bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Elijah Wood dengan Aktingnya yang Memukau

Menyebut nama Elijah Wood, pasti langsung akan dikaitkan dengan tokoh Frodo Baggins dan Trilogi Lord of the Rings. Namun sebenarnya dia sudah mulai berakting dari semenjak kecil. Elijah Wood dengan mata birunya yang khas adalah salah satu aktor anak yang sukses menjadi aktor hingga dewasa. Dia sukses membuktikan bahwa dirinya adalah seorang aktor yang handal.

Transisinya dari bintang film anak ke remaja hingga dewasa dilaluinya dengan cukup mulus. Ia memerankan tokoh ikonik yang dikenal banyak penggemar.

Bagi sebagian aktor, status ikonik seperti ini bisa membatasi karir sang aktor, tapi tidak dengan Elijah Wood. Dia bisa keluar dari karakter ikonik itu dan sukses memerankan berbagai peran. Inilah 10 film Elijah Wood dengan aktingnya yang keren.

1. Avalon (1990)

film-elijah-wood-1_
  • Tahun rilis: 1990
  • Genre: Drama
  • Produksi: Baltimore Pictures
  • Sutradara: Barry Levinson
  • Pemeran: Aidan Quinn, Armin Mueller-Stahl, Joan Plowright, Elizabeth Perkins, dan Elijah Wood

Avalon merupakan film ketiga dari tetralogi semi-otobiografi dari sutradara Barry Levinson yang mengambil setting di Baltimore. Dalam film ini Elijah Wood memerankan Barry Levinson ketika masih anak-anak bernama Michael Kaye.

Plot dasarnya mengenai keluarga Levinson yang merupakan imigran Rusia di tahun akhir 1940-an dan awal 50-an.

Film ini bercerita tentang bentrokan budaya antara generasi muda dan tua yang terjadi di keluarga Sam Krichinsky. Dia tiba di Amerika tahun 1914 dan kemudian menetap di Baltimore. Film ini merupakan merupakan debut awal Elijah Wood di layar lebar.

2. The Adventure of Huck Finn (1993)

film-elijah-wood-2_
  • Tahun rilis: 1993
  • Genre: Adventure, Family, Comedy, Drama
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Stephen Sommers
  • Pemeran: Elijah Wood, Robbie Coltrane, Jason Robards dan Courtney B. Vance

Mendengar nama judul film ini, orang pasti akan teringat dengan novel karya Mark Twain, yaitu The Adventure of Huckleberry Finn. Film ini memang diadaptasi dari novel karya Mark Twain.

Elijah Wood memerankan tokoh Huck, anak dari seorang pemabuk. Huck memalsukan kematiannya sendiri dan melarikan diri dengan seorang budak bernama Jim (Courtney B. Vance).

Mereka terlibat dalam bermacam petualangan mengerikan termasuk diselamatkan oleh keluarga kaya ketika hampir tenggelam.

Keduanya bertemu dengan sepasang penipu, The Duke (Robbie Coltrane) dan The King (Jason Robards), dan Jim nyaris akan digantung. Kritikus film Amerika, Roger Ebert, memuji akting Elijah Wood yang dianggapnya sukses memerankan Huck yang tegas.

3. The Ice Storm (1997)

film-elijah-wood-3_
  • Tahun rilis: 1997
  • Genre: Drama
  • Produksi: Fox Searchlight Pictures, Canal+, Good Machine, Droits Audiovisuels
  • Sutradara: Ang Lee
  • Pemeran: Kevin Kline, Katie Holmes, Elijah Wood, Christina Ricci, Allison Janney, Sigourney Weaver, Joan Allen, dan Tobey Maguire

Film drama dewasa dari Ang Lee ini menyegarkan dan mencekam. Film ini bercerita tentang disfungsi keluarga yang tampaknya baik-baik saja. Ini adalah film peralihan Elijah Wood dari tokoh anak-anak ke remaja. 

Dengan setting di tahun 1970-an, film ini bercerita tentang Ben Hood (Kevin Kline) seorang pria mengalami kekecewaan yang berselingkuh dari istrinya Elena Hood (Joan Allen).

Selingkuhannya adalah tetangganya sendiri, Janey Carver (Sigourney Weaver). Apa yang dilakukan Ben ternyata dicontoh anak perempuannya yang bernama Wendy (Christina Ricci). Dia mulai bereksperimen seksual dengan putra dari Janey, yaitu Mikey Carver (Elijah Wood). Ketika badai es menerjang, kedua keluarga ini mengalami kenyataan yang pahit.

4. The Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring

film-elijah-wood-4_

Inilah awal mula Elijah Wood bermain dalam trilogi the Lord of the Rings. Dia berperan sebagai Frodo Baggins. Sebuah cincin kuno yang dipercaya telah hilang selama berabad-abad akhirnya ditemukan oleh Bilbo Baggins (Ian Holms), pamannya Frodo (Elijah Wood). Pamannya akhirnya memberikan cincin itu pada Frodo sebelum pergi ke Rivendell.

Saat Gandalf (Ian McKellen) tahu bahwa cincin tersebut milik Sauron, sang penguasa kegelapan, Frodo diharuskan membawa cincin tersebut keluar dari Shire untuk dihancurkan karena cincin itu sedang dicari oleh Sauron. Namun, dia tidak pergi sendiri.

Dalam perjalanannya, dia bergabung dengan Gandalf, Gimli (John Rhys-Davies), Legolas (Orlando Bloom), Boromir (Sean Bean), Aragorn (Viggo Mortensen) serta tiga teman Hobbit-nya, yaitu Pippin (Billy Boyd), Merry (Dominic Monaghan), dan Samwise (Sean Astin).

Mereka melalui gunung, kegelapan, salju, hutan, sungai, dan dataran, serta menghadapi kejahatan dan bahaya di tiap perjalanannya. Namun itu tak menghentikan mereka. Usaha mereka untuk menghancurkan cincin tersebut adalah satu-satunya harapan agar untuk mengakhiri kekuasaan Sauron.

5. The Lord Of The Rings: The Two Towers

film-elijah-wood-5_
  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: Adventure, Action, Fantasy, Drama
  • Produksi: WingNut Films, The Saul Zaentz Company, New Line Cinema
  • Sutradara: Peter Jackson
  • Pemeran: Elijah Wood, Viggo Mortensen, Ian McKellen, Liv Tyler, Cate Blanchett

Film ini merupakan kelanjutan dari cerita perjalanan Frodo (Elijah Wood) untuk menghancurkan cincin milik Sauron, One Ring. Di tengah perjalanan, muncul Gollum (Andy Serkis) yang misterius yang menguntit Frodo serta Sam (Sean Astin). Ternyata Gollum ini ingin memiliki cincin yang dibawa Frodo.

Akan tetapi, Gollum tak sejahat itu karena dia juga membantu Frodo dan Sam ketika sedang mencari jalur paling aman ke arah Gunung Doom. Di tempat lain Legolas, Aragorn (Viggo Mortensen), dan Gimli (John Rhys-Davies) berjuang keras mempertahankan kerajaan Rohan yang dikepung oleh pasukan kegelapan.

Raja kerajaan Rohan, Theoden, akhirnya jatuh dan berada di bawah pengaruh mantra Saruman (Christopher Lee). Dia dalah penyihir yang menjadi musuh Gandalf.

6. The Lord of The Rings: The Return of the King

film-elijah-wood-6_
  • Tahun rilis: 2003
  • Genre: Fantasy, Adventure
  • Produksi: WingNut Films, The Saul Zaentz Company, New Line Cinema
  • Sutradara: Peter Jackson
  • Pemeran: Elijah Wood, Viggo Mortensen, Ian McKellen, Liv Tyler, Cate Blanchett

Di bagian terakhir dari trilogi Lord of the Rings ini, akhirnya Frodo dan Sam bisa mencapai Mordor untuk menghancurkan cincin milik Sauron tersebut. Gandalf dan Aragorn sebelumnya berjuang memimpin World of Men untuk melawan pasukan Sauron agar mereka teralihkan pandangannya dari Sam dan Frodo yang membawa One Ring mendekati Gunung Doom.

Pasukan Sauron mengepung ibu kota Gondor, Minas Tirith, dengan tujuan untuk melenyapkan manusia. Dulunya kerajaan itu besar, tapi kemudian melemah, dan begitu membutuhkan Raja. Nasib dari Middle-earth pun bergantung pada Aragorn. Sementara itu Gandalf berusaha untuk mengerahkan pasukan Gordon.

Untuk memenangkan perang ini, satu-satunya cara yaitu dengan hancurnya cincin tersebut. Tanggung jawab Frodo begitu berat karena keberhasilannya menentukan nasib tiap makhluk hidup yang berada di Middle-earth. Akhirnya Frodo berhasil menghancurkan cincin tersebut sesudah melewati perjalanan yang dramatis dan perang pun usai.

7. Paris Je T'aime

film-elijah-wood-7_
  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Comedy, Drama, Romance
  • Produksi: Canal+ & Victoires International
  • Sutradara: Alfonso Cuaron
  • Pemeran: Elijah Wood, Gena Rowlands, Juliette Binoche, Maggie Gyllenhaal, Marianne Faithfull, Ben Gazzara, Nick Nolte, Miranda Richardson

Film ini merupakan sebuah antologi yang terdiri dari 18 film pendek dan disutradarai oleh 22 sutradara dengan latarnya adalah Kota Paris. Di bagian ke-8 dari film antologi itu, Elijah Wood muncul dengan perannya sebagai seorang turis backpacker yang sedang backpacking di Eropa.

Hidupnya berubah selamanya saat dia bertemu dengan seorang vampir perempuan (Olga Kurylenko) yang sedang berpesta dengan mayat segar. Dia jatuh cinta dengan sang vampir. Namun dia jatuh dan pingsan ketika berusaha melarikan. Saat terbangun, turis tersebut mendapati dirinya diberi makan darah dan dia pun berubah jadi vampir.

8. Grand Piano

film-elijah-wood-8_
  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Music, Drama, Thriller, Mystery
  • Produksi: Nostromo Pictures
  • Sutradara: Eugenio Mira
  • Pemeran: Elijah Wood, Kerry Bishé dan John Cusack

Elijah Wood berperan sebagai Tom Selznick, seorang pianis konser berbakat yang karirnya terhenti diakibatkan demam panggung. Selznick dipuji sebagai pianis yang terbesar dari generasinya. Dia menikah dengan Emma Selznick (Kerry Bishe), seorang bintang muda Hollywood.

Setelah ketidaksuksesan resital "the unplayable La Cinquette", ia sudah dikalahkan oleh rasa takut akan kegagalan selama lima tahun. Namun akhirnya ia siap untuk merebut kembali tahtanya sebagai pianis hebat dengan memainkan karya yang sangat sulit.

Ia menggunakan grand piano mentornya yang sangat berharga. Tapi ternyata semuanya justru menjadi jauh lebih buruk.

9. Open Windows

film-elijah-wood-9_
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Adventure, Action, Drama, Crime, Thriller, Mystery
  • Produksi: Atresmedia, Apaches Entertainment, CineLa Panda
  • Sutradara: Nacho Vigalondo
  • Pemeran: Elijah Wood, Sasha Grey, Neil Maskell

Open Windows menceritakan kisah Nick (Elijah Wood). Ia mendapat hadiah untuk makan malam dengan Jill Goddard (Sasha Grey) yang menjadi idolanya. Tentunya Nick sangat senang bisa mempunyai kesempatan untuk bertemu wanita pujaannya.

Sayangnya, kebahagiannya lenyap saat Jill tak bersedia untuk hadir. Kemudian Nick mendapatkan tawaran dari seorang pria bernama Chord (Neil Maskell), yang mengaku sebagai manajer Jill. Dia menjanjikan akses penuh untuk bisa bertemu Jill melalui komputer. Tentunya tawaran ini tak mungkin dia tolak.

Awalnya Nick tidak bersedia, tapi Chord membujuknya dengan berkata kalau dia akan mendapatkan hiburan gratis dari aktris pujaannya. Sayang Nick tidak sadar kalau keputusannya menerima bujukan Chord akan berbahaya bagi hidupnya juga Jill.

10. No Man of God

film-elijah-wood-10_
  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Crime, Drama, Mystery & Thriller
  • Produksi: Company X
  • Sutradara: Amber Sealey
  • Pemeran: Elijah WoodLuke KirbyAleksa Palladino

Ted Bundy (Luke Kirby) dijatuhi hukuman mati pada tahun 1980 dengan cara disetrum. Pada tahun-tahun selanjutnya, ia setuju untuk menceritakan detail kejahatannya, tapi hanya kepada satu orang. Orang yang bertemu dengan Ted itu adalah Bill Hagmaier (Elijah Wood), seorang analis FBI. Dia bertemu dengan Ted yang sedang menjalani masa tahanan dengan harapan bisa memahami psikologi pembunuh berantai.

Bill ingin memberikan akhir untuk duka keluarga korban. Sebelumnya Hagmaier sudah diperingatkan kalau dirinya bisa saja dipermainkan oleh Ted, tapi dia tetap ingin mencoba. Ternyata hubungan di antara keduanya berubah jadi rumit dan tidak seperti yang diharapkan.

Itulah deretan 10 film Elijah Wood yang dia bintangi mulai dari dia masih anak-anak hingga dia dewasa. Tak mudah untuk bisa keluar dari bayang-bayang bintang film cilik, seperti yang terjadi dengan Macaulay Culkin. Tapi Elijah berhasil melewati semua rintangannya dengan kehebatan aktingnya.

Satu lagi tantangan yang mesti ia hadapi, yaitu saat menjadi memerankan tokoh ikonik Frodo Baggins. Terkadang aktor terjebak dalam karakter ikonik, tapi lagi-lagi Elijah berhasil melaluinya.

Ia tetap dipuji aktingnya dalam beberapa film yang berbeda genre, seperti film terakhirnya No Man of God. Tertarik untuk nonton film Elijah Wood selain trilogi Lord of the Rings?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram