival Songkran. Mengejutkan, siapa sangka mereka tewas sebelum pergi,

9. Take Me Home

 Take Me Home
  • Tahun Rilis: April 2016
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Kongkiat Khomsiri
  • Pemeran: Nopachai Chaiyanam, Djuangjai Hirunsri, Mario Maurer, Wannarit Sonthichai

Tan mengalami kecelakaan yang membuatnya hilang ingatan. Selama ini dia pun tinggal di rumah sakit sembari mencari informasi tentang dirinya. Suatu hari Tan akhirnya merasa yakin jika dia sudah menemukan keluarganya, rumahnya.

Lelaki itu pun bergegas menuju tempat sesuai informasi di sebuah koran. Sesampainya di depan gerbang, Tan disambut seorang wanita paruh baya yang langsung mengenalinya.

Tan lalu dibawa masuk ke rumah berhalaman luas mengenakan kendaraan mini oleh wanita paruh baya tadi. Sesampainya di rumah dia disambut oleh wanita cantik bernama Tubtim dan suaminya, Chiwin serta dua buah hati mereka.

Tan yang tak ingat apa-apa cukup kaget mengetahui bahwa Tubtim yang sejak awal bersikap dingin dan misterius adalah saudara kandungnya. Di balik sikapnya yang misterius, Tubtim ternyata menyimpan rahasia. 

10. Ghost Lab (2021)

Ghost Lab
  • Tahun Rilis: Mei 2021
  • Genre: Horror, Supernatural
  • Sutradara: Paween Purijitpanya
  • Pemeran: Thanaphob Leeratanakachorn, Paris Intarakomalyasut, Nuttanicha Dungwattanawanich

Sinopsis & Review Ghost Lab, Percobaan Gila Dua Dokter Intern

Ghost Lab bercerita tentang dua dokter intern di sebuah rumah sakit punya obsesi menemukan sebuah alat atau apa pun yang dapat membuat manusia percaya dengan keberadaan hantu. Obsesi tersebut membawa mereka pada keputusan gila: salah satu harus mengakhiri hidup untuk dapat ‘kembali’ dan menampakkan diri.

Gla yang tewas bunuh diri tak bisa muncul begitu saja sesuai harapan mereka. Di sisi lain Wee juga terus mencari cara agar arwah temannya dapat terlihat, dapat dipakai sebagai bagian dari obsesi mereka.

Dia lalu melakukan hal-hal membahayakan dan sesuatu yang membuat arwah Gla gelisah, termasuk mengumpankan kekasih Gla, Mai. Apa yang akan terjadi selanjutnya pada keduanya?

Itu tadi sepuluh film horor Thailand Netflix yang bisa ditonton akhir minggu ini, terutama bagi para pecinta ketegangan. Film-film horor Thailand, terutama film lama, tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ia mencekam hingga beberapa kali diadopsi oleh negara berbeda untuk di-remake.

Salah satu yang paling banyak dibuat ulang oleh negara-negara lain adalah Shutter (2004). Bagaimana? Sudah siap tegang?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram