bacaterus web banner retina

10 Film Dokumenter Alam Terbaik yang Menginspirasi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Pandemi yang terjadi pada saat ini memberikan manusia pandangan yang baru tentang betapa ajaibnya bumi ini dengan semua keindahan yang berada di dalamnya.

Bagaimana hubungan manusia dengan alam ini memiliki keterkaitan erat dan saling mempengaruhi. Apapun aktivitas yang dilakukan setiap manusia pastinya berdampak pada satwa dan alam di sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film dokumenter terbaik yang pas untuk kamu tonton untuk memberikan pandangan yang baru pada hubunganmu dengan alam sekitar.

Setiap filmnya akan memberikan sentuhan yang dalam akan rasa kepedulian pada makhluk hidup disekitarnya sehingga akan memberikan manusia hubungan yang lebih baik dengan makhluk dan alam sekitarnya.

1. A Life on Our Planet

dokumenter-tentang-alam-1_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Dokumenter, Biografi
  • Produksi: Altitude Film Entertainment
  • Sutradara: Alastair Fothergill

Film dokumenter yang dirilis oleh Netflix pada tahun 2020 ini merupakan kesaksian dari seorang naturalis bernama Sir David Attenborough yang suaranya banyak mengisi film dokumenter tentang alam.

Suaranya yang menenangkan mungkin pernah kamu dengar saat ia menjabarkan betapa menakjubkan dan ajaibnya planet yang ditinggali oleh manusia ini.

Film yang dinarasikan sendiri oleh Attenborough ini mencoba untuk menggambarkan bagaimana perubahan yang terjadi pada bumi ini dari awal kariernya di tahun 1950-an hingga kini.

Perubahan yang terjadi pada planet ini yang diakibatkan oleh perubahan iklim serta hilangnya keanekaragaman hayati. Film ini mengingatkan manusia untuk lebih peduli dengan apa yang terjadi pada bumi ini.

Tak hanya menggambarkan apa yang telah terjadi saja, Attenborough juga menjelaskan apa saja yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mencegah terjadinya perubahan iklim serta hilangnya keanekaragaman hayati. Contoh yang paling dekat adalah menggunakan energi yang terbarukan seperti dari air, angin, panas bumi serta sinar matahari.

2. My Octopus Teacher (2020)

dokumenter-tentang-alam-2_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Dokumenter
  • Produksi: Netflix
  • Sutradara: Pippa Ehrlich dan James Reed

Film dokumenter ini mengisahkan tentang seorang penyelam yang bernama Craig Foster bersahabat dengan seekor gurita di kawasan laut False Bay, Afrika Selatan.

Persahabatan ini dimulai saat Craig yang jenuh dengan hidupnya melakukan penyelaman di Afrika selatan dan bertemu dengan seekor gurita yang kecil yang ia beri nama Rosetta dan mulai mengamati hidupnya.

Craig membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapat kepercayaan dari Rosetta. Setelah berhasil menjalin persahabatan, gurita sahabatnya ini akan membawanya mengeksplorasi areal-areal baru di bawah laut.

Persahabatannya dengan Rosetta mengajarkan Craig banyak hal. Satu di antaranya adalah tentang hubungan antara manusia dan juga alam yang ternyata amat kuat.

3. March of The Penguin

dokumenter-tentang-alam-3_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Dokumenter, Keluarga
  • Produksi: National Geographic Films
  • Sutradara: Luc Jacquet

March of the Penguin merupakan film dokumenter yang meraih Piala Oscar sebagai film dokumenter terbaik pada tahun 2006. Film ini merupakan film dokumenter yang disutradarai oleh Luc Jaquet.

Film dokumenter ini mengisahkan tentang perjalanan tahunan dari penguin kaisar di musim gugur di Antartika. Mereka melakukan perjalanan ke selatan membesarkan anak-anak mereka.


Mereka melakukan perjalanan yang ekstrim agar dapat berkembang biak dalam lingkungan yang lebih aman. Perjalanan penguin kaisar ini akan benar-benar membuatmu terkejut, dan bercampurnya semua aneka perasaan. Perjalanan dari penguin kaisar ini dinarasikan dengan lancar oleh aktor ternama bernama Morgan Freeman.

4. Before The Flood

dokumenter-tentang-alam-4_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Dokumenter, Berita
  • Produksi: RatPac Documentary Films
  • Sutradara: Fisher Stevens

Film dokumenter Before the Flood merupakan film yang diproduksi oleh National Geographic, dengan mengunjungi beberapa negara. Film dokumenter ini dibintangi oleh Leonardo diCaprio yang merupakan duta PBB untuk lingkungan.

Film dokumenternya menyoroti tentang perubahan iklim yang dikarenakan emisi karbon yang dihasilkan oleh manusia yang berdampak buruk pada lingkungan.

Film ini juga melibatkan beberapa tokoh penting seperti Barack Obama, Elon Musk, Paus Francis dan masih banyak yang lainnya.

Tanggapan positif banyak diberikan oleh para kritikus pada film dokumenter ini. Film Before the Flood kini telah diterjemahkan ke banyak bahasa. Selain itu, kamu dapat menyaksikan filmnya yang tersedia secara gratis di internet.

5. Chasing Coral

dokumenter-tentang-alam-5_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Dokumenter
  • Produksi: Argent Pictures
  • Sutradara: Jeff Orlowski

Chasing Coral merupakan film dokumenter yang menyoroti masalah hilangnya keindahan dari terumbu karang yang dulunya berwarna-warni yang kini menjadi memutih dan akhirnya mati. Perubahan ini terjadi diakibatkan oleh perubahan iklim. Naiknya suhu panas yang diserap oleh lautan menyebabkan kerusakan serta musnahnya terumbu karang yang dulunya indah.

Film dokumenter ini dilakukan oleh beberapa tim penyelam fotografer, serta peneliti yang memotret kondisi dari terumbu karang yang kini perlahan hilang di seluruh dunia. Dari gambar yang mereka ambil kamu dapat melihat skala kerusakan yang terjadi pada terumbu karang yang akan berpengaruh besar pada ekosistem laut dan juga manusia.

6. Virunga

dokumenter-tentang-alam-6_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Dokumenter, Perang
  • Produksi: Grain Media, Violet Films
  • Sutradara: Orlando von Einssiedel

Virunga merupakan sebuah film dokumenter yang mengisahkan tentang jagawana yang menjaga Taman Nasional Virunga di Kongo dari perang, perburuan liar, dan juga ancaman eksplorasi minyak.

Taman Nasional Virunga merupakan rumah bagi gorila gunung yang terancam punah. Dokumenter ini tak hanya berfokus pada satwanya saja tapi juga perjuangan dari pada para jagawana di sana.

Para penonton akan menyaksikan keindahan keanekaragaman hayati dari taman nasional ini serta masalah kompleks yang harus dihadapinya.

Tak hanya itu, penonton akan diperlihatkan pemandangan yang menyayat hati. Bagaimana rentannya keajaiban alam yang ada rusak oleh keserakahan dan kekejaman manusia serta menyaksikan perjuangan mereka yang mencoba menyelamatkannya.

7. Jane

dokumenter-tentang-alam-7_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Dokumenter, Biografi
  • Produksi: National Geographic Studios
  • Sutradara: Brett Morgen

Jane adalah sebuah film dokumenter yang memperlihatkan perjalanan dari seorang gadis muda bernama Jane Goodall dengan kecintaannya terhadap simpanse.

Tanpa pengalaman sama sekali ia pergi ke Afrika, yaitu ke satu taman nasional di Tanzania. Di sana dia mengamati para simpanse dari kejauhan sampai akhirnya mampu mendekati mereka dan banyak belajar dari interaksinya ini.

Film dokumenter ini memperlihatkan seluruh kehidupannya dan bagaimana ia mendapatkan pelajaran dari apa yang ia amati, termasuk pelajaran menjadi seorang ibu bagi anak semata wayangnya.

Penonton akan disajikan sesuatu yang memukau dari interaksi antar satwa serta keindahan alam, dan perubahan dari Goodall dari muda hingga di usia tuanya.

8. Encounters at the End of the World

dokumenter-tentang-alam-8_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Dokumenter
  • Produksi: Discovery Films
  • Sutradara: Werner Herzog

Film dokumenter Encounters at the End of the World merupakan film yang menyajikan tentang bagaimana manusia yang hidup dan bekerja di Antartika.

Di sini kamu tidak akan menemukan para penguin lucu melainkan orang-orang yang hidup di tempat yang keras ini. Ada banyak ilmuwan dari beragam bidang kajian tinggal di lingkungan yang keras seperti Antartika.

Film ini bahkan pernah masuk nominasi untuk mendapatkan penghargaan di Academy Award sebagai film dokumenter terbaik.

Filmnya memperkenalkan Antartika dengan sudut pandang yang berbeda. Keajaiban Antartika yang mampu menarik beragam orang untuk datang ke sana. Film dokumenter ini pun mendapatkan tanggapan yang cukup baik dari para kritikus film.

9. The Earth Year Changed

dokumenter-tentang-alam-9_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Dokumenter
  • Produksi: BBC Studio
  • Sutradara: Tom Beard

The Earth Year Changed merupakan film dokumenter yang memperlihatkan dampak positif dari Pandemi COVID-19 pada kehidupan satwa.

Saat aktivitas manusia dibatasi karena adanya pandemi, di saat yang sama alam kembali mengambil alih ruang-ruang kosong yang ditinggalkan oleh manusia. Film dokumenternya memperlihatkan perubahan lingkungan yang terjadi hampir di seluruh dunia.

Narasi pada film dokumenter yang bawakan oleh Sir David Attenborough ini memperlihatkan alam membersihkan dirinya yang akhirnya berdampak positif pada satwa liar.

Film dokumenternya memberikan sudut pandang yang baru pada manusia, agar interaksi manusia dapat memberikan dampak positif pada kelangsungan para satwa serta lingkungan.

10. The Blackfish

dokumenter-tentang-alam-10_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Dokumenter
  • Produksi: CNN Films
  • Sutradara: Gabriela Cowperthwaite

Blackfish merupakan film dokumenter yang mengisahkan sisi kelam dari kehidupan paus orca yang bernama Tilikum yang hidup dalam penangkaran di SeaWorld.

Dokumenter ini merupakan sebuah kekhawatiran yang terjadi diakibatkan kematian tiga orang pelatih dari Paus Tilikum. Film dokumenter ini memperlihatkan bahwa Tilikum mengalami stres yang cukup ekstrim.

Film Blackfish mengajarkan manusia dalam melihat mahluk liar seperti orca dengan cara yang berbeda. Dokumenter ini menampilkan kompilasi rekaman dan wawancara yang akan menggugah rasa kemanusiaan terhadap apa yang harus dihadapi oleh paus yang ditangkap untuk hiburan.

Kisah pilu Tilikum memberikan manusia pelajaran untuk lebih peka dalam hubungan manusia dengan alam.

Itulah beberapa film dokumenter yang dapat kamu saksikan yang akan memberikan rasa kagum pada bumi ini.Selain itu film ini tentunya akan dapat memberikan perbaikan pada hubungan manusia dengan alam yang tentunya akan berdampak pada kehidupan manusia sendiri.

Begitu banyak yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga keberlangsungan dari bumi ini. Satwa-satwa dan alam begitu banyak memberikan pelajaran besar bagi manusia untuk keberlangsungan hidupnya sendiri.

Film-film dokumenter ini menyajikan begitu banyak peristiwa yang akan menggugah setiap rasa kepedulian manusia pada alam yang ditinggalinya. Setiap filmnya menarik untuk disaksikan terutama setelah pandemi yang dialami manusia saat ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram