Bacaterus / Film Artis Indonesia / 10 Film Terbaik Fedi Nuril, Aktor Berprestasi Tanpa Sensasi

10 Film Terbaik Fedi Nuril, Aktor Berprestasi Tanpa Sensasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2020

Sebelum menjadi aktor, nama Fedi Nuril lebih dikenal sebagai model, baik itu cover majalah, iklan maupun catwalk. Tawaran untuk beralih profesi menjadi aktor datang dari sutradara kawakan, Rudy Soejarwo. Fedi yang menerima tawaran itu, pada tahun 2004 debut di layar lebar. Sejak saat itu, nama Fedi Nuril mulai dikenal sebagai aktor.

Tidak cukup menjadi aktor, Fedi Nuril juga dikenal sebagai seorang musisi. Dia tergabung dalam grup musik yang bernama Garasi. Menariknya, kalau kamu menyimak berita hiburan, kamu tidak akan menemukan berita negatif tentang sosok Fedi, sebuah nilai tambah yang menjadikan sosoknya dikagumi banyak orang. Berprestasi tanpa sensasi, inilah 10 film Fedi Nuril terbaik versi Bacaterus.

1. Ayat-Ayat Cinta [2008]

Ayat-Ayat Cinta

* sumber: i.ytimg.com

Fahri yang diperankan Fedi, sedang menempuh gelar master di Al-Azhar. Dia bertahan hidup dengan menerjemahkan buku-buku agama. Fahri merupakan pekerja keras dengan kemauan tinggi dalam mencapai hal yang diinginkan. Di balik itu, Fedi tidak pernah pacaran selama hidupnya, bahkan cenderung pemalu di hadapan perempuan.

Teman satu flat Fahri, Maria menyimpan rasa suka walau berbeda agama. Seorang anak kiai yang sedang menempuh pendidikan di Mesir juga menyukai Fahri. Selain itu, ada juga Noura yang menyukai Fahri. Sosok yang benar-benar bisa memikatnya adalah Aisha. Suatu waktu, dia harus menentukan pilihan dari dua orang wanita yang mencintainya. Siapa yang dipilih Fahri?

2. Get Married 3 [2011]

Get Married 3

* sumber: thumb.viva.co.id

Mae dan Rendy yang diperankan Fedi, baru saja memiliki anak dan memutuskan untuk hidup mandiri. Sadar Mae mengalami baby blues, Rendy meminta bantuan sahabat-sahabat Mae untuk mengurus anak. Anak yang diurus oleh sahabat-sahabat Mae membuat keluarga besar kedua belah pihak cemburu dan meminta mendapat kesempatan yang sama.

Rendy merasa senang Mae mulai tidak merasakan baby blues, tapi dia menyadari bahwa dia yang tidak cocok dalam merawat anak. Anaknya lebih dekat dengan sahabat-sahabat Mae. Merasa tersisihkan, Rendy meminta bantuan dari Nyai, nenek Mae. Kehadiran Nyai justru membuat keadaan semakin kacau, hubungan Rendy dan Mae pun merenggang.

3. Surga yang Tak Dirindukan [2015]

Surga yang Tak Dirindukan

* sumber: www.imdb.com

Arini dan Pras yang diperankan Fedi, adalah pasangan suami-istri yang bahagia. Hadirnya seorang anak melengkapi kebahagiaan mereka. Pras hidup di lingkungan yang orang-orang di sekitarnya melakukan perselingkuhan, tapi Pras bersikukuh untuk setia. Begitu juga Arini yang selalu berusaha untuk mempercayai suaminya.

Dalam perjalanan menuju kantor, Pras menolong seorang perempuan yang selamat dari kecelakaan mobil. Perempuan yang bernama Mei Rose itu menggunakan baju pengantin dan sedang hamil tujuh bulan. Mei berhasil selamat, begitu juga sang bayi. Mei masih frustasi sampai mencoba bunuh diri lagi. Apa yang akan dilakukan Pras?

4. Doea Tanda Cinta [2015]

Doea Tanda Cinta

* sumber: amiratthemovies.files.wordpress.com

Bagus yang diperankan Fedi adalah seorang pemuda yang tinggal di desa. Dia sering diganggu oleh preman yang menggunakan baju tentara dan melakukan pemalakan. Sang ibu bercanda dengan mengatakan kalau dia terganggu dengan pria berbaju tentara, maka Bagus harus menjadi tentara asli. Oleh karena itu, Bagus mengikuti pendidikan militer bersama Mahesa.

Di tengah pendidikan, mereka jatuh cinta pada Laras, adik dari senior mereka. Mahesa yang lebih agresif, melakukan pendekatan jauh lebih berani. Setelah lulus, Mahesa melamar Laras tapi ditolak karena Laras lebih menyukai Bagus. Suatu hari lamaran itu datang lagi, Laras menerimanya karena Bagus sulit dihubungi. Bagaimana dengan Bagus dan perasaannya untuk Laras?

5. Shy Shy Cat [2016]

Shy Shy Cat

* sumber: cdn2.tstatic.net

Mira, seorang gadis asal Sindang Barang meraih kesuksesan dalam karirnya di Jakarta. Ketika dia berulang tahun yang ke-30, Abah, ayahnya meminta Mira untuk pulang dan menepati janjinya. Janji itu adalah untuk menikah dengan pria yang sudah dijodohkan dengan abah, yaitu Otoy yang diperankan Fedi.

Merasa hidupnya sudah jauh lebih berkembang, sementara kampungnya begitu-begitu saja, Mira enggan pulang. Perjodohan dengan Otoy dia anggap menyebalkan. Mira meminta bantuan sahabatnya, Jessy dan Umi untuk menggagalkan pernikahan. Ternyata Otoy sudah menjadi sosok yang berbeda dan persahabatan mereka harus diuji.

6. Menebus Impian [2010]

Menebus Impian

* sumber: cdn.idntimes.com

Nur Kemala, seorang mahasiswi harus berjuang keras dalam hidupnya. Ibunya berprofesi sebagai buruh cuci. Ibu dan anak ini mempunyai pendapat berbeda tentang masa depan sang anak. Sang ibu ingin anaknya fokus pada pendidikan di bangku kuliah, sementara Nur ingin segera bekerja untuk membantu ibunya secara finansial.

Nur bertemu dengan Dian Septiaji yang diperankan Fedi, seorang mahasiswa yang aktif bekerja sebagai MLM. Merasa temannya sudah berpikir jauh lebih ke depan, Nur ikut terpacu untuk mecapai cita-citanya. Perjuangan untuk mencapai cita-cita tidak semudah membalikkan telapak tangan, apakah Nur akan menyerah?

7. Mengejar Matahari [2004]

Mengejar Matahari

* sumber: www.imdb.com

Empat orang pemuda, yaitu Ardi, Damar, Apin dan Nino yang diperankan Fedi, sudah bersahabat sejak kecil. Mereka memiliki sebuah ritual khusus yang diberi nama mengejar matahari. Mereka akan berlomba lari dari satu titik ke titik lain di rumah susun mereka. Suatu hari, muncul seorang perempuan bernama Rara yang dekat dengan Ardi.

Kedekatan Ardi dan Rara mengakibatkan persahabatan menjadi retak. Konfliknya bukan cuma soal asmara dan persahabatan, tetapi juga konflik pribadi masing-masing karakter. Meski bersahabat, mereka punya masalah dan latar belakang yang berbeda-beda. Semua perbedaan itu disatukan oleh ikatan persahabatan, tapi sampai kapan ikatan persahabatan akan bertahan?

8. Supernova [2014]

Supernova

* sumber: www.imdb.com

Dhimas dan Reuben, dua orang mahasiswa asal Indonesia bertemu di Washington. Keduanya berencana untuk membuat sebuah mahakarya yang menggabungkan sains dan sastra. Di dalam buku itu mereka akan membuat karakter ksatria, putri dan bintang jatuh yang akan terkait secara paralel.

Rana mewawancarai Ferre untuk kebutuhan artikel yang akan diterbitkan. Wawancara itu menjadi awal kedekatan hubungan mereka yang semakin dalam, padahal Rana sudah menikah dengan Arwin yang diperankan Fedi. Rana meminta saran dari Supernova, sosok di dunia maya yang menjawab semua permasalahan. Sejauh apa Rana bisa bertahan dalam masalahnya?

9. Garasi [2006]

Garasi

* sumber: milesfilms.net

Film ini menceritakan kisah tiga anak muda dengan latar belakang berbeda. Gaya, yang tinggal bersama ibunya berusaha bertahan hidup karena dia tidak diterima di keluarga besar sebagai anak di luar nikah. Aga yang diperankan Fedi, terlahir dari keluarga pemusik tradisional. Awan, yang baru pulang dari Jepang berencana memulai hidup baru.

Kesamaan Gaya, Aga dan Awan adalah musik. Toko musik D’Lawas adalah tempat yang mereka datangi kemudian mereka membentuk sebuah band. Musik mereka bisa diterima oleh pasar tapi konflik internal mulai meletup. Akankah mereka bertahan sebagai sebuah band ketika konflik pribadi masing-masing mulai mengacau?

10. 5 cm [2012]

5 cm

* sumber: 3.bp.blogspot.com

Genta yang diperankan Fedi sudah menjalin persahabatan lama dengan Arial, Zafran, Riani dan Ian. Sepuluh tahun kebersamaan membuat mereka berada di titik jenuh dan memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan. Walau mereka mempunyai kehidupan masing-masing, tiga bulan cukup untuk membuat mereka saling merindukan.

Setelah berpisah selama tiga bulan, Genta meminta para sahabatnya berkumpul untuk melakukan perjalanan. Genta sudah menyiapkan destinasi perjalanan, yaitu Gunung Mahameru. Dengan jarak yang jauh dari Jakarta dan keharusan melewati rintangan, mereka mendapat pengalaman berharga. Apa saja yang mereka alami selama mendaki?

Dari sekian banyak aktor yang secara konsisten berkarya, Fedi Nuril adalah salah satu yang sangat minim pemberitaan tentang dirinya. Berita-berita yang beredar hampir pasti soal karyanya, bukan sosoknya. Semoga daftar film Fedi Nuril di atas bisa membantumu mengenal lebih jauh aktor berbakat tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *