Bacaterus / Entertainment / Film Barat / 10 Film Horor Bertema Boneka yang Paling Menegangkan

10 Film Horor Bertema Boneka yang Paling Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Boneka merupakan benda yang selalu membawa kegembiraan bagi siapa saja khususnya untuk anak-anak setiap kali memainkannya. Boneka dibuat lucu dan menarik dengan warna ceria dan karakter unik dari berbagai jenis hewan atau tokoh kartun yang pastinya akan disukai. Namun, apa jadinya bila boneka itu bukanlah boneka yang lucu melainkan boneka seram penebar ancaman?

Studio-studio perfilman mengangkat kisah-kisah horor dengan pelaku utama adalah boneka seram yang dirasuki roh, penebar teror bahkan ada yang membunuh manusia di sekitarnya. Banyak film horor bertema boneka yang sukses menebar kengerian kepada para penontonnya. Film-film apa saja yang dimaksud? Berikut 10 film horor bertema boneka yang dihimpun oleh Bacaterus.

10 Film Horor Bertema Boneka

1. Franchise Child’s Play/Chucky (1988-2017)

* sumber: horrorfreaknews.com

Merupakan franchise film horor jagal bertema boneka yang paling terkenal selama 30 tahun terakhir. Menampilkan Chucky sebagai ikonnya, Chucky mampu memberikan kengerian dari sebuah boneka hidup yang membawa sebilah pisau, meneror orang-orang di sekitarnya dan membunuh siapa saja yang dikehendakinya.

Film perdananya rilis di tahun 1988 berjudul Child’s Play mendapat sambutan yang baik hingga dibuatlah enam sekuel lanjutannya, dengan sekuel terakhir di tahun 2017 berjudul Cult of Chucky.

Dengan cerita awal seorang pembunuh bernama Charles Lee Ray (Brad Dourif) melakukan ritual voodoo untuk memindahkan jiwanya ke dalam sebuah boneka setelah tertembak oleh seorang detektif bernama Mike Norris (Chris Sarandon). Cerita Child’s Play semakin berkembang di film-film selanjutnya, dengan dendam Chucky sebagai tema utamanya.

2. Magic (1978)

* sumber: www.thterrortime.com

Ventriloquist adalah seni pertunjukan suara perut, dengan boneka sebagai media pertunjukan seolah-olah boneka tersebut dapat berbicara. Tanpa menggerakan bibir, kita mengendalikan suara perut untuk mengisi suara pada sebuah boneka hingga boneka itu terlihat hidup. Hal tersebut mendasari dibuatnya sebuah film psychological horror berjudul Magic ini.

Film ini dirilis tahun 1978 dan disutradarai oleh Richard Attenborough. Film ini dibintangi oleh seorang Anthony Hopkins muda, aktor kawakan yang sukses dalam perannya sebagai Hannibal Lecter dalam film Silence of the Lambs dan sebagai Odin di film Thor.

Berkisah seorang pesulap profesional yang gagal bernama Charles “Corky” Withers (Anthony Hopkins) yang harus mencari ide baru untuk pertunjukan selanjutnya untuk menyelamatkan karirnya. Setahun dalam pencarian ide baru, Corky kembali dengan membawa boneka kayu bernama Fats.

Dengan Fats menjadi partner dalam pertunjukannya, memainkan sulap dan ventriloquist, membuat Corky menjadi sangat sukses. Namun diambang kesuksesannya, Corky menolak untuk mengambil kesempatan untuk menjadi terkenal dengan alasan gangguan mentalnya yang akan diketahui hingga ia yang tidak ingin orang lain tahu bahwa Fats mengendalikannya.

Fats yang tidak bisa dikendalikan semakin menjadi, hingga membawa Corky ke dalam pusaran pembunuhan yang terjadi terhadap orang-orang di sekitarnya.

3. Dead Silence (2007)

* sumber: www.popsugar.com

Masih memiliki hubungan dengan ventriloquist, namun film Dead Silence tidak menceritakan mengenai seniman ventriloquist melainkan sepasang pasangan muda yang menemukan paket boneka ventriloquist yang dikirimkan kepada mereka tanpa diketahui alamat si pengirimnya.

Jamie (Ryan Kwanten) dan Lisa Ashen (Laura Regan) yang menemukan sebuah boneka kayu ventriloquist tanpa tahu siapa yang mengirim dan hanya terdapat tulisan Jamie pada paket tersebut, mereka pun memutuskan untuk menyimpan boneka itu.

Singkat cerita, Jamie keluar rumah untuk membeli Chinese food meninggalkan Lisa dan boneka kayu tersebut. Lisa yang kemudian bermain dengan boneka itu tanpa diduga mendapatkan teror yang mencekam. Ketika Jamie pulang, ia terkejut melihat bercak darah dimana-mana dan terdengar teriakan Lisa dari dalam kamar. Hingga Jamie menemukan jasad Lisa mati dengan lidah menghilang.

Ternyata boneka kayu ventriloquist yang dikirimkan pada mereka bernama Billy. Boneka kutukan buatan Mary Shaw dari kampung halaman Jamie dan Lisa di Ravens Fair. Jamie yang menyadari hal itu akhirnya mencari tahu misteri dan hubungannya dengan boneka terkutuk itu.

Film ini diarahkan oleh James Wan, sutradara yang berhasil membuat franchiseSaw” dengan ikon boneka Billy the Puppet dan film The Conjuring, yang terkenal dengan sosok boneka Annabelle.

4. The Conjuring (2013)

* sumber: mshayleyr1989.wordpress.com

Selain Saw dan Dead Silence, James Wan menggebrak kembali perfilman horor dengan menampilkan boneka sebagai sumber ketakutan dalam filmnya. Memperkenalkan boneka seram yang kelak menjadi ikon dalam film ini, Annabelle. Annabelle sukses menampilkan ketakutan dengan kemunculan sekilasnya dalam film pembuka dari The Conjuring Universe.

Film ini mengambil latar waktu sekitar tahun 1970-an, Carolyn (Lili Taylor) dan Roger Perron (Ron Livingston) bersama dua putrinya pindah ke sebuah rumah pertanian di Harrisville, Rhode Island. Bukan kedamaian yang didapat keluarga ini di rumah barunya namun gangguan-gangguan spiritual yang dirasakan oleh mereka, terutama oleh kedua putrinya.

Carolyn pun menghubungi pasangan investigator paranormal, Ed (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga). Ed dan Lorraine pun melakukan penyelidikan spiritual di rumah itu. Hingga ditemukan fakta bahwa rumah yang ditinggali Carolyn dan Roger beserta anak-anaknya itu adalah rumah peninggalan penyihir yang mati bunuh diri bernama Bathsheba.

Film The Conjuring mendapat sambutan yang spektakuler dan dibuatlah sekuel film The Conjuring 2 (2016) dan spin-off film Annabelle (2014) dan Annabelle: Creation (2017) serta The Nun (2018). Pada tahun 2020 direncanakan The Conjuring akan dibuat sekuel ketiga.

5. Annabelle (2014)

Spin-Off dari The Conjuring, karena kesuksesannya, Annabelle mendapat porsi filmnya sendiri di tahun 2014 dengan James Wan menjadi produser dan  John R. Leonnetti sebagai sutradara di film ini. Film ini merupakan film kedua dalam rangkaian The Conjuring Universe.

Menceritakan pasangan muda, Mia (Annabelle Wallis) dan John Form (Ward Horton) yang hidup sangat harmonis. Kebahagiaan dirasakan pasangan muda itu dengan kehamilan Mia. Kebahagiaan pun bertambah bagi Mia, ketika John memberikannya hadiah berupa sebuah boneka. Tanpa disadari teror dari boneka itu telah menunggu mereka.

Annabelle dibuat dengan budget rendah yaitu 6,5 Juta dollar AS, namun mendapatkan pendapatan yang fantastis hingga 257 juta dollar AS. Dengan jumlah pendapatan sebanyak itu, tidak diimbangi dengan review yang baik dengan hanya mendapatkan skor 5,4 dari 10 oleh situs IMDb dan hanya mendapatkan penilaian 29% dari 100% oleh situs Rotten Tomatoes.

Prekuel film Annabelle dibuat tahun 2017 dengan judul Annabelle: Creation dengan mengangkat kisah asal usul terciptanya boneka iblis Annabelle. Di tahun 2019, Warner Bros selaku distributor film Annabelle akan mengangkat kembali lanjutan filmnya dengan judul yang belum ditentukan.

6. The Boy (2016)

The Boy (2016)

* sumber: villains.wikia.com

Tahun 2016 dirilis sebuah film horor berjudul The Boy. The Boy sendiri diarahkan oleh sutradara yang kurang diperhitungkan, bernama William Brent Bell, namun film ini mampu untuk mengangkat nama sutradaranya dan mampu mengangkat salah satu ikon boneka seram selanjutnya yang diberi nama Brahms.

The Boy berkisah tentang seorang gadis Amerika bernama Greta Evans (Lauren Cohan) yang memilih untuk pergi ke Inggris dan menjadi seorang Nanny (pengasuh) untuk keluarga Heelshire. Namun, betapa terkejutnya ketika dia harus menjadi nanny untuk “seorang” boneka keramik bernama Brahms.

Greta yang tidak dapat menolak kontrak kerjanya, akhirnya menyetujui pekerjaannya sebagai nanny untuk Brahms. Waktu demi waktu ia lewati untuk mengurusi Brahms. Semakin hari Greta pun semakin menikmati pekerjaannya. Namun Greta tidak mengetahui apa alasan dia harus menjadi pengasuh sebuah benda mati dan hal lain yang menghantui Greta di belakangnya.

The Boy mendapat sambutan yang cukup baik dari para penonton dengan mendapatkan pemasukan lebih dari 64 juta dollar AS dengan hanya menghabiskan biaya produksi sekitar 10 juta dollar AS. Direncanakan sekuel film The Boy akan dibuat tahun 2019.

7. Dolly Dearest (1991)

Dolly Dearest (1991)

* sumber: www.themoviedb.org

Satu lagi boneka “jagal” dalam daftar ini selain Chucky, dia bernama Dolly. Dolly sendiri merupakan boneka porselen berwajah seram dalam film Dolly Dearest yang dirilis tahun 1991. Dolly Dearest disutradarai oleh Maria Lease. Film ini dirilis dalam bentuk DVD dan hanya ditayangkan di bioskop di wilayah Midwest Amerika.

Menceritakan tentang seorang bernama Elliot Wade (Sam Bottoms) dan keluarganya yang pindah ke Meksiko setelah mendapatkan kepemilikan sebuah pabrik boneka. Pabrik boneka tersebut bedekatan dengan makam yang telah ada semenjak zaman suku Maya. Suatu ketika, arkeolog masuk ke dalam makam suku Maya tersebut dan tanpa sengaja membebaskan roh jahat di sana.

Setelah roh jahat membunuh para arkeolog, roh jahat itu pun melarikan diri dan merasuki salah satu boneka di pabrik Elliot yang benama Dolly. Dolly pun menebar teror dalam keluarga Elliot, mengganggu dan berupaya untuk membunuh orang-orang di sekitar Elliot. Unsur seram ditampilkan dari wajah creepy Dolly dan kekejaman sebuah boneka yang dirasuki roh jahat sebagai antagonis utama. Dolly Dearest mendapat nilai 4,7 dari 10 di situs IMDb.

8. The Doll Master (2004)

* sumber: www.cultreviews.com

Ball jointed doll adalah boneka yang terbuat dari beberapa jenis resin dan biasanya dibuat dengan model menyerupai manusia. Ball jointed doll terlihat sangat mirip manusia mulai dari rambut, raut wajah bahkan postur tubuhnya. Boneka ini terlihat sangat realistis, manis namun agak seram. Tahun 2004 di Korea Selatan dibuatlah film yang menampilkan ball jointed doll berjudul The Doll Master.

The Doll Master berkisah tentang Hae-mi (Kim Yoo-mi) bersama empat orang lainnya diundang ke sebuah museum boneka yang terisolasi untuk dijadikan model dalam pembuatan boneka. Mereka pun disambut oleh kurator museum dan seorang pembuat boneka lumpuh. Namun kejanggalan terjadi setelahnya.

Lima orang yang diundang tersebut harus berhadapan dengan maut. Mereka harus berhadapan dengan boneka Red Kimono yang dirasuki arwah dan ingin membalaskan dendam di masa lalu dikarenakan fakta bahwa ternyata kelima orang tersebut adalah keturunan dari orang-orang yang membunuhnya di masa lalu.

9. The Doll (2016)

* sumber: www.feedme.id

The Doll adalah salah satu film horor Indonesia yang mengangkat kisah tentang boneka. Diangkat dari urban legend di Bandung, The Doll menyajikan cerita tentang dendam seorang anak yang dibunuh dalam peristiwa perampokan.

Cerita membawa kepada Daniel (Denny Sumargo) yang menemukan sebuah boneka di lokasi proyek pekerjaannya dan ia berikan kepada istrinya, Anya (Shandy Aulia). Namun betapa kaget tetangganya, Niken (Vitta Mariana) mengetahui bahwa Anya menyimpan boneka tersebut. Niken yang mengetahui asal usul tentang boneka itu segera memperingatkan mereka, namun peringatan itu tidak digubris.

Anya dan Daniel yang tidak percaya dengan hal mistis menyimpan boneka itu. Hingga mereka merasakan hal-hal mistis yang mengganggu hidup mereka. The Doll yang dibuat tahun 2016 disutradarai oleh Rocky Soraya. Telah memiliki sekuel The Doll 2 tahun 2017 dan spin-off nya, Sabrina tayang tahun 2018.

10. Sabrina (2018)

* sumber: twitter.com

Sabrina merupakan spin-off dari film The Doll 2. Masih ditukangi oleh sutradara Rocky Soraya yang sebelumnya menggarap film The Doll dan The Doll 2. Film ini menceritakan kembali mengenai boneka Sabrina yang menjadi antagonis di film The Doll 2.

Cerita dimulai setelah Maira (Luna Maya) menikah dengan pasangan barunya, Aiden (Christian Sugiono). Mereka hidup bersama keponakan Aiden, Vanya (Richelle Georgette) yang sudah tidak memiliki ibu lagi.

Suatu hari Vanya yang merindukan ibunya yang bernama Andini, bermain permainan pemanggilan arwah yaitu “Pensil Charlie”. Namun yang terjadi arwah yang dipanggil Vanya bukanlah Andini melainkan arwah jahat yang bernama Baghiah. Suasana menjadi mencekam, setelah boneka Sabrina yang telah dirasuki arwah Baghiah kembali menghantui Maira bersama keluarga barunya.

Film-film dalam daftar bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin melihat ketakutan-ketakutan yang dihasilkan dari para boneka. Punya nyali untuk menonton? Jika kamu penasaran tentang film-film horor lainnya selain film horor tentang boneka, sebelum menonton simak dulu ulasan-ulasannya hanya di Bacaterus. Ingin nonton film Korea terseram? Cari tahu referensinya di artikel 10 Film Korea Terseram ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Seorang yang menulis dan menggambarkan apa yang dirasakan, buruh gambar yang masih setia untuk mengoleksi komik cetak, cakram cd dan robot-robotan, antusias terhadap mesin terbang dan senang bertandang ke tempat baru.

Leave A Comment