Bacaterus / Film Barat / 10 Film Dengan Karakter Boneka Terbaik Sepanjang Masa

10 Film Dengan Karakter Boneka Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2019

Boneka adalah salah satu jenis mainan yang diperuntukkan bagi anak-anak. Banyak ragam boneka yang beredar di pasaran, mulai dari yang menyerupai hewan, manusia dan tokoh fiktif populer. Bahannya juga beragam, ada yang dari kayu, plastik, kain dan benang.

Asal-muasal boneka sulit untuk diketahui secara pasti. Para ahli sejarah mengatakan penggunaan boneka sudah ada sejak zaman kebudayaan-kebudayaan kuno, seperti Mesir, Yunani, dan Romawi. Bukti sejarah paling akurat yang tercatat adalah penggunaan boneka di Yunani pada sekitar tahun 100 SM sebagai sebuah karya seni yang dipamerkan.

Boneka modern diproduksi pertama kali di Jerman sekitar abad ke-15, dan terus berkembang dari penggunaan bahan kayu hingga plastik. Di era saat ini, boneka dijadikan salah satu benda yang bisa dijadikan sebagai barang koleksi.

Dalam dunia perfilman, sosok boneka sangat identik dengan film horror, yang membuat sang boneka bisa berbicara dan berbuat kejahatan yang mengganggu hidup manusia. Tetapi tidak semua film yang akan kami bahas ini bergenre horror.

Tak hanya itu saja, bahkan ada beberapa film komedi yang menggunakan boneka sebagai karakter utamanya. Apa saja sepuluh film yang menampilkan boneka sebagai tokoh sentral di produksi Hollywood ini? Berikut ini daftarnya.

10 Film Dengan Karakter Boneka Terbaik

1. Dolls [1987]

dolls

Sudah jelas dari judulnya jika film ini menampilkan boneka sebagai tokoh utama dari film produksi USA dan Italia ini. Boneka di film ini diceritakan mengganggu keberadaan sebuah keluarga yang menempati sebuah rumah baru. Teror demi teror terjadi pada keluarga yang menghuni rumah tersebut hingga terkuaklah misteri banyaknya boneka di rumah itu. Ternyata mereka semua dulunya adalah manusia!

2. Child’s Play [1988]

Child’s Play

Film ini merupakan awal cerita salah satu karakter horror terseram yang pernah ada, yaitu boneka Chucky. Boneka yang awalnya lucu ini, ternyata dirasuki oleh arwah pembunuh berantai yang selalu haus akan keinginan untuk membunuh. Hingga akhirnya satu demi satu korban berjatuhan.

Kesuksesan film ini melahirkan sebuah franchise dengan deretan filmnya: Child’s Play 2 [1990], Child’s Play 3 [1991], Bride of Chucky [1998], Seed of Chucky [2004] dan Curse of Chucky [2013] yang kualitasnya semakin menurun dari film ke film.

3. Dolly Dearest [1991]

Dolly Dearest [1991]

Ketika hype film Chucky sedang di atas, muncul film yang tadinya akan menjadi pesaingnya. Boneka di film ini tinggal di sebuah pabrik yang tidak aktif lagi dan boneka ini dirasuki oleh arwah setan yang dinamakan Sanzia oleh warga Mexico. Ceritanya kurang lebih sama dengan kisah horror boneka lainnya, tetapi kelebihan boneka ini ialah dia dapat mempengaruhi pikiran orang. Itu saja.

4. Saw [2004]

Saw

Pelopor film horror psikologis nan sadis di era millennium ini menampilkan sosok boneka Billy yang merupakan representasi dari sosok intelektual bernama Jigsaw yang merupakan otak dibalik semua jebakan yang dibuat untuk orang-orang yang dianggapnya memiliki dosa.

Kesuksesan film pertamanya melahirkan enam film lanjutan yang terus-menerus menampilkan jebakan-jebakan yang sangat inovatif dan pastinya mematikan. Hanya segelintir orang yang selamat, dan itu pun langsung direkrut sebagai pewaris permainan mematikan ini.

5. Lars and the Real Girl [2007]

Lars and the Real Girl [2007]

Film indie yang unik ini menampilkan akting Ryan Gosling sebagai pria yang kurang pergaulan dan memilih menyukai boneka “sex doll” sebagai teman yang akhirnya dicintainya. Temanya memang absurd, tetapi comedy yang ditampilkan cukup menggelitik meski tidak mengundang tawa yang membahak.

Meski gagal secara komersial, film ini banyak dinominasikan di beberapa festival film dunia, seperti Academy Awards dan Golden Globe Awards.

6. The Last Mimzy [2007]

The Last Mimzy [2007]

Hampir serupa dengan Doraemon yang datang dari masa depan, Mimzy juga memiliki cerita serupa, hanya dia hadir dalam bentuk boneka kelinci. Filmnya sendiri memiliki unsur misteri yang cukup baik dan memusingkan dengan berbagai macam elemen kebudayaan yang diserap dari berbagai kebudayaan kuno.

Tujuan utama Mimzy dengan segala kemampuan uniknya yang hanya bisa dilihat oleh anak kecil kakak-beradik ini terkuak di saat film mendekati akhir durasinya.

7. Dead Silence [2007]

Dead Silence

Sutradara James Wan yang sukses dengan franchise Saw melanjutkan karyanya lewat film yang sekali lagi mengangkat boneka sebagai tokoh antagonisnya. Sosok bonekanya hampir mirip dengan Billy the Puppet di film Saw, bahkan banyak yang menyangka jika film ini adalah prequel dari Saw.

Berbeda dengan Saw, film ini mengusung unsur horror murni tanpa tambahan psikologis dan membuatnya hampir serupa dengan film-film horror boneka lainnya.

8. Ted [2012]

ted

Be careful what you wish for.” Kalimat ini menjadi terbukti ketika seorang bocah berdoa agar bonekanya hidup dan menjadi temannya. Dan semuanya terkabul! Jika masih di usia anak-anak, pasti akan senang. Nah, bagaimana ketika sang bocah beranjak dewasa?

Film yang dibintangi oleh Mark Wahlberg ini mengusung dilema tersebut yang dipenuhi oleh berbagai macam kelucuan dengan referensi seksual dan sekitarnya. Termasuk salah satu film tersukses di tahun 2012, kemudian sequel-nya hadir di tahun 2015, melanjutkan kisah boneka teddy yang berusaha menjadi mandiri dan berkeluarga. So absurd!

9. Annabelle [2014]

annabelle

Masih ingat dengan film The Conjuring (2013)? Film ini merupakan prequel atau spin-off dari film tersebut yang memfokuskan kisah pada sosok boneka berambut kepang. Ceritanya sangat klise dan sama saja dengan film-film horror lainnya. Yang membedakan hanyalah adegan-adegan mencekam yang pastinya mengagetkan penonton. Meski tidak langsung menyutradarai, James Wan bertindak selaku produser disini.

10. The Boy [2016]

The Boy

Film horror bernada psikologis ini menampilkan boneka yang sangat misterius dari awal hingga menjelang akhir film. Penonton pasti mengira jika boneka itu merupakan jelmaan arwah bocah yang terbakar di rumah tersebut, atau paling tidak dirasuki oleh arwah itu.

Karena belasan tahun menganggap boneka itu selayaknya anaknya, kedua orang tuanya memilih untuk bunuh diri dan menyerahkan pemeliharaannya kepada pengasuh. Tunggu hingga akhir film untuk mendapatkan jawaban pasti, apakah boneka itu merupakan jelmaan sang bocah atau ada opsi lainnya.

Itulah sepuluh film yang menampilkan boneka sebagai karakter utama. Memang lebih banyak bergenre horror, meski ada beberapa yang bergenre komedi. Tapi tetap saja akan menjadi horror kan kalau boneka lucu yang kita miliki bisa hidup dan berbicara?

Meski dia lucu dan sayang kepada kita? Tema boneka hidup ini pastinya akan terus hadir di dunia perfilman dengan inovasi-inovasi yang baru. Kita tunggu saja.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar