Bacaterus / Film Horror / 10 Film Horor Komedi Terbaik yang Seram tapi Lucu

10 Film Horor Komedi Terbaik yang Seram tapi Lucu

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Film horror identik dengan hal-hal menakutkan seperti hantu, monster dan makhluk-makhluk lainnya. Tetapi bagaimana jika cerita-cerita seram ini kemudian dimasukkan unsur-unsur komedi? Apakah akan lucu? Atau akan terlihat aneh? Semua tergantung bagaimana kemampuan sang sutradara dalam menerjemahkan isi skenario ke dalam bahasa gambar.

Perfilman nasional juga termasuk yang produktif dalam menghasilkan film-film dalam genre horror-comedy. Tetapi, sayangnya, mayoritas film-film tersebut tidak ada yang memiliki kualitas yang baik, hanya mengumbar keseksian pemeran wanitanya dan kelucuan yang dipaksakan. Perfilman Asia lainnya juga, seperti Thailand, banyak memproduksi film-film jenis ini.

Dari ranah perfilman Hollywood sendiri, banyak sekali film-film bergenre horror-comedy. Dengan cerita yang unik dan visual effects yang menakjubkan menjadi daya tarik film-film ini. Di daftar film horor komedi terbaik yang kami suguhkan di bawah ini, kita akan menemukan jika banyak sutradara-sutradara besar saat ini pernah membuat minimal satu film horror-komedi di awal karirnya.

10 Film Horor Komedi Terbaik

1. The Evil Dead Trilogy

THE EVIL DEAD TRILOGY

Menyebut film horror-komedi terbaik, trilogi “The Evil Dead” adalah film-film wajib yang harus masuk daftar tonton para moviegoers. Kenapa? Karena inilah rentetan film yang melambungkan nama sutradara Sam Raimi di perfilman Hollywood dan menjadi pionir film-film bergenre serupa. Di kemudian hari Sam Raimi juga sukses dengan trilogi Spider-Man.

The Evil Dead yang dirilis pada tahun 1981, adalah film pertama dari trilogi ini. Ceritanya sendiri sangat sederhana, tentang lima sahabat yang terjebak di sebuah kabin di hutan rimba dan mereka secara tidak sengaja melepaskan setan dari sebuah buku mantera.

Bujet yang kecil saat memproduksinya bukanlah halangan untuk menciptakan film yang berkualitas. Dengan aktor-aktris yang belum dikenal, setting film yang tidak berpindah tempat dan visual effects yang sederhana tetapi bisa ditampilkan mencekam adalah tiga poin utama kesuksesan film ini.

Evil Dead II yang dirilis pada tahun 1987 mengikuti kesuksesan film pertamanya. Masih dengan sutradara Sam Raimi dan aktor sekaligus sahabatnya, Bruce Campbell, sequel ini melanjutkan cerita film pertama secara kontinyu.

Film terakhir, “Army of Darkness” yang dirilis pada tahun 1992, menambahkan kadar action dan fantasi dengan tokoh utamanya yang kembali ke zaman abad pertengahan. Dari ketiga film ini, karakter Ash Williams yang diperankan oleh Bruce Campbell berhasil menjadi salah satu icon Hollywood. Dari film ini juga kemudian muncul komik dan video game yang sukses secara komersial.

2. Gremlins

GREMLINS

Bagaimana jika kita mendapat hewan peliharaan yang lucu tetapi karena kita melanggar tiga aturan akhirnya hewan tersebut menjadi makhluk yang menakutkan? Ide cerita inilah yang diangkat di film “Gremlins”, film yang diproduseri oleh Steven Spielberg ini dirilis pada tahun 1984 dan dibintangi oleh American Sweetheart saat itu, Phoebe Cates.

Gremlins sukses secara komersial dan kualitas serta menghasilkan film sequel yang ternyata tidak sebaik film pertamanya ini. Film ini mengundang perdebatan di masyarakat karena tampilan kekerasan dan kesadisan untuk ukuran film keluarga, sehingga setelah dua bulan rating film ini diubah menjadi masuk kategori dewasa.

Apa saja peraturan yang harus dipatuhi agar hewan peliharaan berjenis mogwai ini tidak menjadi makhluk yang sadis dan mengerikan? Tonton dulu filmnya untuk mengetahui peraturan itu. Mungkin saja akan berguna ketika kita memelihara hewan fiktif ini kelak.

3. The Lost Boys

THE LOST BOYS

The Lost Boys adalah film horor komedi terbaik karya sutradara Joel Schumacher yang berhasil mengumpulkan aktor-aktor muda berbakat dan tenar Hollywood saat itu, antara lain Jason Patric, Kiefer Sutherland, Corey Haim dan Corey Feldman.

Dirilis pada tahun 1987, film ini bercerita tentang dua orang kakak-beradik yang baru pindah ke kota yang ternyata dihuni oleh para vampire remaja. Judul “The Lost Boys” sendiri diambil dari buku Peter Pan dimana kelompoknya juga dinamakan The Lost Boys yang memiliki kesamaan tidak pernah bisa menjadi tua.

Di film ini, kehidupan vampire remaja dibuat selayaknya manusia remaja pada umumnya dengan prinsip “sleep all day, party all night, never grow old and never die.”

4. The Monster Squad

THE MONSTER SQUAD

Bercerita tentang niat Count Dracula untuk menguasai dunia dengan bantuan para monster yang menjadi sahabatnya, yaitu The Mummy, The Gill-man, The Wolf Man dan The Frankenstein Monster. Tetapi usaha mereka coba dihentikan oleh sekelompok remaja era 1980an yang terbiasa hidup hura-hura tetapi memiliki niat suci untuk menjaga Bumi dari kekuasaan jahat.

The Monster Squad adalah usaha sutradara Fred Dekker untuk membangkitkan kembali ingatan icon-icon horror legendaris kepada remaja lewat film yang dirilis pada tahun 1987 ini. Meskipun film ini tidak sukses secara komersial, tetapi lambat laun film ini meraih status cult movie karena keontetikan ceritanya dan menjadi salah satu film horror terbaik di era 1980an.

5. They Live

THEY LIVE

Makhluk yang menakutkan tidak harus berasal dari bumi atau hasil kreasi setan saja, tetapi juga bisa berasal dari luar angkasa, atau yang biasa disebut alien. “They Live” yang dirilis pada tahun 1988 ini adalah film horror-comedy yang mengangkat penggambaran terror yang diberikan bangsa alien pada manusia Bumi.

Film karya sutradara John Carpenter ini bercerita tentang tokoh utama yang tersadar jika Bumi yang ditinggalinya sudah dikuasai oleh alien yang dapat diketahuinya melalui kacamata yang ditemukannya secara tidak sengaja.

Dari premise tersebut, kita sudah bisa membayangkan kelucuan apa saja yang bisa dihasilkan dari cerita ini yang mengemukakan manipulasi peristiwa-peristiwa yang terjadi di Bumi oleh bangsa alien ini.

6. Tremors

TREMORS

Tremors adalah film horror-comedy tentang terror monster bawah tanah yang mencari korban manusia. Dibintangi oleh aktor top Hollywood saat itu, Kevin Bacon, film yang disutradarai oleh Ron Underwood ini dirilis pada tahun 1990.

Banyak sentilan-sentilan lucu yang dilontarkan oleh para pemerannya ketika sibuk menanggulangi terror makhluk yang bentuknya seperti anaconda tetapi hidup dan bersembunyi di bawah pasir dan tanah. Bagi yang sudah pernah menontonnya, ketegangan yang dihasilkan dari terror makhluk ini sangat luar biasa visualisasinya.

Meski tidak banyak menggunakan special effects, tetap saja bisa membuat mata kita terpaku dan jantung kita berdegup kencang. Walaupun tidak sukses secara komersil, film ini mendapat sambutan positif dari para kritikus film dan dibuatkan tiga sequel yang kesemuanya langsung didistribusikan untuk home video dan serial televisi yang diputar pada tahun 2003 silam.

7. The Frighteners

THE FRIGHTENERS

Film yang dirilis pada tahun 1996 yang disutradarai oleh Peter Jackson dan diproduseri oleh Robert Zemeckis ini merupakan karya awal dari WETA Workshop yang kemudian dikenal sebagai perusahaan visual effects di trilogi The Lord of the Rings.

Michael J. Fox didapuk sebagai pemeran utama yang mampu berkomunikasi dengan makhluk gaib setelah kecelakaan yang menimpanya dan menggunakan kemampuan itu untuk mengeruk keuntungan dari mengelabui orang. Tetapi akhirnya dia harus membela umat manusia yang terancam oleh Grim Reaper yang ingin memusnahkan manusia dan hantu.

Meski tidak sukses secara komersial, tetapi film ini mendapat respon positif dari para kritikus film dan selalu masuk ke dalam daftar film-film horror terbaik. “The Frighteners” adalah film layar lebar terakhir Michael J. Fox sebelum dia pensiun dari perfilman karena penyakit Parkinson.

8. Shaun Of The Dead

SHAUN OF THE DEAD

Film produksi bersama Amerika dan Inggris yang dirilis pada tahun 2004 dan dibintangi oleh Simon Pegg dan Nick Frost ini sukses secara komersial dan kualitas. Menceritakan kisah seseorang yang ingin merebut kembali hati mantan pacarnya dan menyelesaikan permasalahan dengan ibunya di saat dunia sedang dilanda virus yang bisa membuat orang-orang yang terjangkit menjadi zombie.

Tone film yang sepi dan lambat di awal menjadi cepat dan seru ketika sang tokoh utama tersadar jika daerahnya terjangkit virus zombie. Banyak kejadian lucu dan menegangkan antara kelompok manusia tersisa dan para zombie yang lapar, dan diakhiri dengan ending yang menggelitik perut. Sebuah ide brilian yang wajib ditonton oleh para moviegoers.

9. Zombieland

film horor komedi ZOMBIELAND

Zombie kembali menjadi topik utama film horror-komedi yang dirilis pada tahun 2009 ini. Tetapi kali ini para zombie tersebut tampil dengan karakter yang berbeda, yaitu lebih cepat pergerakannya. Hal ini semakin menambah ketegangan dari kisah perjalanan empat karakter utama yang bertemu secara tidak sengaja di tengah dunia yang penuh dengan zombie.

Jesse Eisenberg, Woody Harrelson, Emma Stone dan Abigail Breslin memerankan karakter masing-masing dengan baik. Di antara mereka, meski terlihat akrab, tetapi tidak ada saling ketidakpercayaan yang menjadi konflik kisah petualangan ini.

Yang unik dari film ini adalah daftar aturan yang dibuat oleh tokoh Columbus dalam menghadapi zombie. Sepertinya perlu dicatat jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya.

10. Warm Bodies

Jika biasanya kita selalu disuguhkan film-film zombie yang dipandang dari perspektif manusia, maka kali ini sutradara Jonathan Levine menyuguhkan film horror-comedy tentang zombie dari perspektif zombie.

Warm Bodies yang dirilis pada tahun 2013 ini bercerita tentang seorang zombie yang mengalami perubahan menjadi lebih baik, atau bisa dibilang menjadi lebih manusiawi, setelah berkenalan dan dekat dengan seorang wanita.

Karena tumbuhnya perasaan cinta di hatinya, lambat laun fisiknya yang dari zombie menakutkan berubah menjadi manusia kembali. Hal ini akhirnya membuat para zombie bisa menjadi manusia selama dia bisa memiliki hati yang penuh cinta.

Dibintangi oleh pasangan Nicholas Hoult dan Teresa Palmer, 15 menit awal film yang menggambarkan kehidupan sehari-hari para zombie mampu memancing tawa hingga terbahak-bahak. Coba saja!

Nah itulah daftar 10 film horor komedi terbaik yang pastinya akan membuat Anda terpingkal-pingkal dibuatnya. Namun jika Anda menginginkan film horor yang benar-benar menyeramkan, silahkan simak daftar film horor barat terbaik di artikel ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *