Bacaterus / Film Edukasi Indonesia / 10 Film Biografi Indonesia yang Wajib Ditonton Pecinta Film!

10 Film Biografi Indonesia yang Wajib Ditonton Pecinta Film!

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang, terutama tokoh-tokoh besar atau orang yang memiliki pengaruh besar untuk orang lain. Biografi jauh lebih mendalam ketimbang biodata.

Dari biografi ini kita bisa mempelajari tentang kehidupan orang-orang yang menginspirasi. Sudah pasti banyak hal yang bisa dipetik dari sana. Untuk itulah biografi disajikan supaya kita bisa mengenal orang-orang tersebut. Bentuknya bisa beragam, bisa buku atau film.

Kali ini kita akan membahas biografi anak bangsa dalam bentuk film. Tentu saja jadi hal penting bagi kita untuk mengetahui lebih dalam tentang mereka, anak-anak bangsa yang menginspirasi dengan caranya masing-masing.

Kisah-kisah itu tersaji dalam film biografi Indonesia. Selain penuh pesan yang bermanfaat juga menghibur karena digarap secara serius menjadi sebuah film. Berikut ini adalah beberapa film biografi Indonesia yang menjadi rekomendasi.

10 Film Biografi Indonesia Terbaik

1. GIE [2006]

GIE [2006]

Soe Hok Gie, namanya akan terus dikenang meski sosoknya telah tiada. Dia abadi melalui tulisan yang berkisah tentangnya dan sekarang melalui film biografi Indonesia yang mengangkat kisahnya. Nicholas Saputra yang dipercaya sutradara Riri Riza untuk memerankan sosok Gie.

Diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran karya Gie sendiri, dengan ditambah beberapa tokoh fiktif agar ceritanya lebih kuat. Tentang seorang anak keturunan Tionghoa yang tidak begitu kaya, Gie tumbuh menjadi sosok yang berani lagi idealis yang memperjuangkan keadilan.

2. Sang Pencerah [2010]

Sang Pencerah [2010]

Mungkin kamu pernah membaca kisah tentang K.H Ahmad Dahlan di pelajaran sejarah semasa sekolah. Kali ini, kamu diajak untuk mengenal beliau lebih dalam melalui film biografi Indonesia yang berjudul Sang Pencerah. Hanung Bramantyo yang menyutradarai film ini.

Film ini mengungkapkan sosok pahlawan nasional itu dari sisi yang tidak banyak diketahui publik. Beliau memperkenalkan Islam yang modern, terbuka, serta rasional. Versi novel kisah ini ditulis oleh Akmal Nasery Basral dan mendapat predikat Fiksi Terbaik Islamic Book Fair Award 2011.

3. Habibie & Ainun [2012]

Siapa yang tak tahu kisah dua sejoli legendaris ini? Kamu bisa mengenal mereka lebih dalam melalui film biografi Indonesia berjudul Habibie & Ainun yang rilis tahun 2012. Habibie dan Ainun diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. Kualitas akting keduanya tidak perlu diragukan lagi.

Film ini diangkat dari memori yang ditulis Habibie mengenai mendiang istrinya, Hastri Ainun Habibie. Awalnya berbentuk sebuah buku yang berjudul Habibie dan Ainun. Perjuangan Habibie dan kisah cintanya bersama Ainun kemudian dikisahkan menjadi sebuah film oleh MD Pictures.

4. Soekarno [2013]

Soekarno [2013]

Namanya sudah sering kita dengar, begitu pula kisahnya yang sudah sering kita baca, di media masa ataupun di sekolah. Sekarang, kita berkesempatan menikmati kisah beliau melalui film biografi Indonesia yang rilis tahun 2013 dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Soekarno, salah satu tokoh penting negeri ini. Orang yang sangat berpengaruh untuk kelahiran negeri ini. Ario Bayu yang memerankan beliau untuk film ini. Kita bisa melihat bagaimana perjuangan, pemikiran, dan pengorbanan beliau semasa hidupnya melalui film ini.

5. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar [2014]

Merry Riana

Namanya sudah sering terlihat menghiasa berbagai acara bisnis atau motivasi. Dua kata itu memang melekat pada diri seorang Merry Riana. Dia seorang pebisnis yang sangat menginspirasi. Kali ini, kita bisa menyimak kisahnya melalui film biografi Indonesia berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar yang rilis tahun 2014.

Chelsea Islan yang dipercaya memerankan sosok Merry Riana. Diceritakan, seorang lulusan SMA yang harus mengungsi ke Singapura karena kondisi negara sedang tidak stabil, di sanalah dia mulai memupuk mimpinya. Kisah yang menyentuh dan mampu memantik semangat siapapun yang menontonnya.

6. Jenderal Soedirman [2015]

Jenderal Soedirman [2015]

Semasa sekolah, kita diceritakan tentang beliau dan strategi gerilyanya waktu memperjuangkan kemerdekaan. Sekarang ini, kita diberi kesempatan untuk mengenal beliau lebih dalam melalui film biografi Indonesia Jenderal Soedirman. Adipati Dolken yang memerankan beliau di film ini.

Melalui film ini, penonton dibawa masuk ke latar cerita yang terjadi tahun 1948. Jenderal Soedirman yang sedang sakit tetap aktif memimpin perang gerilya selama tujuh bulan lamanya. Kegigihannya itu sangat menginspirasi generasi muda penerus bangsa.

7. Guru Bangsa: Tjokroaminoto [2015]

Guru Bangsa

Sekali lagi, Reza Rahadian menjadi peran utama. Kali ini memerankan Tjokroaminoto yang namanya sering kita lihat di buku sejarah, sang guru bangsa yang sangat peduli pada pendidikan masyarakat setelah lepas era tanam paksa.

Beliau yang lahir dari kaum bangsawan, berani meninggalkan status kebangsawanannya dan merasakan penderitaan sebagai rakyat jelata. Dari sana, beliau berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam. Perjuangan menjadi benih dari lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan.

8. Athirah [2016]

Athirah [2016]

Kamu pasti tahu Wakil Presiden yang sempat mendampingi SBY dan Jokowi adalah Bapak Jusuf Kalla. Film biografi Indonesia yang satu ini menceritakan tentang sosok ibundanya, Hj. Athirah Kalla, seorang perempuan bugis yang berjuang demi keutuhan keluarga.

Film ini mengisahkan tentang bagaimana keteguhan hati seorang perempuan, seorang istri, dan seorang ibu ketika ada perempuan lain masuk ke keluarganya. Ucu, anak tertuanya bingung harus berpihak kepada siapa. Ibunya? Atau Ayahnya?

9. Istirahatlah Kata-Kata [2016]

 Istirahatlah Kata-Kata [2016]

Kita mengenal sosoknya melalui tulisan-tulisan peninggalannya. Wiji Thukul, salah satu penyair paling berpengaruh yang pernah dimiliki negeri ini. Film ini menceritakan tentang perjuangan Wiji Thukul yang menuntut keadilan kepada pemerintah melalui gerakan, orasi, serta puisinya.

Kalau kamu menyukai sastra, luangkan waktu untuk menonton film ini. Ada banyak hal yang bisa kamu petik tentang bagaimana kehidupan penyair pada masa itu, juga tentang bagaimana karya bisa berpengaruh untuk banyak orang.

10. Kartini [2017]

Kartini [2017]

Beliau adalah salah satu sosok perempuan paling dikenang sepanjang sejarah. Jasa-jasanya masih kita rasakan manfaatnya sampai jauh hari setelah kepergiannya. R.A Kartini, diperankan oleh Dian Sastro.

Kamu bisa melihat lebih dalam perjuangan seorang R.A Kartini menyetarakan hak bagi semua orang, ningrat atau bukan melalui film ini. Sepanjang hidupnya Kartini memperjuangkan itu, terutama hak pendidikan untuk perempuan. Kartini berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jepara.

Sekarang kita bisa merasakan buah dari jasa dan pengorbanan yang mereka lakukan di masa lalu. Entah itu secara langsung atau tidak langsung. Kita pasti ingin menjadi seperti mereka, meninggalkan banyak kebaikan untuk generasi mendatang. Kita bisa memulai dengan menonton film biografi Indonesia.

Film biografi Indonesia bukan cuma menghibur, tetapi juga membantu kita untuk mengenal tokoh-tokoh besar yang mustahil bisa kita temui langsung. Maka, melalui film (selain buku) adalah cara terbaik yang ada supaya kita bisa mengenal dan meneladani mereka. Sebagai generasi muda, tentu penting bagi kita untuk mengenal kisah hidup tokoh-tokoh besar di masa lalu.

Dari film biografi Indonesia yang disebutkan di atas, ada tokoh favoritmu? Kalau tokoh favoritmu belum disebutkan, kamu boleh menambahkan di kolom komentar, ya. Kamu juga boleh menceritakan tokoh favoritmu yang sudah dibuat film biografinya di sana. Dengan menuliskan sedikit tentang mereka, kamu telah mengabadikan mereka melalui tulisanmu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar