Bacaterus / Film Barat / 10 Film Bertemakan Cowboy Terbaik Yang Mesti Ditonton

10 Film Bertemakan Cowboy Terbaik Yang Mesti Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film Western dengan kisah para koboi memiliki kisah yang unik karena menampilkan sisi kehidupan liar di Benua Amerika sekitar abad ke-18 dan 19. Ceritanya juga sangat seru untuk disaksikan dengan menghadirkan adegan perkelahian, tembak-menembak, serta kejar-kejaran sembari menunggangi kuda.

Selain itu, latar kota yang selalu berada di daerah tandus menjadi ciri khas film-film bergenre Western. Sejak puluhan tahun lalu, para filmmaker Hollywood memang rajin membuat film bertemakan seperti ini.

Meski beberapa diantaranya ada yang tidak sukses secara komersil, namun konsep ceritanya masih tetap diminati. Kini, film dengan cerita koboi sudah jarang diproduksi oleh industri perfilman dan sangat jarang atau bahkan belum ada lagi yang bisa menghiasi daftar tayangan di layar-layar sinema bioksop.

Untuk menyegarkan kembali tayangan film-film western, Bacaterus akan merekomendasikan 10 film bertemakan koboi terbaik yang dapat kamu saksikan. Berikut adalah pembahasannya di bawah ini.

1. Hidalgo (2004)

Hidalgo (2004)

Hidalgo merupakan sebuah film yang diambil dari kisah nyata tentang lomba balap kuda The Ocean of Fire sejauh 3 ribu mil yang melintasi padang gurun Arabia. Awanya, balap kuda ini diperuntukkan bagi para bangsawan.

Namun pada tahun 1890, seorang Sheikh yang kaya raya mengundang satu warga Amerika Serikat bernama Frank T. Hopkins untuk bisa mencoba mengikuti tantangan perlombaan tersebut.

Hopkins sendiri adalah seorang koboi sekaligus kurir di kesatuan Kavaleri Amerika Serikat. Ia bersama tunggangannya bernama Hidalgo merupakan seorang pengendara kuda yang lihai dan cepat.

Dirinya lalu memutuskan ikut perlombaan tersebut untuk membuktikan harga diri serta kehormatannya. Di sisi lain, Sheikh ingin menunjukan bahwa kuda-kuda Arab lebih hebat daripada yang dimiliki oleh Hopkins.

2. Shangai Noon (2000)

Shangai Noon (2000)

Chon Wang adalah seorang penjaga Kaisar di Kerajaan China. Suau hari yang terduga, Putri Pei Pei telah diculik oleh orang yang tak dikenal dan dibawa ke dunia liar di Amerika Serikat. Wang lalu bersikeras ingin bergabung dengan para penjaga untuk menyelamatkan sang putri.

Ia kemudian diam-diam berhasil menyelinap masuk ke dalam rombongan dan pergi menuju negara asing tersebut. Ditengah perjalanannya, Wang terpisah dari rombongan dan harus mendapatkan berbagai macam kesulitan.

Ia akhirnya berteman dengan seorang bandit koboi bernama Roy O’Bannon. Setelah mengalami kata sepakat untuk menyelamatkan sang putri, Roy kemudian mengajarkan kehidupan Wild West ala koboi kepada Wang. Kini, keduanya menuju Carson City yang merupakan tempat penahanan Putri Pei Pei.

3. Django Unchained (2012)

Django Unchained (2012)

Seorang dokter gigi bernama Dr. King Schultz berhasil menyelamatkan Django dari aksi perbudakan. Atas rasa terima kasih dan hutang budi, ia pun ikut mengikuti dalam setiap perjalanan sang dokter.

Schultz sekarang menjadi seorang pembunuh bayaran yang tengah mengincar Brittle bersaudara. Ia kemudian melatih Django agar bisa menembak dan membantunya dalam menemukan targetnya tersebut.

Tanpa diduga, ternyata Django cukup pandai dalam menembak, dan kemampuannya melebihi penembak lainnya. ia pun kini secara tidak langsung sudah menjadi pembunuh bayaran seperti Schultz.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, ia juga mempunyai rencana pribadinya sendiri. Django sedang mencari istrinya yang sedang bekerja di peternakan milik pria kaya raya namun rasis bernama Calvin Candie.

4. Cowboys & Aliens (2011)

Cowboys & Aliens (2011)

Di suatu hari, Jake Lonergan terbangun dengan kondisi yang amnesia. Dia sama sekali tidak mengingat apa yang telah terjadi, bahkan ia pun tidak mengetahui identitas asli dari dirinya sendiri.

Hal pertama yang menjadi perhatiannya adalah sebuah benda aneh yang melingkar di pergelangan tangannya. Kini Jake berada dalam kebingungan, ia pun berusaha mencari informasi dengan mendatangi kota terdekat.

Jake kemudian menyambangi sebuah kota bernama Absolution yang dipimpin oleh Kolonel Woodrow Dolarhyde. Di sana, ia sedikit mengetahui bahwa dirinya adalah seorang penjahat yang tengah diburu.

Keadaan Absolution lalu menjadi genting saat pasukan Alien menyerang kota tersebut. Di saat yang sama, ingatan Jake mulai pulih dan benda di tangannya bisa menjadi senjata untuk mengalahkan para Alien.

5. The Assassination of Jesse James (2007)

The Assassination of Jesse James (2007)

Jesse James dan kakaknya, Frank James, adalah perampok bersaudara yang disegani. Keduanya bersama anggota baru bernamaa Robert Ford sedang merencanakan pencurian dalam sebuah kereta. Robert merupakan anggota termuda yang sangat mengidolakan Jesse.

Maka dari itu, ia berusaha untuk dapat menarik perhatiannya dengan ikut membantu mensukseskan aksi perampokan tersebut. Walaupun pada akhirnya berhasil, namun Jesse tidak memberikan respon yang baik kepada Robert.

Untuk menghindari dari kejaran Sheriff, mereka pun bersembunyi di sebuah rumah yang ada di Kansas. Ambisi Robert untuk menjadi sehebat Jesse semakin memudar ketika dirinya sering dihina oleh mereka berdua. Sikap seperti itulah yang membuat Robert tiba-tiba berpikiran ingin membunuh idolanya tersebut.

6. The Proposition (2005)

The Proposition (2005)

Empat bersaudara dari keluarga Burns tengah menjadi incaran polisi karena kejahatannya. Usaha dalam pencarian mereka pun mendapatkan titik temu. Kapten Stanley dan anak buahnya berhasil menangkap dua dari keempatnya, yakni Charlie dan Mike.

Mereka harus bertanggung jawab karena telah merusak peternakan Hopkins, memperkosa nyonya Hopkins dan membunuh seluruh keluarganya.

Sementara itu, Arthur Burns, saudara tertua yang merupakan dalang aksi brutal tersebut bisa melarikan diri ke gunung dan bersembunyi di sana. Kapten Stanley mengetahui bahwa Mickey tidak bersalah.

Untuk membebaskannya, ia menyarankan kepada Charlie untuk membunuh Arthur jika ingin saudaranya itu selamat. Kini, Charlie harus bergelut dengan waktu dan berusaha membunuhnya dalam waktu 9 hari.

7. Bone Tomahawk (2015)

Bone Tomahawk (2015)

Ketenangan Kota Bright Hope harus terusik dengan datangnya tragedi yang mengenaskan. Seorang pemuda bernama Bufford ditemukan tewas dalam kondisi yang tidak wajar. Selain itu juga, tiga orang warga ditemukan telah hilang diculik.

Semua warga menduga bahwa mereka adalah korban pembunuhan dan penculikan oleh suku Indian. Mendengar hal itu, Sheriff Franklin Hunt mulai melakukan investigasi.

Hunt kemudian mendatangi seorang warga Indian yang ada di Bright Hope. Namun, ia mengatakan jika pelakunya adalah sekelompok suku primitif yang tinggal di sebuah tempat bernama Valley of the Starving Men.

Sang sheriff pun kemudian mengumpulkan orang-orangnya untuk datang ke lokasi tersebut. Hunt, bersama dengan Chicory, John Brooder dan Arthur pergi untuk menyelamatkan warganya yang diculik.

8. The Magnificent 7 (2016)

The Magnificent 7 (2016)

Sebuah kota bernama Rose Creek memiliki sumber daya emas yang melimpah. Namun, potensi tersebut hanya dikuasai oleh seorang pria serakah, Bartholomew Bogue. Kekayaan yang dimiliki oleh kota ini membuat Bogue menghalalkan segala cara untuk bisa memiliki sepenuhnya.

Salah satu warganya yang bernama Emmma Cullen berusaha melawan dan memberontak atas situasi ketidakadilan di kotanya. Ia lalu meminta bantun kepada sam Chisolm yang kemudian merespon cepat dengan membentuk pasukan yang dikenal sebagai The Magnificent Seven.

Para jagoan koboi tersebut terdiri dari, Josh Faraday, Goodnight Robcheaux, Jack Horne, Billy Rocks, Vasques dan Red Harvest. Bersama dengan Chisolm, semuanya kini bergerak maju menuju Rose Creek untuk melawan penguasa kejam, Bartholomew Bogue.

9. Lucky Luke (2009)

Lucky Luke (2009)

Lucy Luke adalah seorang koboi yang menembak lebih cepat dari bayangannya sendiri. kini, dirinya mendapat tugas khusus dari Presiden Amerika untuk menyelamatkan Kota Daisy. Baginya, kota tersebut penuh memori sedih karena sewaktu kecil orangtuanya terbunuh di depan matanya.

Namun sekarang, Kota Daisy berubah menjadi lebih mengerikan karena ditinggali oleh para berandal dan kriminal jahat. Untuk mengamankan kota ini, dirinya tidak beraksi sendiri. Luke kemudian mengajak kawan-kawannya, yakni Jesse James, Billy The Kid dan Calimity Jane dalam membersihkan Kota Daisy.

Akan tetapi, masalah serius mulai muncul saat seroang kriminal berjuluk Pat Poker akan menculik presiden. Dapatkah mereka menggagalkan aksi kejahatan tersebut? Jangan sampai melewatkan film seru yang satu ini.

10. The Hateful Eight (2015)

The Hateful Eight (2015)

John Ruth merupakan seorang Bounty Hunter yang berhasil menangkap pembunuh bayaran bernama Daisy Domergue. Ia akan membawa tahanannya itu ke Kota Red Rock dengan menggunakan kereta kuda.

Di tengah perjalanannya, ia dihentikan oleh Marquis Warren yang berprofesi sama seperti dirinya. Ia ingin menumpang Ke Kota Red Rock untuk mengantarkan buruannya yang sudah mati.

Selang beberapa menit kemudian, seorang sheriff bernama Chris Mannix yang kehilangan kudanya ikut menumpang bersama dengan Warren. Badai salju yang tebal membuat mereka harus berhenti dan menginap di Minnie’s Haberdasherry.

Di dalamnya ternyata sudah ada orang-orang misterius, mereka adalah pensiunan Jendral Smithers, Algojo Oswaldo Mobray dan seorang pria benama Joe Gage dan Bob.

Ruth dan Warren lalu mencuriga bahwa diantara mereka adalah penjahat yang ingin membebaskan Daisy. Semuanya kemudian terpaksa menginap tersebut sembari mencurigai satu sama lain dan waspada akan serangan yang datang tiba-tiba.

Itulah 10 film menarik yang bercerita tentang aksi-aksi liar dan menantang dari para koboi. Kira-kira judul film manakah yang jadi favoritmu? Jangan sampai melewatkan daftar rekomendasinya ya. Silakan langsung menyaksikan untuk mengetahui keseruan dari jalan ceritanya. Selamat menonton!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *