Bacaterus / Film Korea / Suka Cerita Detektif? Ini 10 Film Detektif Korea Paling Seru

Suka Cerita Detektif? Ini 10 Film Detektif Korea Paling Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Coba siapa di sini yang pernah punya cita-cita jadi detektif? Kalau kamu suka baca Conan atau Sherlock Holmes, mungkin pernah terlintas di dalam benak kamu untuk jadi detektif. Menyimak cerita tentang detektif memang selalu menyenangkan. Seringkali kita ditunjukkan oleh sesuatu yang nggak kita duga.

Seorang detektif pastinya punya sudut pandang dan pola pikir yang berbeda dengan manusia kebanyakan, karena itulah orang-orang menyukai cerita detektif. Bentuknya bisa beragam, entah itu komik, novel, serial televisi, atau film. Kali ini, kita akan membahas tentang 10 film detektif Korea paling seru. Simak ulasannya berikut ini ya! 

1. Man on High Heels [2014]

Man on High Heels [2014]

Mari kita bukan dengan film detektif Korea paling unik yang dibintangi oleh Cha Seung Won. Dia berperan sebagai Ji Wook, seorang detektif tangguh yang cukup ditakuti para gangster. Bahkan, banyak yang menganggap kalau dia adalah perwujudan pria yang ideal. Di balik itu, dia punya luka masa lalu yang cukup dalam.

Sebenarnya, dia ingin menjadi wanita. Ya, itulah keinginan yang terpendam di dalam hatinya. Ji Wook selalu berusaha untuk menekan keinginannya yang itu, tapi dia gagal. Usaha mewujudkan keinginannya itu terganggu karena ulah gangster yang hendak membalas dendam dan mengancam nyawa orang-orang terdekatnya. Apa Ji Wook akan tetap berusaha?

2. Cold Eyes [2013]

Cold Eyes [2013]

Cold Eyes menyajikan pertempuran seru antara tim detektif Hwang dengan perampok kelas berat bernama James. Kedua tim sama-sama cerdik dan perfeksionis dalam beraksi. Kasus yang diangkat adalah perampokan bank yang dilakukan dengan nyaris sempurna oleh James dan anak buahnya. Film ini menampilkan Lee Junho 2PM sebagai salah satu detektif.

James nggak terjun langsung melainkan cuma memberikan komando kepada anak buahnya. Perampokan itu cuma berlangsung dalam hitungan menit. Detektif Hwang harus mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam mengungkap kasus perampokan yang nyaris tanpa celah ini. Apakah dia akan berhasil?

3. Dark Figure of Crime [2018]

Dark Figure of Crime [2018]

Film ini mengangkat cerita pertarungan psikologis antara seorang detektif dengan seorang kriminal jenius. Tae O adalah seorang pembunuh berdarah dingin yang sudah sering mengelabui polisi. Hyung Min, seorang detektif yang diperankan oleh Kim Yun Seok, mencoba membuat dia dihukum selama mungkin.

Tae O bukan kriminal biasa, dia adalah pembunuh berantai yang licin. Berkali-kali dia berhasil mengelabui polisi atas kejahatan-kejahatan yang dilakukannya. Dia mampu merekayasa kronologi, bukti-bukti, bahkan dia memahami aspek-aspek hukum yang meyakinkan pengakuannya. Apakah detektif Hyung Min mampu membuatnya mendapat hukuman setimpal?

4. Deranged [2012]

Deranged [2012]

Kali ini, kasus yang diangkat bukan kasus biasa karena melibatkan cacing parasit bernama yeongasi yang sudah bermutasi. Berawal dari penemuan mayat dalam kondisi mengenaskan di Sungai Han. Semakin lama, mayat yang ditemukan semakin banyak. Ternyata penyebabnya adalah yeongasi.

Orang yang terjangkit akan merasa lapar dan haus yang berlebihan sampai timbul keinginan untuk menceburkan diri ke sungai. Jae Pil, seorang detektif bekerja sama dengan Jae Hyuk, kakaknya yang bekerja di perusahaan obat untuk mengusut kasus itu. Apakah kasus itu terjadi secara alami atau dibuat oleh yang berkepentingan belaka?

5. Memories of Murder [2003]

Memories of Murder [2003]

Film ini disutradari oleh sutradara peraih piala Oscar, Bang Joon Ho. Tentu saja kualitasnya nggak perlu diragukan lagi. Bercerita tentang pembunuhan berantai yang terjadi pada tahun 1980-an di kota Hwaseong, Korea Selatan. Film ini diadaptasi dari kisah nyata yang kasusnya cukup menggemparkan Korea Selatan.

Park Da Moon, seorang detektif di kota kecil kesulitan untuk mengungkap kasus pembunuhan dan pemerkosaan yang terjadi di daerahnya. Belum lagi teknologi forensik yang masih terbatas pada era itu. Dia dibantu oleh Seo Tae Yoon, detektif muda dari Seoul yang berpengalaman. Bagaiamana mereka menghadapi kasus itu?

6. The Outlaws [2017]

The Outlaws [2017]

Film ini diadaptasi dari kisah nyata yang dikenal dengan ‘Insiden Heuksapa’ yang terjadi pada tahun 2007. Yoon Kye Sang memainkan karakter Jang Chen, seorang rentenir asal China di wilayah pecinan kumuh kota Seoul. Dia dikenal brutal, dan Suk Do, detektif yang bertugas di wilayah itu diperintah untuk menjaga kedamaian wilayahnya.

Jang Chen sebenarnya pendatang baru. Kedatangannya itu membuat resah Hwang, orang yang berkuasa sebelum dia. Suk Do harus menghadapi mereka sekaligus. Di saat yang sama, Hwang dan Jang Chen berseteru. Apa langkah yang dilakukan Suk Do untuk mengamankan wilayahnya?

7. Perfect Number [2012]

Perfect Number [2012]

Kim Seok Go, seorang guru matematika yang pendiam tapi sangat jenius. Baek Hwa Sun, tetangga baru Seok Go yang tinggal dengan keponakannya. Jo Min Beom, seorang detektif yang juga teman Seok Go semasa sekolah. Di hadapan mereka ada satu kasus pembunuhan yang korbannya adalah mantan suami Hwa Sun.

Mantan suami Hwa Sun mendatangi rumah barunya dan bertindak kasar. Hwa Sun dan keponakannya melawan sampai nggak sengaja membunuh. Ketika ingin mengaku, Seok Go menawarkan diri untuk mengaburkan kasus pembunuhan itu. Bermodalkan kejeniusannya, Seok Go berhadapan dengan Min Beom yang menangani kasus pembunuhan itu.

8. The Wailing [2016]

The Wailing [2016]

Film detektif Korea ini dieksekusi dengan sentuhan yang berbeda. Nggak cuma melibatkan detektif, tapi juga melibatkan paranormal. Berawal dari kematian misterius di sebuah desa yang diduga disebabkan oleh jamur beracun.  Jong Goo, yang diperankan oleh Kwak Do Won, adalah detektif yang bertugas untuk menyelidiki kasus itu.

Setelah kasus itu, kasus serupa lalu bermunculan sampai gejalanya mulai menyeran anak perempuan Jong Goo. Beredar rumor kalau di sana ada orang Jepang yang mendalami ilmu hitam. Jong Goo ada di persimpangan, apakah benar kasus ini melibatkan kekuatan gelap? Dia semakin tertekan karena melihat anak perempuannya yang menderita.

 9. The Deal [2015]

The Deal [2015]

Tae Soo adalah detektif senior yang selalu bisa diandalkan ketika menyelesaikan sebuah kasus. Dia tipikal orang yang sangat mencintai keluarga, terutama adiknya. Suatu hari, kebahagiaannya direnggut karena adiknya itu menjadi salah satu korban dari kasus pembunuhan berantai.

Seung Hyun sebenarnya cuma pria biasa. Dia mempunyai kehidupan yang biasa dan berbahagia dengan keluarga kecilnya. Sampai kemudian, istrinya menjadi korban pembunuhan. Menurut dugaan, pelakunya orang yang sama dengan yang menjadi pembunuh adik Tae Soo. Keduanya bersatu untuk membalas dendam.

10. The Accidental Detective [2015]

The Accidental Detective [2015]

Profesi detektif swasta bukan sesuatu yang umum untuk orang Indonesia. Karena itulah film ini bisa jadi tontonan yang menarik. Ini tentang Kang Dae Man, seorang penjual buku yang diam-diam menjadi detektif swasta. Keberadaannya nggak disukai oleh Detektif No yang sangat dihormati rekan-rekannya.

Joon Soo, teman dari Dae Man dan Detektif No ditangkap atas kasus pembunuhan. Kedua orang itu yakin kalau Joon Soo nggak salah. Mereka berusaha membuktikan itu. Di waktu yang sama, pembunuhan kedua berlangsung. Bagaimana detektif asli dan detektif swasta ini ketika bekerja sama? Simak keseruannya di film ini, teman-teman!

 Film-film yang diulas di atas, menceritakan kasus yang berbeda-beda. Namun sisi menariknya ada pada cara para detektif itu dalam menyelidiki kasusnya. Ada film detektif Korea favorit kamu nggak di atas? Kalau belum ada, tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa ceritakan apa yang bikin kamu menyukai film itu. Jangan sungan untuk berbagi, teman-teman!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *