Ini Dia Rekomendasi 5 Film Gangster Indonesia Paling Seru

Ditulis oleh Aditya Putra

Selain film tentang superhero, sepertinya film yang menceritakan gangster banyak diminati kaum pria. Apalagi mereka yang masih muda, sebab film semacam ini menonjolkan nilai persahabatan yang kental. Selain itu, karakter yang diceritakan pun kerap tampil dengan karisma masing-masing.

Nggak aneh kalau karakternya menonjol baik itu di kalangan pria-pria atau di kalangan wanita yang mengagumi karisma karakter tersebut. Lihat saja, Crow Zero yang berasal dari Jepang. Atau yang paling terkenal dari ranah Hollywood seperti film-film Fast & Farious yang menceritakan perseteruan gangster dalam setiap film yang dirilisnya.

Kalau dari Indonesia ada nggak sih film kayak gini? Ada dong, kita juga pernah bikin film seperti ini meskipun nggak sebanyak film drama atau komedi. Namun, film gangster dari Indonesia juga pernah dibuat yang cukup sukses menarik perhatian penggemarnya.

Film gangster Indonesia cukup beragam penceritaannya. Dari mulai yang keren sampai yang lucu. Garis besarnya, film-film tersebut menghibur. Ini cuma masalah selera, kamu suka film gangster Indonesia yang keren dan penuh aksi-aksi menegangkan atau yang menghibur dengan adegan-adegan kocaknya? Simak beberapa ulasan Bacaterus ini, yuk!

1. Bad Wolves [2005]

YouTube video

  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Action
  • Sutradara: Richard Buntario
  • Pemeran: Indra Bekti, Sultan Djorghi, Ivan Gunawan
  • Perusahaan Produksi: Broadcast Design Indonesia, Buntario Dinamika Indonesia

Waktu film ini dirilis, film gangster Indonesia belum populer. Nggak heran kalau waktu dirilis langsung mendapat banyak perhatian. Film ini muncul ke permukaan menyajikan kisah yang berbeda di antara film lain yang rilis pada waktu itu.

Kamu tahu Indra Bekti? Iya, yang presenter itu. Indra Bekti ikut membintangi film ini. Kamu pasti penasaran bagaimana seorang Indra Bekti membintangi film gangster Indonesia? Jadi apa dia? Jangan salah, Indra Bekti tampil keren loh di film ini.

Selain Indra Bekti, ada juga beberapa aktor berbakat lain seperti Sultan Djorghi, Ferry Maryadi, bahkan Olga Syahputra. Kisah yang diangkat tentang peredaran narkoba. Konflik bergerak karena pencurian narkoba jenis baru bernama 'The Joker' oleh salah satu gang paling disegani bernama Viper.

Salah satu pengedar tewas dibunuh. Kakak dari pengedar yang tewas juga memimpin sebuah geng bernama Bad Wolves. Dia mendapat informasi kalau Viper adalah dalang dari pembunuhan adiknya itu.

Bad Wolves dibantu beberapa gang hendak melakukan perlawanan terhadap Viper. Pertempuran itu nggak cuma melibatkan baku hantam, tetapi juga strategi licik yang dibuat Viper. Mereka memfitnah Bad Wolves dan menjadikan geng itu menjadi incaran geng lain di seluruh Jakarta.

2. Serigala Terakhir [2009]

Serigala Terakhir

* sumber: mubi.com

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Crime, Drama
  • Sutradara: Upi Avianto
  • Pemeran: Vino G. Bastian, Fathir Muchtar, Abimana Aryasatya
  • Perusahaan Produksi: Investasi Film Indonesia

Penggemar Vino G. Bastian mana suaranya? Kamu harus banget nonton film gangster Indonesia yang satu ini. Karena, di film Serigala Terakhir aura kelelakiannya keluar semua! Vino terlihat sangat macho di dalam film ini. Nggak cuma itu, ceritanya juga menarik loh! Ditulis dan disutradarai oleh Upi Avianto.

Vino berperan sebagai Jarot. Awalnya mereka cuma sekelompok pemuda kampung biasa yang sering membuat onar. Seperti gangster yang mungkin sering kamu lihat mabuk-mabuk dan bergerombol di pinggir jalan. Lalu, mereka terlibat sebuah tawuran ketika bermain sepakbola dengan geng lain.

Pertandingan itu berakhir ricuh. Kedua geng itu saling baku hantam. Ditengah kericuhan itu, Vino melihat temannya tersudut dan dipukuli. Atas nama solidaritas, dia mengambil batu lalu menghantam kepala orang yang sedang memukuli temannya. Aksinya ini ternyata menyeretnya ke penjara.

Dari sinilah konflik bermula. Cuma Jarot yang diseret ke penjara sementara teman-temannya yang lain nggak. Konflik berujung petaka, ketika teman-temannya itu seolah melupakan Jarot. Sampai akhirnya, ketika bebas Jarot bergabung dengan gangster yang lebih besar. Dia juga dihadapkan pada posisi yang membuat dia merasa harus menghabisi teman-temannya.

3. The Raid: Redemption [2011]

The Raid Redemption

* sumber: www.tracking-board.com

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: Gareth Evans
  • Pemeran: Iko Uwais, Ananda George, Ray Sahetapy
  • Perusahaan Produksi: Pt. Merantau Films, Stage 6 Films, Celluloid Dreams

Sejak kemunculan trailer filmnya, film ini sudah menjadi perbincangan banyak orang karena adegan-adegan yang menjanjikan. Orang-orang bilang, ini film kelas dunia dan memang demikianlah adanya. Semuanya terbukti setelah film ini tayang.

Film The Raid sebenarnya adalah ide lanjutan dari keseluruhan cerita yang diinginkan penulis dan sutradara Gareth Evans. Proyek awalnya, Berandal, diumumkan sebelum 'The Raid' dibuat pada tahun yang sama yaitu 2011. Namun, baru dirilis pada tahun 2014 dengan judul The Raid 2: Berandal.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram