20 Rekomendasi Film Gangster Jepang yang Paling Keren

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Meskipun kesan gangster terkenal buruk di mata dunia, namun beberapa sineas film tampaknya malah bersemangat untuk memproduksi film dengan tema ini. Selain menampilkan banyak adegan pertarungan yang dapat memicu adrenalin, film bertema gangster juga kerap diangkat dari kisah nyata yang terjadi.

Sehingga hal demikian menjadi daya tarik bagi para penikmat film, khususnya film dengan genre action crime yang ada di seluruh dunia. Bila sebelumnya kita sudah pernah membahas film gangster dari Barat, kali ini Bacaterus akan membahas deretan film gangster Jepang terbaik dan paling cadas yang seru untuk ditonton. Berikut adalah ulasannya.

1. Sonatine (1993)

Sonatine

Jauh sebelum film Crows Zero muncul dan menjadi terkenal, film ini sudah terkenal pada zamannya. Bahkan, rating filmnya pun mengalahkan rating film Crows Zero yang menjadi salah satu film gangster terkenal dan populer. Menceritakan tentang seorang yakuza bernama Murakawa yang sudah lelah dengan kehidupan gangster.

Murakawa dikirimkan oleh bosnya ke Okinawa untuk meredakan perselisihan yang terjadi di antara sekutu mereka, yaitu klan Nakamatsu dan klan Anan. Meskipun curiga dengan tugas tersebut adalah upaya untuk menyingkirkan dirinya. Meskipun begitu, Murakawa tetap pergi kesana selama beberapa hari.

2. High & Low The Movie 3 – Final Mission (2017)

High & Low The Movie 3 – Final Mission

High & Low The Movie 3 – Final Mission (2017) merupakan film serial film ke-4 dari rangkaian film High&Low. Film kali ini merupakan film terakhir yang fokus pada peperangan antara organisasi yakuza Kuryu dan geng SWORD.

Melanjutkan cerita dari beberapa serial film sebelumnya, pertarungan geng SWORD di film ini merupakan upaya terakhir mereka untuk melindungi kota. Untuk mencapai tujuan tersebut, geng SWORD bekerja sama dengan geng lainnya supaya bisa mengalahkan seluruh geng yakuza Kuryu.

3. Tokyo Revengers (2021)

Tokyo Revengers

Film ini merupakan live action dari serial manga dengan judul yang sama karya Ken Wakui. Menceritakan kisah Hanagaki Takemichi seorang pria berusia 26 tahun yang melakukan time leaps ke 10 tahun yang lalu, ketika ia masih SMP.

Perjalanan Takemichi ini bukan hanya perjalanan biasa, namun memiliki misi khusus. Takemichi dibantu oleh Hinata Tachibana, mencoba untuk merubah masa lalu agar mencegah kejadian kematian Naoto di masa depan yang melibatkan geng Tokyo Manji.

4. Rookies (2008)

Rookies

Film gangster Jepang yang dirilis tahun 2008 ini mengisahkan seorang guru bernama Koichi Kawato. Ia adalah guru sastra yang baru saja pindah dan mengajar di SMA Futako-Tamagawa. Permasalahan yang terjadi di sekolah tersebut memang cukup menyita perhatian Koichi.

Mengubah tim baseball yang terdiri dari anak-anak nakal yang kerap membuat onar dan mengganggu kelas lainnya sepertinya menjadi hal yang mustahil bagi Koichi. Terlebih, sebuah kompetisi sekolah memberikan tanda merah bagi tim baseball tersebut akibat tindakan mereka pada sebuah pertandingan resmi.

Kisah antara seorang guru dan kelompok gangster sekolah ini memang menarik untuk ditonton. Bagaimana Koichi bertindak pada murid-muridnya yang suka merokok, perempuan, dan bermalas-malasan dan suka menyerang sekolah lain ini? Kamu bisa tonton sendiri film yang satu ini.

5. Stray Dogz (2015)

Stray Dogz

Seorang bos yakuza muda bernama Tadaomy Ando. Ia berhenti menjadi seorang yakuza karena anak buahnya. Tadaomy kemudian belajar hal baru dari Takahashi Konaka mengenai perdagangan pinjaman uang ilegal.

Kemudian, Tadaomy memutuskan untuk menjadi seorang rentenir. Namun, Tadaomy mengalami kesulitan. Meskipun ia memiliki pelanggan, tapi ia kesulitan untuk menagih hutang para pelanggannya.

6. Crows Zero II (2009)

Crows Zero II

Bagi penggemar film Jepang dan film laga, pasti sudah tidak asing lagi dengan film yang satu ini. Crows Zero II merupakan sekuel terakhir dari film Crows Zero (2007). Pada film kali ini, masih dengan bintang utamanya Shun Oguri melanjutkan cerita pertempuran yang terjadi setelah kejadian di film Crows Zero (2007).

Delapan bulan setelah kemenangan Serizawa Tamao, Takiya Genji masih berjuang untuk mencapai kekuasaan tertinggi di SMA Suzuran. Namun, masalah lain muncul kembali ketika seseorang dari SMA Housen yang merupakan rival SMA Suzuran datang mengancam SMA Suzuran. Kemudian muncul konflik baru dimana Genji dan yang lainnya harus berhadapan dengan sang pembunuh dari Housen.

7. Blue Spring (2002)

Blue Spring

Film ini diadaptasi dari sebuah manga terkenal berjudul sama, yakni Blue Spring karyanya Taiyo Matsumoto. Dirilis tahun 2012 silam, film ini menceritakan kehidupan para remaja sekolah yang memiliki sikap apatis terhadap kehidupan. Para siswa ini cenderung cuek dan tidak terlalu memikirkan tentang masa depan.

Film yang mengangkat tema gangster antar sekolah ini menunjukkan kegalauan sekelompok remaja yang masih mencari jati diri di tengah konflik persahabatan dalam sebuah gang sekolah. Memiliki jalan cerita yang ringan tentang kenakalan anak remaja, film yang satu ini memang menarik untuk ditonton.

8. Why Don't You Play in Hell? (2013)

Why Don't You Play in Hell?

Bagi pecinta film gore, salah satu karya Sion Sono ini mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk ditonton di akhir pekan. Why Don't You Play in Hell? yang dirilis tahun 2013 ini emiliki cerita unik yang mengambil dua latar berbeda.

Film ini mengisahkan Hirata, seorang remaja yang bercita-cita menjadi seorang sutradara film yang bergabung dalam klub penggila film bernama The Fuck Bombers. Usahanya untuk menjadi sutradara pun tak pernah bisa ia raih bahkan setelah 10 tahun kemudian.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram