Bacaterus / Film Artis Indonesia / 8 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Dian Sastro

8 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Dian Sastro

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2018

Dian Paramita Sastrowardoyo atau yang dikenal dengan nama Dian Sastro merupakan salah satu aktris nasional dengan bayaran yang cukup tinggi. Dian sendiri cukup selektif dalam memilih tawaran film. Hal tersebut bisa dilihat dari film-filmnya yang cukup berbobot.

Aktris kelahiran 16 Maret 1982 ini telah menikah dengan Maulana Indraguna Sutowo dan sudah dikaruniai dua orang anak. Namun, hal tersebut tidak membuat Dian meninggalkan dunia hiburan. Dian tetap aktif bermain film dan menjadi bintang iklan. Apakah Anda termasuk salah satu fans Dian Sastro? Jika iya, coba nostalgia dengan 8 film Dian Sastro yang akan diulas Bacaterus berikut ini.

8 Film Terbaik Dian Sastro

1. Pasir Berbisik [2001]

Pasir Berbisik Film Dian Sastro

* sumber: afif1.wordpress.com

Film Dian Sastro yang pertama adalah Pasir Berbisik, di mana ini juga merupakan debut pertama Dian dalam dunia perfilman. Film ini mendapatkan beberapa penghargaan di festival film internasional.

Sinopsis Pasir Berbisik menceritakan tentang Daya (Dian Sastro) yang hidup dengan ibunya, Berlian (Christine Hakim), yang protektif. Ayah Daya, Agus (Slamet Rahardjo), sudah meninggalkan ia dan ibunya sejak lama. Daya percaya kesepian dan merindukan sang ayah. Daya sering menelungkupkan diri di tanah pasir karena mengira pasir itu berbisik kepadanya.

Suatu hari, Daya dan Berlian mengungsi ke Pasir Putih karena di kampungnya terdapat kerusuhan. Di sana, Agus kembali dan disambut dengan baik oleh Daya. Namun, betapa kecewanya Daya ketika ia salah mengartikan kebaikan Agus. Agus menjualnya kepada Suwito (Didi Petet) yang sudah lama tertarik kepadanya hanya demi sebungkus rokok mahal.

2. Ada Apa dengan Cinta? [2002]

AADC Film Romantis Indonesia Terbaik

Kisah cinta Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastro) dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) menjadi favorit bagi anak-anak tahun 80-90an.

AADC adalah film drama romantis Indonesia pertama yang sukses di layar lebar. AADC juga menjadi awal bangkitnya perfilman nasional setelah banyak film-film nasional yang membubuhkan unsur seks di dalamnya. Nama Dian Sastro juga semakin dikenal masyarakat berkat perannya di film ini.

Sedikit cerita mengenai AADC, ini merupakan kisah cinta pelik antara gadis modern masa kini, Cinta, dengan cowok pendiam dan introvert, Rangga. Pada awalnya, kedua sejoli ini tidak saling menyukai satu sama lain. Saat mereka sudah saling jatuh cinta, sesuatu hal harus memisahkan mereka berdua.

3. Banyu Biru [2005]

Banyu Biru

* sumber: id.bookmyshow.com

Sebuah road movie yang rilis di tahun 2005 ini memiliki jalan cerita yang cukup unik. Pemeran utamanya adalah Tora Sudiro sebagai Banyu. Merasa terjebak rutinitasnya sehari-hari sebagai pegawai sebuah hypermarket, Banyu memutuskan untuk melakukan perjalanan demi mencari jalan keluar atas masa lalunya.

Di film ini, Dian Sastro berperan sebagai Sula, tetangga masa kecil Banyu. Perjalanan Banyu tak hanya membuatnya bertemu dengan Sula, tapi juga gadis peramal misterius (Laudya Cynthia Bella), Arief (Oscar Lawalata) yang merupakan teman masa kecilnya yang unik, dan pegawai agen perjalanan (Butet Kertaradjasa).

4. Ungu Violet [2005]

Ungu Violet

Aku tak bisa luluhkan hatimu.. Dan aku tak bisa menyentuh cintamu..” Sepenggal lirik lagu “Menanti Sebuah Jawaban” dari Padi tadi menjadi soundtrack film Dian Sastro di tahun 2005. Dalam film Ungu Violet, Dian berpasangan dengan aktor yang terbilang pendatang baru kala itu, Rizky Hanggono.

Ungu Violet adalah film drama yang sangat menyentuh. Lando (Rizky Hanggono) adalah seorang fotografer yang menemukan gairah hidupnya kembali setelah bertemu dengan Kalin (Dian Sastro), gadis penjaga loket tiket bus. Tanpa sebab yang pasti, Lando meninggalkan Kalin dan hal itu membuat Kalin marah dan patah hati.

Beberapa waktu berlalu, Kalin telah menjadi supermodel terkenal. Lando datang kembali ke hidupnya untuk menjelaskan alasannya meninggalkan Kalin dulu. Naas, pertemuan Kalin dan Lando berakhir tragis karena Kalin mengalami kecelakaan yang menyebabkan kebutaan. Ketika Kalin berhasil mendapatkan donor kornea mata dan bisa melihat kembali, ia tak menemukan Lando yang sebenarnya sangat ia cintai.

5. Belahan Jiwa [2005]

Belahan Jiwa

Dian mengambil tantangan baru ketika bermain dalam film drama thriller psikologi, Belahan Jiwa. Film Dian Sastro yang satu ini sebenarnya menarik untuk ditonton. Sayangnya, pada kala itu film sejenis ini kurang diminati.

Sinopsis menceritakan tentang empat wanita dengan masalah psikologi berbeda yang dihamili oleh satu pria yang sama, yaitu Bumi (Alexander Wiguna). Namun, Bumi justru menjalin hubungan dengan Cempaka (Dian Sastro), wanita dengan masa lalu yang misterius dan trauma psikologis yang hebat. Bumi seakan menjadi kekasih yang baik padahal ia juga menjalin hubungan dengan empat wanita lain.

Film ini memiliki ending yang tidak terduga. Bahkan, plot film ini mengingatkan kita terhadap film “Split” yang menceritakan tentang pria dengan banyak kepribadian.

6. 7/24 [2014]

7 24

Aktris cantik Dian Sastro ternyata juga berbakat untuk bermain dalam film drama komedi. 7/24 adalah film Dian Sastro di tahun 2014, di mana ia dipasangkan dengan aktor berbakat, Lukman Sardi.

7/24 sebenarnya menceritakan tentang konflik yang dialami oleh pasutri modern yang keduanya sama-sama bekerja. Prasetyo (Lukman Sardi) adalah sutradara terkenal yang menikahi Tania (Dian Sastro), manager salah satu perusahaan ternama. Kesibukan keduanya membuat mereka tidak memiliki banyak waktu untuk bersama. Namun, waktu yang singkat membuat hubungan mereka menjadi lebih romantis.

Sampai suatu ketika, Tyo dan Tania harus dirawat di rumah sakit dalam satu ruangan yang sama. Kebersamaan mereka selama beberapa hari membuka rahasia keduanya yang selama ini terpendam. Ruangan tempat mereka dirawat seketika menjadi medan pertempuran.

7. Ada Apa dengan Cinta 2 [2016]

Ada Apa dengan Cinta 2

14 tahun berlalu, kisah cinta Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastro) berlanjut. Cinta kini menjadi dewasa dan bertunangan dengan Tian (Ario Bayu). Kala itu, Cinta hendak berlibur ke Yogyakarta bersama teman-teman satu gengnya, Karmen (Adinia Wirasti), Milly (Sissy Priscillia), dan Maura (Titi Kamal).

Liburan itu bertepatan dengan kepulangan Rangga dari New York. Cinta begitu marah ketika melihat Rangga datang menemuinya. Pasalnya, Rangga memutuskan Cinta pada tahun 2006. Pertemuan itulah yang akhirnya mengubah hidup Cinta. Akankah Cinta memilih kembali kepada Rangga atau menyambut masa depan dengan Tian yang sudah menjadi kekasihnya saat ini?

8. Kartini [2017]

Kartini

Kartini merupakan film yang menantang bagi Dian Sastro. Di film ini, Dian memerankan tokoh Kartini yang dikenal sebagai tokoh pejuang emansipasi wanita. Film ini menceritakan tentang kisah hidup Kartini dan perjuangannya dalam membuat wanita mendapatkan hak yang sama seperti pria.

Dengan setting yang dibuat sama dengan tahun 1800-an, film Kartini menyuguhkan sejarah yang menarik dan tidak membuat bosan. Kartini juga merupakan salah satu film nasional terlaris di tahun 2017.

Kualitas akting Dian Sastro memang tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda ingin nostalgia sambil menyaksikan kemampuan peran Dian Sastro, delapan film Dian Sastro di atas bisa menjadi rekomendasi yang menarik untuk Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *