Bacaterus / Film Jepang / 10 Rekomendasi Film Gangster Jepang yang Paling Keren

10 Rekomendasi Film Gangster Jepang yang Paling Keren

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 November 2019

Meskipun kesan gangster terkenal buruk di mata dunia, namun beberapa sineas film tampaknya malah bersemangat untuk memproduksi film dengan tema ini. Selain menampilkan banyak adegan pertarungan yang dapat memicu adrenalin, film bertema gangster juga kerap diangkat dari kisah nyata yang terjadi.

Sehingga hal demikian menjadi daya tarik bagi para penikmat film, khususnya film dengan genre action crime yang ada di seluruh dunia. Bila sebelumnya kita sudah pernah membahas film gangster dari Barat, kali ini Bacaterus akan membahas deretan film gangster Jepang terbaik dan paling cadas yang seru untuk ditonton. Berikut adalah ulasannya.

1. Crows Zero (2007)

Crows Zero

* sumber: www.imdb.com

Siapa yang tidak kenal dengan Tamiya Genji atau Serizawa Tamao? Bagi para pecinta hal-hal berbau Jepang, film ikonik yang dirilis tahun 2007 ini memang sangat populer. Crows Zero bercerita tentang murid pindahan bernama Genji ke sekolah khusus pria Suzuran. Petualangan Genji dalam menaklukkan sekolah barunya tersebut memang sangat menarik untuk ditonton.

Selain menampilkan adegan perkelahian yang brutal khas gangster jalanan, kisah persahabatan antar para siswa Suzuran ini pun menambah keseruan cerita. Film yang menampilkan aktor terkenal Shun Oguri dan Takayuki Yamada sebagai tokoh utamanya ini telah sukses menarik perhatian penonton, baik di dalam maupun di luar negeri.

2. Yakuza Apocalypse (2015)

Yakuza Apocalypse

* sumber: www.imdb.com

Yakuza Apocalypse adalah film Jepang yang cukup membuat publik Indonesia heboh pada tahun 2015 silam. Pasalnya salah seorang aktor Indonesia bernama Yayan Ruhian ikut terlibat sebagai pemain dalam film tersebut. Film ini bercerita tentang perjalanan Kageyama, seorang anak buah dari ahli bela diri penggila anime bernama Kyoken.

Saat pertarungan besar antara Kamiura dan Kyoken, Kageyama pun harus mendapat gigitan dari Kamiura yang merupakan seorang vampir sekaligus bos gangster. Akibat hal tersebut, Kageyama pun memiliki kekuatan yang luar biasa.

Ia pun akhirnya bertekad untuk membalas dendam pada Kamiura yang telah membunuh Kyoken dengan kekuatan barunya. Berhasilkah Kageyama membalas dendam? Film action yang satu ini memang cukup unik. Selain menampilkan adegan pertarungan yang keren, film ini juga diselingi oleh banyak adegan lucu yang dapat mengocok perut para penonton.

3. Why Don’t You Play in Hell? (2013)

Why Don't You Play in Hell?

* sumber: www.imdb.com

Bagi pecinta film gore, salah satu karya Sion Sono ini mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk ditonton di akhir pekan. Why Don’t You Play in Hell? yang dirilis tahun 2013 ini emiliki cerita unik yang mengambil dua latar berbeda.

Film ini mengisahkan Hirata, seorang remaja yang bercita-cita menjadi seorang sutradara film yang bergabung dalam klub penggila film bernama The Fuck Bombers. Usahanya untuk menjadi sutradara pun tak pernah bisa ia raih bahkan setelah 10 tahun kemudian.

Di sisi lain, film ini menceritakan kisah perselisihan antara dua Yakuza bernama Muto dan Ikegami. Setelah 10 tahun tragedi penyerangan, Ikegami pun jatuh cinta pada anak Muto yang kini sudah tumbuh dewasa dan mencoba berkarier sebagai seorang aktris.

Sion Sono berhasil menggabungkan dua cerita dalam satu benang merah. Meskipun jalan cerita film cukup absurd, namun itulah yang menjadi kekuatan film yang banyak menampilkan semburan darah ini.

4. Lupin The 3rd (2014)

Lupin The 3rd

* sumber: www.imdb.com

Film yang dirilis tahun 2014 ini bercerita mengenai mafia kejahatan dunia, Arsen Lupin III yang merupakan cucu dari seorang pencuri kelas kakap dunia bernama Arsene Lupin. Bersama anggota gangnya, Lupin III berusaha menyusup ke sebuah tempat paling aman di dunia, Tabut Navarone untuk mencuri berlian Crimson Heart of Cleopatra.

Film ini menyajikan aksi keren para gangster saat melakukan aksi pencurian. Lupin III pun harus bersiap menghadapi seorang interpol Zenigata yang siap memburunya. Film yang menggaet aktor kawakan Shun Oguri sebagai pemeran utama ini memang sanggup mencuri perhatian penonton film bertema gangster.

5. Like A Dragon (2007)

Like A Dragon

* sumber: www.imdb.com

Film ini diadaptasi dari sebuah permainan PlayStation 2 berjudul Yakuza. Dirilis tahun 2007, film Like A Dragon memiliki jalan cerita yang seru dan penuh dengan adegan menegangkan melawan gangster. Cerita film ini berawal dari perampokan sebuah bank yang dilakukan perampok amatir yang berhasil mencuri deposito sebesar 10 juta yen dari kelompok gangster Tojo.

Sementara itu, seorang mantan anggota gangster bernama Kiryu bertemu dengan seorang anak kecil bernama Haruka yang sama-sama mencari Mizuki Sawamura. Dalam perjalanannya ia harus bertemu dengan Gogo Majima dan kelompoknya.

Berhasilkah Kiryu menemukan Mizuka? Ia tak lain adalah mantan kekasih sekaligus ibu dari Haruka. Film action crime yang dibumbui kisah asmara, dendam dan perburuan anggota gangster ini memang sayang untuk dilewatkan.

6. Battle Royal (2000)

Battle Royal

* sumber: www.imdb.com

Film ini diadaptasi dari novel karangan Koushun Takami yang dirilis tahun 2000. Kisahnya sendiri mengenai perjalanan Shuya Nanahara, seorang siswa yang sedang berada dalam sebuah konflik batin. Ayah Nanahara yang meninggal karena dibunuh telah meninggalkan cerita pilu dalam kehidupannya.

Selain itu, ia juga harus menghadapi masalah lain yang berasal dari sekolah dan pemerintah. Karena hal tersebutlah pada akhirnya Shuya Nanahara beserta teman-temannya memutuskan untuk bergabung dalam sebuah kompetisi yang dinamakan “Battle Royale”.

Dalam kompetisi ini para siswa dikirim ke sebuah pulau kosong yang belum pernah terjamah. Dengan berbekal persenjataan seadanya, kompas, peta serta makanan dan minuman secukupnya, mereka pun harus bertahan dengan membentuk sebuah kelompok sebelum akhirnya saling membunuh satu sama lain untuk bisa keluar menjadi pemenang.

7. Blue Spring (2002)

Blue Spring

* sumber: www.imdb.com

Film ini diadaptasi dari sebuah manga terkenal berjudul sama, yakni Blue Spring karyanya Taiyo Matsumoto. Dirilis tahun 2012 silam, film ini menceritakan kehidupan para remaja sekolah yang memiliki sikap apatis terhadap kehidupan. Para siswa ini cenderung cuek dan tidak terlalu memikirkan tentang masa depan.

Film yang mengangkat tema gangster antar sekolah ini menunjukkan kegalauan sekelompok remaja yang masih mencari jati diri di tengah konflik persahabatan dalam sebuah gang sekolah. Memiliki jalan cerita yang ringan tentang kenakalan anak remaja, film yang satu ini memang menarik untuk ditonton.

8. Drop (2009)

Drop

* sumber: www.imdb.com

Film yang satu ini memang bisa menarik perhatian para penonton, khususnya mereka yang menyukai film bertema gangster Jepang.  Drop dibintangi oleh aktor Hiroki Narimiya yang berperan sebagai Shinanogawa Hiroshi yang tumbuh besar di era tahun 80-an, di mana pengaruh manga Be-Bop High School begitu mempengaruhi.

Oleh karena itu ia memutuskan untuk menjadi sorang anak yang nakal. Setelah dikeluarkan dari sekolahnya, ia pun kemudian pindah ke sekolah umum. Kedatangan Hiroshi di sekolah itu pun menarik perhatian Iguchi Tatsuya yang diperankan oleh Hiro Mizushima, yang tak lain pemimpin sebuah gangster sekolah.

Meskipun dari segi cerita terdapat sedikit kemiripan dengan film pendahulunya, Crows Zero, namun aksi yang ditampilkan dalam film ini tak kalah seru.

9. Waruboro (2007)

Waruboro

* sumber: www.imdb.com

Film Waruboro diangkat dari novel autobiografi karya Gettsu Itaya dengan judul yang sama. Film yang dirilis tahun 2007 ini mengambi latar waktu tahun 80-an. Waruboro sendiri mengisahkan Koichi Ko yang diperankan oleh Matsuda Shota.

Pada awalnya Koichi merupakan siswa yang dikenal sangat baik, sampai akhirnya sesuatu yang buruk terjadi pada dirinya. Hal tersebut membuatnya berubah menjadi anak yang nakal dan sering terlibat dalam kasus perkelahian.

Ia juga terlibat dalam kelompok gangster yang sering berbuat onar. Film yang memiliki jalan cerita menarik ini memang cukup menghibur dan bisa menjadi rekomendasi film yang seru untuk ditonton di kala suntuk.

10. Rookies (2008)

Rookies

* sumber: www.imdb.com

Film gangster Jepang yang dirilis tahun 2008 ini mengisahkan seorang guru bernama Koichi Kawato. Ia adalah guru sastra yang baru saja pindah dan mengajar di SMA Futako-Tamagawa. Permasalahan yang terjadi di sekolah tersebut memang cukup menyita perhatian Koichi.

Mengubah tim baseball yang terdiri dari anak-anak nakal yang kerap membuat onar dan mengganggu kelas lainnya sepertinya menjadi hal yang mustahil bagi Koichi. Terlebih, sebuah kompetisi sekolah memberikan tanda merah bagi tim baseball tersebut akibat tindakan mereka pada sebuah pertandingan resmi.

Kisah antara seorang guru dan kelompok gangster sekolah ini memang menarik untuk ditonton. Bagaimana Koichi bertindak pada murid-muridnya yang suka merokok, perempuan, dan bermalas-malasan dan suka menyerang sekolah lain ini? Kamu bisa tonton sendiri film yang satu ini.

Nah, itulah 10 film gangster Jepang yang seru dan paling cadas yang wajib kamu tonton. Bacaterus juga telah mengulas daftar film Jepang untuk berbagai genre lainnya, seperti film Jepang romantis, film aksi Jepang, dan lain sebagainya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *