bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Dominique Swain, Pemeran Film Lolita

Dominique Swain adalah seorang aktris dan produser berdarah Amerika yang lahir di Malibu, 12 Agustus 1980. Ia mulai mengawali karirnya di dunia akting di usia yang sangat belia.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini membintangi film-film yang cukup kontroversial, termasuk film yang membawa namanya melejit, Lolita. Selain itu, sederet serial TV dan video musik telah dibintanginya.

Di samping aktif di dunia perfilman, Dominique juga terlihat aktif di beberapa kampanye seperti PETA (People for Ethical Treatment of Animal. Ia menjadi anggota termuda yang tampil telanjang untuk kampanye tersebut.

Perjalanan karirnya di dunia akting tergolong gemilang. Hingga kini, sudah puluhan judul film yang pernah ia bintangi, dan berikut adalah deretan film-film terbaiknya. 

1. Lolita

film-dominique-swain-1_

Dominique Swain berhasil mengalahkan 2.500 kontestan yang sama-sama mengejar karakter Lolita di dalam film tersebut. Namun, ia berhasil meyakinkan sutradara Adrian Lyne bahwa ia sangat mengenal karakter remaja yang terlibat hubungan percintaan dengan ayah tirinya itu.

Lolita mengikuti kisah Humbert (Jeremy Irons), seorang profesor yang jatuh hati pada anak berusia 15 tahun yang biasa disapa Lolita atau Lo. Humbert yang menyewa kamar di rumah Charlotte (Melanie Griffith) yang merupakan ibu dari Lo, kemudian memutuskan menikahinya agar bisa dekat dengan Lo.

Untuk beberapa lama, niat terselubung itu menjadi rahasia pribadinya. Namun, Charlotte menemukan buku harian Humbert yang berisi isi hatinya terhadap Lo. Charlotte yang membaca tulisan tersebut kemudian marah dan kecewa hingga ia keluar rumah dan mengalami kecelakaan.

Nyawa Charlotte tidak tertolong lagi akibat cedera parah yang dialaminya. Sepeninggal istrinya, Humbert menjadi lebih leluasa mengekspresikan cintanya pada Lo, gadis yang berstatus anak tiri yang masih remaja.

2. Face Off

film-dominique-swain-2_
  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Action, Crime, Sci-Fi
  • Produksi: Paramount Pictures
  • Suradara: John Woo
  • Pemeran:  John Travolta, Nicholas Cage, Joan Allen, Gina Gershon, Alessandro Nivoa, Colm Feore

Disebut-sebut sebagai film laga terbaik tahun 90-an, Face Off berkisah tentang seorang polisi yang menyamar menjadi gembong kriminal untuk menggali informasi penting agar dapat mencegah serangan teroris. Informasi penting yang dicarinya didapatkan dari saudara laki-laki si penjahat.

Karakter polisi yang diperankan oleh John Travolta tersebut harus bertukar wajah dengan penjahat melalui serangkaian operasi eksperimental rekonstruksi wajah.

Dalam film ini, Dominique Swain kebagian peran sebagai Jamie Archer, putri dari Sean Archer yang merupakan seorang polisi yang tengan menjalankan misi untuk menangkap dalang teroris yang berbahaya.

3. Girl

film-dominique-swain-3_
  • Tahun Rilis: 1998
  • Genre: Comedy, Drama, Music
  • Produksi: HSX Production
  • Suradara: Jonathan Kahn
  • Pemeran: Dominique Swain, Sean Patrick Flanery 

Girl merupakan film yang dibintangi Dominique Swain setelah Lolita. Dalam film berdurasi 1 jam 43 menit itu, ia berperan sebagai Andrea Marr, gadis periang yang ingin mengubah hidupnya yang membosankan dan monoton.

Ia bersama temannya Darcy (Selma Blair) memutuskan untuk menjadi ‘dewasa’ dengan mengikuti berbagai pesta dimana ia bisa melepaskan keperawanannya. Dalam penjelajahannya di setiap pesta, ia bertemu dengan Todd Sparrow (Sean Patrick Flanery), anak band yang cukup terkenal.

Seiring waktu, mereka mengalami banyak hal sampai akhirnya mereka menyadari perasaan masing-masing. Akan tetapi hubungan mereka tidak berjalan mulus. Sampai akhirnya hubungan mereka benar-benar tidak bisa diteruskan.

Andrea sendiri akhirnya menyatakan diri sebagai seorang wanita sejati yang mempunyai pengalaman menarik dalam kehidupan cinta, seks, dan bisa menatap masa depannya.

4. The Intern

film-dominique-swain-4_
  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Comedy, Romantic
  • Produksi: L’Intern LLC (distributor)
  • Suradara: Anthony Abrams Christina Ricci, Hank Harris, Brenda Blethyn
  • Pemeran: Dominique Swain, Ben Pullen, Joan Rivers, Peggy Lipton, Kathy Griffin, Billy Porter, Anna Levine, Paulina Porizkova

Dalam film The Intern yang mengangkat kehidupan para pekerja industri fashion, Dominique Swain tampil apik membawakan peran Jocelyn Bennett, anak magang yang hidup hanya untuk Skirt, majalah fashion besar di New York.

Dalam film ini Jocelyn digambarkan selalu bekerja keras, diperlakukan dengan kurang baik dan dibayar rendah. Ia dituduh sebagai mata-mata majalah Vogue, rival Skirt, sebab Vogue mengetahui rencana dan ide majalah tempat Jocelyn bekerja.

Karena merasa tidak bersalah, Jocelyn pun berusaha membersihkan namanya. Dalam upayanya itu, ia bertemu dengan Paul Rochester (Ben Pullen) dan jatuh hati pada art director asal Inggris itu sebab ia punya banyak kesamaan dengannya.

Namun, upaya Jocelyn untuk mencari mata-mata yang sesungguhnya menemui banyak hambatan, termasuk kisah cintanya dengan Paul.

5. Happy Campers

film-dominique-swain-5_
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Comedy
  • Produksi: DiNovi Pictures
  • Suradara: Daniel Waters
  • Pemeran: Brad Renfro, Dominique Swain, Emily Bergi, Jaime King

Dalam film ini, Dominique Swain berperan sebagai Wendy, remaja naif dan polos yang bertemu dengan Wichita (Brad Renfro), teman masa kecilnya di sebuah acara perkemahan.

Happy Campres berkisah tentang sekelompok peserta perkemahan yang harus bertanggung jawab terhadap jalannya acara lantaran ketua tim tersambar petir. Kejadian tersebut membebaskan para peserta untuk melakukan apapun sesuai kehendaknya.

Absennya ketua tim di perkemahan tersebut juga menghadirkan kekacauan yang akan selalu diingat oleh Wendy dan Wichita.

6. New Best Friend

film-dominique-swain-6_
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Mystery, Thriller, Drama
  • Produksi: TriStar Pictures
  • Suradara: Zoe Clarke Williams
  • Pemeran: Taye Diggs, Dominique Swain, Mia Kirshner, Meredith Monroe

Kali ini Dominique Swain terlibat dengan proyek film menegangkan. Film bergenre thriller dan misteri itu berkisah tentang Alicia (Mia Kirshner), seorang gadis miskin yang mulai masuk kuliah, Juliane (Rachel True) dan Sidney Barrett (Dominique Swain), dan Hadley (Meredith Monroe).

Kisah dimulai kala Artie Bonner (Taye Diggs), seorang Sheriff yang bertugas di Carolina Utara yang tengah menyelidiki kasus overdosis seorang mahasiswa.

Dalam proses penyelidikan tersebut ia bertemu dengan berbagai hal ganjil yang membawanya pada kasus yang lebih besar. Semakin ia menggali, semakin banyak fakta baru bahwa kasus tersebut mengarah pada tindak pembunuhan.

7. Devour

film-dominique-swain-7_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Horror
  • Produksi: Sony Picture Home Entertainment
  • Suradara: David Winkler
  • Pemeran: Teach Grant, Shannyn Sossamon, Dominique Swain, William Sadler, Jensen Ackles

Cerita dalam Devour dibuka dengan Jake Gray (Jensen Ackles) yang sering bermimpi dalam keadaan sadar. Mimpi-mimpi tersebut tidak bisa dijelaskan dengan akal sehat. Suatu hari ia bermimpi memasuki sebuah gubuk reyot. Di sana ia bertemu dengan gadis tanpa busana yang tengah menangis.

Saat membalikan wajahnya, gadis itu berubah wujud menjadi ular putih. Jake punya dua teman dengan masa lalu yang cukup tragis, salah satunya adalah Dakota (Dominique Swain). Gadis itu punya trauma pelecehan seksual di masa kecil.

Jake, Dakota, dan Conrad terancam bahaya seraya mereka memainkan permainan The Pathway yang ternyata adalah permainan setan. Satu per satu orang di sekeliling mereka mati dengan tragis.

Teknis permainan itu berasal dari isi pikiran si pemain. The Pathway mewujudkan keinginan buruk di benak orang yang memainkannya. Conrad yang bermusuhan dengan teman satu kampusnya berhasil mewujudkan keinginannya melihat temannya tersebut mati, dan Conrad bunuh diri. 

Begitu pula Dakota yang berharap dosen yang melecehkan dirinya mati, kemudian ia sendiri meninggal bunuh diri.

8. Totally Awesome

film-dominique-swain-8_
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Comedy
  • Produksi: Awesome Production
  • Suradara: Neal Brennan
  • Pemeran: Dominique Swain, Chris Kattan, Mikey Day, Brittany Daniel

Totally Awesome adalah sebuah film televisi yang mengangkat latar tahun 1980-an. Film ini mengikuti kisah keluarga Gunderson yang melakukan perjalanan lintas negara menuju rumah baru mereka. Mereka punya gambaran di kepala masing-masing tentang kehidupan di tempat baru mereka.

Lori yang diperankan oleh Dominique Swain adalah salah satu keluarga Gunderson yang ikut pindah. Ia seorang penari. Segera setelah ia sampai di kota baru tersebut, Lori dihadapkan pada satu fakta bahwa di kota tersebut menari adalah perbuatan terlarang.

Namun, ia bertemu dengan Gabriel (Chris Kattan) dan keduanya sepakat berlatih tari diam-diam bahkan menjalankan rencana untuk menghapus larangan tersebut. Perlahan perasaan Lori untuk instruktur tari itu tumbuh.

9. Road to Nowhere

film-dominique-swain-9_
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Romance, Thriller
  • Produksi: E 1 Films
  • Suradara: Monte Hellman
  • Pemeran: Cliff De Young, Waylon Payne, Tygh Runyan, Shannyn Sossamon, Dominique Swain, John Diehl

Premis dari film ini adalah seorang sutradara yang terlibat tindak kriminal di lokasi syuting ketika mengerjakan penggarapan proyek film terbarunya.

Road To Nowhere mempertemukan Dominique Swain yang berperan sebagai Nathalie Post dengan Tygh Runyan yang berperan sebagai sutradara Mitchell Haven.

Nathalie Post mencoba mengungkapkan kasus penipuan yang dilakukannya dengan Laurel Graham, aktris yang diajak bermain dalam filmnya.

Kasus tersebut berawal dari Mitchel yang membujuk Laurel untuk memerankan salah satu karakter di filmnya. Ia menghabiskan waktu dengan Laurel ngobrol ngalor ngidul untuk memikat gadis yang setengah hati setuju bergabung dalam film tersebut.

Nathalie yang menonton film tersebut menuliskan pada blognya bahwa Mitchel dan Laurel melakukan penipuan. Kasus tersebut menjadi rumit sebab rupanya Laurel sangat mirip dengan Velma Duran, salah satu penjahat yang telah mati di kasus penipuan yang melibatkan Mitchel.

10. Alpha Dog

film-dominique-swain-10_
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Biography, Crime, Drama
  • Produksi: Sydney Kimmel Entertainment
  • Suradara: Nick Cassavetes
  • Pemeran: Ben Foster, Shawn Hatosy, Smile Hirsch, Christopher Marquette, Sharon Stone, Justin Timberlake

Alpha Dog adalah sebuah film yang diangkat dari sebuah kisah nyata penculikan dan pembunuhan Nicholas Markowitz di tahun 2000. Selain Dominique Swain, nama-nama besar seperti Justin Timberlake, Ben Foster, Shawn Hatosy, Emile Hirsch dan lain-lain tergabung sebagai pemerannya.

Film ini dibuka dengan Johnny Truelove dan komplotannya menculik Zack Mazursky (Anton Yelchin) yang merupakan adik dari Jake Mazursky (Ben Foster).

Dalam film ini Dominique Swain mendapat peran kecil sebagai Susan Hartunian, teman Frankie (Justin Timberlake) yang peduli terhadap keselamatan Zach selama disekap.

Itu dia 10 deretan film terbaik yang pernah diperankan oleh Dominique Swain. Aktris yang juga terjun sebagai produser di beberapa film indie ini kerap bermain apik. Dengan siapa pun lawan mainnya, ia selalu menampilkan kemampuan akting yang luar biasa.

Selain itu, ia juga gemar menjajal berbagai genre film sepanjang karirnya di dunia akting. Nah, kalau kamu pecinta film, deretan film Dominique Swain di atas wajib kamu tonton.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram