bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Choi Gwi Hwa, Aktor Korea Selatan yang Bertalenta

Nama Choi Gwi-hwa mungkin sudah terdengar familiar di telinga para pecinta drama dan film Korea. Pasalnya wajahnya kerap menghiasi berbagai drama populer yang juga tayang di Indonesia. Salah satunya adalah Misaeng: Incomplete Life (2014) dan Vampire Detective (2016)

Sementara itu, karirnya di film dimulai sejak tahun 1999 lewat sebuah film pendek berjudul Why Did You Come to My House (2009). Setelah itu, ia banyak terlibat dalam film-film populer lainnya. Sejumlah film terbaiknya bisa kamu temukan di dalam artikel di bawah ini. 

1. The Roundup 

film choi gwi hwa-1_

The Roundup adalah film kedua dari film The Outlaws yang dirilis pada tahun 2017. Film ini menampilkan dua aktor Korea papan atas, yakni Ma Dong-seok dan Son Seok-gu di jajaran pemain utama. Choi Gwi-hwa di film ini pun tergabung ke dalam jajaran pemain utamanya. Dia mendapatkan peran sebagai Ketua Jeon. 

Sementara itu, kisah dalam The Roundup melanjutkan perjalanan Ma Seok-do (Ma Dongseok) yang harus membawa kembali ketua geng Jang Chen, Kang Hae-sang (Son Seok-gu) ke Korea.

Hae-sang kabur ke Vietnam dan berulah di sana. Dia membunuh putra dari taipan bisnis Korea. Seok-do dan timnya ditugaskan untuk membawa Hae-sang guna mempertanggung jawabkan perbuatannya. 

2. Boogie Nights 

film choi gwi hwa-2_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Romance, Drama, Fantasy
  • Produksi: -
  • Sutradara: Kang Kyung Yeop
  • Pemeran: Choi Gwi Hwa, Lee Shi Won, Park Hwan Hee, Kim Hee Jung, Jang Hye Won, Baek Joo Hee 

Film ini mengisahkan tentang dunia yang akan mengalami kehancuran akibat bom nuklir Korea Utara. Masyarakat Korea panik dan kehilangan harapan.

Yoo Bin (Choi Gwi-hwa), seorang pekerja kantoran, merasakan hal seperti itu juga. Meski dicekam ketakutan, ia memutuskan untuk mencari hiburan dan bersenang-senang menjelang hari akhirnya itu. 

Ia tidak mau melewatkan hari-hari terakhirnya dengan kesedihan. Oleh karenanya, ia berpetualang dari diskotik satu ke diskotik lainnya sampai akhirnya bertemu dengan lima perempuan yang punya cerita masing-masing.

Pertemuan dan cerita-cerita para wanita tersebut membuka hati dan mata Yoo Bin tentang makna hidup yang sebenarnya. Ia pun merasa bahwa ada yang salah dengan dirinya. 

3. Long Live The King: Mokpo Hero 

film choi gwi hwa-3_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Comedy, Romance, Crime
  • Produksi: B.A Entertainment 
  • Sutradara: Kang Yoon Sung
  • Pemeran: Kim Rae Won, Won Jin Ah, Jin Seon Kyu, Choi Gwi Hwa

Film ini mengikuti kisah seorang pria bernama Jang Se-chool (Kim Rae-won), preman dan ketua geng yang ditakuti. Dia mendapat tugas untuk meredam aksi demo masyarakat yang tidak setuju relokasi pasar tradisional.

Di satu kejadian, Se-chool bertemu dengan seorang pengacara cantik bernama Kwon So-hyun (Won Jin-ah) yang berpihak pada orang-orang pasar. 

Se-chool rupanya terpesona oleh kepribadian gadis itu. Ia pun mulai mempertanyakan sikapnya itu sampai akhirnya ia sadar bahwa dirinya berpihak pada yang salah.

Ketika Se-chool balik membela masyarakat pasar, ia dihadapkan pada seorang politisi berkuasa yang terkenal korup, Choi Man-soo (Choi Gwi-hwa). 

Man-soo membujuk Se-chool untuk menghentikan aksinya itu demi kelancaran pembangunan taman hiburan yang sedang dirintisnya. Namun, Se-chool tidak mudah ditundukkan. 

4. The Discloser 

film choi gwi hwa-4_
  • Tahun Rilis: 2017 
  • Genre: Thriller 
  • Produksi: Miin Pictures
  • Sutradara: Hong Ki-Seon
  • Pemeran: Kim Sang-Kyung, Kim Ok-Bin, Choi Moo-Sung, Choi Gwi-Hwa

Film yang merupakan karya keempat sutradara Hong Ki-seon ini mengisahkan tentang Letkol Park Dae Ik yang mempunyai posisi penting di unit logistik tentara. Ia adalah seorang pria yang punya mimpi besar untuk sukses. 

Suatu hari seorang pilot memintanya untuk memberi spare part pesawat tempur untuk perbaikan. Akan tetapi, Dae Ik mengabaikan permintaannya.

Beberapa hari kemudian, pesawat jatuh dan pilot mengalami koma. Otoritas militer menutupi kasus tersebut dan memanipulasi kecelakaan yang mengakibatkan sang pilot kehilangan kesadaran itu. 

Dalam film ini Choi Gwi-hwa ikut dalam jajaran pemeran pendukung. Dia membawakan peran sebagai Nam Seon-ho. 

5. The Net 

film choi gwi hwa-5_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Military, Friendship, Life, Drama, Family
  • Produksi: Kim Ki Duk Films 
  • Sutradara: Kim Ki Duk
  • Pemeran: Ryu Seung Beom, Lee Won Keun, Choi Gwi Hwa, Kim Young Min

Kisah dalam film ini menampilkan seorang nelayan yang berasal dari Korea utara. Ia tidak sengaja merusak kapalnya sehingga terbawa arus sampai di wilayah Korea Selatan.


Sang nelayan mengalami peristiwa buruk ketika ditangkap oleh kepolisian Korea Selatan yang dipimpin oleh Ketua Lee (Cho Gwi-hwa). Beruntung, ia bisa kembali ke negara asalnya. 

Namun, sebelum meninggalkan Korea Selatan, ia melihat bahwa negara tersebut sudah amat maju tapi mempunyai sisi gelap yang tidak diduga. Ia menyadari bahwa pembangunan ekonomi yang besar tidak selalu membawa kebahagiaan ke masyarakat. 

Kendati ia bisa kembali ke Korea Utara, namun ia kembali harus menjalani pemeriksaan yang kurang lebih sama brutalnya dengan di Korea Selatan. Ia merasa sangat sedih sebab terjebak dalam dua negara yang punya ideologi berbeda. 

6. The Outlaws 

film choi gwi hwa-6_

Film ini merupakan film pertama sebelum sekuel The Roundup dirilis. Cerita dalam The Outlaws menggambarkan Korea pada tahun 90-an. Di tahun tersebut, masyarakat Cina Korea membentuk kawasan pecinan yang merupakan wilayah kekuasaan para gangster. Para gangster itu saling bertikai memperebutkan kekuasaan. 

Di tengah suasana panas, muncul kelompok Jang Chen yang dikepalai oleh seorang pria kejam (Yoon Kye-sang). Ia muncul dan membuat poros baru di kawasan pecinan.

Sepak terjang kelompok Jang Chen terkenal brutal. Mereka tidak segan menyiksa dan membunuh korbannya saat menagih hutang. Salah satu yang memantik konflik besar di kawasan itu adalah saat Jang Chen menganiaya anggota Dok-sa. 

Di saat situasi sedang chaos, seorang detektif yang ditakuti di kawasan itu ditugaskan untuk melerai konflik. Sang detektif yang bernama Ma Seok-do dan timnya harus mengatasi perselisihan antar geng.

Choi Gwi-hwa hadir di film ini sebagai salah satu pemeran pendukung yang bernama Ketua Jeong, salah satu petugas polisi pusat. 

7. Train To Busan 

film choi gwi hwa-7_

Cerita film ini mengangkat kisah wabah zombie yang menjangkiti masyarakat Korea. Ceritanya berputar pada sosok Seok-woo (Gong Yoo), seorang manajer keuangan sebuah perusahaan. Seok-woo dan putrinya naik kereta ke Busan. Sang putri berkeras untuk bertemu dengan ibunya di kota tersebut. 

Akan tetapi, kereta itu rupanya sudah terinfeksi oleh virus zombie yang dibawa oleh seorang penumpang wanita. Dalam waktu singkat ia menyebarkan virusnya yang mengubah penumpang lain menjadi seperti dirinya.

Perjalanan Seok-woo dan putrinya berubah menjadi horor dan emosional. Dalam film ini Choi Gwi-hwa mendapatkan peran kecil sebagai seorang gelandangan. 

8. Seondal: The Man Who Sells The River 

film choi gwi hwa-8_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Adventure, Historical, Comedy, Crime
  • Produksi: M Pictures, SNK Pictures 
  • Sutradara: Park Dae Min
  • Pemeran: Yoo Seung Ho, Jo Jae Hyun, Ko Chang Seok, Ra Mi Ran, Xiumin

Diangkat dari sebuah novel klasik bergenre humor satir, Park Dae-min memplot Yoo Seung-ho menjadi pemeran utama film ini.

Dia berperan sebagai Kim Seon-dal, seorang pria yang kabarnya menjual sungai Daedong. Seon-dal adalah seorang penipu cerdas. Ia bekerja sama dengan Bo-won (Go Chang-seok), Yoon (Ra Mi-ran), dan Gyeon (Xiumin)

Suatu hari tim penipu itu berencana untuk mencuri tembakau yang menjadi komoditas paling mahal. Pertama-tama mereka harus melumpuhkan Seong Dae-ryeong (Jo Jae-hyun), pria yang terkenal kuat. Banyak hal terjadi dalam aksi Seon-dal kali ini. 

Dalam film ini ada salah satu karakter penipu yang menggunakan identitas wanita bangsawan. Penipu yang mengenakan pakaian perempuan dalam aksinya itu diperankan oleh Choi Gwi-hwa. 

9. The Wailing 

film choi gwi hwa-9_

Pusat cerita film ini adalah Jong-goo (Kwak Do-won), seorang polisi yang sedang menginvestigasi kasus kematian misterius di sebuah desa terpencil. Kabarnya di desa yang tampak tenang itu, banyak orang yang mati mengenaskan. Jamur beracun yang tumbuh liar di hutan konon menjadi penyebabnya. 

Jong-goo yang mendengar hal itu dan ia mencurigai seorang pria tua asal Jepang sebagai dalang di balik kematian misterius warga desa.

Penyelidikan Jong-goo mengarah pada seorang pria yang keterangannya membuat Jong-goo bingung. Malangnya, putri Jong-goo sendiri meninggal dengan gejala yang sama seperti penduduk desa lainnya. 

Kematian di desa tersebut sangat misterius dan melibatkan ritual pengusiran setan yang tidak masuk akal. Nah, di film ini, Choi Gwi-hwa ikut berperan sebagai Byeong-gyu. 

10. Seoul Searching 

film choi gwi hwa-10_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Comedy, Romance, Drama
  • Produksi: Bowery Hills Entertainment, Mondo Paradiso Films
  • Sutradara: Benson Lee
  • Pemeran: Justin Chon, Jessika Van, Teo Yoo, Esteban Ahn, Rosalina Leigh, Kang Byul

Mengambil kisah nyata di tahun 80-an, film ini menggambarkan sebuah kamp musim panas yang khusus dibuat pemerintah Korea untuk remaja keturunan bangsa asing. Di kamp tersebut mereka dapat menghabiskan musim panas dengan cara menarik agar bisa lebih mengenal budaya Korea. 

Tujuan kamp musim panas tersebut memang terdengar mulia, tapi para pesertanya tidak. Mereka membuat ulah sampai membuat program tersebut dibatalkan untuk beberapa tahun ke depan.

Mereka membuat pusing para panitia dan mentor yang mengajar, termasuk Guru Chae (Choi Gwi-hwa), salah satu guru yang ditugaskan untuk mengajar di program tersebut. 

Nah, itulah 10 film yang pernah dibintangi oleh Choi Gwi-hwa. Aktor satu ini dikenal sebagai salah satu aktor pemeran pendukung terbaik. Dia menampilkan peran aktif untuk setiap karakter yang dibawakannya.

Selain film-film di atas, kamu juga bisa melihat penampilannya dalam drama dan beberapa program televisi Korea. Dia tercatat pernah membawakan program Black: I saw Devil, dan membintangi program On and Off dan masih banyak lagi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram