bacaterus web banner retina

20 Rekomendasi Film Gangster Jepang yang Paling Keren

Written by Mutiara Dwi C.K. - Updated on 18 Januari 2022

Meskipun kesan gangster terkenal buruk di mata dunia, namun beberapa sineas film tampaknya malah bersemangat untuk memproduksi film dengan tema ini. Selain menampilkan banyak adegan pertarungan yang dapat memicu adrenalin, film bertema gangster juga kerap diangkat dari kisah nyata yang terjadi.

Sehingga hal demikian menjadi daya tarik bagi para penikmat film, khususnya film dengan genre action crime yang ada di seluruh dunia. Bila sebelumnya kita sudah pernah membahas film gangster dari Barat, kali ini Bacaterus akan membahas deretan film gangster Jepang terbaik dan paling cadas yang seru untuk ditonton. Berikut adalah ulasannya.

1. Sonatine (1993)

Sonatine
  • Tahun Rilis: 1993
  • Genre: Action, Thriller, Crime, Drama
  • Produksi: Shochiku, Miramax Films
  • Sutradara: Takeshi Kitano
  • Pemeran: Takeshi Kitano

Jauh sebelum film Crows Zero muncul dan menjadi terkenal, film ini sudah terkenal pada zamannya. Bahkan, rating filmnya pun mengalahkan rating film Crows Zero yang menjadi salah satu film gangster terkenal dan populer. Menceritakan tentang seorang yakuza bernama Murakawa yang sudah lelah dengan kehidupan gangster.

Murakawa dikirimkan oleh bosnya ke Okinawa untuk meredakan perselisihan yang terjadi di antara sekutu mereka, yaitu klan Nakamatsu dan klan Anan. Meskipun curiga dengan tugas tersebut adalah upaya untuk menyingkirkan dirinya. Meskipun begitu, Murakawa tetap pergi kesana selama beberapa hari.

2. High & Low The Movie 3 – Final Mission (2017)

High & Low The Movie 3 – Final Mission
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Friendship, Crime, Youth
  • Produksi: Shochiku
  • Sutradara: Kubo Shingeki
  • Pemeran: Akira, Aoyogi Sho, Tosaka Hiroomi, Takahiro, Iwata Takanori

High & Low The Movie 3 – Final Mission (2017) merupakan film serial film ke-4 dari rangkaian film High&Low. Film kali ini merupakan film terakhir yang fokus pada peperangan antara organisasi yakuza Kuryu dan geng SWORD.

Melanjutkan cerita dari beberapa serial film sebelumnya, pertarungan geng SWORD di film ini merupakan upaya terakhir mereka untuk melindungi kota. Untuk mencapai tujuan tersebut, geng SWORD bekerja sama dengan geng lainnya supaya bisa mengalahkan seluruh geng yakuza Kuryu.

3. Tokyo Revengers (2021)

Tokyo Revengers
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Crime, Youth, Sci-Fi
  • Produksi: Warner Bros. Japan
  • Sutradara: Tsutomu Hanabusa
  • Pemeran: Kitamura Takumi

Film ini merupakan live action dari serial manga dengan judul yang sama karya Ken Wakui. Menceritakan kisah Hanagaki Takemichi seorang pria berusia 26 tahun yang melakukan time leaps ke 10 tahun yang lalu, ketika ia masih SMP.

Perjalanan Takemichi ini bukan hanya perjalanan biasa, namun memiliki misi khusus. Takemichi dibantu oleh Hinata Tachibana, mencoba untuk merubah masa lalu agar mencegah kejadian kematian Naoto di masa depan yang melibatkan geng Tokyo Manji.

4. Rookies (2008)

Rookies

Film gangster Jepang yang dirilis tahun 2008 ini mengisahkan seorang guru bernama Koichi Kawato. Ia adalah guru sastra yang baru saja pindah dan mengajar di SMA Futako-Tamagawa. Permasalahan yang terjadi di sekolah tersebut memang cukup menyita perhatian Koichi.

Mengubah tim baseball yang terdiri dari anak-anak nakal yang kerap membuat onar dan mengganggu kelas lainnya sepertinya menjadi hal yang mustahil bagi Koichi. Terlebih, sebuah kompetisi sekolah memberikan tanda merah bagi tim baseball tersebut akibat tindakan mereka pada sebuah pertandingan resmi.

Kisah antara seorang guru dan kelompok gangster sekolah ini memang menarik untuk ditonton. Bagaimana Koichi bertindak pada murid-muridnya yang suka merokok, perempuan, dan bermalas-malasan dan suka menyerang sekolah lain ini? Kamu bisa tonton sendiri film yang satu ini.

5. Stray Dogz (2015)

Stray Dogz
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Action, Crime
  • Produksi: AMG Entertainment
  • Sutradara: Tetsuhiko Tsuchiya
  • Pemeran: Takaoka Sousuke, Yamada Yuki

Seorang bos yakuza muda bernama Tadaomy Ando. Ia berhenti menjadi seorang yakuza karena anak buahnya. Tadaomy kemudian belajar hal baru dari Takahashi Konaka mengenai perdagangan pinjaman uang ilegal.

Kemudian, Tadaomy memutuskan untuk menjadi seorang rentenir. Namun, Tadaomy mengalami kesulitan. Meskipun ia memiliki pelanggan, tapi ia kesulitan untuk menagih hutang para pelanggannya.

6. Crows Zero II (2009)

Crows Zero II
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Friendship, Thriller, Comedy, School, Youth
  • Produksi:
  • Sutradara: Takahashi Miike
  • Pemeran: Shun Oguri, Yamada Takayuki

Bagi penggemar film Jepang dan film laga, pasti sudah tidak asing lagi dengan film yang satu ini. Crows Zero II merupakan sekuel terakhir dari film Crows Zero (2007). Pada film kali ini, masih dengan bintang utamanya Shun Oguri melanjutkan cerita pertempuran yang terjadi setelah kejadian di film Crows Zero (2007).

Delapan bulan setelah kemenangan Serizawa Tamao, Takiya Genji masih berjuang untuk mencapai kekuasaan tertinggi di SMA Suzuran. Namun, masalah lain muncul kembali ketika seseorang dari SMA Housen yang merupakan rival SMA Suzuran datang mengancam SMA Suzuran. Kemudian muncul konflik baru dimana Genji dan yang lainnya harus berhadapan dengan sang pembunuh dari Housen.

7. Blue Spring (2002)

Blue Spring

Film ini diadaptasi dari sebuah manga terkenal berjudul sama, yakni Blue Spring karyanya Taiyo Matsumoto. Dirilis tahun 2012 silam, film ini menceritakan kehidupan para remaja sekolah yang memiliki sikap apatis terhadap kehidupan. Para siswa ini cenderung cuek dan tidak terlalu memikirkan tentang masa depan.

Film yang mengangkat tema gangster antar sekolah ini menunjukkan kegalauan sekelompok remaja yang masih mencari jati diri di tengah konflik persahabatan dalam sebuah gang sekolah. Memiliki jalan cerita yang ringan tentang kenakalan anak remaja, film yang satu ini memang menarik untuk ditonton.

8. Why Don't You Play in Hell? (2013)

Why Don't You Play in Hell?

Bagi pecinta film gore, salah satu karya Sion Sono ini mungkin bisa menjadi rekomendasi untuk ditonton di akhir pekan. Why Don't You Play in Hell? yang dirilis tahun 2013 ini emiliki cerita unik yang mengambil dua latar berbeda.

Film ini mengisahkan Hirata, seorang remaja yang bercita-cita menjadi seorang sutradara film yang bergabung dalam klub penggila film bernama The Fuck Bombers. Usahanya untuk menjadi sutradara pun tak pernah bisa ia raih bahkan setelah 10 tahun kemudian.

Di sisi lain, film ini menceritakan kisah perselisihan antara dua Yakuza bernama Muto dan Ikegami. Setelah 10 tahun tragedi penyerangan, Ikegami pun jatuh cinta pada anak Muto yang kini sudah tumbuh dewasa dan mencoba berkarier sebagai seorang aktris.

Sion Sono berhasil menggabungkan dua cerita dalam satu benang merah. Meskipun jalan cerita film cukup absurd, namun itulah yang menjadi kekuatan film yang banyak menampilkan semburan darah ini.

9. Crows Zero (2007)

Crows Zero

Siapa yang tidak kenal dengan Tamiya Genji atau Serizawa Tamao? Bagi para pecinta hal-hal berbau Jepang, film ikonik yang dirilis tahun 2007 ini memang sangat populer. Crows Zero bercerita tentang murid pindahan bernama Genji ke sekolah khusus pria Suzuran. Petualangan Genji dalam menaklukkan sekolah barunya tersebut memang sangat menarik untuk ditonton.

Selain menampilkan adegan perkelahian yang brutal khas gangster jalanan, kisah persahabatan antar para siswa Suzuran ini pun menambah keseruan cerita. Film yang menampilkan aktor terkenal Shun Oguri dan Takayuki Yamada sebagai tokoh utamanya ini telah sukses menarik perhatian penonton, baik di dalam maupun di luar negeri.

10. High & Low: The Movie 2 – End of Sky (2017)

High & Low: The Movie 2 – End of Sky
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Friendship, Crime, Youth
  • Produksi: Sochiku
  • Sutradara: Shigeaki Kubo, Tsuyoshi Nakakuki
  • Pemeran: Kuroki Keiji, Kataoka Naoto, Iwata Takanori, Suzuki Nobuyuki, Machida Keita

Film ini merupakan serial film High & Low yang ke-3. Pada film kali ini, cerita berfokus pada pertarungan antara organisasi yakuza dan gang SWORD. Melanjutkan kisah pertarungan dari dua film sebelumnya, gang SWORD berencana untuk merubah kota mereka menjadi tempat casino.

Untuk mencapai tujuan gang SWORD terus melakukan pertarungan, mulai bertarung dengan gang Wangan Rengogun, sampai ke gang yang dikenal dengan kebrutalannya. Gang yang dipimpin Hayashi Ranmaru ini berusaha untuk merebut daerah kekuasaan geng SWORD. Belum lagi masih bermunculan gang lainnya yang ingin merebut daerah tersebut.

11. Shiritsu Bakaleya Koukou: The Movie (2012)

Shiritsu Bakaleya Koukou: The Movie
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Friendship, Romance, School, Youth, Drama
  • Produksi: Showgate
  • Sutradara: Kubota Takashi
  • Pemeran: Morimoto Shintaro, Shimazaki Haruka, Matsumura Hokuto, Oba Mina

Dikenal juga dengan judul Bakaleya High School, merupakan sekuel dari dramanya yang berjudul sama. Di dalam film ini, beberapa pemain diperankan oleh member AKB48 dari grup 4, yaitu Kato Rena, Takeuchi Miyu, Kawaei Rina,Takahashi Juri dan Ichikawa Miori.

Pada film ini diceritakan kalau dua SMA yang memiliki latar belakang berbeda digabungkan karena suatu hal. Sekolah tersebut adalah SMA Bakada yang terkenal dengan anak-anak yanki. Sementara SMA Cattelya merupakan sekolah khusus wanita yang dengan murid yang berpendidikan dan berasal dari keluarga kaya raya. Kira-kira apa yang akan terjadi ketika dua sekolah yang bertolak belakang ini harus bergabung?

12. Ichi the Killer (2001)

Ichi the Killer
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Action, Crime, Drama
  • Produksi: Omega Project, Toho Company, Omega Micott Inc., Alpha Group, Spike Co. Ltd., Excellent Film
  • Sutradara: Takashi Miike
  • Pemeran: Omori Nao, Asano Tadanobu

Film ini menceritakan tentang laki-laki bernama Anjo yang merupakan seorang bos Yakuza. Ia menghilang dengan uang 300 juta ten ditangan. Kakihara seorang pria sadomasokis pergi mencari Ando bersama bawahan dan preman mafia lainnya.

Dalam pencariannya, Kakihara menyiksa anggota Yakuza musuhnya untuk mencari tahu keberadaan Ando. Suatu ketika, Kakihara bertemu dengan seorang pria yang memiliki kemampuan seni bela diri dan seni pedang yang luar biasa bernama Ichi. Kira-kira bagaimanakah pertarungan Kakihara seorang yang haus akan rasa sakit dengan Ichi yang seorang psikotik?

13. Demekin (2017)

Demekin
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Friendship, Comedy, School
  • Produksi: AMG Entertainment
  • Sutradara: Yamaguchi Yoshitaka
  • Pemeran: Ito Kentaro, Yamada Yuki, Yanagi Shuntaro

Film ini diadaptasi dari novel autobiografi dengan judul yang sama karya Masaki Sata. Film ini menceritakan seorang lelaki bernama Masaki Sata yang sejak kecil sering di bully  dan diintimidasi karena penampilannya, sehingga ia dipanggil dengan sebutan ‘Demekin’.

Suatu ketika, ia memutuskan untuk melawan orang-orang tersebut hingga akhirnya ia tak terkalahkan dalam perkelahian. Rambut merah yang dimilikinya pun menjadi ciri khas dirinya. Masaki dan temannya Atsunari setiap hari sering berkelahi. Kemudian Atsunari mengajak Masaki untuk membuat sebuah geng motor dan setelah itu mulai banyak musuh yang menantikan mereka.

14. Jigoku no Hanazono: Office Royale (2021)

Jigoku no Hanazono: Office Royale
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Friendship, Comedy, Drama
  • Produksi: Warner Bros. Japan
  • Sutradara: Seki Kazuaki
  • Pemeran: Nagano Mei, Hirose Alice

Meskipun kebanyakan film gangster Jepang menceritakan tentang pertikaian antara geng laki-laki, tapi berbeda dengan film yang satu ini. Adalah Naoko Tanaka seorang wanita muda berusia 26 tahun yang bekerja menjadi seorang office lady. Namun di tempat Naoko bekerja sering terjadi pertengkaran yang cukup sengit antar kelompok.

Naoko secara diam-diam mengatur pertikaian yang terjadi diantara kelompok-kelompok office lady tersebut. Hingga suatu ketika, Naoko diincar oleh seluruh office lady yang ada di Jepang. Bagaimanakah Naoko menghadapi situasi tersebut?

15. High & Low The Movie (2016)

High & Low The Movie
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Crime
  • Produksi: Shochiku
  • Sutradara: Kubo Shigeaki
  • Pemeran: Akira, Iwata Takanori, Sato Kanta, Sato Taiki, Yamashita Kenjiro, Machida Keita, Suzuki Nobuyuki

Film yang juga dibintangi oleh boyband asal Korea, Seungri (Bigbang) ini mengambil latar belakang setelah kejadian pembuburan kota ‘Mugen’ yang legendaris. Di sana terdapat lima geng yang dikenal dengan sebutan geng SWORD yang diambil dari nama depan masing-masing geng.

Lima geng tersebut memiliki tujuan untuk mengambil alih kota tersebut sebagai tempat kekuasaannya. Pertempuran sengit antara lima geng tersebut pun tak terhindarkan. Sehingga terjadi sebuah pertempuran yang sengit demi mempertaruhkan harga diri mereka.

16. Tokyo Tribe (2014)

Tokyo Tribe
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Music, Comedy
  • Produksi: Nikkatsu
  • Sutradara: Sono Sion
  • Pemeran: Suzuki Ryohei, Sometani Shota, Dias Young

Film adaptasi dari serial manga dengan judul yang sama karya Santa Inoue. Merupakan sebuah film live action musical action comedy yang mengambil latar Jepang alternatif, dimana terdapat banyak geng jalanan yang dikenal dengan sebutan ‘Suku Tokyo’.

Lima tahun berlalu setelah kerusuhan yang terjadi di Shibuya. Sekarang terdapat beberapa geng baru yang bermunculan di Tokyo dengan dua ideologi yang berbeda. Dimana ada kelompok yang ingin menggunakan kekerasan dan non-kekerasan untuk balas dendam. Sehingga, terjadilah peperangan diantara geng untuk menguasai wilayah masing-masing.

17. The Mole Song: Undercover Agent Reiji (2014)

The Mole Song: Undercover Agent Reiji
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Takashi Miike
  • Pemeran: Ikuta Toma

Film ini diadaptasi dari manga dengan judul Mogura no Uta karya Noburu Takahashi. Adalah Reiji Kikukawa merupakan seseorang yang memiliki rasa keadilan yang kuat. Dia menjadi polisi tapi memiliki nilai ujian kemampuannya sangat rendah.

Suatu ketika ia dipecat oleh kepala polisi karena masalah ‘disiplin’ walaupun itu memang sudah direncanakan. Reiji diperintahkan untuk menyamar dan menjadi ‘tahi lalat’ untuk mengawasi seorang Shuho Todoroki. Shuho Todokoro adalah  bos geng Sukiyakai yang merupakan geng kriminal terbesar di Kanto.

18. Drop (2009)

Drop

Film yang satu ini memang bisa menarik perhatian para penonton, khususnya mereka yang menyukai film bertema gangster Jepang.  Drop dibintangi oleh aktor Hiroki Narimiya yang berperan sebagai Shinanogawa Hiroshi yang tumbuh besar di era tahun 80-an, di mana pengaruh manga Be-Bop High School begitu mempengaruhi.

Oleh karena itu ia memutuskan untuk menjadi sorang anak yang nakal. Setelah dikeluarkan dari sekolahnya, ia pun kemudian pindah ke sekolah umum. Kedatangan Hiroshi di sekolah itu pun menarik perhatian Iguchi Tatsuya yang diperankan oleh Hiro Mizushima, yang tak lain pemimpin sebuah gangster sekolah.

Meskipun dari segi cerita terdapat sedikit kemiripan dengan film pendahulunya, Crows Zero, namun aksi yang ditampilkan dalam film ini tak kalah seru.

19. For Love’s Sake (2012)

For Love’s Sake
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Music, Romance, School
  • Produksi: Toei, Kadokawa Pictures
  • Sutradara: Takashi Miike
  • Pemeran: Emi Takei, Tsumabuki Satoshi

Diadaptasi dari manga Ai to Makoto karya Ikki Kajiwara. Film bertema gangster yang cukup berbeda karena dipadu padakan dengan cerita musikal. Menceritakan seorang pria berandalan bernama Taiga Makoto yang datang ke Tokyo untuk membalaskan dendamnya.

Suatu ketika, ia bertemu dengan Saotome Ai yang merupakan siswa dari keluarga terpandang. Mereka berdua jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun, Iwashimizu seorang siswa teladan terus menerus mengatakan kalau ia rela mati demi Ai. Sementara itu, Makoto diincar oleh geng wanita dan mereka pun harus menghadapi kekacauan yang ada di sekitar.

20. From Today, It’s My Turn!!: The Movie (2020)

From Today, It’s My Turn!!: The Movie
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Action, Comedy, School, Friendship, Youth
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Fukuda Yuichi
  • Pemeran: Kento Kaku, Ito Kentaro

Diadaptasi dari serial manga Kyou kara Ore wa!! karya Hiroyuki Nishimori. Dengan latar pada tahun 1980-an, seorang siswa SMA pindahan bernama Takashi Mitsuhashi memiliki penampilan yang nyentrik dengan rambut berwarna pirang. Tidak hanya itu, ia juga memiliki kemampuan atletik yang hebat dan memiliki kepribadian yang unik. Sehingga ia sering menjadi target geng dari sekolah lain.

Takashi Mitsuhashi bersama dengan Shinji Ito berteman dan membentuk geng. Setiap harinya, mereka selalu melawan geng lain. Takashi lalu jatuh cinta kepada Riko Akasaka yang semula adalah temannya. Sementara Shinji jatuh cinta pada Kyoko Hayakawa. Tiga tahun berlalu, Takashi dan Shinji harus melawan musuh baru yang ingin menghancurkan mereka.

Nah, itulah 20 film gangster Jepang yang seru dan paling cadas yang wajib kamu tonton. Bacaterus juga telah mengulas daftar film Jepang untuk berbagai genre lainnya, seperti film Jepang romantis, film aksi Jepang, dan lain sebagainya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram