Bacaterus / Film Mandarin / Inilah 10 Rekomendasi Film Romantis Mandarin yang Manis

Inilah 10 Rekomendasi Film Romantis Mandarin yang Manis

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Industri perfilman China tidak hanya menyuguhkan tema Kungfu dan aksi laga saja. Para sineas asal Negeri Tirai Bambu pun mampu menghadirkan film romantis yang menyentuh perasaan. Lewat pendekatan yang berbeda, film tersebut hadir dengan menawarkan sinematografi ala drama Asia yang lembut dan memanjakan mata. Maka tak heran, jika film romantis mandarin mempunyai kelebihannya tersendiri.

Untuk kamu yang ingin menonton film romantis asal Negeri Tiongkok tersebut, tak usah ragu menyimak ulasannya dibawah ini. Agar menjawab rasa penasaranmu, Bacaterus akan memberikan sedikit sinopsisnya supaya bisa kamu baca dan membuatmu menjadi tertarik untuk menontonnya. Kira-kira film apa saja yang akan direkomendasikan? Yuk, kita simak sama-sama berikut ini!

1. Yesterday Once More (2016)

Yesterday Once More

Lin Tian Jiao adalah siswi SMA yang sangat cerdas dan populer di sekolahnya. Ia bertekad ingin menjadi lulusan terbaik saat kelulusannya nanti. Maka dari itu, ia giat belajar untuk merealisasikan keinginannya itu. Saat ujian akhir tiba, Lin mencoba untuk mencontek agar mendapatkan nilai paling tinggi.  Tindakannya tersebut ternyata terlihat oleh teman sekelasnya, seorang pria bernama Gao Xiang.

Karena dilanda rasa gugup, Lin tak sengaja menjatuhkan kertas contekannya itu dan diketahui oleh pengawas ujian. Gao Xiang yang merupakan siswa nakal di sekolahnya kemudian mengaku bahwa kertas contekan itu miliknya. Sang pengawas yang marah lalu mengusir Gao dari ruang kelas. Akibat kejadian tersebut, Lin merasa sangat bersalah kepadanya. Lalu, kisah kedekatan antara mereka pun dimulai.

2. Never Gone (2016)

Never Gone

Kisah cinta antara dua sejoli dalam film dimulai saat mereka duduk di bangku SMA.  Cheng Zheng adalah siswa yang mudah bergaul sehingga ia menjadi populer. Suatu hari, disekolahnya kedatangan murid baru, seorang gadis bernama Su Yunjin. Gadis berambut panjang tersebut adalah sosok yang pemalu dan tidak mudah bergaul. Namun, diam-diam Cheng Zheng menaruh hati padanya dan berusaha mendekatinya.

Perjuangan cinta Cheng Zheng kepada Su Yunjin begitu besar. Ia terus mengejarnya hingga sampai di bangku kuliah, dan pada akhirnya mereka dapat berpacaran. Kisah asmara mereka tidak semudah yang dibayangkan, masalah muncul karena perbedaan latar belakang keluarga keduanya. Cheng Zhen berasal dari keluarga kaya raya, sedangkan Yunjin adalah kebalikannya.

Dengan kondisi seperti itu, mampukah mereka mengatasi pertentangan yang terjadi? Apakah mereka masih bisa terus bersama-sama? Jangan lupa menonton film yang satu ini untuk mengetahui kelanjutan kisahnya ya. 

3. Look For A Star (2009)

Look For A Star

Dalam film ini, aktor tampan Andy Lau berperan sebagai seorang duda bernama Sam. Ia tiga kali bercerai dan selalu gagal dalam membina hubungan rumah tangga. Kondisinya tersebut membuat dirinya menjadi tidak percaya dengan adanya cinta sejati. Walaupun begitu, kehidupan pribadinya sangat sukses, ia pandai dan kaya raya. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang penari kabaret di sebuah kasino di Makau.

Penari tersebut merupakan seorang perempuan yang bernama Milan. Tanpa disangka-disangka, ia langsung jatuh hati pada pertemuan pertamanya dengan Sam. Milan yang tulus mencintai Sam percaya jika cinta sejati masih tetap ada. Dengan keberadaan Milan dalam kehidupan Sam, membuat sang duda tersebut perlahan-lahan merubah cara pandangnya terhadap cinta yang selama ini ia abaikan. 

4. Our Times (2015)

Our Times

Lin Truly adalah seorang gadis remaja yang menyukai teman sekolahnya bernama Ou Yang. Namun, pria tersebut sudah mempunyai pacar bernama Min Min. Suatu hari, ia membuat kesepatakan dengan Taiyu, siswa nakal di sekolahnya. Taiyu sendiri ternyata menyukai gadis yang dipacari oleh Ou Yang tersebut, sehingga mereka merencanakan sesuatu untuk membuat hubungan keduanya menjadi berakhir.

Karena terlalu sering bersama-sama, kedekatan keduanya pun semakin intens. Tanpa diduga satu sama lain, mereka nyatanya menyimpan perasaan saling menyukai. Rencana yang awalnya ingin merusak hubungan Ou Yang dan Min Min, malah berubah menjadi jembatan asmara diantara Taiyu dan Truly. Lalu bagaimanakah kisah perjalanan asmara mereka ini? Langsung saja menonton film yang satu ini ya. 

5. If You Are The One (2009)

If You Are The One

Di usianya yang cukup matang, seorang pria bernama Xin Fen merasa resah karena tak kunjung mendapatkan pendamping hidup. Ia lalu melakukan hal yang tidak biasa dengan menaruh profil dirinya di sebuah iklan pencarian jodoh. Diantara perempuan-perempuan yang berhasil diajak untuk bertemu, ada seorang yang menarik perhatian dirinya. Ia bernama Xiao Xiao yang berprofesi sebagai pramugari.

Pertemuan pertama mereka berjalan cukup baik, dan keduanya saling bercerita satu sama lain. Merasa yakin tidak akan bertemu lagi, keduanya pun sepakat untuk menceritakan rahasianya masing-masing. Apa yang diprediksikan ternyata keliru, mereka akhirnya bertemu kembali dalam sebuah pesawat. Xin Fen yakin akan pilihan hatinya, ia mencoba mengenal lebih dekat dengan mengajaknya berpergian ke Jepang. 

6. My Old Classmate (2014)

My Old Classmate

Xiaozhi adalah murid baru yang menjadi teman sebangku Lin Yi. Sejak pertemuan pertamanya, Lin Yi mulai menyukai gadis tersebut. Beragam kisah manis layaknya anak remaja mereka lalui bersama-sama. Ketika ujian masuk perguruan tinggi akan dimulai, Xiaozhi memberikan syarat kepada Lin Yi jika ingin menjadi pacarnya. Ia harus masuk universitas yang sama dengannya, yaitu di Universitas Beijing.

Lin Yi yang mendengar syarat itu lalu belajar lebih giat dari sebelumnya. Akan tetapi ia malah gagal, dan masuk ke Universitas Xiamen. Namun siapa sangka, ternyata Xiaozhi pun memilih universitas yang sama dengannya. Mereka kemudian bersama-sama lagi dan mulai berpacaran. Lin Yi tidak mengetahui jika sebenarnya Xiaozhi merelakan Universitas Beijing hanya untuk bersama dengan dirinya. 

7. For Love or Money (2014)

For Love or Money

Film yang satu ini turut dibintangi oleh aktor ternama Korea Selatan yakni, Rain. Dirinya berperan sebagai Xu Chengxun. Suatu hari, ia berusaha menyelamatkan seorang perempuan bernama Xing Lu yang hendak bunuh diri.

Xing Lu akan loncat dari atas apartemen lantaran sakit hati mendalam ditinggal menikah oleh kekasihnya. Namun pada akhirnya, Chengxun berhasil menggagalkan tindakan nekat dari gadis tersebut.

Atas kejadian itu, mereka mulai saling mengenal. Namun awalnya, Xing Lu merasa kesal kepada Chengxun karena telah ikut campur dalam urusan pribadinya. Hubungan pertemanan berubah menjadi asmara, Chengxun mulai jatuh hati kepadanya. Ia selalu mampir ke cafe milik pujaan hatinya itu untuk melakukan pendekatan. Mampukah ia meluluhkan hati dari Xing Lu? Tonton saja langsung film yang satu ini ya. 

8. Secret (2007)

Secret

Di hari pertamanya saat masuk sekolah, Xiang Lun tanpa sengaja mendengar dentingan permainan piano misterius. Karena tertarik akan melodinya, ia kemudian mendatangi tempat suara itu berasal, yakni di ruangan piano lama di sekolahnya.

Hari itu juga, ia berkenalan dengan gadis bernama Xiao Yu yang memainkan alat musik tersebut. Mereka lalu menjadi sahabat dekat dan pulang sekolah bersama-sama. Xiang Lun kemudian bertanya kepada Xiao Yu tentang melodi piano yang ia mainkan waktu pertama kali bertemu.

Namun ia hanya menjawab “itu rahasia”, hal itu semakin membuat Xiang Lun penasaran. Ketika acara wisuda selesai, Xiang Lun berjanji akan menemui Xiao Yu di dalam kelas. Akan tetapi, gadis tersebut ternyata tidak ada, ia berusaha mencarinya tapi tetap tidak bisa menemukan keberadaannya.

Ia lalu menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh terhadap diri Xiao Yu. Sebuah rahasia tentangnya perlahan terungkap. Apakah rahasia misterius itu, dan siapakah sosok perempuan tersebut? Jangan lewatkan film Secret ini untuk mengetahui kelanjutan ceritanya.

9. Under The Hawthorn Tree (2010)

Under The Hawthorn Tree

Jing Qiu adalah seorang gadis yang hidup pada masa revolusi kebudayaan China sekitar periode 70an. Ia pergi ke sebuah desa bernama Xiping untuk melaksanakan program dari pemerintah yakni, pendidikan ulang.

Di desa itu, ia tinggal bersama keluarga petani yang baik hati. Jing Qiu pun berkenalan dengan anak angkat keluarga tersebut, namanya adalah Sun Laosan. Ia adalah pemuda yang ramah dan perhatian.

Sun kehilangan ibu kandungnya yang bunuh diri setelah dianggap sebagai pemberontak oleh pemerintah China. Merasa memiliki latar belakang yang sama, tak butuh waktu lama untuk keduanya saling dekat dan jatuh cinta.

Pada awalnya, mereka sama-sama menjaga jarak karena tidak mudah berpacaran dengan situasi politik di China pada masa itu. Walaupun begitu, Sun Laosan dan Jing Qiu memutuskan untuk melanjutkan hubungannya meskipun resiko besar menghadang mereka.

10. But Always (2014)

But Always

Anran dan Yongyuan pertama kali bertemu saat mereka bersekolah di tahun 80an. Keduanya mempunyai ikatan yang erat, mereka sama-sama kehilangan orang tua saat tragedi gempa bumi terjadi. Pada suatu hari, kebersamaan mereka harus berakhir karena Anran harus pergi mengikuti pamannya. Ia menghilang begitu saja tanpa mengucapkan selamat tinggal kepada Yongyuan, sosok pria yang begitu ia cintai.

Waktu terus berlalu, tanpa terasa mereka telah menjadi dewasa. Di sebuah kota di Amerika, Anran mempunyai seorang pacar bernama Michael yang bekerja sebagai pelukis. Yongyuan yang kini menjadi orang sukses berusaha untuk mencari Anran. Ia kemudian berhasil menemukan keberadaannya melalui lukisan Michael. Apakah pertemuan mereka dapat terjadi? Jangan sampai dilewatkan ya film ini

Itulah film-film romantis dari Negeri Tirai Bambu yang dapat kamu saksikan. Dari semua yang sudah dibahas, film mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu? Semoga rekomendasi film yang telah dipilihkan tersebut dapat menemani waktu sendumu. Awas tahan, jangan sampai baper ikut terharu dalam suasana cerita filmnya ya. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *