Bacaterus / Film Spionase / Suka Misteri? Inilah 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik

Suka Misteri? Inilah 10 Rekomendasi Film Detektif Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Film dengan bumbu misteri memang selalu menarik untuk diikuti, apalagi bila ada tokoh detektif di dalamnya. Penonton biasanya akan dibuat penasaran dengan teka-tekinya dan ikut menebak-nebak ending cerita. Apakah kamu salah satunya?

Nah, kalau kamu suka dengan film-film semacam ini, Bacaterus punya banyak rekomendasi buatmu, lho! Mulai dari film tentang psikopat jenius hingga film yang berdasarkan kisah nyata, ini dia 10 rekomendasi film bertema detektif yang cocok kamu nikmati di akhir pekan.

1. The Silence of the Lambs (1991)

The Silence of the Lambs (1991) (Copy)

Daftar ini dibuka dengan salah satu film yang sangat populer, yaitu “The Silence of the Lambs”. Film ini bercerita tentang seorang agen FBI bernama Clarice Starling (Jodie Foster) yang bertugas memecahkan kasus pembunuhan yang dilakukan Buffalo Bill.

Untuk membongkar misteri pembunuhan tersebut, Clarice harus mengorek informasi dari Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hokpkins), seorang psikiater sekaligus psikopat jenius yang mendekam di sebuah penjara rumah sakit jiwa.

Film ini sendiri diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Thomas Harris. Secara keseluruhan, “The Silence of the Lambs” merupakan film psikologi thriller yang penuh teka-teki dan menegangkan. Tak heran bila film ini memborong piala Oscar di tahun 1992 silam.

2. Se7en (1995)

Se7en (1995) (Copy)

Film “Se7en” berkisah tentang dua orang detektif beda generasi. William Somerset (Morgan Freeman) adalah detektif senior yang bekerja sama dengan detektif muda bernama David Mills (Brad Pitt). Keduanya kemudian bekerja sama memecahkan kasus pelik tentang pembunuhan berantai.

Setelah diselidiki lebih jauh, kedua detektif ini sadar bahwa pembunuhan dilakukan berdasarkan pada 7 dosa besar manusia (sombong, serakah, iri, nafsu, marah, malas, dan rakus). Penyelidikan pun mengarah pada seorang psikopat bernama John Doe yang ternyata sudah menyiapkan rencana khusus untuk detektif yang mengejarnya.

3. Memento (2000)

Memento (2000) (Copy)

Selanjutnya ada film “Memento” yang merupakan salah satu masterpiece dari sutradara kenamaan Christopher Nolan. Film ini berpusat pada tokoh laki-laki bernama Leonard (Guy Pearce) yang ingin balas dendam pada pembunuh istrinya.

Leonard pun mengalami kesulitan karena ia sendiri mengalami hilang ingatan jangka pendek. Jadi untuk membantunya mengingat sekaligus memecahkan teka-teki soal apa yang sebenarnya terjadi, Leonard harus membuat catatan, mengambil foto setiap tempat bahkan membuat tato di tubuhnya sendiri.

Secara premis, film ini mungkin tampak sederhana karena hanya menceritakan seorang laki-laki yang balas dendam. Yang membuat “Memento” menarik adalah permainan alurnya yang maju-mundur. Bila biasanya penonton film akan bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, film ini justru akan membuat kalian berpikir, “Apa yang terjadi sebelumnya?”.

4. Mystic River (2003)

Mystic River (2003) (Copy)

Film “Mystic River” berkisah tentang tiga orang laki-laki yang merupakan teman semasa kecil, yaitu Sean, Dave, dan Jimmy. Sean (Kevin Bacon) adalah seorang detektif, Jimmy (Sean Penn) merupakan mantan narapidana dan memiliki 3 anak, sedangkan Dave (Tim Robbins) memiliki masa lalu kelam karena pernah diculik dan mengalami pelecehan seksual.

Ketiga sahabat ini hidup terpisah selama bertahun-tahun setelah insiden penculikan Dave, tapi mereka kembali bertemu saat putri Jimmy ditemukan tewas terbunuh. Sean berusaha menyelidiki kasus ini dan Dave menjadi satu-satunya orang yang paling dicurigai sebagai pembunuhnya.

Film garapan Clint Eastwood ini sukses mendapatkan banyak pujian dari para kritikus film. “Mystic River” bahkan memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi, termasuk dua buah piala Oscar di tahun 2004.

5. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder (2003) (Copy)

Jika kalian ingin menonton film detektif yang berdasarkan kisah nyata, film “Memories of Murder” bisa jadi pilihan yang tepat. Film garapan Bong Joon-Ho ini mengangkat kasus pembunuhan yang pernah terjadi di Korea Selatan pada tahun 1986. Dalam filmnya, kasus ini diselidiki oleh detektif Park Doo-man yang sering menggunakan kekerasan saat menginterogasi seseorang.

Sang detektif kesulitan menemukan pelaku pembunuhan, selain teknik investigasi yang acak-acakan, saat itu teknologi forensik belum secanggih sekarang. Sementara itu, pembunuhan kedua terjadi dan semakin menggemparkan banyak orang.

Saat itulah datang seorang detektif dari Seoul bernama Soo Tae-yoon untuk membantu penyelidikan. Bertolak belakang dari Doo-man, cara penyelidikan Tae-yoon lebih rapi dan memiliki kemampuan analisis yang baik. Bahkan, Tae-yoon pula yang pertama kali sadar bahwa mereka sedang berhadapan dengan pembunuh berantai.

Dengan watak dan teknik penyelidikan yang berbeda, kedua detektif inipun bekerja sama memecahkan kasus pembunuhan. Mereka berkejaran dengan waktu sebelum timbul korban yang lebih banyak lagi. Terlepas dari filmnya, kasus pembunuhan ini sendiri sebenarnya belum pernah terpecahkan sampai sekarang.

6. Gone Baby Gone (2007)

Gone Baby Gone (2007) (Copy)

Film berikutnya adalah “Gone Baby Gone” yang bercerita tentang penyelidikan kasus hilangnya seorang anak perempuan bernama Amanda. Meski sudah dibantu oleh polisi, ibu Amanda akhirnya memutuskan untuk menyewa dua detektif swasta, yaitu Patrick (Casey Affleck) dan kekasihnya yang bernama Angie (Michelle Monaghan).

Penyelidikan tentang Amanda pun tidak berjalan mulus, apalagi kasus ini jauh lebih kompleks dari sekadar kasus anak hilang biasa. Patrick dan Angie juga harus berhadapan dengan pengedar narkoba, pedofil, serta fakta-fakta lain di luar dugaan. Bahkan gara-gara kasus ini, Patrick dan Angie sampai berselisih paham sehingga hubungan pribadi mereka terancam kandas.

7. Zodiac (2007)

Zodiac (2007) (Copy)

Satu lagi film yang diangkat dari kisah nyata, “Zodiac” dibuat berdasarkan kasus pembunuhan berantai yang benar-benar terjadi di San Fransisco pada akhir tahun 1960-an hingga awal 1970. Sang pelaku menjuluki dirinya sebagai Zodiac dan sering mengirimkan surat ke berbagai media massa untuk mengejek polisi. Tapi, sampai saat ini identitas Zodiac masih belum juga terungkap.

Film “Zodiac” sebenarnya diangkat dari novel non-fiksi karya Robert Graysmith yang terbit tahun 1986. Film “Zodiac” berkisah tentang si penulis novel itu sendiri, Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal), yang merupakan seorang kartunis di media The Chronicle. Robert jadi sangat terobsesi dengan kasus Zodiac sejak si pembunuh berantai itu mengirim surat ke tempatnya bekerja.

Robert yang penasaran kemudian berusaha mengungkap identitas si pelaku. Tak sendiri, ia dibantu oleh seorang jurnalis bernama Paul Avery (Robert Downey Jr.) yang bertugas meliput kasus Zodiac, serta Inspektur David Toschi (Mark Ruffalo) yang pernah menyelidiki kasus tersebut.

8. Sherlock Holmes (2009)

Sherlock Holmes (2009) (Copy)

Siapa yang tak kenal dengan Sherlock Holmes? Detektif terkenal di dunia fiksi ini pernah dibuatkan filmnya pada tahun 2009 lalu dan diperankan oleh Robert Downey Jr. Film ini bercerita tentang Sherlock Holmes dan sang partner, Dr. John Watson (Jude Law), yang berhasil meringkus seorang pembunuh sekaligus ahli ilmu hitam bernama Lord Blackwood (Mark Strong).

Lord Blackwood akhirnya dihukum mati, tapi dirinya sempat berjanji bahwa ia akan bangkit dari kematian untuk melanjutkan aksinya. Sherlock Holmes tentu tidak mempercayainya, apalagi Watson yang juga seorang dokter sudah mengonfirmasi bahwa Blackwood benar-benar telah mati pasca menjalani hukuman gantung.

Tapi Lord Blackwood menepati janjinya dan pembunuhan kembali terjadi. Banyak yang percaya bahwa pembunuhan itu benar-benar dilakukan oleh Lord Blackwood dan melibatkan ilmu hitam. Sherlock Holmes yang tidak percaya dengan ilmu hitam tentu tidak tinggal diam dan berusaha membongkar misteri pembunuhan tersebut.

9. Shutter Island (2010)

Shutter Island (2010) (Copy)

Film garapan sutradara Martin Scorsese ini menjadi salah satu film misteri dengan twist terbaik yang sukses membuat penonton bertanya-tanya hingga akhir. “Shutter Island” berkisah tentang seorang marshal bernama Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) dan temannya, Chuck Aule (Mark Ruffalo), yang pergi ke rumah sakit jiwa Ashecliffe di Pulau Shutter.

Keduanya pergi ke sana untuk menyelidiki kasus hilangnya pasien bernama Rachel Solando. Setibanya di sana, Teddy menemukan banyak kejanggalan, apalagi Dr. Cawley yang merupakan kepala psikiater di sana menolak memberikan informasi detail tentang rumah sakit. Teddy terus melakukan penyelidikan dan nekat masuk ke Bangsal C yang sebenarnya dilarang untuk dimasuki.

Ia lalu menemukan sedikit informasi bahwa Ashecliffe adalah rumah sakit yang sering melakukan eksperimen aneh dan berbahaya, termasuk lobotomi terhadap pasien. Teddy pun mulai mencurigai semua orang, sampai ia harus berhadapan dengan masalah yang lebih besar lagi dan tidak pernah ia duga sebelumnya.

10. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

The Girl with the Dragon Tattoo (2011) (Copy)

Film “The Girl with the Dragon Tatto” digarap oleh sutradara David Fincher yang sebelumnya juga sukses mengarahkan film “Se7en” dan “Zodiac”. Film ini awalnya seolah terbagi menjadi dua jalan cerita, yaitu tentang seorang jurnalis bernama Mikael Blomkvist (Daniel Craig) dan Lisbeth Salander (Rooney Mara), seorang wanita nyentrik bertato yang merupakan investigator sekaligus hacker.

Karena motif tertentu, Mikael kemudian menerima tawaran pekerjaan dari Henrik Vanger untuk menyelidiki kasus hilangnya sang keponakan, Harriet, yang terjadi 40 tahun lalu. Henrik yakin kalau Harriet dibunuh, hanya saja semua penyelidikan selalu menemui jalan buntu sehingga kasus ini tidak pernah terungkap.

Mikael akhirnya berusaha membongkar kebenaran kasus ini dengan bantuan Lisbeth Salander. Semakin jauh mereka menyelidiki kasus tersebut, satu per satu misteri akhirnya terkuak dan memunculkan sejumlah fakta yang benar-benar di luar dugaan.

Itu dia 10 film bertema detektif yang wajib kalian tonton. Kalau kalian penggemar cerita misteri dan punya rekomendasi film detektif lainnya, jangan ragu berbagi dengan yang lain dan tuliskan judulnya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar