Bacaterus / Film Binatang / 9 Film Tentang Dinosaurus Terbaik Sepanjang Masa

9 Film Tentang Dinosaurus Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Dinosaurus adalah berbagai macam binatang purba yang pernah hidup dan berada di Bumi pada beberapa juta tahun yang lalu sebelum manusia hadir di Bumi. Kepunahannya melahirkan berbagai macam teori dari para ahli purbakala.

Mayoritas menyebutkan jika dinosaurus punah karena kejadian mahadahsyat yang menimpa Bumi, yaitu jatuhnya meteor besar di Bumi yang menyebabkan berbagai macam bencana alam dan memusnahkan segala habitat di Bumi, termasuk Dinosaurus.

Sementara berbagai penggalian dan penemuan oleh para ahli purbakala akan dinosaurus ini masih berjalan, semua temuan fosil dari berbagai jenis dinosaurus yang sudah direkonstruksi ulang menimbulkan minat para produser Hollywood untuk menampilkan bermacam-macam makhluk purbakala ini ke layar lebar.

Nah, berikut kami menyusun beberapa film Hollywood yang menampilkan berbagai macam dinosaurus ke layar bioskop untuk dijadikan tontonan yang memanjakan mata para penonton. Apa sajakah film dinosaurus terbaik tersebut?

9 Film Dinosaurus Terbaik Sepanjang Masa

1. The Lost World [1925]

The Lost World [1925]

Dalam sejarah perfilman, film yang merupakan adaptasi dari novel laris karya Arthur Conan Doyle terbitan 1912 ini adalah film pertama yang menampilkan dinosaurus di dalamnya.

Film yang masih dalam format silent movie dan tanpa warna ini, menyajikan penggambaran dinosaurus lewat special effects stop-motion yang dikerjakan oleh Willis O’Brien, seorang pionir dalam dunia stop-motion. Saat ini film The Lost World sudah diarsipkan oleh Library of Congress karena kandungan sejarahnya.

2. One Million B.C. [1940]

film dinosaurus terbaik One Million BC

Film andalan studio United Artists saat itu yang memasang Victor Mature sebagai pemeran utama ini lebih mengedepankan sisi romance ala Romeo & Juliet di era pra-sejarah. Penampilan dinosaurus di film karya sutradara Hal Roach bersama anaknya ini tampil lebih hidup.

Pasalnya film ini menggunakan hewan-hewan asli, seperti buaya kecil dan iguana yang dipakaikan “kostum” sehingga tampil meyakinkan sebagai dinosaurus, sehingga adegan pertarungannya terlihat lebih nyata. Karena itu, One Million B.C. berhasil masuk nominasi Academy Awards di kategori Best Special Effects, meski pada akhirnya gagal untuk membawa pulang piala Oscar.

3. The Beast from 20,000 Fathoms [1953]

The Beast from 20,000 Fathoms [1953]

Film yang dirilis pada tahun 1953 ini kembali menampilkan dinosaurus lewat special effects stop-motion yang lebih baik jika dibandingkan dengan film The Lost World dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik Ray Harryhausen, ahli special effects pada zamannya.

Bercerita tentang kemunculan dinosaurus fiktif, Rhedosaurus, karena percobaan nuklir yang membangunkan monster ini dari kedalaman Bumi dan merusak kota tempat tinggal umat manusia. Kesuksesan film ini kemudian banyak memicu kemunculan film-film bertema monster purbakala yang menyerbu kota dan umat manusia, Godzilla adalah salah satunya.

4. The Valley of Gwangi [1969]

The Valley of Gwangi

Di film yang dirilis pada tahun 1969 ini, beberapa dinosaurus yang ditampilkan beradu kekuatan dengan para cowboy. Memang sedikit absurd, tetapi tampilan dinosaurus disini lebih baik dari sebelumnya dan merupakan karya terakhir Ray Harryhausen yang menuntaskan proyek impian gurunya, Willis O’Brien.

The Valley of Gwangi merupakan film bertema dinosaurus pertama yang disajikan dalam format Technicolor, sehingga terlihatlah warna Tyrannosaurus yang berwarna biru, dan juga adanya penampilan perdana Pterodactyl yang cukup mengerikan. Setting film yang menampilkan ribuan orang dalam banyak adegan, membuat film ini semakin bernuansa kolosal.

5. Jurassic Park [1993]

Jurassic Park [1993]

Film karya sutradara jenius Steven Spielberg yang dirilis pada tahun 1993 ini membangkitkan kembali gairah perfilman Hollywood untuk menampilkan dinosaurus dalam film-film berkualitas baik, karena sebelumnya dinosaurus hanya tampil dalam film-film berkelas kacangan dan ditampilkan dengan special effects seadanya.

Lewat film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Michael Crichton, yang kabarnya sudah dibeli lisensinya sebelum novelnya diterbitkan, Steven Spielberg menampilkan dinosaurus dalam penggambaran yang spektakuler dengan bantuan teknologi CGI (Computer Generated Imagery) karya Industrial Light & Magic miliknya sendiri.

Tidak hanya itu saja, film ini juga didukung animatronic karya ahli make-up effects Stan Winston, ditambah juga dengan penggunaan surround sound DTS untuk pertama kalinya. Semua elemen itu membuat film ini meraih kesuksesan baik dari sisi komersil dan kualitas, sehingga masuk ke dalam jajaran film-film terbaik sepanjang masa.

6. The Lost World: Jurassic Park [1997]

The Lost World Jurassic Park

Steven Spielberg membuat sequel dari Jurassic Park dengan tim yang sama dan juga dari novel sequel karya Michael Crichton. Meski tidak semua cast dihadirkan kembali, namun film ini tetap menghadirkan Jeff Goldblum dan Richard Attenborough muncul dari film pertamanya.

Film dinosaurus terbaik ini lebih meningkatkan penggunaan teknologi CGI untuk menghidupkan gerak-gerik dinosaurus seakan lebih nyata dari sebelumnya. Meski berhasil meraup pendapatan yang besar, tetapi kualitas film ini sendiri masih di bawah film pertamanya, terutama dari sisi cerita yang lemah dan terkesan lebih gelap.

7. Jurassic Park III [2001]

Jurassic Park III [2001]

Film ketiga dari franchise film-film dinosaurus karya Steven Spielberg ini, semakin jauh secara kualitas dari kedua film sebelumnya, meski penampilan dinosaurus terlihat lebih nyata, terutama pada penggambaran Pterodactyl yang ganas dan mengerikan.

Film ini tidak lagi disutradarai oleh Steven Spielberg, yang hanya duduk sebagai produser saja, dan dia menunjuk Joe Johnston sebagai pengarah film yang ceritanya tidak berdasarkan novel Michael Crichton lagi. Kembalinya dua aktor-aktris dari film pertama sedikit menghidupkan nafas film yang juga meraih pendapatan box-office yang lumayan besar.

8. King Kong [2005]

Memang dalam film besutan sutradara Peter Jackson ini dinosaurus hanya hadir dalam satu adegan, tetapi adegan pertarungan antara tiga Vastatosaurus Rex (keturunan Tyrannosaurus Rex) dengan King Kong sangat spektakuler dengan polesan CGI yang apik dari tim WETA Workshop yang sedang naik daun saat itu karena kesuksesan tampilan special effects dalam trilogi The Lord of the Rings.

Kebuasan Vastatosaurus Rex, kegigihan King Kong, nuansa liarnya hutan rimba dan jeritan si cantik Naomi Watts? It makes an amazing piece of action in cinema history!!

9. Godzilla [2014]

Godzilla [2014]

Film reboot Godzilla terbaru ini menampilkan sosok Godzilla, yang kemungkinan besar adalah salah satu spesies dinosaurus yang tidak ikut punah, menyelamatkan umat manusia dari serangan monster-monster buas.

Meski jenis dinosaurus ini bisa dibilang merupakan sebuah rekayasa, tetapi anatomi tubuh Godzilla berdasarkan referensi yang dibuat oleh sang kreator Akira Watanabe dari Tyrannosaurus, Iguanodon, Stegosaurus dan Alligator, sehingga terciptalah bentuk pertama Gojira yang terinspirasi dari kesuksesan film The Beast from 20,000 Fathoms. Rencananya, film ini akan dibuatkan dua sequel lagi untuk dijadikan sebuah trilogy.

Itulah beberapa film film dinosaurus terbaik yang menampilkan berbagai macam jenis dari spesies dinosaurus yang telah punah. Meski beberapa di antaranya adalah dinosaurus fiktif, tetapi sebagian besar dikembangkan berdasarkan temuan para ahli arkeologi atas fosil-fosil dinosaurus.

Film Jurassic World yang saat ini sedang ditayangkan di bioskop-bioskop, merupakan kelanjutan dari franchise Jurassic Park yang menampilkan perkembangan terbaru rekayasa CGI untuk sosok makhluk purba populer ini. Kita tunggu saja gebrakan perfilman Hollywood berikutnya dalam “menghidupkan” sosok dinosaurus di dunia sinema.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *