Bacaterus / Film Jepang / 13 Film Horor Jepang tentang Sekolah yang Bikin Ngeri

13 Film Horor Jepang tentang Sekolah yang Bikin Ngeri

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cerita horor bisa datang dari mana saja, termasuk sekolah. Bukan rahasia lagi bila setiap sekolah pasti memiliki kisah seramnya sendiri. Hal ini pula yang menginspirasi para pembuat film untuk membuat film-film horor dengan latar belakang sekolah.

Di Jepang sendiri, film horor dengan tema sekolah ternyata cukup difavoritkan oleh banyak orang, baik yang bercerita tentang hantu, mitos, kutukan, pembunuhan, hingga masalah zombie. Kalau kalian penasaran dan ingin menontonnya, Bacaterus sudah merangkum 13 film horor tentang sekolah yang bisa kalian baca di bawah ini.

1. Gakkou no Kaidan (1995)

Gakkou no Kaidan (1995)

“Gakkou no Kaidan” adalah salah satu film horor klasik Jepang yang sangat terkenal. Judulnya sendiri diartikan sebagai cerita hantu sekolah, sedangkan filmnya berpusat pada sebuah SD di Jepang yang terkenal angker.

Kisah “Gakkou no Kaidan” dimulai ketika ada seorang gadis bernama Mika yang menghilang secara misterius di sekolahnya. Teman-teman Mika lalu memutuskan untuk mencarinya. Akan tetapi, rumor hantu mengenai sekolah tersebut bukanlah sekadar rumor. Teman-teman Mika pun menemui banyak rintangan dan harus menyelamatkan diri mereka dari teror hantu di sekolah tersebut.

2. Shinsei Toire no Hanako-san (1998)

Shinsei Toire no Hanako-san (1998)

Hanako, hantu yang sangat populer di Jepang ini telah dibuatkan beberapa film, salah satunya adalah “Shinsei Toire no Hanako-san”. Filmnya bercerita tentang Satomi (Ai Maeda) yang baru masuk SMP Midoridai. Kakaknya yang bernama Kaori pernah bersekolah di SMP yang sama. Namun, 11 tahun lalu Kaori menghilang secara misterius dan disebut-sebut telah diculik oleh makhluk jahat.

Satomi lalu berusaha menyelidiki hilangnya sang kakak, sedangkan kejadian-kejadian aneh mulai dirasakan oleh Satomi. Di waktu yang sama, muncul desas-desus tentang hantu Hanako yang menghuni toilet. Penyelidikan Satomi berujung pada teror-teror mengerikan, sampai akhirnya kekuatan jahat 11 tahun lalu kembali muncul dengan penuh kemarahan.

3. Battle Royale (2000)

Battle Royale (2000)

Film dengan rating tinggi ini mengambil setting negara Jepang di masa depan. Ceritanya tentang Battle Royale, ajang tahunan yang diterapkan oleh pemerintah pada sekolah-sekolah. Kisahnya sendiri dimulai dengan Shuya Nanahara (Tatsuya Fujiwara) yang mengikuti field trip sekolah bersama teman-temannya. Akan tetapi, mereka diberi gas tidur dan dibuat pingsan di tengah perjalanan.

Saat sadar, mereka sudah berada di sebuah pulau terpencil. Sang guru yang bernama Kitano (Takeshi Kitano) menjelaskan bahwa sekolah mereka terpilih untuk mengikuti Battle Royale, artinya mereka harus saling membunuh dalam waktu 3 hari. Permainan sadis ini pun dimulai, ada yang mengikuti aturan, tapi ada pula yang ingin kabur dari pulau. Yang jelas, mereka harus terus bertahan hidup.

4. Suicide Club (2001)

Suicide Club (2001)

“Suicide Club” termasuk salah satu film horor nyeleneh asal Jepang yang cukup populer. Film karya sutradara Sion Sono ini bercerita tentang fenomena aksi bunuh diri yang dilakukan oleh para remaja Jepang. “Suicide Club” memiliki adegan pembuka yang cukup sadis tapi sangat memorable. Film ini diawali dengan 54 siswi dari berbagai sekolah yang pergi ke stasiun kereta bawah tanah.

Mereka datang sambil mengobrol dan tertawa-tawa layaknya anak-anak sekolah pada umumnya. Tapi saat kereta sudah tiba, puluhan siswi tersebut langsung melompat ke arah rel. Anehnya lagi, insiden yang sama terus terulang, sampai akhirnya ada seorang detektif yang berusaha menyelidiki misteri di balik fenomena mengerikan tersebut.

5. Ring of Curse (2011)

Ring of Curse (2011)

Berikutnya ada film “Ring of Curse” yang ceritanya berpusat pada seorang siswi SMA bernama Kurohane (Miyabi Natsuyaki). Meski pintar dalam hal pelajaran, Kurohane memiliki kepribadian yang aneh. Ia kerap di-bully di sekolah dan orangtuanya tidak pernah peduli bahkan ketika ia divonis terkena kanker, orangtua Kurohane tetap mengabaikannya.

Keadaan berubah ketika Kurohane menyadari kalau dirinya bisa mengutuk seseorang. Kesempatan balas dendam pun datang saat ia ditugaskan menulis skrip festival sekolah. Kurohane lalu mengutuk teman-temannya secara bergantian. Satu-satunya orang yang sadar akan hal ini adalah Yuka (Airi Suzuki), tapi ia kesulitan menghentikan Kurohane, sedangkan nyawanya sendiri juga dalam bahaya.

6. Lesson of the Evil (2012)

Lesson of the Evil (2012)

Kalian mencari film horor dengan tokoh psikopat? Film “Lesson of the Evil” garapan sutradara Takashi Miike ini jawabannya. Film ini bercerita tentang Seiji Hasumi (Hideaki Ito), guru lulusan Harvard yang tampak sempurna. Ia sangat disukai oleh para murid dan rekan-rekan guru yang lain. Tapi di balik sikapnya yang menyenangkan, Hasumi menyimpan kepribadian yang mengerikan.

Berbeda dengan kebanyakan guru, Hasumi akan menyelesaikan setiap masalah murid-muridnya dengan merencakanan pembunuhan yang sadis dan kejam. Tak hanya untuk mengatasi masalah muridnya, lama-lama ia juga terus melakukan hal-hal keji demi menyembunyikan identitasnya sebagai psikopat, apalagi mulai ada guru dan murid yang curiga dengan dirinya.

7. Another (2012)

Another (2012)

Film ini bercerita tentang Koichi Sakakibara (Kento Yamazaki) yang menjadi murid baru di sebuah sekolah. Salah satu murid perempuan yang memakai penutup mata mulai menarik perhatiannya. Tapi saat Koichi bertanya pada teman-teman soal murid tersebut, mereka menjawab tidak tahu, seakan-akan gadis berpenutup mata itu tidak terlihat oleh siapapun.

Koichi lalu berkenalan dengan gadis itu yang ternyata bernama Misaki Mei (Ai Hashimoto). Koichi juga akhirnya mengetahui soal kenapa teman-temannya tidak melihat Misaki, termasuk menemukan fakta bahwa ada kutukan yang menyelimuti sekolahnya. Kutukan itu sulit dihentikan, sedangkan satu per satu teman Koichi harus meninggal secara tidak wajar.

8. As the Gods Will (2014)

Sutradara Takashi Miike kembali membuat film horor yang diwarnai dengan adegan pembantaian. “As the Gods Will” diawali dengan kisah murid SMA bernama Shun Takahata (Sota Fukushi) yang menjalani kehidupan normal. Shun bahkan berpendapat kalau kehidupannya nyaris membosankan, tapi semua itu berubah ketika mendadak muncul boneka daruma hidup di kelasnya.

Seisi kelas lalu dipaksa memainkan game tradisional daruma. Yang membuat ngeri, siapapun yang kalah akan mati dengan cara tak wajar. Shun mau tak mau mengikuti permainan itu dan satu per satu temannya tewas mengerikan. Shun dan sejumlah murid lainnya selamat, tapi mereka terus dipaksa mengikuti permainan mematikan tanpa tahu siapa dalang di balik semua permainan itu.

9. Kotodama – Spiritual Curse (2014)

Kotodama – Spiritual Curse (2014)

Film berikutnya adalah “Kotodama – Spiritual Curse” yang dibuat berdasarkan kisah “Gakkou no Kaidan”. Film ini sendiri dibuat dengan beberapa kisah yang berbeda, namun sebenarnya saling berkaitan satu sama lain. Ada cerita tentang Ayano (Ayano Konishi) dan teman-temannya yang menemukan fakta bahwa sekolah mereka punya sejarah kelam.

Ayano dan yang lainnya lalu mendapat gangguan-gangguan aneh, mulai dari melihat bayangan hingga mendengar suara nafas di kelas kosong yang tak terpakai. Di bagian lain ada kisah Hitomi (Hitomi Arai) yang masuk ke sebuah sekolah terbengkalai untuk membuat video horor, karena kabarnya di sekolah tersebut ada semacam portal untuk masuk ke dunia lain.

10. The Ghost Photo Club (2015)

The Ghost Photo Club (2015)

Sesuai dengan judulnya, film ini berpusat pada sebuah klub foto hantu di sebuah sekolah di Jepang. Seorang murid SMA bernama Kayu (Makoto Okunaka) memutuskan untuk bergabung dengan klub tersebut. Kegiatan dari klub ini tentu saja menyelidiki foto-foto hantu dan mencari kebenaran di balik foto tersebut.

Di klub ini, Kayu melakukan penyelidikan foto hantu dibantu dengan member lainnya yang bernama Kaname (Yosuke Ito) and Riri (Yuuka Ueno). Selama penyelidikan, mereka tidak sadar dengan bahaya yang mengintai mereka, pasalnya ada teror hantu yang siap menyerang sekaligus mengancam keselamatan Kayu dan kawan-kawannya.

11. Corpse Party (2015)

Corpse Party (2015)

Film ini bercerita tentang sekelompok anak SMA yang berbenah untuk festival sekolah. Saat listrik padam, Ayumi (Nozomi Maeda) menceritakan kisah horor tentang Sachiko, anak perempuan yang konon dikabarkan hilang setelah dibunuh. Ayumi lalu mengajak teman-temannya melakukan permainan Sachiko, karena kabarnya permainan ini bisa mempererat persahabatan mereka.

Tapi usai melakukan permainan itu, tiba-tiba terjadi gempa yang sangat dahsyat hingga meruntuhkan lantai kelas. Anehnya lagi, Ayumi dan teman-temannya seolah terlempar ke dimensi lain dan terjebak di sebuah SD yang menyimpan kutukan. Mereka pun mati-matian menemukan jalan keluar karena di sekolah tersebut ada sesuatu yang mengancam nyawa mereka.

12. Tag (2015)

Tag (2015)

Film ini berpusat pada Mitsuko (Reina Triendl), murid SMA pendiam yang sedang naik bus bersama teman-temannya untuk study tour. Ia awalnya sibuk menulis puisi, tapi karena keusilan temannya, pensilnya terjatuh ke lantai bus dan membuat Mitsuko membungkuk untuk mengambilnya. Di waktu yang sama, terjadi insiden mengerikan yang membunuh seluruh penumpang bus, kecuali Mitsuko.

Sejak saat itu kehidupan Mitsuko mengalami kekacauan yang membuatnya bingung. Mitsuko kadang berpikir bahwa ia sedang mengalami mimpi buruk, tapi ada kalanya ia seperti berubah menjadi orang lain yang sama sekali tidak ia kenal. Mitsuko terus berusaha bertahan hidup, tapi lama-kelamaan ia seolah tidak mengenal dirinya sendiri.

13. School – Live! (2019)

School – Live! (2019)

Yang terakhir ada film “School – Live!” atau “Gakkou Gurashi” yang diadaptasi dari manga dan anime berjudul sama. Film ini bercerita tentang empat orang anak SMA bernama Kurumi (Nanami Abe), Yuri (Wakana Majima), Miki (Rio Kiyohara), dan Yuki (Midori Nagatsuki) yang terlihat ceria.

Kurumi dan kawan-kawannya tinggal di sekolah dan melakukan berbagai aktivitas, termasuk kegiatan ekskul. Akan tetapi, kehidupan sekolah mereka sebenarnya sangat berbeda, pasalnya Kurumi dan yang lainnya adalah satu-satunya kelompok orang yang selamat dari serangan zombie. Di balik sikap santai dan keceriaan, mereka sebenarnya sedang mati-matian untuk bertahan hidup.

Itulah 13 film horor Jepang dengan tema sekolah, mulai dari yang klasik tentang hantu-hantu sekolah hingga serangan zombie berbahaya. Kalau kalian punya rekomendasi film horor lain yang lebih bagus, jangan lupa tulis judulnya di komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *