bacaterus web banner retina

6 Film Terbaik Chicha Amatayakul, Pemain 'Girl From Nowhere'

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 23 Juli 2021

Chicha Amatayakul, atau yang biasa disapa Kitty, merupakan seorang penyanyi, aktris, dan model asal Thailand. Nama panggilannya, yaitu Kitty, diberikan oleh ayahnya yang waktu ia lahir sedang berada di Jepang. Kenapa bisa muncul kata Kitty?

Jadi, sang ayah kala itu sedang mencari kado untuk anaknya yang baru terlahir ke dunia. Pada waktu itu, Hello Kitty sedang sangat populer di Jepang. Ayahnya pun memberi panggilan Kitty untuk Chicha. Gemas sekali nickname-nya, ya?

Sebelum berakting, Kitty pernah menjadi anggota girl group Thailand bernama Kiss Me Five yang debut pada tahun 2010. Tapi, setahun kemudian ia memutuskan untuk keluar demi meneruskan studinya. Walau hengkang dari grup idol-nya, Kitty masih aktif di dunia hiburan, terutama sebagai aktris.

Kitty memulai karirnya di dunia akting pada tahun 2013 di drama Chart Chaopraya. Ia mendapatkan supporting role dengan berperan sebagai Dutdao. Masih pada tahun yang sama, Kitty ikut memeriahkan drama yang terkenal banget di seluruh dunia, ATM 2: Koo ver Error Er Rak. Masih mendapatkan peran pembantu, di drama ngehits ini Kitty berperan sebagai Cookie.

Barulah pada tahun 2014, pada drama Love Blood, Kitty akhirnya mendapatkan main role. Bersama aktris Kat Focus Jirakul dan Annie Sararat Sajew, serta aktor JJ Krissanapoom Pibulsonggram, Kitty mendapatkan spotlight yang banyak di drama tersebut.

Namun, tentu karya yang membuat namanya melambung adalah serial Netflix berjudul Girl from Nowhere (2018) di mana ia berperan sebagai Nanno. Tapi, Kitty tidak hanya aktif bermain di layar kaca saja, loh. Soalnya, gadis kelahiran Bangkok ini telah bermain di beberapa film bioskop juga. Inilah daftar film yang pernah dilakoni oleh Chicha Amatayakul.

1. The Exchange

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Action, Suspense, Crime
  • Produksi: -
  • Sutradara: Lima Chalerm Wongpim
  • Pemeran: Chicha Amatayakul, Arak Amornsupasiri, Jirawat Wachirasarunpat, Chatchapol Kulsiriwuthichai

Di seluruh film yang pernah Chicha mainkan, ia selalu mendapatkan peran utama. Seperti di film The Exchange ini, ia berperan sebagai May, main role-nya. Menceritakan dua insan muda yang menjalin kasih, May dan Dojo.

Namun, kebahagiaan mereka tiba-tiba hancur saat Dojo divonis memiliki penyakit tumor otak. Ia membutuhkan 1 juta Baht (sekitar 450 juta rupiah) untuk operasi.

Karena tak memiliki uang sebanyak itu, May dan Dojo pun berencana merampok di tempat penukaran uang. Sayangnya, sebelum berhasil melakukan aksinya, May, Dojo, dan 10 orang lainnya yang sedang berada di pusat penukaran uang tersebut malah disandera oleh 3 perampok profesional. Terjadilah misi perampokan di dalam perampokan.

Walaupun film ini mengandung tema yang cukup menegangkan, ada selipan percintaan dan komedinya juga. Jadi, buat amu pemilik weak heart, tidak perlu ragu menonton The Exchange.

2. 7 Boy Scouts

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Thriller
  • Produksi: Phranakorn Film
  • Sutradara: Yuthlert Sippapak
  • Pemeran: Chicha Amatayakul

7บอยสเก๊าท์ (7 Boy Scouts) adalah film ber-genre thriller. Film ini terinspirasi dari seven deadly sins (tujuh dosa mematikan) dari tujuh politisi. Ceritanya kembali ketika mereka semua baru berusia 15 tahun saat mereka berkemah bersama. Tapi, itu akan menjadi waktu berkemah terakhir dalam hidup mereka. Sayangnya informasi tentang film ini sangat terbatas, genks!

3. Necromancer 2020

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Action, Horror, Crime, Drama, Fantasy, Supernatural
  • Produksi: -
  • Sutradara: Piyapan Choopetch
  • Pemeran: Prin Suparat, Chicha Amatayakul, Chatchai Plengpanich, Jirayu Tantrakul, Sinjai Plengpanich
  • Film yang Berhubungan: Necromancer (prequel, rilis tahun 2005)

Necromancer memiliki arti secara harfiah seorang ahli nujum, orang yang mempraktikkan ilmu hitam, spesialisasi dalam berkomunikasi dengan orang mati untuk meramalkan masa depan. Ya, film ini berkaitan dengan black magic dan merupakan angsuran kedua dari film sebelumnya yang rilis pada tahun 2005.

Win adalah satu-satunya orang yang selamat dari serangan ilmu hitam yang telah mengambil jimat suci ayahnya. Ketika ia kembali untuk membalas dendam dengan sihir yang kuat, ia dihadapkan dengan sekte baru yang sama kuatnya.

Sekte itu 'membantu' orang-orang yang kebelet kaya tetapi menyembunyikan fakta kalau mereka menggunakan ilmu hitam. Ia merasa harus menghancurkan organisasi ini sebelum mengambil lebih banyak nyawa, dan juga menyelamatkan masa depan pacarnya. Di sini, Kitty berperan sebagai Lieutenant Toon, peran utama.

4. The Serpent's Song

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Fiction, LGBTQ
  • Produksi: Tinh Chanabangkaew, Shanghai Queer Film Festival
  • Sutradara: Nuntanat Duangtisarn (Joob)
  • Pemeran: Chicha Amatayakul, Prakarn Raiva

Film yang memiliki judul The Serpent's Song ini mengisahkan tentang biarawati yang tidak bisa bicara. Sebenarnya ini adalah film pendek, durasinya hanya 25 menit saja. Berlatarkan di sebuah biara rahasia yang terletak di daerah pedesaan Thailand, ada seorang guru musik berusaha membantu seorang biarawati muda untuk bisa berbicara lagi.

Fun fact: Nuntanat Duangtisarn, sang sutradara, merupakan satu-satunya pembuat film muda Thailand yang terpilih untuk mengikuti program Film Factory programme (PhD level) di Sarajevo Film Academy, yang dipimpin oleh pembuat film terkenal Hongaria, Béla Tarr.

5. Net I Die

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Thriller, Horror
  • Produksi: -
  • Sutradara: Preedee Weeratham, Nuttachai Jira-anont
  • Pemeran: Chicha Amatayakul, Pitt Karchai, Patara Eksangkul, Kritsana Maroukasonti, Sarunthorn Klaiudom

Film bertemakan horor ini memiliki empat bintang utama, salah satunya Kitty yang berperan sebagai Monica. เน็ต ไอ ดาย สวยตายล่ะมึง! (Net I Die) mirip dengan film horor-seksi Indonesia. Tema intinya adalah cyberbullying, hingga menewaskan selebgram alias selebriti internet, atau yang disebut net idol di Thailand.

Net idol yang meninggal adalah Monica (dimainkan oleh Kitty). Monica menggantung dirinya sendiri saat sedang live streaming di channel-nya. Video kematian Monica terus diperbincangkan di internet dan viral luar biasa. Setahun setelahnya, video bunuh diri Monica jadi viral kembali.

Semua itu karena ada beberapa influencer wanita lainnya yang di-tag pada video tersebut. Salah satunya adalah Sa (Sarunthorn Klaiudom). Sa merupakan mantan idol yang sekarang menjadi beauty entrepreneur.

Karena kasus kematian Monica tidak ditangani oleh pihak berwenang, pacar Sa, yaitu Jak (Pitt Karchai) ingin menyelidikinya. Anehnya, semua petunjuk mengarah ke produk krim wajah terbaru milik pacarnya, Sa.

6. 25hours

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Romance
  • Produksi: -
  • Sutradara: -
  • Pemeran: Kitty Chicha Amatayakul, Nat Kitcharit

25hours (ลืมกันแล้วหรือยัง) adalah short movie yang diperankan oleh Kitty sebagai tokoh utamanya. Di sini, ceritanya Kitty adalah seorang model. Sedangkan Nat berperan sebagai fotografer. Mengisahkan cerita cinta klasik antara fotografer dan modelnya.

Ini adalah karya yang unik karena merupakan film pendek untuk promosi lagu 25 Hours. Akting Kitty dan Nat patut diacungi jempol walau durasi film ini hanya sebentar. Pasalnya, Nat merupakan aktor film kawakan juga. Nama Nat semakin bersinar setelah bermain di film App War (2018).

Itulah beberapa film layar lebar, film pendek, dan drama serial dari Kitty. Untuk film memang belum terlalu banyak, ya, tapi Kitty pasti selalu menjadi peran utama. Bacaterus telah mengurutkan film Kitty yang terbaik, lalu apa film Kitty yang terbaik versi kamu?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram