Bacaterus / Film Horror / 10 Film Horor Jepang Terseram dan Paling Menakutkan

10 Film Horor Jepang Terseram dan Paling Menakutkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Februari 2019

Ada satu hal unik dari budaya jepang di mana setiap kali musim panas akan banyak film horor yang tayang. Karena menurut mereka ketika udara panas, menonton film horror adalah cara terbaik untuk menurunkan suhu tersebut. Maka tak heran mulai dari cerita hingga film horor Jepang terseram akan sering terdengar setiap musim panas.

Film horor jepang memang sudah terkenal menakutkan dan bisa membuat bulu kuduk merinding. Menontonnya bisa membuat Anda merinding, bahkan menutup mata dan telinga karena saking seramnya. Mungkin setelah menonton masih akan terbayang dengan sosok hantu yang menyeramkan di film tersebut.

Nah, berbicara film horor, berikut ini Bacaterus.com akan membahas daftar film horor Jepang yang paling menakutkan. Berbagai film ini juga sangat legendaris dan terkenal di berbagai belahan dunia, bahkan tidak kalah seru dengan film horor Korea. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

10 Film Horor Jepang Terseram Sepanjang Masa

1. Ringu (The Ring)

Sadako

Bagi pecinta film horor jepang, mungkin film ini sudah tidak asing lagi. Film horror yang sagat populer ini diawali dengan kisah kematian dua orang siswa SMA di Tokyo setelah menonton sebuah video.

Salah satu korbannya bernama Tomoko yang merupakan keponakan dari seorang reporter yang bekerja di salah satu stasiun televisi Tokyo. Reiko Asakawa yang diperankan oleh Nanako Matsushima merasa penasaran dengan kematian keponakannya tersebut.

Akhirnya ia menelusuri dan mencari tahu penyebab kematian keponakannya tersebut. Dalam pencariannya itu reiko menemukan sebuah urban legend Jepang mengenai Sadako.

Video yang ditonton oleh keponakannya tersebut ternyata memiliki kutukan. Akhirnya Reiko yang dibantu oleh mantan suaminya Ryuji Takayama menemukan sebuah  informasi tambahan. Mereka menelusuri asal usul video tersebut ke pulau Oshima.

Di sana mereka mengetahui bahwa Sadako merupakan anak dari seorang paranormal. Ibunya sadako bunuh diri, kemudian sang ayah membawa lari Sadako ke sebuah rumah dan membunuh Sadako dan kemudian mayatnya ia sembunyikan di sebuah sumur.

2. Noroi

film horor Jepang terseram

Noroi atau yang berarti “Kutukan” ini merupakan salah satu film horor Jepang terseram yang memiliki rating yang cukup tinggi. Film horror ini dibuat dengan gaya footage atau rekaman (dokumenter) seperti film Paranormal Activity. Di Jepang sendiri kerap kali banyak video yang diunggah ke Youtube dengan video penampakan hantu.

Di dalam film ini dikisahkan seorang wartawan yang telah lama mengangkat cerita supranatural dengan cara merekam kejadian-kejadian supranatural yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Di awal-awal film akan Nampak seperti kejadian asli karena dalam film ini memang disengaja disetting agar tampak seperti kejadian nyata.

Walaupun hantu dalam film ini tidak sering muncul dan mungkin akan membuat bosan, namun hal tersebut diimbangi dengan pencarian sang wartawan yang layaknya seorang detektif. Video dokumenter yang ia kerjakan merupakan suatu permintaan dari klien yang sering merasa diganggu oleh hantu atau hal-hal yang berbau mistis.

Awalnya ia merasa kejadian-kejadian mistis tersebut tidak saling berkaitan. Namun setelah makin dalam dan semakin jauh, ia merasakan ada sesuatu dari video yang ia rekam. Hingga akhirnya terungkaplah sebuah kejadian supranatural dan “kutukan” yang belum terpecahkan.

3. Honogurai Mizu No Soko Kara (Dark Water)

dark water

Film ini benar-benar akan membuat kalian yang menonton ketakutan. Dengan cerita, drama, setting dan juga efek suara yang pas akan membuat Anda merasakan sensasi yang luar biasa ketakutan. Atau mungkin Anda akan menutup mata dan telinga sepanjang film ini dimainkan.

Film ini menceritakan tentang sebuah apartemen yang selain dihuni oleh manusia juga dihuni oleh hantu. Tidak hanya cerita menyeramkan, namun film ini dibalut juga dengan sentuhan tema psikologis. Bermula dari kisah seorang ibu (Yoshimi Matsubara) yang baru saja mengalami perceraian karena perilaku kasar dari sang suami dan ia juga sedang memperjuangkan hak asuh anaknya (Ikuko).

Demi menghilangkan kesedihannya ia dan anaknya pindah ke pinggiran kota dan mencari pekerjaan juga di sana. Kemudian ia pindah ke sebuah apartemen yang kumuh dan juga tidak terurus.

Di awal ia pindah, sudah banyak kejadian-kejadian aneh yang ia dan anaknya alami. Mulai dari anaknya yang tiba-tiba menghilang, kemudian tiba-tiba ada tas berwarna merah, hingga air yang turun dari atap apartemennya secara misterius.

Banyak penampakan yang kerap kali menggangu mereka. Namun hantu yang paling menakutkan adalah munculnya sosok hantu wanita anak kecil yang mengenakan jas hujan berwarna kuning dan kerap kali mondar-mandir di sekitar apartemen. Kejadian-kejadian tersebut ternyata berhubungan dengan mantan penyewa apartemen yang berada di lantai atas.

4. Ju-On

Ju-on

Ju-On merupakan film horror yang akan membuat Anda ketakutan. Dengan karakter yang tenang namun akan membuat Anda terkejut, bahkan setelah menontonnya masih akan teringat-ingat dengan hantu yang satu ini. Film ini juga memiliki beberapa dengan cerita yang berbeda. Bahkan, film ini telah dibuat ulang di Hollywood dengan judulnya “The Grudge”, namun tidak seseram film aslinya.

Ju-On mengisahkan tentang rumah keluarga Saeki yang berhantu karena rumah tersebut memiliki kutukan. Ayah dari keluarga tersebut membunuh anaknya, sehingga anak kecil tersebut ingin membalas dendam pada keluarganya. Namun tidak hanya pada keluarganya saja, pada keluarga atau penghuni yang baru tinggal dirumah tersebut juga.

5. Chakushin Ari (One Missed Call)

one missed call

Chakushin Ari merupakan salah satu film horror jepang yang cukup terkenal karena sempat di-remake oleh Hollywood dengan judul One Missed Call. Film ini diawali dengan Yoko (Anna Nagata) yang menerima voice mail dari nomor handphone-nya sendiri namun dengan tanggal dua hari ke depan.

Di dalam voice mail tersebut ia mendengar dirinya sendiri berteriak ketakutan. Akhirnya, dua hari kemudian ia tewas. Setelah kejadian itu, hal tersebut kembali terjadi ke berbagai orang di seluruh Jepang. Yumi (Kou Shibasaki) yang merupakan teman Yoko akhirnya tertantang untuk menyelidikinya.

Namun sayangnya, Yumi juga menerima voice mail yang mematikan tersebut. Dengan sisa waktu hidupnya yang semakin sempit, Yumi kemudian berusaha habis-habisan untuk mengungkap siapa dalam di balik semua kejadian misterius tersebut.

6. Creepy Hide and Seek

Creepy Hide and Seek (Hitori Kakurenbo gekijo ban)

Creepy Hide and Seek (Hitori Kakurenbo: gekijo ban) adalah salah satu film yang sangat menyeramkan karena mengangkat cerita mengenai ritual pemanggilan arwah. Ritual tersebut diberi nama Hitori Kakurenbo, yang kalau di Indonesia mungkin mirip dengan ritual Jelangkung.

Pada ritual ini kita harus menyiapkan sebuah boneka yang telah diisi oleh potongan kuku atau rambut kita. boneka tersebut kemudian ditusuk pisau dan diletakan di kamar mandi. Selanjutnya kita harus bersembunyi sambil membawa air garam. Jika air garamnya tumpah, maka boneka tersebut akan membunuh kita.

Film ini sendiri dibintangi oleh Yukie Kawamura, Mayuko Kawakita, dan Masahiro Usui. Cerita utamanya adalah mengenai hilangnya beberapa siswa di sebuah sekolah. Setelah diselidiki ternyata mereka melakukan ritual Hitori Kakurenbo ini. Film ini cukup sukses sehingga banyak film bertema serupa yang dirilis pada tahun-tahun berikutnya.

7. Onibaba

Onibaba

Onibaba adalah hantu yang berasal dari urban legend masyarakat Jepang. Wajah hantu wanita ini nampak seperti memakai topeng bertanduk dengan mulut yang selalu tampak menyeringai.

Film Onibaba mengangkat cerita dengan setting jaman perang di tahun 1300-an, di mana ada sepasang wanita tua yang kehilangan anak laki-lakinya saat berperang. Wanita itu akhirnya hidup bersama menantunya yang tak lain adalah istri anaknya yang telah meninggal.

Suatu hari, wanita tua ini mendapati menantunya berhubungan intim dengan Hachi, sosok yang ia curigai sebagai penyebab kematian anaknya. Wanita tua ini bermaksud untuk menakut-nakuti menantunya dengan menggunakan topeng. Namun, pada akhirnya wanita tua itu mengaku pada menantunya bahwa dirinya hanya sekedar menakut-nakutinya saja. Menantu itu akhirnya membantu mertuanya melepaskan topeng dengan palu.

Ketika topeng berhasil dibuka, si menantu merasa ketakutan karena wajah mertuanya dipenuhi luka dan mengira bahwa mertuanya sudah menjadi iblis. Akhirnya, si menantu lari dan terjatuh ke jurang. Wanita tua tersebut turut menjatuhkan diri karena dirundung perasaan bersalah.

8. House

House

Meskipun terbilang oldschool, House merupakan film horor Jepang yang terbilang unik dan bisa membuat penontonnya takjub. Berawal dari keinginan seorang gadis untuk pergi mengunjungi bibinya di desa terpencil. Gadis ini mengajak 6 orang temannya untuk turut bersama-sama ke desa tersebut. Namun naas karena di rumah bibi itulah para gadis ini menemui ajalnya.

Cara kematian setiap gadis ini sungguh berbeda-beda. Tidak ada adegan sadis yang berlebihan, tapi Anda pasti tidak menduga bahwa sebuah benda mati bisa menjadi salah satu penyebab kematian mereka. Sepanjang film House, Anda akan disuguhkan dengan efek-efek menarik yang mungkin terlihat biasa di jaman sekarang, tapi begitu fantastis pada jamannya.

9. Pulse

Pulse

Film horor Jepang dengan judul asli “Kairo” ini merupakan salah satu masterpiece dari Kiyoshi Kurosawa. Bahkan, film yang pernah mendapat tempat di Festival Film Cannes 2001 ini sudah dibuat remake dalam versi barat. Pulse menceritakan tentang teror hantu di dunia maya.

Bermula dari toko utamanya yang bernama Kudo membuka sebuah forum dengan tulisan “Do you want to see ghosts?” tetapi setelah dibuka yang tampil adalah wajah-wajah orang yang pernah membuka forum tersebut. Satu persatu teman dari tokoh utama ini tewas bunuh diri. Akan tetapi, mayat-mayat mereka tidak pernah ditemukan.

10. Teke Teke

Teke Teke

Hantu Jepang yang satu ini mungkin sudah familiar di telinga Anda. Teke teke merupakan hantu setengah badan yang merupakan arwah dari seorang gadis yang meninggal karena tubuhnya terlindas kereta api.

Kisah hantu tersebut difilmkan dengan judul yang sama, yakni Teke Teke. Hanya saja, alur ceritanya sedikit dibumbui dengan kisah bullying di SMA, dimana seorang gadis yang mengalami bullying ini hendak membalas dendam kepada teman-temannya yang sudah membully-nya dengan menunjukkan bahwa Teke Teke itu benar ada, bukan isapan jempol belaka.

Namun, hal tersebut justru malah membuat Teke Teke meneror kehidupan mereka semua sampai satu persatu dari mereka mati dibunuh oleh hantu tersebut.

Itulah beberapa film horor Jepang terseram dan paling menakutkan versi Bacaterus.com. sebenarnya masih banyak film lain dari negeri Sakura yang cukup menyeramkan, namun judul-judul di atas dipilih karena popularitasnya. Ingat, berhati-hatilah karena mungkin hantu-hantu tersebut sedang berada di sekitar Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Film Horor Jepang Terseram dan Paling Menakutkan”

  1. Uuugh . . Serem ya ceritanya jadi pengen cepat nonton..

Tinggalkan komentar