Bacaterus / Film Psikologi / 10 Film dengan Suasana Claustrophobia Terbaik Sepanjang Masa

10 Film dengan Suasana Claustrophobia Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 April 2020

Claustrophobia adalah sebuah istilah dalam dunia psikologi di mana penderitanya mengalami ketakutan akan ruangan kecil, kesendirian dan perasaan tidak mampu untuk keluar darinya. Asal kata claustropbhia ini sendiri berasal dari bahasa latin “claustrum”, yang artinya terperangkap di sebuah tempat dan bahasa Yunani “Phobos”, yang artinya ketakutan.

Phobia ini bisa dipicu oleh perasaan ketakutan yang berlebihan pada penderitanya, seperti ketakutan naik lift, ruangan tanpa kaca, bahkan kerah yang terlalu sempit bisa menjadi penyebab munculnya phobia ini. Dalam sebuah riset, 5-7% penduduk di dunia mengalami phobia ini, tetapi hanya sebagian kecil saja yang mampu mendapat pengobatan akan kondisinya.

Banyak film yang menampilkan adegan atau kisah yang berhubungan dengan phobia ini. Meski tidak semua karakter di dalam filmnya memiliki phobia seperti ini. Tujuan utama film jenis ini justru ingin menyajikan sensasi claustrophobia kepada penonton umum.

Berikut ini kami pilihkan sepuluh film yang bisa membuat kita sedikit banyak bisa merasakan claustrophobia. Bagi pengidap phobia ini, sebaiknya menghindari film-film dalam daftar ini.

10 Film Dengan Suasana Claustrophobia Terbaik

1. Phone Booth [2002]

Phone Booth

Colin Farrell mengangkat telepon umum yang berdering. Ternyata sang penelepon misterius mengetahui identitas dirinya dan berkata dia sedang membidik dirinya jika tidak berkata jujur tentang kehidupan rumah tangganya. Dia harus memilih tetap bersama istrinya atau selingkuhannya yang salah satunya akan ditembak mati oleh penelepon misterius ini.

Dari awal film, Colin Farrell terjebak di kotak telepon umum di mana dia harus terus berkomunikasi dengan penelepon misterius dan mengacuhkan antrian yang sudah mengular dan memancing emosi para pengantri. Bagaimana jika kita berada di situasi seperti ini? Panik? Pasti.

2. Panic Room [2002]

Panic Room

Jodie Foster dan Kristen Stewart terperangkap di panic room di dalam rumahnya ketika sekelompok perampok memasuki rumah. Apa yang harus mereka lakukan untuk mengabarkan kepada pihak berwajib tentang situasi dan kondisi di rumahnya?

Sutradara David Fincher memang ahlinya dalam menampilkan ketegangan dalam sebuah film bergenre thriller seperti ini. Perasaan ketakutan sangat tampak pada wajah kedua ibu dan anak ini, meski mereka tetap berusaha tenang dalam menghadapinya.

3. 127 Hours [2010]

127 Hours

Aron Ralston memiliki hobi menjelajahi lembah dan ngarai di daerahnya. Dia bahkan hafal dengan segala situasi di sana. Tetapi pada satu saat, dia terjatuh ke dalam ngarai dan tangannya terhimpit batu sehingga membuat dirinya tidak bisa bergerak kemana pun juga.

Dengan hanya membawa perbekalan yang sedikit dan lupa membawa pisau serba guna swiss army-nya, dia mencoba bertahan sambil memikirkan bagaimana cara untuk melepaskan diri dan tetap hidup setelahnya. James Franco menuai banyak pujian dari film yang disutradarai oleh Danny Boyle ini.

4. Buried [2010]

Buried

Seseorang tersadar dari tidurnya. Ternyata dia berada di dalam sebuah peti yang ditimbun. Entah dimana posisinya, dia tidak tahu. Hanya pemantik api, flask air minum, senter, pisau, glowstick, pulpen, pensil dan handphone saja yang ada bersamanya.

Lewat beberapa perbincangan via handphone itu, akhirnya sedikit demi sedikit kita akan tahu siapa dan apa motif dari penguburan hidup-hidup ini. Ryan Reynolds tampil cukup baik dalam film thriller yang cukup menegangkan karena durasi film hampir dihabiskan di dalam peti mati tertimbun tersebut.

5. Devil [2010]

Devil

Dalam film horror supernatural yang naskahnya ditulis oleh M. Night Shyamalan ini, beberapa orang yang tidak saling mengenal tersekap di dalam lift yang mendadak tidak berfungsi. Satu persatu dari mereka tiba-tiba tewas dan menimbulkan saling tuduh di antara orang yang masih hidup.

Selain cerita yang cukup menimbulkan banyak tanda tanya ini, lokasi adegan yang hanya terjadi di dalam lift yang sempit membuat tensi film semakin menegangkan. Untuk mengetahui siapa yang melakukan semua itu, kita harus bersabar hingga akhir film untuk mengetahuinya.

6. Life of Pi [2012]

Life of Pi

Sendiri di tengah samudera luas di atas sekoci kapal yang sudah karam. Tanpa bekal. Tanpa arah. Diperparah dengan kenyataan jika di dalam sekoci terdapat juga seekor macan. Apa yang harus dilakukan?

Situasi inilah yang disajikan oleh Ang Lee dalam film drama petualangan nan indah secara cinematography yang merupakan adaptasi dari novel karya Yann Martel. Suraj Sharma yang didapuk sebagai tokoh utama mampu menampilkan performa meyakinkan di mana dirinya hampir ada di setiap adegan.

7. Locke [2013]

Locke

Seorang kontraktor pembangunan jembatan mengemudikan mobilnya menuju tempat kelahiran anaknya. Dalam perjalanan, dia menghubungi beberapa orang, antara lain staff pembangunan, keluarga, dan dokter yang mengawal persalinan.

Sepanjang film, kita hanya disuguhkan penampilan Tom Hardy mengemudikan mobilnya sepanjang jalan tol. Dari perbincangan telepon yang dilakukannya, kita akan mengetahui letak permasalahan yang sedang dihadapinya yang akhirnya menuju kepada sebuah kehancuran rumah tangga dan hidupnya.

8. All Is Lost [2013]

All Is Lost

Film yang hampir tanpa dialog dan pemeran lain ini sangat sepi, sehingga perasaan sendiri akan sangat terasa bagi yang menontonnya. Apalagi setting film ini berada di tengah lautan. Seorang diri mengarungi lautan, Robert Redford mengalami banyak kendala yang tidak pernah ia duga sebelumnya, antara lain cuaca yang tidak bersahabat.

Bagaimana cara dia untuk tetap hidup di tengah lautan tanpa ada yang mengetahui keberadaannya? Tanpa bekal yang cukup? Bisa dilihat jawabannya jika kita menyimak film ini hingga akhir.

9. Green Room [2015]

Green Room

Film indie ini menyajikan kisah sebuah group band yang secara tidak sengaja menjadi saksi sebuah pembunuhan dan membuat mereka disekap di dalam ruang ganti artis oleh pemilik gedung. Satu persatu mereka hendak dibunuh dengan berbagai macam cara yang cukup sadis.

Aroma survival sangat terasa di film yang sangat menegangkan ini, dimana kita pun akan ikut terbawa oleh suasana tersekap di dalam ruangan itu sambil memikirkan bagaimana cara untuk bisa lari dari situ. Anton Yelchin, Imogen Poots dan Patrick Stewart menampilkan akting yang cukup memukau di film besutan sutradara Jeremy Saulner yang menampilkan budaya Punk dan Neo-Nazi ini.

10. 10 Cloverfield Lane [2016]

10 Cloverfield Lane

Film yang merupakan cerita lain dari situasi yang sama di film Cloverfield [2008] ini lebih menitikberatkan kepada sisi psikologis para karakternya. Karakter yang diperankan oleh Mary Elizabeth Winstead terperangkap di rumah seseorang yang tidak dikenalnya yang mengaku kalau dirinya yang telah menyelamatkan nyawa gadis itu dari kecelakaan yang dialaminya.

Dia tidak diizinkan keluar rumah karena udara di luar sudah terkontaminasi oleh reaksi nuklir karena serangan alien. Untung saja, segala persediaan sudah disiapkan di dalam bunker untuk beberapa waktu ke depan. Tetapi apa bisa betah terkurung di dalam bunker tanpa tahu perkembangan dunia di luar?

Ketenangan sangat dibutuhkan bagi orang yang memiliki phobia ini. Dengan begitu, pikiran pun akan semakin jernih dan tidak panik lagi dalam mencari solusinya. Memang akan sangat susah dan terkadang logika pun sudah tidak dipakai lagi. Beberapa contohnya bisa dilihat dalam film-film di atas. Mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan kita tentang claustrophobia dan bagaimana cara mengatasinya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *