Akan Selalu Dikenang, Ini 10 film Terbaik Chadwick Boseman

Ditulis oleh Syuri

Berita bahwa Chadwick Boseman telah pergi untuk selama-lamanya pada tanggal 28 Agustus 2020 begitu mengguncang dunia. Pasalnya, tak ada yang tahu kalau mendiang menderita kanker kolorektal (usus besar). Chadwick memang hanya memberi tahu keluarganya saja, sehingga penggemar sama sekali tak terpikirkan tentang itu.

Ternyata, Chadwick telah berjuang melawan kanker selama empat tahun. Itu berarti ketika ia memainkan perannya yang paling ikonik, Black Phanter, ia sedang sakit. Tapi, Chadwick tetap berakting luar biasa sehingga tak ada yang menyadari bahwa ia sakit parah.

Walau telah tiada, Chadwick merupakan aktor yang akan terus dihormati sampai kapanpun. Kita masih bisa melihat Chadwick 'tetap hidup' lewat karya-karya yang telah ia tinggalkan. Berikut adalah 10 film Chadwick Boseman yang paling berkesan menurut Bacaterus.

1. Ma Rainey's Black Bottom

Akan Selalu Dikenang, Ini 10 film Terbaik Chadwick Boseman 1

Ma Rainey (diperankan Viola Davis) adalah sosok nyata, seorang penyanyi blues yang sangat dihormati. Diceritakan, baru-baru ini ia dikontrak oleh produser orang kulit putih, Mel Sturdyvant (karakter fiksi). Seharusnya pada tanggal 2 Juli 1927, Ma melakukan sesi rekaman, tapi hanya anggota Georgia Jazz Band (band-nya Ma) saja yang tiba tepat waktu.

Ma akhirnya datang bersama dua orang keluarganya. Setelah terjadi percekcokan internal, grup itu pun akhirnya selesai juga rekaman. Sedangkan, Chadwick Boseman berperan Levee Green. Ia anggota grup juga, tapi berambisi untuk menjadi solois.

Ketika memperlihatkan lagu-lagu originalnya pada Mel, Levee ditolak karena 'tidak akan ada pasar untuk orang kulit hitam'. Levee pun mengalami tekanan mental dan kemudian membunuh salah satu anggota band-nya sendiri. Sedangkan lagu-lagu Levee diambil oleh Mel dan dibawakan oleh band yang terdiri dari orang kulit putih semua. Ini adalah peran terakhir Chadwick di layar lebar sebelum berpulang.

2. 21 Bridges

Akan Selalu Dikenang, Ini 10 film Terbaik Chadwick Boseman 3
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: MWM Studios, Huayi Brothers, Gozie AGBO
  • Sutradara: Brian Kirk
  • Pemeran: Chadwick Boseman, Sienna Miller, Stephan James, Keith David, Taylor Kitsch, J. K. Simmons

Mendiang Chadwick memang paling cocok memerankan karakter dalam film laga. Dalam film ini, Chadwick berlakon sebagai Andre Davis, seorang perwira NYPD yang sukses seperti ayahnya, yang dibunuh saat bertugas ketika Davis berusia 13 tahun. Davis adalah spesialis pemburu 'pembunuh polisi', yaitu para penjahat yang sengaja ataupun tidak melukai hingga menghilangkan nyawa polisi.

Suatu ketika, ada dua penjahat yang berusaha mencuri kokain seberat 30 kg, tapi malah menemukan 300 kg kokain. Namun, polisi keburu datang dan mereka hanya bisa membawa 50 kg saja ke Manhattan. Dalam pelarian, salah satu dari penjahat menembaki polisi hingga meninggal.

Karenanya, Andre dan detektif bagian narkotika, Frankie Burns (Sienna Miller) diutus dalam kasus ini. Tapi, mereka 'berebut' dengan FBI yang mau mengambil alih kasusnya. Setelah perundingan alot, Andre dan Frankie lah yang akhirnya mendapatkan tugas ini. Dengan syarat, mereka harus bisa menangkap penjahat sebelum jam 5 pagi.

3. Black Panther

Akan Selalu Dikenang, Ini 10 film Terbaik Chadwick Boseman 5
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Superhero, Action
  • Produksi: Marvel Studios
  • Sutradara: Ryan Coogler
  • Pemeran: Chadwick Boseman, Michael B. Jordan, Lupita Nyong'o, Danai Gurira, Martin Freeman, Daniel Kaluuya

Semua orang mengenal Chadwick sebagai Black Phanter. Film superhero ini merupakan karakter Marvel Comics dan merupakan bagian dari Avengers. Karakter Black Phanter pertama kali diperkenalkan di film Captain America: Civil War (2016), kemudian mendapatkan filmnya sendiri pada tahun 2018.

Chadwick Boseman memainkan karakter T'Challa alias Black Panther. Setelah kematian ayahnya, T'Challa otomatis menjadi raja yang memerintah Wakanda. Namun, hal itu ditentang oleh Erik Killmonger alias N'Jadaka, anak dari almarhum paman T'Challa. Karena sama-sama memiliki hak untuk tahta, T'Challa dan N'Jadaka pun bertarung.

Sebenarnya T'Challa tidak terlalu mempermasalahkan tahta. Hanya saja, ia tahu N'Jadaka memiliki niat yang tak baik. Dalam pertarungan perebutan tahta, N'Jadaka berhasil mengalahkan T'Challa. N'Jadaka pun menjadi raja dan T'Challa dianggap telah meninggal dunia karena terkena tusukan dan dilempar dari air terjun.

Segera setelah dinobatkan menjadi raja, N'Jadaka melancarkan rencananya, yaitu menolong orang-orangnya (orang kulit hitam) di seluruh dunia dengan cara mempersenjatai mereka agar bisa melawan penindasan yang selalu mereka alami. Sebenarnya tujuan N'Jadaka ada baiknya, tapi caranya kurang tepat.

Film superhero dan film apapun juga dari Amerika yang biasanya didominasi aktor dan aktris kulit putih. Lihat saja film-film Marvel lainnya, seperti itu juga, kan. Orang kulit hitam biasanya hanya representasi saja. Namun, di film Black Phanter ini justru orang kulit putihnya saja satu, yaitu Martin Freeman saja.

4. Captain America: Civil War

Akan Selalu Dikenang, Ini 10 film Terbaik Chadwick Boseman 7
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Superhero, Action, War
  • Produksi: Marvel Studios
  • Sutradara: Anthony Russo, Joe Russo
  • Pemeran: Chris Evans, Robert Downey Jr., Scarlett Johansson, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Elizabeth Olsen, Frank Grillo, Chadwick Boseman

Captain America: Civil War adalah film ke-13 Marvel Cinematic Universe. Supaya mengerti alurnya, kamu harus menonton Captain America: The First Avenger (2011) dan Captain America: The Winter Soldier (2014). Terutama yang Winter Soldier, karena film ini sangat berkaitan dari sana. Civil War menceritakan tentang pertarungan internal antar Avengers.

Karena Perang Sokovia, pemerintah dan PBB sepakat untuk mengontrol kegiatan Avengers. Ada tim yang setuju dan tidak setuju. Anggota tim yang setuju adalah Iron Man, Black Widow, War Machine, dan Vision. Sedangkan sisanya yaitu Captain America dan Falcon percaya bahwa Avengers memiliki penilaian sendiri, dan adanya ikut campur tangan pemerintah akan meyulitkan aksi mereka.

Pada konferensi Kesepakatan Sokovia dilaksanakan, terjadi ledakan bom yang menewaskan Raja T'Chaka dari Wakanda. Rekaman CCTV menunjukkan bahwa pengebom tersebut adalah Bucky Barnes. Mereka tidak tahu kalau Bucky telah dicuci otak agar menjadi Winter Soldier lagi. T'Challa (Chadwick Boseman), anak T'Chaka, bersumpah untuk membunuh Barnes.

5. Avengers: Infinity War

Akan Selalu Dikenang, Ini 10 film Terbaik Chadwick Boseman 9

Dalam film Avengers: Infinity War, kita sudah mengenal Thanos sebagai musuh utama semua Avengers. Thanos tengah mengumpulkan Infinity Stones dan telah mendapatkan Power Stone. Thanos akan melenyapkan 1/2 dari populasi di seluruh alam jika keenam batu berhasil ia kumpulkan. Ia pun berhasil mendapatkan lima batu dan kemudian datang ke Bumi karena mengincar batu terakhir, Mind Stone, yang ada di kepala Vision.

Karena Vision berada di Wakanda untuk 'mengekstrak' Batu tanpa membunuhnya, peperangan pun terjadi di sana. Captain America membentuk pasukan bersama Bucky Barnes, Bruce Banner yang menggunakan robot Hulkbuster Stark karena tak bisa berubah menjadi Hulk, dan prajurit Wakanda. Dipimpin oleh T'Challa dan Captain America, mereka pun mempertahankan Wakanda juga Vision dari tangan Thanos.

6. Marshall

Akan Selalu Dikenang, Ini 10 film Terbaik Chadwick Boseman 11
  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Biography, Thriller
  • Produksi: Super Hero Films, hestnut Ridge Productions
  • Sutradara: Reginald Hudlin
  • Pemeran: Chadwick Boseman, Josh Gad, Kate Hudson, Dan Stevens, James Cromwell, Sterling K. Brown

Ini adalah film yang terinspirasi dari kisah nyata seorang Thurgood Marshall, hakim Mahkamah Agung keturunan Afrika-Amerika pertama yang pernah ada. Pada masa itu, isu rasial masih sangat kejam. Ketidakadilan sering terjadi untuk orang kulit hitam, maka itu sebagai satu-satunya pengacara berkulit hitam, Thurgood ingin menolong kasus besar.

Kasusnya adalah tuduhan pemerkosaan yang dilakukan orang kulit hitam atas majikannya yang berkulit putih. Tapi, terang-terangan terjadi diskriminasi. Marshall tidak diperbolehkan berbicara oleh hakim selama persidangan. Akhirnya, Sam Friedman (pengacara kulit putih) yang menangani kasus tersebut, tapi tetap dalam arahan Marshall.

7. Message from the King

Akan Selalu Dikenang, Ini 10 film Terbaik Chadwick Boseman 13
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Revenge, Action, Thriller
  • Produksi: Entertainment One, The Ink Factory, The Joker Films, Entre Chien et Loup
  • Sutradara: Fabrice Du Welz
  • Pemeran: Chadwick Boseman, Luke Evans, Teresa Palmer, Alfred Molina

Chadwick Boseman berperan sebagai Jacob King dalam film ini. Ceritanya, Jacob datang dari Afrika Selatan ke Los Angeles untuk mencari adik perepuannya, Bianca, yang menghilang tak ada kabar. Saat tiba di bandara Los Angeles, Jacob ditahan dan diintergoasi perihal tujuannya datang ke sana. Ia merupakan 'tamu' mencurigakan karena tak mem-booking penginapan sama sekali.

Jacob pun mengatakan kalau tujuannya untuk liburan saja dan akan kembali dalam 1 minggu. Jacob pun berhasil lolos. Segera, ia langsung ke rumah Bianca. Di sana tentu tak ada keberadaan sang adik. Orang-orang di sekitar mengatakan kalau Bianca terlibat pelacuran dan berkaitan dengan salah satu mafia di sana. Usaha Jacob menemukan Bianca pun berubah menjadi petualangan mengerikan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram