20 Film Hollywood Bertema Hacker Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Penampilan mereka kebanyakan memang biasa saja. Tapi jangan tertipu karenanya. Begitu mereka berada di depan komputer, semua jaringan bisa diretas oleh mereka. Para hacker ini adalah orang-orang jenius di dunia komputer dan jaringan. Tidak heran jika di zaman yang serba terkomputerisasi seperti sekarang ini, keahlian mereka sangat dibutuhkan, dan juga ditakuti.

Hacker, dalam definisinya, adalah orang yang memiliki keahlian komputer dan menggunakannya untuk menciptakan masalah. Definisi ini cenderung negatif karena pekerjaan para hacker ini memang mayoritas meretas website pemerintah dan keamanan demi kepentingan sendiri, entah itu karena keperluan pribadi, balas dendam, atau bisa jadi hanya kesenangan belaka.

Terkadang mereka juga bisa menyebarkan virus komputer ke dalam jaringan internet yang bisa menyebar luas ke seluruh dunia. Profesi yang menarik ini tentunya tidak luput dari mata para sineas yang kemudian memasukkan karakter mereka ke dalam film. Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik tentang hacker.

YouTube video

1. The Matrix [1999]

The Matrix (Copy)
  • Tahun rilis: 1999
  • Genre: Sci-Fi, Action
  • Produksi:  Village Roadshow Pictures
  • Sutradara: The Watchowskis
  • Pemain: Keanu Reeves, Laurence Fishburne, Carrie-Anne Moss

Sinopsis & Review The Matrix

Ketika semua dirasa mudah setelah adanya mesin atau robot, manusia menjadi ketergantungan sampai tidak sadar bahwa mesin-mesin yang mereka buat sendiri bisa mengambil alih dunia dan malah membuat situasi terbalik; dimana manusialah yang dijadikan budak atas mesin-mesin tersebut. Berperang melawan hal ini, datanglah Thomas Anderson a.k.a. Neo, sebuah program komputer yang hidup untuk berperang.

Neo bekerja sama dengan Morpheus juga rekan-rekannya yang lain untuk melawan program yang disebut Matrix. Program tersebut yang dipercaya bisa membuat mesin-mesin bisa membuat manusia dalam bahaya. Masalah tidak selesai sampai disitu. Masalah baru muncul saat ada pihak lain yang menginginkan Matrix untuk menambah kekuatannya.

2. The Girl with the Dragon Tattoo [2011]

the girl with dragon tattoo

Mungkin inilah penampilan seorang hacker yang paling ekstrim dalam film yang diperankan oleh Rooney Mara. Selain tampil dengan gaya punk yang maksimal, dia pun mampu melakukan hal-hal ekstrim lainnya, seperti berkelahi dan menembakkan senjata.

Lisbeth Salander, nama karakternya, diminta bantuannya oleh seorang jurnalis untuk melakukan investigasi atas kasus hilangnya seorang anak dari keluarga kaya-raya sejak 40 tahun yang lalu. Bukan tugas yang mudah tentunya mengumpulkan data selama 40 tahun sembari menghindari ancaman yang tertuju pada keluarga tersebut dan dirinya sendiri.

3. Skyfall [2012]

skyfall

Dalam petualangan ke-23 James Bond ini, dia berhadapan dengan tokoh cyberterrorism yang ternyata adalah mantan agen MI6. Karena ulah Raoul Silva ini, markas besar MI6 di London meledak. Tujuan utamanya adalah membunuh M, kepala pelaksana MI6, yang dianggap telah membuang dan menyia-nyiakannya.

Tentu saja, semua aksi yang akan dilakukan oleh Silva mampu dimentahkan oleh James Bond dengan susah payah hingga akhirnya Silva tewas di tangan Bond sendiri. Banyak kritikus film menganggap bahwa Raoul Silva adalah musuh James Bond paling berat untuk ditaklukkan sejauh ini.

4. Who I Am [2014]

Who Am I (Copy)
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Techno-Thriller
  • Produksi: Wiedemann & Berg Film
  • Sutradara: Baran bo Odar
  • Pemain: Tom Schilling, Elyas M’Barek

Benjamin (Tom Schilling) merupakan seorang nerd yang mencintai dunia IT. Dirinya memiliki kehidupan yang sungguh biasa-biasa saja. Namun, setelah bertemu dengan Max, sang peretas unggul, Ben menjadi berubah. Mengetahui Max suka dengan hal berbau IT membuat Ben dekat dengannya. Ditambah lagi, mereka berdua bertemu dua rekan lainnya yang lagi-lagi memiliki kemampuan yang sama, Paul & Stephan

Mereka berempat akhirnya membuat suatu kelompok bernama CLAY yang berarti Clown Laughing@ You. Lewat CLAY, mereka meretas beberapa situs penting pemerintah, mengacaukan sistem keuangan dan hal-hal iseng lainnya. Celaka, aksi mereka tersebut menyerempet sebuah situs terlarang yang dimiliki oleh seorang mafia. Kini nyawa mereka berempat menjadi taruhannya.

5. Snowden [2016]

Snowden (Copy)
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Biographical, Thriller
  • Produksi: Endgame Entertainment
  • Sutradara: Oliver Stone
  • Pemain: Joseph Gordon-Levitt, Shailene Woodley, Melissa Leo

Edward Snowden (joseph) merupakan seorang mantan prajurit yang beralih profesi menjadi ahli komputer di CIA dan NSA. Tak lama bergabung dengan kelompok keamanan paling beken itu, Snowden keluar dan membocorkan rahasia kepada publik lewat media yang ia percayai. Rahasia tersebut melingkupi bagaimana pemerintah AS memata-matai dan menyadap ponsel masyarakat.

Mengetahui hal ini, pihak CIA dan NSA tidak tinggal diam. Dianggap sebagai pengkhianat, Snowden menjadi buronan paling dicari. Namun menangkap Snowden berarti menangkap seluruh orang yang mendukungnya untuk menyebarkan rahasia itu kepada masyarakat banyak. Publik merasa hal tersebut merupakan privasi yang tidak siapapun boleh mengetahuinya sekalipun pemerintah

6. 23 [1999]

23 (Copy)
  • Tahun rilis: 1999
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Buena Vista International
  • Sutradara: Hans-Christian Schmid
  • Pemain: August Diehl, Fabian Busch, Diete Landuris

Karl Koch (August Diehl) merupakan seorang pemuda yang percaya bahwa konspirasi di seluruh dunia itu nyata adanya. Dia sangat percaya juga akan teori-teori bahwa dunia yang ia tinggali sekarang ini sedang dalam keadaan terancam dan chaos. Ini membuat Karl menyelidiki banyak kasus yang berkaitan dengan pemahamannya.

Tak main-main, Karl bahkan bergabung dengan sebuah kelompok hackers paling dahsyat bernama CCC – Chaos Computer Club. Di dalam kelompok tersebut, Karl bertemu dengan David, seorang peretas handal. Dengan bantuan David, Karl mencoba untuk meretas situs-situs penting. Celaka, Karl malah jadi keranjingan dan mulai membahayakannya sendiri.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram