Bacaterus / Film Psikologi / 10 Film dengan Karakter Psikopat Terbaik di Dunia

10 Film dengan Karakter Psikopat Terbaik di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Psikopat (psychopath) adalah salah satu jenis penyakit kejiwaan yang biasanya memiliki karakteristik seperti kebiasaan anti-sosial, tidak adanya empati, dan masih banyak lainnya lagi yang menggambarkan jika penderita penyakit ini menolak untuk berhubungan sosial dengan orang lain.

Dalam perkembangannya, istilah psikopat cenderung identik dengan pelaku kriminal. Dalam catatan kejahatan di seluruh dunia, mayoritas pelaku pembunuhan, terutama yang sadis, adalah seorang psikopat.

Kelainan kejiwaan pada seorang psikopat selalu menjadi tema yang menarik untuk diangkat ke dalam film oleh para sineas Hollywood. Banyak sekali film yang menampilkan sosok psikopat dengan segala perilaku aneh dan kelicikannya dalam membunuh atau berbuat kejahatan. Bahkan di antaranya mampu memainkan pikiran lawannya, terutama para korban, detektif dan kepolisian.

Berikut ini kami pilihkan 10 film yang terdapat para karakter psikopat kelas atas dengan segala pemikiran dan perilaku gilanya. Berbagai film dengan karakter psikopat ini datang dari berbagai generasi, mulai dari tahun 60an hingga beberapa tahun ke belakang.

1. Psycho [1960]

Psycho film dengan karakter psikopat

Salah satu film terbaik sutradara legendaris Alfred Hitchcock ini menampilkan sosok Norman Bates yang merupakan seorang psikopat dengan tingkah laku suka mengintip tamu motelnya dan membunuhnya.

Ternyata, gangguan kejiwaan itu diakibatkan dari perilaku sang ibu terhadapnya. Siapa yang menyangka jika ibunya telah lama menjadi mayat dikamarnya dan cerita yang selama ini dia paparkan hanyalah berdasarkan halusinasinya saja, bahkan dia ditangkap saat sedang memakai pakaian milik ibunya.

2. A Clockwork Orange [1971]

A Clockwork Orange

Sutradara legendaris Stanley Kubrick membesut film tentang karakter psikopat, atau dalam istilah ini sociopath, dalam diri Alex DeLarge yang diperankan oleh Malcolm McDowell yang hidup di dunia dystopia.

Bersama gang-nya, dia melakukan tindakan kriminal, seperti penyiksaan dengan berbagai macam metode yang tidak pernah terpikirkan oleh akal manusia yang sehat sebelumnya. Uniknya, pada setiap adegan kekerasan tersebut, selalu diiringi oleh alunan musik klasik yang menjadi favorit dari karakter ini.

3. Apocalypse Now [1979]

Apocalypse Now

Dalam film perang terbaik karya sutradara Francis Ford Coppola ini, Marlon Brando tampil memukau sebagai Colonel Walter E. Kurtz yang memiliki pasukan sendiri di Kamboja pada saat Perang Vietnam berlangsung.

Karakter ini merasa dirinya adalah dewa bagi warganya dan tidak segan-segan menghukum dengan cara yang sadis sesukanya bagi yang menentangnya. Sehingga pemerintah AS mengirimkan pasukan khusus untuk mengakhiri sepak terjangnya yang dianggap mencoreng nama baik pemerintah dan militer AS.

4. Blue Velvet [1986]

Blue Velvet

Salah satu film dengan karakter psikopat terbaik dari sutradara David Lynch ini menampilkan karakter Frank Booth yang diperankan oleh Dennis Hopper. Kegilaan karakter ini dalam menyiksa, membunuh dan perilaku seksual yang menyimpang sebagian besar karena kepribadian ganda yang membuat dia terkadang tampil sebagai “daddy” atau “baby”.

Tapi percayalah, kedua kepribadian itu tidak ada yang menguntungkan bagi lawan bicaranya. Karakter ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu memutilasi dan mengumpulkan telinga para korbannya.

5. Misery [1990]

Misery

Lewat film karya sutradara Rob Reiner ini, Kathy Bates menampilkan performa akting yang cukup mengintimidasi sebagai Annie Wilkes yang awalnya bersikap baik dan menolong seorang penulis yang mengalami kecelakaan.

Tetapi ternyata dia adalah salah satu fans setia sang penulis dan bermaksud untuk menyekap tokoh pujaannya itu tetap di rumahnya dengan berbagai cara, bahkan sampai mematahkan kaki si penulis. Adaptasi novel karya Stephen King ini mengantarkan Kathy Bates sebagai peraih Oscar di kategori Best Actress.

6. Cape Fear [1991]

Cape Fear

Robert De Niro berperan sebagai Max Cady dalam salah satu film terbaik karya sutradara Martin Scorsese yang merupakan kolaborasi ketujuh mereka.

Penampilan De Niro di film ini cukup meyakinkan dengan banyak tattoo di tubuhnya dan gaya bicara yang sangat mengintimidasi, terutama kepada karakter yang diperankan oleh Juliette Lewis, yang mengantarkan keduanya dinominasikan di kategori Best Actor dan Best Supporting Actress.

Perilaku psikopatnya bisa dibilang cukup lengkap, mulai dari mengintai, mengintimidasi, menyiksa, membunuh dan memperkosa. Bahkan ada satu adegan dimana dia memegang lilin panas yang meleleh ditangannya. So psycho!

7. The Silence of the Lambs [1991]

The Silence of the Lambs

Hannibal Lecter adalah sebuah nama yang dikenal di dunia novel dan film sebagai seorang ahli psikologi dan juga seorang psikopat kelas atas. Di film yang diangkat dari novel karya Thomas Harris ini, Hannibal berada di balik jeruji besi dengan pengamanan tingkat tinggi. Seorang agen FBI berusaha meminta saran dan nasehat darinya untuk menangkap seorang pembunuh berantai.

Keahliannya memanipulasi pikiran lawan bicara membuat sang agen galau terhadap dirinya sendiri. Selain film ini, tokoh Hannibal Lecter yang diperankan dengan sangat baik dan sepertinya hanya cocok bagi aktor kawakan Anthony Hopkins ini muncul lagi di dua film lainnya, yaitu Hannibal [2001] dan Red Dragon [2002].

8. Se7en [1995]

Se7en

Dua detektif yang diperankan oleh Brad Pitt dan Morgan Freeman berusaha mengejar pembunuh misterius yang menggunakan tujuh dosa besar sebagai modus operandi-nya.

Psikopat satu ini yang bernama John Doe dan diperankan oleh Kevin Spacey tampil sangat dingin namun sadis dengan dasar pemahaman religiusnya yang sangat sesat. Bahkan John Doe mampu mempermainkan pemikiran salah satu detektif ini hingga dia begitu marah karena sesuatu di dalam kotak yang merupakan salah satu hasil perbuatan sang psikopat sadis ini.

9. American Psycho [2000]

American Psycho

Siapa sangka jika seorang investor sukses dan kaya raya ternyata seorang psikopat? Christian Bale yang memerankan karakter Patrick Bateman di film ini tampil memukau dengan performa akting yang cukup meyakinkan.

Obsesinya terhadap seks dan kekerasan membuat dia banyak melakukan pembunuhan secara sadis. Korban-korbannya adalah para pelacur, teman-temannya, bahkan terkadang secara acak. Bateman menggunakan berbagai macam alat untuk membunuh, mulai dari pisau, kapak hingga gergaji mesin.

10. The Dark Knight [2008]

The Dark Knight

Tidak ada yang memungkiri kualitas akting Heath Ledger sebagai Joker di film ini, bahkan dia pun berhasil meraih Oscar di kategori Best Supporting Actor. Karakter Joker ditangannya tampil sangat menakutkan dengan make-up yang acak-acakan dan kekacauan tingkat tinggi yang dihasilkannya.

Hal tersebut cukup membuat Batman harus memutar otak lebih keras lagi untuk melumpuhkan psikopat yang unik ini dimana dia melakukan semua kejahatan itu hanya untuk kesenangan saja tanpa ada motif mencari keuntungan atau meraih kekuasaan.

Itulah sepuluh film dengan karakter psikopat terbaik. Penampilan seorang psikopat memang tidak langsung terlihat dia mengalami gangguan kejiwaan, terkadang mereka terlihat baik, tetapi ternyata dibalik itu dia adalah seorang pembunuh sadis.

Dalam kehidupan nyata, sosok ini selalu ada dengan jumlah korban yang cukup banyak dengan metode pembunuhan yang berbeda-beda. Disarankan saat menonton deretan film ini, tetaplah jaga pikiran anda tetap positif, sehingga tidak akan terpengaruh oleh perilaku dan pemikiran negatif menyimpang akibat penyakit kejiwaan yang ditampilkan di film.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *