Bacaterus / Film Horror Indonesia / 20 Film Horor Indonesia Terbaru dan Terseram di 2020

20 Film Horor Indonesia Terbaru dan Terseram di 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Disebut-sebut sebagai pengganti kardio atau olahraga ringan, film horror masih menjadi salah satu genre film yang diminati oleh banyak orang. Khususnya anak muda. Di Indonesia sendiri, film horror masih digemari.

Setiap tahun ada banyak sekali film bergenre horror yang bermunculan di layar lebar. Malah banyak film lawas yang kembali diremake menjadi film horror yang berhasil membuat kita lebih ketakutan.

Bukan film lawas saja yang diangkat kembali, kini dari cerita di Twitter seperti KKN di Desa Penari dan cerita horror di Wattpad seperti Aku Tahu Kapan Kamu Mati pun diambil oleh para sutradara untuk dijadikan sebuah film. Berapa banyak sih film horror unggulan yang bisa dirangkum sama Bacaterus? Yuk intip artikelnya dibawah ini!

1. KKN di Desa Penari

KKN (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror
  • Produksi: MD Pictures
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemain: Tissa Biani, Aghniny Haque, Adinda Thomas

Sempat viral di Twitter, cerita dari KKN di Desa Penari akhirnya naik ke layar lebar. Cerita mistis nya siap untuk menghantuimu. Dimulai dengan berangkatnya satu grup anak muda; adalah Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton dan Wahyu untuk kuliah kerja lapangan di sebuah desa terpencil. Mereka sudah diwanti untuk tetap santun mengingat desa tersebut benar-benar di pedalaman dan mereka ‘hanya’ tamu saja.

Salah satu dari mereka melanggar norma, akhirnya seluruh grup jadi terkena imbasnya. Diantara mereka ada yang berani masuk ke gapura terlarang yang menjadi gerbang untuk ke tapak tilas, sebuah daerah berbahaya yang isinya bukanlah manusia. Namun dipenuhi oleh makhluk ghaib yang siap untuk membuat mereka tertahan di desa itu selamanya.

Nur dan Ayu mulai diganggu oleh hantu perempuan nan cantik suka menari diiringi dengan suara gamelan yang entah darimana asalnya. Belum lagi Bima yang tiba-tiba sikapnya berubah dan Wahyu, Anton dan Widya yang mulai merasakan ada yang janggal di desa tersebut.

Ketakutan itu ternyata baru awal mula petaka yang mereka sendiri jemput. Mampukah mereka bertahan dan keluar dari desa itu hidup-hidup?

2. Mangkujiwo

Mangkudjiwo (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror
  • Produksi: MVP Pictures
  • Sutradara: Azhar Kinoi Lubis
  • Pemain: Sujiwo Tejo, Yasamin Jasem, Asmara Abigail

Brotoseno diperankan oleh Sujiwo Tejo dan Cokrokusumo diperankan oleh Roy Marten telibat cek cok setelah memperebutkan hak milik dari loji pusaka berbentuk cermin kembar pangilon. Hal ini diketahui oleh keraton sehingga semua yang tahu akan hal ini mengusir Brotoseno setelah dirinya difitnah oleh Cokrokusumo. Tak terima, Brotoseno dendam bukan main dan ingin menyingkirkan Cokrokusumo.

Mencari berbagai cara untuk membalaskan dendamnya, Brotoseno akhirnya memutuskan untuk membunuh dan menggunakan darah Cokrokusumo untuk mendapatkan kekuatan gaib untuk ilmu kebal tubuh. Dia bertemu dengan Kanti (Asmara Abigail) untuk membantunya mendapatkan ilmu itu dan mendapatkan cermin kembar pangilon.

Bukannya bekerjasama, Brotoseno malah memanfaatkan Kanti dan kandungannya. Dirinya dipasung dan dipaksa untuk mengikuti ritual gila Brotoseno. Brotoseno ingin mendapatkan anak yang dikandung Kanti sebagai saran ilmu hitam yang sedang didalami oleh Brotoseno. Kekuatan yang akhirnya dimiliki Brotoseno malah mengundang petaka lainnya.

3. Rasuk 2

Rasuk 2 (Copy)

 

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror
  • Produksi:  Dee Company
  • Sutradara: Rizal Mantovani
  • Pemain: Nikita Willy, Achmad Megantara, Asri Welas

Mengulang sukses dari film Rasuk pertama, kini Rizal Mantovani membuat kembali cerita dengan plot yang tidak jauh berbeda. Kerasukan. Adalah Isabella (Nikita Willy), seorang mahasiswa kedokteran yang kini sedang menjalani koas. Kehidupannya sungguh luar biasa kecuali kemampuan indra keenamnya yang kadang mengusik hidup Isabel.

Suatu hari, Isabella diteror oleh arwah dari jenazah yang ia bedah untuk autopsy. Mayat perempuan yang tidak jelas identitasnya ini selalu datang dan bahkan merasuki Isabella, membuat dirinya kelelahan dan mulai dianggap aneh oleh teman-temannya.

Isabella putus asa, hanya Kakaknya (Raquel Katie Larkin) yang bisa menenangkannya. Rasa gelisahnya bertambah saat Isabel suka dengan Radja (Achmad Megantara).

Dengan bantuan Kakaknya dan Radja yang menerima ‘kelebihan’ Isabella, Isabella mulai mencoba untuk membantu sang arwah supaya bisa pergi dalam damai. Satu per satu urusan arwah itu diselesaikan Isabella, namun ini membuat Isabella mengetahui apa yang sebenarnya ingin diselesaikan oleh arwah tersebut. Kira-kira apa ya rahasia dibalik semua ini? Ayo nonton filmnya.

4. Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Aku Tahu Kapan Kamu Mati (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror, Drama
  • Produksi: Unlimited Production
  • Sutradara: Hadrah Daeng Ratu
  • Pemain: Natasha Wilona, Ria Ricis, Al Ghazali

Diangkat dari Wattpad milik Arumi E. Mengisahkan seorang putri SMA bernama Siena (Natasha Wilona) yang sempat mati suri. Setelah kejadian itu, Siena jadi bisa melihat kapan seseorang akan menemui ajalnya dan kerap kali dihantui oleh makhluk halus yang membuat Siena ketakutan. Sebelum dianggap gila, Siena bercerita kepada temannya Fio (Ria Ricis).

Meski ditutupi, Siena tidak bisa menahan rasa takutnya itu, sehingga teman-teman Siena selain Fio menganggap Siena freak. Kepalang tanggung, Siena terus berusaha meyakinkan seluruh temannya akan kemampuan magisnya ini, membuat seluruh isi sekolah gempar karena satu per satu orang yang Siena kenal meninggal hingga akhirnya kematian mendekati Brama (Al Ghazali), kakak kelas yang Siena suka.

Mencoba untuk mencurangi kematian dengan mengacaukan rantainya, Siena dibantu Fio mencegah supaya kematian tidak lagi menghampiri semua orang dengan melihat polanya. Namun, semakin lama Siena mencoba, kematian malah semakin datang dengan cepat sehingga kini nyawa Siena, Fio dan Brama menjadi dalam bahaya.

5. Surat Dari Kematian

Surat Dari Kematian (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror
  • Produksi: Max Pictures
  • Sutradara: Hestu Saputra
  • Pemain: Carissa Perusset, Endy Arfian, Jerome Kurnia

Film ini menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Zein yang memiliki indera keenam dan Kinan (Carissa Perusset) yang sangat logis mengenai apapun. Mereka berdua adalah content creator untuk saluran Youtube mereka. Mengejar isi saluran, mereka berdua kerap kali menyelidiki kasus-kasus atau desas desus horror di kampus ternama di Yogyakarta.

Suatu hari mereka menyelidiki sebuah tempat dimana ada mahasiswa bernama Darius (Jerome Kurnia) yang meninggal bunuh diri. Namun, sebelum bunuh diri ada surat ‘wasiat’ yang didapatnya & didapatkan juga oleh beberapa mahasiswa lain. Berisi suatu permintaan untuk mempermalukan diri atau mencelakai diri sendiri. Kalau orang yang mendapatkan surat itu gagal melakukan perintah maka akan mati.

Saat Zein melihat surat itu, dirinya merasa kalau surat itu bukan berasal dari Darius, menurutnya surat itu datang dari kematian. Hal ini sontak dicemooh oleh Kinan yang super logis. Namun akhirnya mereka berdua sadar bahwa surat itu memang memiliki semacam kutukan yang harus dihapus untuk menyelamatkan orang-orang yang mendapat surat tersebut.

6. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

Sebelum Iblis Menjemput 2 (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror
  • Produksi: Frontier Pictures
  • Sutradara: Timo Tjahjanto
  • Pemain: Chelsea Islan, Baskara Mahendra, Hadijah Shahab

Mengulang sukses dari film pertamanya, film Sebelum Iblis Menjemput ayat 2 ini masih ada kaitan dengan cerita soal kehidupan Alfie (Chelsea Islan) dan adiknya Nara (Hadijah Shahab) yang berantakan setelah Alfie bisa melihat sesuatu yang tidak seharusnya ia lihat.

Ketakutan dan rasa ngeri selalu menghantui Alfie meski di film pertama, Alfie sudah menyelesaikan tugasnya untuk menutup pintu ‘neraka; yang terbuka.

2 tahun berlalu, kehidupan Alfie dan Nara sedikit membaik sebelum petaka kembali datang pada mereka. Segerombolan anak muda menculik Alfie & Nara. Mereka memiliki kutukan yang sama dan ingin minta bantuan Alfie untuk menutup lagi pintu neraka tersebut.

Tertipu, bukannya menutup, Alife yang bisa membaca mantra di sebuah buku yang dibawa oleh anak muda itu malah membukakann pintu ‘neraka’.

Iblis akhirnya kembali ke kehidupan Alfie dan Nara. Kini, bukan Alife dan Nara saja yang jadi sasaran empuk untuk dirasuki dan dibunuh. Seluruh anak muda yang ikut dalam ritual pembacaan mantra itu pun jadi ikut terseret. Singkat cerita, satu dari beberapa anak muda itu memang pengikut iblis dan memanfaatkan Alfie untuk kembali membuka celah supaya iblis itu bebas

7. Janin

Janin (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror
  • Produksi: PAW Pictures
  • Sutradara: Ook Budiono
  • Pemain: Jill Gladys, Reuben Elishama, Meriam Belina

Dinar (Jill Gladys) sudah lama menantikan momongan setelah menikah dengan Randu (Reuben Elishama). Hal yang diinginkan Dinar pun terkabul, kini dirinya sudah mengandung dan memasuki bulan ke empat. Randu dan Dinar bahagia bukan main, mereka berdua menjaga kandungan tersebut dan tidak sabar untuk menjadi Ayah dan Ibu.

Kehidupan Randu dan Dinar mulai berantakan ketika seorang wanita paruh baya bernama Sukma (Meriam Belina) pindah ke perumahan Randu & Dinar. Dinar selalu ketakutan karena bisa melihat  hantu perempuan yang ingin merebut janin Dinar. Dinar mengadu kepada suaminya namun Randu  menganggap Dinar hanya mengalami paranoia, ini membuat Randu menyewa suster untuk menjaganya.

Bukannya tenang, Dinar malah lebih ketakutan karena hantu perempuan itu terus mengusik dan mencoba mencelakai Dinar. Randu akhirnya mengerti apa yang ditakuti Dinar dan bersama-sama menjaga kandungan Dinar supaya tidak diganggu oleh hantu perempuan yang terus menerus disebut oleh Dinar. Usut punya usut, ternyata Ibu Sukma lah yang mengganggu kehidupan Randu dan Dinar.

8. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan tanah Jahanam (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: Rapi Films
  • Sutradara: Joko Anwar
  • Pemain: Tara Basro, Marrisa Anita, Ario Bayu

Film besutan Joko Anwar ini bercerita soal pelik nya kehidupan Maya (Tara Basro) yang babak belur setelah dikira sebagai pembawa kutukan di sebuah desa bernama Harjosari. Mengalami kesulitan ekonomi, Maya & sahabatnya Dini (Marissa Anita) mencoba peruntungan untuk kembali ke desa Maya setelah menemukan sebuah foto yang diyakini sebagai dirinya berada di depan rumah mewah.

Menganggap rumah mewah itu miliknya dan bisa membalikan keadaan, Maya dan Dini segera bergegas ke desa Harjosari, anehnya setelah sampai di terminal terdekat; banyak orang yang tidak tahu akan desa itu. Hanya satu kusir delman saja yang tahu dan mau untuk mengantarkan mereka. Disinilah petaka menyambut Maya dan Dini.

Mereka berdua diserang habis-habisan. Dini bahkan dibunuh dan dijadikan wayang untuk menghilangkan kutukannya. Naas, dalang (Ario Bayu) dan Ibu nya (Christine Hakim) salah sasaran; yang diincar mereka adalah Maya, sang empunya rumah. Awalnya ingin memperbaiki hidup namun sekarang Maya harus berjuang untuk bertahan hidup dari tangan-tangan orang yang ingin membunuh Maya.

9. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Horror
  • Produksi: Rapi Films
  • Sutradara: Kimo Stamboel
  • Pemain: Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Adhisty Zara

Kembali ke panti asuhan tempat Hanif (Ario Bayu), Anton (Tata Ginting) dan Jefri (Miler Khan) ternyata bukan hal yang seharusnya mereka lakukan. Ketiga sahabat itu mengajak istri dan anak-anak mereka ke dalam panti seperti menyerahkan diri mereka kedalam neraka. Tak lama setelah mereka sampai di panti asuhan untuk menghormati Pak Bandi (Yayu Unru) sebagai pengasuh mereka, mereka diteror.

Teror yang mereka alami berasal dari dendam dari salah seorang anak pengasuh lama selain Pak Bandi. Setelah diusut, ibu pengasuh itu dibunuh oleh Pak Bandi dan dikubur di tanah sebuah ruangan di dalam panti tersebut. Pak Bandi dibantu oleh Hanif, Anton dan Jefri menghilangkan jejak ibu karena menganggap ibu pengasuh itu gila.

Nyatanya tidak demikian, Ibu itu keras terhadap anak-anak supaya tidak dilecehkan oleh Pak Bandi. Sialnya, anak dari ibu pengasuh tersebut menguasai ilmu hitam & membalaskan dendam ibunya kepada Pak Bandi, Hanif, Anto, Jefri dan semua orang yang ada di panti itu. Nadya (Hannah Al Rashdi), istri Hanif berhasil membunuh ratu ilmu hitam tersebut namun tidak lama, ratu ilmu hitam itu hadir kembali.

10. Sunyi

Sunyi (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Horror
  • Produksi: Pichouse Films
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemain: Angga Aldi, Amanda Rawles, Unique Priscilla

Diadaptasi dari film Korea berjudul Whispering Corridor (2005), film ini bercerita tentang Alex (Angga Aldi) yang merupakan murid baru di sebuah SMA Swasta terkenal.

Dirinya dan teman-teman yang lain dijadikan ‘budak’ selama beberapa minggu oleh senior nya tanpa diketahui pihak sekolah. Terus menerus dirundung senior membuat Alex dan Maggie (Amanda Rawles) yang tidak sengaja bertemu di kelas jadi teman baik.

Sekelompok senior yang melihat Alex selalu memakai kalung aneh segera memanggilnya dan akhirnya mereka tahu bahwa Alex adalah anak dari seorang ahli paranormal. Mereka memaksa Alex untuk memanggil arwah untuk membuktikan kebenaran dari isu yang beredar. Namun setelah ritual pemanggilan arwah dilakukan, satu per satu orang yang merundung Alex meninggal dengan misterius.

Akhirnya Alex dibantu Maggie untuk menyelesaikan masalah tersebut. Alex ingin sekali menutup kembali pintu komunikasi dengan para arwah yang lepas dan bisa ia lihat. Namun saat diusut, Alex mengetahui sesuatu kalau arwah-arwah yang terpanggil itu ingin memberi tahu sesuatu kepada Alex. Akhir cerita ini mengandung plot twist yang cukup bikin kamu bilang What The…..

11. Ghost Writer

Ghost Write (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Horror, Comedy
  • Produksi: Starvision
  • Sutradara: Bene Dion Rajagukguk
  • Pemain: Tatjana Saphira, Ge Pamungkas, Deva Mahenra

Naya (Tatjana Saphira) adalah seorang penulis novel. Dirinya hanya tinggal bersama dengan adiknya karena orang tua mereka sudah tiada. Mengontrak sebuah rumah besar di pinggiran Jakarta menjadi pilihan Naya karena mereka sedang kesulitan ekonomi. Naya pun didesak oleh penerbit untuk terus membuat novel baru disaat pikiran Naya mentok tak memiliki ide apapun.

Saat sedang membersihkan rumah, Naya menemukan sebuah buku harian tua yang isinya sangat menyayat hati. Buku harian itu milik seorang lelaki (Ge Pamungkas) yang bunuh diri di kamar Naya. Hantu lelaki tersebut meminta Naya untuk menaruh kembali buku harian itu dan tidak mengusiknya. Namun karena isinya sangat seru, Naya ingin menyadur isi buku harian itu untuk dijadikan bahan novel.

Aksi kocak terjadi saat Naya memanggil kembali Mas Setan, untuk minta ijin kalau isi buku harian itu dijadikan novel juga sebagai sarana bagi Mas Setan untuk berkomunikasi dengan semua orang. Mas Setan mengijinkan namun dengan catatan tidak ada yang dilebih-lebihkan. Sial, penerbit mengubah isi novel tersebut atas persetujuan Naya menjadi terlalu berlebihan membuat Mas Setan marah besar.

12. Asih

Asih (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Horror
  • Produksi: MD Pictures
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemain: Sareefa Daanish, Citra Kirana, Darius Sinathrya

Masuk menjadi salah satu Danur Universe, film ini menceritakan bagaimana Asih bisa menjadi arwah penasaran yang jahat dan ingin mengambil adik Risa di film Danur (2017). Asih sendiri awalnya adalah gadis manis, namun setelah dirinya dihamili oleh kekasihnya lantas kabur, Asih dianggap sebagai aib keluarga. Keluarganya mengusir dia dan para tetangganya tidak mau menerima Asih diam di desa.

Asih sedih bukan main. Dia marah dan menjadi dendam pada semua orang yang mengusik dirinya dan kandungannya. Kemarahan yang tidak bisa ia lampiaskan membuat dirinya mengakhiri hidupnya dengan gantung diri; membunuh dirinya sendiri dan kandungannya hingga akhirnya dia menjadi arwah penasaran yang dipenuhi amarah dan akan mengambil anak dari siapapun yang ia temukan.

Sial bagi pasangan Ita dan Andi yang baru saja melahirkan seorang anak perempuan cantik bernama Amelia. Anak itu jadi sasaran Asih yang diam di sebuah pohon besar dekat dengan tempat tinggal Ita dan Andi. Ini membuat Ibu Ita memanggil seorang ahli untuk membinasakan Asih. Berhasil Asih terperangkap di pohon tempat tinggalnya dengan menancapkan sisir yang tidak boleh dicabut dari pohon itu.

13. Suzanna: Bernapas Dalam Kubur

Bernapas Dalam Kubur (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Horror
  • Produksi: Soraya Intercine Films
  • Sutradara: Rocky Soraya
  • Pemain: Luna Maya, Herjunot Ali, Verdi Solaiman

Film lawas Suzanna ini kembali hadir dengan sentuhan yang lebih modern. Lingkup ceritanya masih tetap sama, mengisahkan Suzanna (Luna Maya) yang hidup bahagia dengan suami, Satria (Herjunot Ali).

Mereka sedang menantikan anak pertama mereka yang akan lahir tidak lama lagi. Namun karena ada urusan mendadak, Satria harus berangkat ke luar kota meninggalkan Suzanna sendirian bersama pembantunya.

Satria merupakan pengusaha yang bijak, namun ada beberapa karyawannya yang tidak suka dengan kebijakan yang diterapkan Satria sehingga mereka ingin merampok rumah Satria. Namun, rencana mereka kepergok Suzanna yang saat itu sedang di rumah.

Salah satu karyawan Satria yang merampok itu tidak sengaja membunuh Suzanna. Untuk menghilangkan jejak, Suzanna akhirnya dikubur di pekarangan rumah

Keesokan paginya, Suzanna terlihat baik-baik saja. Mengerjakan tugas seorang istri sampai Satria datang pun Suzanna terlihat cantik hanya saja sikapnya jadi berbeda. Suzanna kembali dari kubur untuk membalaskan dendamnya kepada para pembunuh yang telah menghabisi nyawanya dan kandungannya. Suzanna menghantui mereka hingga mereka juga mati.

14. Danur

danur (Copy)

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Horror
  • Produksi: MD Pictures
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemain: Prilly Latuconsina, Sandrina Michelle, Sareefa Danish

Menjadi awal mula dari Danur Universe, cerita yang diangkat dari kisah nyata sang penulis novel Risa Saraswati ini mengisahkan kehidupan Risa (Prilly Latuconsina) yang memiliki mata terang (indigo). Risa memiliki tiga teman dekat dari kecil bernama Janshen, Peter dan William yang tidak bisa dilihat oleh orang lain bahkan ibu Risa sendiri.

Khawatir akan keadaan Risa, Ibunya meminta bantuan dari ahli mistik untuk menghapus penglihatan Risa akan tiga temannya itu. Berhasil, Risa akhirnya tidak bisa melihat mereka lagi sampai mereka kembali pindah ke rumah lama Risa. Di belakang rumah tersebut ada sebuah pohon besar, tidak sengaja, satu dari keluarga menemukan sebuah sisir dimana sisir itu dimiliki oleh hantu penunggu pohon bernama Asih.

Asih sendiri adalah hantu jahat yang siap untuk mencelakai semua yang berani mengusiknya. Kini RIsa kebingungan setelah Asih berhasil menculik anggota keluarganya untuk diseret masuk ke dunia lain. Akhirnya setelah berusaha mati-matian, Risa berhasil memanggil kembali tiga temannya itu untuk membantu Risa mengalahkan Asih.

Danur Universe juga sudah pernah dibahas loh sama Bacaterus di artikel film-film karya Risa Saraswati. Coba baca deh supaya kalian mengerti jalan cerita dari keseluruhan film yang ada di dalam Danur Universe.

15. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan (Copy)

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Horror
  • Produksi: Rapi Films
  • Sutradara: Joko Anwar
  • Pemain: Tara Basro, Dimas Aditya, Bront Palarae

Dibuat remake dari film berjudul sama yang rilis pada tahun 1980, Joko Anwar sukses membuat film ini jadi semakin hidup dan menyeramkan. Berkisah tentang Rini (Tara Basro) yang tinggal di rumah tua bersama dengan Ayah, Ibu, Nenek dan ketiga adiknya. Ibu Rini, Mawarni (Ayu Laksmi) sakit dan tidak bisa bergerak dari tempat tidur, Ibu hanya bisa membunyikan lonceng apabila butuh bantuan.

Bertahun-tahun berlalu akhirnya Ibu meninggal. Namun beberapa malam setelah Ibu meninggal, ada sesuatu yang janggal. Hampir seluruh orang di rumah itu dihantui oleh sosok perempuan yang mirip dengan Ibu. Bahkan, nenek Rini pun meninggal di dalam sumur. Sadar akan keanehan yang mengerikan itu, Rini dan salah satu adiknya, Tony (Endy Arfian) mencoba memecahkan masalah tersebut.

Akhirnya mereka tahu kalau Ibu mereka adalah anggota dari persekutuan sekte sesat. Ibu sakit dan menyerahkan salah satu anaknya untuk menjadi penerus. Rini yang tahu hal ini langsung berjibaku dengan Ayah dan semua adiknya supaya anggota sekte lainnya tidak mengambil salah satu dari mereka sebagai penerus Ibu.

16. Rumah Dara (Macabre)

Rumah Dara (Copy)

  • Tahun rilis: 2009
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: Gorylah Pictures
  • Sutradara: The Mo Borthers
  • Pemain: Sareefa Daanish, Imelda Therinne, Arifin Putra

Khusus untuk kalian yang gemar dengan film dengan tema gory, film ini cocok sekali untuk kalian. Tapi buat kalian yang lemes liat darah even sedikit saja, saya sarankan duduk manis dan ganti film kalian dengan telenovela. Film ini berpusat pada sosok perempuan bernama Dara, dingin, tak berperasaan dan gemar memakan daging manusia bersama dengan keluarganya.

Naas, petaka menyambut satu grup yang berusaha menolong Maia, anak Dara. Maia (Imelda Therinne) mengatakan bahwa dirinya telah dirampok. Merasa kasihan, satu grup yang terdiri dari pasangan dan teman-temannya mengantar Maia sampai rumah. Bukannya pergi, satu grup itu diundang makan malam oleh Dara yang di dalamnya sudah dicampur obat tidur.

Disinilah kengerian mulai terjadi. Satu per satu dari anggota grup yang mengantar Maia pulang mulai dikuliti, dimutilasi dan disayat untuk diambil dagingnya. Darahnya disiapkan untuk Dara untuk tetap awet muda. Salah satu anggota grup, Ladya (Julie Estelle) akhirnya sadar kalau mereka ini bukan ada dirumah namun di tempat penjagalan manusia.

17. Kuntilanak

Kuntilanak (Copy)

  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Horror
  • Produksi: MVP Pictures
  • Sutradara: Rizal Mantovani
  • Pemain: Julie Estelle, Evan Sanders, Ratu Felisha

Pindah dari rumah, Samantha/Sam (Julie Estelle) menyewa kamar kost di dekat kuburan tua. Disana ia bertemu dengan Ibu Yanti yang menceritakan sejarah bangunan kost yang super besar itu. Bangunan itu dimiliki oleh keluarga Mangkoedjiwo, pemilik pabrik batik terkenal. Sesampainya di kamar Sam, Ibu Yanti menceritakan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sembari menyenandungkan durmo Jawa.

Tak disangka, durmo yang Ibu Yanti senandungkan itu adalah mantra untuk memanggil kuntilanak. Naas bagi Sam, karena ternyata dirinya memiliki wangsit yang bisa memanggil roh. Ketika terancam, Sam selalu menyenandungkan durmo itu mengakibatkan orang yang mengganggu Sam akan mati. Sam menjadi ketakutan dan minta bantuan temannya Dinda (Ratu Felisha) dan Agung (Evan Sanders).

Celaka, karena tidak sengaja membuat Sam kesal, mereka berdua dinyanyikan tembang dermo tersebut dan mulai mimisan, pertanda baik Dinda dan Agung akan meninggal. Kini Sam mulai mencari cara supaya bisa menghapus dan menghancurkan kutukan dari tembang dermo tersebut. Sendirian, Sam akhirnya bisa mengalahkan kutukan tersebut.

18. Jelangkung

Jelangkung (Copy)

  • Tahun rilis: 2001
  • Genre: Horror
  • Produksi: Rexinema Prima Entertainment
  • Sutradara: Jose Purnomo
  • Pemain: Winky Wiryawan, Melanie Aryanto, Harry Pantja

Penasaran dengan hal-hal yang berbau mistik, ke-empat remaja; Fredi (Winky Wiryawan), Gita (Melanie Aryanto), Gembol (Rony Dozer) dan Soni (Harry Pantja) mencoba untuk mengunjungi sebuah desa mistis bernama Angkerbatu di Jawa Barat. Mereka bertolak dari Jakarta untuk ke Angekerbatu berharap mereka bertemu hal-hal mistik yang bisa menambah pengalaman horror mereka.

Setibanya di desa itu, Fredi cs sudah disuguhkan pemandangan yang tidak bisa. Sebuah kuburan yang tidak bergabung dengan pekuburan lainnya. Kuburan itu terpisah sangat jauh.

Hanya pemandangan yang aneh itu saja yang berhasil menarik perhatian Fredi cs, ke-empat remaja tersebut pulang namun sebelum pulang, Soni, memainkan ritual bernama Jelangkung untuk memanggil arwah dengan media batok kelapa.

Soni menancapkan batok kelapa itu di kuburan misterius yang sebelumnya mereka temui. Tidak ada hasil, Soni marah dan segera meninggalkan kuburan itu tanpa tahu bahwa perbuatannya tadi mengundang celaka tidak hanya untuk Soni tapi untuk Fredi, Gita dan Gembol. Satu-satunya cara untuk menghentikan terror dari Jelangkung adalah mengantar arwah yang Soni panggil pulang ke dalam kubur.

19. Malam Jumat Kliwon

Malam Jumat Kliwon (Copy)

  • Tahun rilis: 1986
  • Genre: Horror
  • Produksi: Soraya Intercine Films
  • Sutradara: Sisworo Gautama Putra
  • Pemain: Suzanna, Alan Nuari, Amith Abidin

Tidak bisa menulis karena kurang fokus membuat Ayu Trisnaningrat (Suzanna) stress. Dia meminta bantuan kekasihnya, Anton (Alan Nuari) untuk pergi ke luar kota bersama supaya Ayu bisa mendapatkan inspirasi baru. Anton setuju dan mulai mengajak Ayu pergi. Saat dijalan, mereka tersesat. Namun karena masih dianggap dekat dengan kota, Ayu dan Anton dengan santai berjalan kaki.

Di tengah perjalanan mereka menemukan sebuah rumah tua dan entah kenapa Ayu senang berada disana. Ayu merasa ide nya meluap-luap sehingga mencari sang pemilik rumah. Setelah diizinkan, Ayu segera menulis tanpa ditemani Anton yang kembali ke kota. Namun disana, banyak orang yang jahat entah kenapa ingin memperkosa dan membunuh Ayu. Anehnya Ayu selalu selamat karena Sundel Bolong.

Sundel Bolong itu selalu membantu Ayu kapanpun Ayu terlibat masalah. Orang-orang yang mengganggu Ayu akan berakhir tragis dengan kematian yang menyakitkan. Setelah diusut, Sundel Bolong itu adalah Ibu Ayu, Ibu Ayu meninggal setelah kena santet dan melahirkan Ayu setelah kandungannya pindah ke punggung dan meletus.

20. Sundel Bolong

Sundel Bolong (Copy)

  • Tahun rilis: 1981
  • Genre: Horror
  • Produksi: Rapi Films
  • Sutradara: Sisworo Gautama Putra
  • Pemain: Suzanna, Barry Prima, Ruth Pelupessy

Kehidupan Alisa (Suzanna) awalnya sangat kelam. Dia merupakan pekerja seks dibawah germo yang kerap dipanggil Mami (Ruth Pelupessy). Namun pertemuan dengan Hendarto (Barry Prima) benar-benar mengubah hidupnya. Alisa menjadi seorang wanita baik yang hidupnya kini lurus tidak lagi tengok kanan-kiri. Alisa bahagia bisa memiliki suami sebaik Hendarto.

Saat menikmati kota, Alisa diajak oleh seorang pengusaha butik bernama Rudi (Rudy Salam) yang ingin menjadikannya sebagai model. Tergoda dengan kecantikan Alisa, Rudi mengajak Alisa untuk memadu kasih namun otomatis ditolak oleh Alisa. Merasa dipermalukan Rudi menyuruh anak buahnya untuk menculik Alisa lantas Rudi perkosa. Alisa yang saat itu ditinggalkan begitu saja merasa bersalah.

Hendarto tidak bisa menolong Alisa karena saat itu sedang di luar kota dan Alisa menjadi bingung bukan kepalang menjelaskan semua hal itu. Tidak kuat menahan rasa marah dan bersalah akhirnya Alisa bunuh diri dan menjadi arwah penasaran yang membalaskan dendamnya dengan membunuh semua orang yang terlibat atas kematian dirinya.

Sudah cukup deg-degan membaca sinopsisnya? Sekarang waktunya buat kalian untuk lihat filmnya juga ya! Jangan sampai engga ditonton. Dijamin deh, selain membantu kalian jadi kurus, film horror juga bisa bikin hari-hari kamu jadi makin seru. Apalagi kalau ditonton bersama dengan teman, keluarga, gebetan atau pacar! Wah jadi makin WOW deh!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *