Bacaterus / Film Kriminal / 20 Film Hollywood Bertema Hacker Terbaik Sepanjang Masa

20 Film Hollywood Bertema Hacker Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Penampilan mereka kebanyakan memang biasa saja. Tapi jangan tertipu karenanya. Begitu mereka berada di depan komputer, semua jaringan bisa diretas oleh mereka. Para hacker ini adalah orang-orang jenius di dunia komputer dan jaringan. Tidak heran jika di zaman yang serba terkomputerisasi seperti sekarang ini, keahlian mereka sangat dibutuhkan, dan juga ditakuti.

Hacker, dalam definisinya, adalah orang yang memiliki keahlian komputer dan menggunakannya untuk menciptakan masalah. Definisi ini cenderung negatif karena pekerjaan para hacker ini memang mayoritas meretas website pemerintah dan keamanan demi kepentingan sendiri, entah itu karena keperluan pribadi, balas dendam, atau bisa jadi hanya kesenangan belaka.

Terkadang mereka juga bisa menyebarkan virus komputer ke dalam jaringan internet yang bisa menyebar luas ke seluruh dunia. Profesi yang menarik ini tentunya tidak luput dari mata para sineas yang kemudian memasukkan karakter mereka ke dalam film. Berikut ini kami pilihkan 10 film terbaik tentang hacker.

1. The Matrix [1999]

The Matrix (Copy)

  • Tahun rilis: 1999
  • Genre: Sci-Fi, Action
  • Produksi:  Village Roadshow Pictures
  • Sutradara: The Watchowskis
  • Pemain: Keanu Reeves, Laurence Fishburne, Carrie-Anne Moss

Ketika semua dirasa mudah setelah adanya mesin atau robot, manusia menjadi ketergantungan sampai tidak sadar bahwa mesin-mesin yang mereka buat sendiri bisa mengambil alih dunia dan malah membuat situasi terbalik; dimana manusialah yang dijadikan budak atas mesin-mesin tersebut. Berperang melawan hal ini, datanglah Thomas Anderson a.k.a. Neo, sebuah program komputer yang hidup untuk berperang.

Neo bekerja sama dengan Morpheus juga rekan-rekannya yang lain untuk melawan program yang disebut Matrix. Program tersebut yang dipercaya bisa membuat mesin-mesin bisa membuat manusia dalam bahaya. Masalah tidak selesai sampai disitu. Masalah baru muncul saat ada pihak lain yang menginginkan Matrix untuk menambah kekuatannya.

2. The Girl with the Dragon Tattoo [2011]

the girl with dragon tattoo

Mungkin inilah penampilan seorang hacker yang paling ekstrim dalam film yang diperankan oleh Rooney Mara. Selain tampil dengan gaya punk yang maksimal, dia pun mampu melakukan hal-hal ekstrim lainnya, seperti berkelahi dan menembakkan senjata.

Lisbeth Salander, nama karakternya, diminta bantuannya oleh seorang jurnalis untuk melakukan investigasi atas kasus hilangnya seorang anak dari keluarga kaya-raya sejak 40 tahun yang lalu. Bukan tugas yang mudah tentunya mengumpulkan data selama 40 tahun sembari menghindari ancaman yang tertuju pada keluarga tersebut dan dirinya sendiri.

3. Skyfall [2012]

skyfall

Dalam petualangan ke-23 James Bond ini, dia berhadapan dengan tokoh cyberterrorism yang ternyata adalah mantan agen MI6. Karena ulah Raoul Silva ini, markas besar MI6 di London meledak. Tujuan utamanya adalah membunuh M, kepala pelaksana MI6, yang dianggap telah membuang dan menyia-nyiakannya.

Tentu saja, semua aksi yang akan dilakukan oleh Silva mampu dimentahkan oleh James Bond dengan susah payah hingga akhirnya Silva tewas di tangan Bond sendiri. Banyak kritikus film menganggap bahwa Raoul Silva adalah musuh James Bond paling berat untuk ditaklukkan sejauh ini.

4. Who I Am [2014]

Who Am I (Copy)

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Techno-Thriller
  • Produksi: Wiedemann & Berg Film
  • Sutradara: Baran bo Odar
  • Pemain: Tom Schilling, Elyas M’Barek

Benjamin (Tom Schilling) merupakan seorang nerd yang mencintai dunia IT. Dirinya memiliki kehidupan yang sungguh biasa-biasa saja. Namun, setelah bertemu dengan Max, sang peretas unggul, Ben menjadi berubah. Mengetahui Max suka dengan hal berbau IT membuat Ben dekat dengannya. Ditambah lagi, mereka berdua bertemu dua rekan lainnya yang lagi-lagi memiliki kemampuan yang sama, Paul & Stephan

Mereka berempat akhirnya membuat suatu kelompok bernama CLAY yang berarti Clown [email protected] You. Lewat CLAY, mereka meretas beberapa situs penting pemerintah, mengacaukan sistem keuangan dan hal-hal iseng lainnya. Celaka, aksi mereka tersebut menyerempet sebuah situs terlarang yang dimiliki oleh seorang mafia. Kini nyawa mereka berempat menjadi taruhannya.

5. Snowden [2016]

Snowden (Copy)

Edward Snowden (joseph) merupakan seorang mantan prajurit yang beralih profesi menjadi ahli komputer di CIA dan NSA. Tak lama bergabung dengan kelompok keamanan paling beken itu, Snowden keluar dan membocorkan rahasia kepada publik lewat media yang ia percayai. Rahasia tersebut melingkupi bagaimana pemerintah AS memata-matai dan menyadap ponsel masyarakat.

Mengetahui hal ini, pihak CIA dan NSA tidak tinggal diam. Dianggap sebagai pengkhianat, Snowden menjadi buronan paling dicari. Namun menangkap Snowden berarti menangkap seluruh orang yang mendukungnya untuk menyebarkan rahasia itu kepada masyarakat banyak. Publik merasa hal tersebut merupakan privasi yang tidak siapapun boleh mengetahuinya sekalipun pemerintah

6. 23 [1999]

23 (Copy)

  • Tahun rilis: 1999
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Buena Vista International
  • Sutradara: Hans-Christian Schmid
  • Pemain: August Diehl, Fabian Busch, Diete Landuris

Karl Koch (August Diehl) merupakan seorang pemuda yang percaya bahwa konspirasi di seluruh dunia itu nyata adanya. Dia sangat percaya juga akan teori-teori bahwa dunia yang ia tinggali sekarang ini sedang dalam keadaan terancam dan chaos. Ini membuat Karl menyelidiki banyak kasus yang berkaitan dengan pemahamannya.

Tak main-main, Karl bahkan bergabung dengan sebuah kelompok hackers paling dahsyat bernama CCC – Chaos Computer Club. Di dalam kelompok tersebut, Karl bertemu dengan David, seorang peretas handal. Dengan bantuan David, Karl mencoba untuk meretas situs-situs penting. Celaka, Karl malah jadi keranjingan dan mulai membahayakannya sendiri.

7. War Games [1983]

war games

Seorang hacker muda mengakses WOPR (War Operation Plan Response), sebuah program supercomputer milik militer USA yang berguna untuk memprediksi bahaya nuklir. Dikira olehnya itu hanyalah sebuah simulasi, ternyata dia memicu peluncuran nuklir, dan dia harus mencari cara untuk menghentikan itu semua.

Film dengan genre paranoid thriller yang dibintangi oleh Matthew Broderick ini cukup menegangkan, terutama karena berhubungan dengan nuklir dan Perang Dingin antara USA dan Uni Soviet, meski tampilan komputer di masa itu masih sangat jadul.

8. Live Free or Die Hard [2007]

live free of die hard

Sosok John McClane yang di tiga film sebelumnya lebih banyak beraksi sendiri dalam melawan teroris, kali ini terpaksa meminta bantuan dari seorang hacker untuk membantunya mengatasi cyber terrorist yang sudah meretas semua sistem pemerintah untuk kepentingannya sendiri.

Justin Long yang dipercaya memerankan karakter Matt sang hacker, mampu membawakannya dengan sangat baik, bahkan banyak menuai pujian dari para hacker asli. Bisa jadi karena peran hacker disini berada di pihak yang baik dan membantu pemerintah, tidak seperti di film-film lainnya.

9. Sneakers [1992]

sneakers

Film comedy thriller yang bertabur bintang ini mengisahkan sekelompok hacker yang disewa oleh pemerintah untuk mencuri sebuah kotak hitam yang berisi mesin pemecah kode.

Banyak kelucuan dan keseruan ditengah intrik dan diakhiri dengan twisted ending, film karya sutradara Phil Alden Robinson ini sangat layak untuk ditonton. Penampilan para bintangnya juga tidak mengecewakan, terutama Robert Redford, Dan Aykroyd dan Ben Kingsley.

10. Mission: Impossible Series [1996-2015]

mission impossible series

Mungkin, tanpa keahlian Luther Stickell, misi-misi mustahil yang diemban oleh IMF (Impossible Mission Force) tidak akan berhasil. Dalam setiap misinya, keberanian Ethan Hunt dan beberapa rekannya didukung oleh kemampuan maksimal dari Stickell untuk meretas semua program dan sistem komputer di setiap tempat yang harus mereka masuki.

Ving Rhames yang memerankan karakter ini di 5 film Mission: Impossible cukup meyakinkan, meski penampilannya terlihat garang, berbeda dengan para hacker lain yang cenderung tampak seperti kutu buku.

11. Hackers [1995]

hackers

Film crime thriller yang saat ini sudah menjadi cult classic ini tampil di era dimana internet belum dikenal begitu luas. Bisa dibilang, film ini adalah salah satu yang memperkenalkannya. Bercerita tentang sekelompok hacker remaja yang meretas jaringan Wall Street yang hampir saja mengakibatkan kehancuran pasar saham di dunia.

Bisa disimak akting Angelina Jolie muda di film karya Iain Softley ini. Ada sebuah fakta mencengangkan, yaitu beberapa adegan film ini mengambil syuting di sebuah SMA di New York yang beberapa bulan setelahnya FBI menangkap sekelompok remaja yang terlibat dalam hacking computer di sekolah tersebut.

12. Tron [1982]

tron

Film sci-fi action karya Steven Lisberger ini menceritakan Kevin Flynn, seorang computer programmer dan game developer yang meretas video game buatannya yang dicuri oleh atasannya di perusahaan ENCOM. Yang terjadi kemudian adalah dia masuk ke dalam video game itu dan berusaha mencari jalan keluar dari sana dengan bantuan beberapa program di dalam video game tersebut.

Awalnya, film produksi Walt Disney Pictures ini mendapat respon negatif, tetapi setelah beberapa tahun kemudian menjadi cult classic dan berhasil meraih Oscar di kategori Technical Achievement tepat setelah 14 tahun film ini dirilis.

13. Swordfish [2001]

swordfish

Seorang hacker yang sudah pensiun direkrut secara paksa oleh sekelompok kriminal yang hendak melakukan perampokan bank dengan cara meretas sistem komputerisasi bank. Hugh Jackman yang memerankan sang hacker mendapatkan banyak tantangan selama proses persiapan hingga pelaksanaan perampokan itu.

Salah satu tantangannya adalah meretas website Pentagon dalam waktu semenit dengan pistol di kepalanya, jika gagal dia akan mati. Adegan yang patut ditunggu adalah ledakan di area bank dan sekitarnya yang ditampilkan dalam kamera yang berputar 360 derajat, sehingga semua efek ledakan bisa terlihat dengan jelas.

14. Ghost in The Shell [2017]

Ghost in The Shell (Copy)

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Sci-Fi, Action
  • Produksi: DreaWorks Pictures
  • Sutradara: Rupert Sanders
  • Pemain: Scarlett Johansson, Michael Carmen Pitt, Pilou Asbaek

Rupert Sanders, sang sutradara membuat film ini berdasarkan novel karya Masamune Shiro, berjudul sama. Bercerita mengenai kehidupan antar manusia dan robot yang saling berdampingan. Salah satu perusahaan yang menjamin manusia dan robot bisa hidup rukun adalah, Hanka Robotics Corporation. Bukan hanya robot, mereka juga mengembangkan cyborg dengan memanfaatkan kapasitas otak manusia.

Seorang perempuan bernama Mira (Scarlet) mengalami kecelakaan parah, ini membuat perusahaan Hanka menguji coba cyborg pada tubuhnya. Berhasil. Mira menjadi cyrborg yang sangat kuat sehingga ia ditempatkan di Section 9 divisi anti-terorisme. Pekerjaan yang diemban awalnya mudah namun menjadi pekerjaan besar ketika dirinya harus menghancurkan bot yang menyerang para manusia.

15. The Italian Job [2003]

the italian job

Sepertinya semua perampokan bank dan sejenisnya sudah sangat membutuhkan seorang hacker di dalam timnya. Dalam film remake ini pun, keahlian seorang hacker digunakan untuk meretas sistem lalu lintas dan kamera CCTV agar rekan-rekan lainnya dengan mudah melakukan aksi-aksinya, mulai dari perampokan hingga kebut-kebutan di jalan raya.

Napster adalah julukan sang hacker di film karya F. Gary Gray ini yang tampil di luar image hacker lainnya, dia cenderung banyak bicara dan cerewet. Tetapi hal itu tidak mengurangi kefokusannya ketika di depan komputer.

16. Takedown [2020]

Takedown (Copy)

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Crime, Thriller
  • Produksi: Millenium Films
  • Sutradara: Joe Chappelle
  • Pemain: Skeet Ulrich, Russell Wong, Angela Featherstone

Meski masih tergolong muda, Mitnick sudah lihai membobol sistem komputer di sekolahnya. Mencari data-data rahasia dan lain sebagainya. Keisengan ini malah membuat kemampuan untuk meretas semakin mumpuni. Perlahan, Mitnick yang semakin pro dalam hal meretas, mulai mengurai sistem jaringan telepon. Membuat dirinya bebas telepon gratis kemanapun.

Senang melakukan hal tersebut, aksi Mitnick jadi semakin kelewatan, mengintip data rahasia Pasific Bell, menjebol sistem Pentagon, mencuri data di beberapa perusahaan dan menjualnya kembali, hingga bermain dengan sistem keuangan beberapa bank. Meski berkali-kali masuk penjara, Mitnick tidak juga jera hingga akhirnya dia harus berurusan dengan peretas pro lainnya bernama Tsutomu Shimomura.

17. The Fifth Estate [2013]

The Fifth Estate (Copy)The Fifth Estate (Copy)

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Biographical, Thriller
  • Produksi: DreamWorks Pictures
  • Sutradara: Bill Condon
  • Pemain: Benedict Cumberbatch

Julian Assange (Benedict Cumberbatch) adalah seorang peretas. Ia bertemu dengan seorang jurnalis bernama Daniel Berg. Bersama, mereka mencetak sejarah dengan mendirikan situs WikiLeak. Untuk kalian yang belum tahu WikiLeak ini apa, situs tersebut berisi banyak informasi rahasia yang dilepas ke public sehingga semua tahu sejarah atau kronologis dari sebuah isu yang sedang santer.

Awalnya mereka berdua melakukan hal tersebut hanya untuk senang-senang saja. Namun Assange menjadi liar dengan terus mengekspos semua data tanpa memikirkan narasumber. Ini membuat Assange dan Daniel jadi ribut satu sama lain. Sebelum Assange melakukan hal gila lainnya, Daniel beserta pegawai WikiLeak memblokir Assange dari WikiLeak. Apa yang terjadi selanjutnya?

18. Untraceable [2008]

Untraceable (Copy)

  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Lakeshore Entertainment
  • Sutradara: Gregory Hobbit
  • Pemain: Diane Lane, Billy Burke, Collin Hanks

Menjadi seorang cyber officer kadang merepotkan karena harus mengurus banyak sekali hal kriminal yang berbasis internet. Namun Jennifer Marsh (Diane Lane) tidak ambil pusing, dia santai melaksanakan tugasnya sampai dirinya benar-benar dibuat pening ketika ada seseorang yang tidak diketahui siapa memberikan sebuah link dengan alamat killwithme.com.

Saat diakses, link tersebut menampilkan sebuah halaman dimana pelaku kejahatan melakukan live streaming. Awalnya korbannya adalah seekor kucing, namun selanjutnya manusia. Bila di awal, Jennifer berikut jajarannya tidak peduli, namun kali ini sudah masuk kasus pembunuhan. Semakin banyak yang mengakses situs tersebut, semakin cepat juga korban meninggal.

19. The Net [1995]

The Net (Copy)

  • Tahun rilis: 1995
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Irwin Winkler
  • Pemain: Sandra Bullock, Jeremy Northam

Angela Bennet (Sandra Bullock) merupakan seorang sistem analis untuk perusahaan softwar di San Francisco. Saat libur, rekannya mengirimkan sebuah disket berisi sebuah sistem keamanan bernama Gatekeeper, Angela melihatnya dan ingin membahasnya dengan rekannya tersebut. Tak disangka, malam setelah mereka berbicara mengenai isi disket, rekan Angela meninggal karena kecelakaan.

Setelah insiden itu terjadi, Angela pergi liburan. Celaka, rencana liburannya menjadi titik awal semua masalah timbul. Angela Bennet tidak lagi dikenal sebagai dirinya, Angela kini bernama Ruth Marx. Passpor, nomor identitas, semua yang berkaitan dengan Angela berubah menjadi Ruth Marx. Mampukah Angela membersihkan namanya kembali?

20. Blackhat [1995]

Blackhat (Copy)

  • Tahun rilis: 1995
  • Genre: Action, Crime
  • Produksi: Legendary Pictures
  • Sutradara: Micahel Mann
  • Pemain: Chris Hemsworth, Wang Lee, Ritchie Coster

Nicholas Hataway (Chris) merupakan peretas ulung. Dirinya harus mendekam di dalam penjara akibat aksinya membobol sistem bank. Tak selang berapa lama, dirinya malah diminta bantuan oleh FBI untuk membantu kementrian pertahanan China akibat adanya pengaktifan hulu nuklir hingga meledak menyebabkan kerugian dan kehilangan yang besar juga saham-saham yang tiba-tiba melonjak naik.

Da Wai (Wang Lee) dan Nick akhirnya bekerjasama untuk memecahkan kasus ini. Dibantu juga oleh adik Da Wai, mereka akhirnya menemukan jejak para hacker yang menjebol dan mengacak-acak sistem keunagan dan pertahanan di China. Bukan hanya 1 hacker, terdapat puluhan hacker dari seluruh dunia yang membentuk suatu kelompok untuk meretas sistem penting China. Mampukah Nick dan Da Wai mengusut kasusnya hingga tuntas?

Dengan semakin majunya teknologi komputer, tentu saja para hacker pun semakin handal dalam melakukan aksinya. Belakangan ini, para hacker seringkali beraksi meretas website-website pemerintah dengan mudah, meski pemerintah sudah memiliki tim anti-cybercrime yang cukup canggih.

Dengan keahliannya, para hacker mampu mencari data dengan mudah dan cepat lewat jaringan internet yang sudah bisa diakses dimana saja.

Anonymous adalah salah satu hacker internasional yang sudah sangat terkenal dan disegani banyak pihak. Semoga dengan keahlian ini, harusnya para hacker mampu membuat aksi-aksi positif demi kebaikan banyak orang dan tidak selalu berseberangan dengan pemerintah di negara mana pun.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *