bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Helena Bonham Carter, Aktris yang Eksentrik

Helena Bonham Carter sukses memerankan Princess Margaret dalam serial The Crown. Perannya di The Crown membuatnya mendapatkan Screen Actors Guild Award untuk kategori Outstanding Performance. Ternyata, Helena sendiri mendapatkan banyak penghargaan di beberapa film sebelumnya.

Kalau kamu mau tahu betapa jeniusnya dan well-prepared Helena Bonham Carter, bisa menyaksikan sekitar lebih dari 20 judul film. Namun, kamu bisa menonton 10 rekomendasi film aktris Inggris ini. Bahkan film-film ini termasuk film dengan pendapatan cukup tinggi di masanya.

1. Harry Potter (2004)

film-helena-bonham-carter-1_
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Fantasy
  • Sutradara: Alfonso Cuaron
  • Pemeran:  Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Alan Rickman, Helena Bonham Carter
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros Entertainment

Film Helena Bonham Carter yang bisa membuat kamu terkesima dengan aktingnya yang jenius adalah serial Harry Potter. Di sini, Helena Bonham Carter berperan sebagai Bellatrix Lestrange. Bellatrix Lestrange adalah salah satu death eater yang juga kaki tangan Vodemort.

Ia selalu mencari cara agar Voldemort bisa mengalahkan Harry Potter dan teman-temannya. Di film ini, karakter Bellatrix cukup lekat di ingatan walau ia baru muncul di Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Selain itu, kamu juga bisa mengintip Harry Potter and the Order of the Phoenix untuk aktingnya yang intens sebagai Bellatrix Lestrange.

2. Alice in the Wonderland (2010)

film-helena-bonham-carter-2_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Adventure, Fantasy, Family
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran:  Mia Wasikowska, Johnny Depp, Helena Bonham Carter, Anne Hathaway, Crispin Glover.
  • Perusahaan Produksi: Disney

Film kedua Helena Bonham Carter sekaligus film pertama produksi Disney yang wajib ditonton adalah Alice in Wonderland. Di sini ia berperan sebagai the Red Queen. Red Queen adalah sosok yang meneror Wonderland tetapi tidak menyangka akan kemunculan Alice.

Bisa dikatakan, Alice in Wonderland membawa Helena Bonham Carter menjadi salah satu villain yang cukup diperhitungkan. Apalagi sosok ini dibuat ikonik dengan gaun khas zaman Victoria dengan rambut merah dan kepala besar.

3. Ocean’s Eight (2018)

film-helena-bonham-carter-3_

Helena Bonham Carter memerankan desainer asal Irlandia bernama Rose Well dalam Ocean’s Eight. Ia bukanlah desainer biasa tetapi desainer yang terlilit hutang besar. Rose Well kemudian bergabung dengan Deborah dan Lou untuk mencuri berlian seharga USD 150 juta.

Menariknya, karakter Rose Well disini berbeda dengan peran di film sebelumnya. Di sini ia cenderung mudah gugup dan panik tetapi manis dan mau berusaha sekaligus cenderung banyak ide.

Untuk mendalami peran, Helena Bonham Carter mengikuti kursus menjahit sebelum syuting agar ia bisa menjiwai perannya sebagai seorang desainer.

4. Cinderella (2015)

film-helena-bonham-carter-4_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Adventure, Drama, Family
  • Sutradara: Kenneth Branagh
  • Pemeran: Lily James, Cate Blanchett, Richard Madden, Helena Bonham Carter
  • Perusahaan Produksi: Allison Shearmur Productions, Beagle Pug Films, Genre Films

Bila kamu menyukai film produksi Disney, ada film lain yang dibintangi Helena Bonham Carter. Film kedua produksi Disney yang menampilkan aktris Inggris nyentrik ini adalah Cinderella. Dalam film yang disutradarai Kenneth Branagh, ia berperan sebagai ibu peri.

Pada awalnya ia menyamar sebagai pengemis kemudian berubah menjadi ibu peri cantik dan flawless. Menariknya, karakter ibu peri yang Helena Bonham Carter perankan berbeda jauh dengan bayangan ibu peri yang anggun. Yes, ia pun anggun tetapi lebih clumsy dan nyentrik. Kamu pun akan tertarik dengan karakter ibu peri yang satu ini.

5. Charlie and the Chocolate Factory (2005)

film-helena-bonham-carter-5_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Adventure, Comedy, Family
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran:  Johny Depp, Freddie Highmore, David Kelly, Helena Bonham Carter, Noah Taylor
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros, Village Roadshow Pictures, The Zanuck Company

Helena Bonham Carter adalah aktris Inggris yang juga terkenal karena perannya yang eksentrik dan unik. Ia juga kerap disebut sebagai Johnny Depp versi perempuan. Menariknya, di film Charlie and the Chocolate Factory, ia berperan sebagai ibu biasa dengan keluarga yang unik bernama Madame Bucket.

Madame Bucket adalah ibu dari keluarga miskin serta memiliki anak bernama Charlie. Charlie memiliki mimpi untuk bisa mengikuti tour di pabrik cokelat milik Willy Wonka.

Perannya di sini bisa dibilang sebagai peran orang biasa tetapi bisa membuat kamu merasa sejuk dan nyaman saat menontonnya. Bahkan karakternya sebagai ibu di sini menunjukan bagaimana sosok ibu yang sangat suportif apapun keadaannya.

6. Les Miserables (2012)

film-helena-bonham-carter-7_

Film selanjutnya yang bisa menunjukan kejeniusan Helena Bonham Carter dalam berakting adalah Les Miserable. Ia berperan sebagai Madame Thénardier, seorang pemilik penginapan. Bersama dengan suaminya, ia mengeksploitasi Cosette muda yang dipercayakan oleh ibunya Fantine, sebelum dia diselamatkan oleh Jean Valjean.

Les Miserables adalah film musikal yang menuntut pemainnya untuk bernyanyi. Tak terkecuali Helena Bonham Carter. Ia pun harus menyanyi dalam film musikal ini. Ia lalu memutuskan untuk mengambil kelas  bernyanyi sebelum film diproduksi.

7. The King’s Speech (2010)

film-helena-bonham-carter-6_

Sebelum berperan sebagai Princess Margaret di The Crown Season 3 dan 4, Helena Bonham Carter sudah “lebih dulu” menjadi anggota keluarga kerajaan. Ia berperan sebagai Queen Elizabeth, istri King George VI. Ia berperan sebagai istri yang memberikan dukungan maksimal kepada sang suami yang mengatasi kegagapannya setelah naik tahta.

Film yang disutradarai oleh Tom Hooper ini sanggup membawa Helena Bonham Carter memenangkan BAFTA Awards dalam kategori Best Actress in a Supporting Role. Selain itu, ia juga masuk dalam nominasi Academy Award untuk kategori Best Supporting Actress. 

8. Planet of the Apes (2001)

film-helena-bonham-carter-8_
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Tim Burton
  • Pemeran:  Mark Wahlberg, Helena Bonham Carter, Tim Roth
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, The Zanuck Company, Tim Burton Productions

Bukan Helena Bonham Carter bila tidak memerankan karakter unik dan eksentrik. Kamu mungkin tidak ngeh saat menonton filmnya. Tetapi, ia berperan sebagai Ari di Planet of the Apes. Ari adalah putri senator yang tinggal jauh dari bumi.

Perannya di Planet of the Apes membuat dirinya berperan di cukup banyak film sutradara dari Tim Burton. Bahkan penampilannya di film ini pun diperhitungkan sebagai salah satu penampilan akting Helena Bonham Carter yang paling maksimal.

9. Terminator Salvation (2009)

film-helena-bonham-carter-9_
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Sci-Fi
  • Sutradara: McG
  • Pemeran:  Christian Bale, Sam Worthington, Anton Yelchin, Moon Bloodgood, Helena Bonham Carter
  • Perusahaan Produksi: The Halcyon Company, Wonderland Sound and Vision, Columbia Pictures

Terminator merupakan film legenda yang akan selalu ditonton oleh pecinta film di segala usia dan golongan. Helena Bonham Carter menjadi salah satu karakter dalam film Terminator. Namun, ia muncul di Terminator Salvation dan berperan sebagai Dr Serena Kogan.

Pada tahun 2003, Dr. Serena Kogan dari Cyberdyne Systems meyakinkan terpidana mati Marcus Wright untuk menandatangani persetujuan agar tubuhnya dijadikan penelitian medis setelah eksekusinya.

Di tahun perilisan film ini juga, Helena Bonham Carter masuk ke majalah Time sebagai salah satu top 10 British Actresses of all time.

10. Fight Club (1999)

film-helena-bonham-carter-10_
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Drama
  • Sutradara: David Fincher
  • Pemeran:  Brad Pitt, Edward Norton, Meat Loaf, Zach Grenier, Helena Bonham Carter
  • Perusahaan Produksi: Fox 2000 Pictures, New Regency Productions, Linson Films

Helena Bonham Carter debut di dunia peran pada 1985. Kalau kamu ingin melihat sosoknya di film lawas, kamu bisa menyaksikan Fight Club. Film ini merupakan salah satu film terbaik Helena Bonham Carter dengan aktingnya yang gemilang.

Di film ini, ia berperan sebagai Marla Singer yang eksentrik tapi disukai oleh Tyler Durden, seorang pahlawan. Film yang disutradarai oleh David Fincher ini mungkin sudah lebih dari 20 tahun, akan tetapi tetap nyaman untuk ditonton dan dinikmati di waktu senggang.

Nah, dari 10 film Helena Bonham Carter, adakah yang sudah kamu tonton atau mungkin masuk ke dalam salah satu daftar film favorit? Atau mungkin kamu punya daftar film sendiri? Tuliskan di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram