20 Film Horor Jepang tentang Sekolah yang Bikin Ngeri

Ditulis oleh Erika Erilia

Cerita horor bisa datang dari mana saja, termasuk sekolah. Bukan rahasia lagi bila setiap sekolah pasti memiliki kisah seramnya sendiri. Hal ini pula yang menginspirasi para pembuat film untuk membuat film-film horor dengan latar belakang sekolah.

Di Jepang sendiri, film horor dengan tema sekolah ternyata cukup difavoritkan oleh banyak orang, baik yang bercerita tentang hantu, mitos, kutukan, pembunuhan, hingga masalah zombie. Kalau kalian penasaran dan ingin menontonnya, Bacaterus sudah merangkum film horor Jepang tentang sekolah yang bisa kalian baca di bawah ini.

1. Battle Royale

Battle Royale (2000)

Film dengan rating tinggi ini mengambil setting negara Jepang di masa depan. Ceritanya tentang Battle Royale, ajang tahunan yang diterapkan oleh pemerintah pada sekolah-sekolah.

Kisahnya sendiri dimulai dengan Shuya Nanahara (Tatsuya Fujiwara) yang mengikuti field trip sekolah bersama teman-temannya. Akan tetapi, mereka diberi gas tidur dan dibuat pingsan di tengah perjalanan.

Saat sadar, mereka sudah berada di sebuah pulau terpencil. Sang guru yang bernama Kitano (Takeshi Kitano) menjelaskan bahwa sekolah mereka terpilih untuk mengikuti Battle Royale, artinya mereka harus saling membunuh dalam waktu 3 hari.

Permainan sadis ini pun dimulai, ada yang mengikuti aturan, tapi ada pula yang ingin kabur dari pulau. Yang jelas, mereka harus terus bertahan hidup.

2. Haunted School 4

film horor jepang tentang sekolah_Gakkou no Kaidan 4_
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Friendship, Horror, School, Supernatural
  • Produksi: -
  • Sutradara: Hirayama Hideyuki
  • Pemeran: Mai Toyoda, Toshiteru Hirose, Matsunosuke Shofukutei, Mieko Harada

Seri film ke-4 Gakkou no Kaidan ini menceritakan kisah seorang kakak dan adik, Tsune dan Yae yang berkunjung ke rumah sepupu mereka, Ayumu. Mengambil kesempatan ketika libur musim panas, Ko dan kakak perempuannya pergi mengunjungi Nozoki, sepupunya. Rumah sepupunya itu berada di tepi laut.

Tapi, saat Ko dan kakak perempuannya tiba, serangan topan menghantam kota. Itu adalah kali pertama setelah bertahun-tahun tak pernah ada topan. Lalu, sepupu mereka memberitahu mereka, bahwa ketika badai menerjang, maka arwah orang-orang yang tewas di laut akan datang.

Pada hari berikutnya, anak-anak di kota itu mulai menghilang satu persatu. Ada yang terseret ke laut, ada yang diculik dan ada pula yang diculik oleh hantu perempuan. Kemudian Tsune yang sebelumnya mengalami mimpi buruk, akhirnya menghilang di depan Yae.

3. Haunted School 3

film horor jepang tentang sekolah_Gakkou no Kaidan 3_
  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Horror, School, Supernatural
  • Produksi: -
  • Sutradara: Kaneko Shusuke
  • Pemeran: Maeda Aki, Nishida Naomi

Film berjudul asli Gakkou no Kaidan ke-3 ini mengikuti kisah sekelompok siswa sekolah dasar yang menjelajah ke dunia surealis. Di Sekolah Dasar Makimachi, ada sebuah cermin di suatu tempat di sekolah tempat Taichi dan seorang siswa yang meninggal pada 20 tahun yang lalu.

Siswa itu, kini hidup sebagai hantu. Kemudian, ada desas-desus bahwa dia terseret ke dalam sebuah cermin. 

Sepulang sekolah pada pertemuan atletik, seorang guru menemukan cermin di ruang tamu. Kemudian empat muridnya, Ryo, Mayuko, Akande dan Makoto, menyelinap ke sana untuk melihat cermin tersebut. Tapi, keempat murid itu terseret ke dalam cermin bersama gurunya dan terjebak di dunia surealis.

4. Lesson of the Evil

Lesson of the Evil (2012)
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Thriller, Horror, Psychological, School
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Miike Takashi
  • Pemeran: Ito Hideaki

Kalian mencari film horor dengan tokoh psikopat? Film Lesson of the Evil garapan sutradara Takashi Miike ini jawabannya. Film ini bercerita tentang Seiji Hasumi (Hideaki Ito), guru lulusan Harvard yang tampak sempurna.

Ia sangat disukai oleh para murid dan rekan-rekan guru yang lain. Tapi di balik sikapnya yang menyenangkan, Hasumi menyimpan kepribadian yang mengerikan. Berbeda dengan kebanyakan guru, Hasumi akan menyelesaikan setiap masalah murid-muridnya dengan merencanakan pembunuhan yang sadis dan kejam.

Tak hanya untuk mengatasi masalah muridnya, lama-lama ia juga terus melakukan hal-hal keji demi menyembunyikan identitasnya sebagai psikopat, apalagi mulai ada guru dan murid yang curiga dengan dirinya.

5. Toire no Hanako-san: Shin Gekijoban

film horor jepang tentang sekolah_Toire no Hanako-san Shin Gekijoban_
  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Horror, School, Supernatural
  • Produksi: CHANCE iN, Canter
  • Sutradara: Yamada Masashi
  • Pemeran: Ueno Yuuka


Sayo adalah seorang gadis SMA yang pindah dari Tokyo ke rumah neneknya di pedesaan. Pada hari pertama masuk sekolah, dia melihat salah satu teman sekelasnya, Maho, dirundung oleh teman-teman sekelasnya yang lain. Namun, karena Sayo takut, dia tidak bisa membantu Maho.

Ketika dia kembali ke rumah, dia menjadi sangat khawatir terhadap Maho yang terjebak di kamar mandi sekolah. Tak tega, dia segera kembali ke sekolah dan menemukan Maho telah meninggal.

6. Suicide Club

Suicide Club (2001)
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Horror, Thriller, Drama, Mystery, Crime
  • Produksi: Omega Project
  • Sutradara: Sion Sono
  • Pemeran: Ryō Ishibashi, Masatoshi Nagase, Saya Hagiwara, Akaji Maro

Suicide Club termasuk salah satu film horor nyeleneh asal Jepang yang cukup populer. Film karya sutradara Sion Sono ini bercerita tentang fenomena aksi bunuh diri yang dilakukan oleh para remaja Jepang.

Suicide Club memiliki adegan pembuka yang cukup sadis tapi sangat memorable. Film ini diawali dengan 54 siswi dari berbagai sekolah yang pergi ke stasiun kereta bawah tanah.

Mereka datang sambil mengobrol dan tertawa-tawa layaknya anak-anak sekolah pada umumnya. Tapi saat kereta sudah tiba, puluhan siswi tersebut langsung melompat ke arah rel.

Anehnya lagi, insiden yang sama terus terulang, sampai akhirnya ada seorang detektif yang berusaha menyelidiki misteri di balik fenomena mengerikan tersebut.

7. As the Gods Will

film horor jepang terseram_As the Gods Will_

Sutradara Takashi Miike kembali membuat film horor yang diwarnai dengan adegan pembantaian. As the Gods Will diawali dengan kisah murid SMA bernama Shun Takahata (Sota Fukushi) yang menjalani kehidupan normal.

Shun bahkan berpendapat kalau kehidupannya nyaris membosankan, tapi semua itu berubah ketika mendadak muncul boneka daruma hidup di kelasnya. Seisi kelas lalu dipaksa memainkan game tradisional daruma. Yang membuat ngeri, siapa pun yang kalah akan mati dengan cara tak wajar.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram