Bacaterus / Film Barat / 5 Film Bertema Musim Panas yang Wajib Kamu Tonton

5 Film Bertema Musim Panas yang Wajib Kamu Tonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Desember 2018

Indonesia memang negara beriklim tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu kemarau dan hujan. Namun, bukan berarti kita tidak dapat menikmati rasanya musim panas, kan? Nah, di luar negeri sana, musim panas itu adalah waktu-waktunya libur panjang.

Destinasi tujuan wisata liburan pun tidak jauh-jauh dari pantai, kolam renang, taman, atau taman hiburan. Pokoknya yang adem-adem, deh! Selain itu, karena musim panas adalah musim liburan, akan banyak sekali kisah semasa liburan untuk diceritakan. Contohnya, cerita-cerita yang dituangkan dalam film-film berikut ini. Penasaran, kan? Yuk, baca terus!

5 Film Bertema Musim Panas yang Wajib Kamu Tonton

1. Little Miss Sunshine (2006)

little miss sunshine

Kalau mau dinilai dari cover-nya, jelas film ini ‘kelihatannya’ film musim panas sekali lantaran warna dominannya yang kuning cerah, hihihi. Namun, sebenarnya film ini tentang apa, sih?

Ceritanya dimulai dari kedatangan Frank Ginsberg (Steve Carrell) ke keluarga Hoover. Lantaran telah mencoba bunuh diri, Frank dibawa oleh kakaknya Sheryl Hoover (Toni Collette) untuk tinggal bersama keluarganya yang unik. Yup, keluarga Hoover adalah keluarga yang unik karena karakter tiap anggota keluarganya yang berbeda-beda, dan tak jarang bikin orang geleng kepala.

Pasalnya, sang kepala keluarga Richard Hoover, suami Sheryl, adalah seseorang yang berpendirian teguh untuk membangun kariernya sebagai motivator kehidupan, padahal sebenarnya dirinya sendiri adalah seorang pecundang.

Ayah Richard, Kakek Edwin Hoover yang suka merutuk, dikeluarkan dari panti jompo lantaran adiksinya terhadap heroin. Selain itu, ada si sulung Dwayne yang telah 9 tahun menghidupi sumpahnya untuk tidak mengucap sepatah kata pun. Serta, si bungsi Olive dan mimpinya untuk menjadi ratu kecantikan.

Suatu ketika, Olive berkesempatan untuk mengerjar mimpinya dengan mengikuti sayembara ratu kecantikan kanak-kanak yang diadakan di California. Lantaran minimnya biaya dan sedikitnya waktu, seluruh keluarga Hoover dan Frank pergi menggunakan VW kuning mereka, menempuh perjalanan dari Alberquerque, New Mexico, ke Pantai Redondo, California.

Karakter-karakter berwarna serta akting yang menakjubkan membuat film ber-genre komedi-drama ini layak diberi penghargaan Academy Awards tahun 2007 untuk Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Alan Arkin sebagai Kakek Edwin Hoover) dan Best Writing, Original Screenplay (Michael Ardnt).

Selain itu, film ini juga masuk dua nominasi Academy Awards untuk Best Motion Picture of the Year dan Best Performance by an Actress in a Supporting Role (Abigail Breslin sebagai Olive Hoover). Film ini juga mendapatkan rating sebesar 7.8 di iMDb! Tertarik nonton, kan?

2. (500) Days of Summer (2009)

(500) Days of Summer

Film ini bukan tentang cerita cinta, kata narator di film garapan Marc Webb ini. Dilihat dari judulnya, kata ‘musim panas’ jelas terlihat di dalamnya, padahal tidak benar-benar demikian, lho!

Summer (Zooey Deschanel) adalah nama seorang gadis, sekretaris yang baru bekerja di perusahaan kartu ucapan. Pertama kali bertemu, Tom (Joseph Gordon-Levitt) langsung jatuh hati padanya. Bahkan, Tom serta-merta yakin bahwa Summer adalah belahan jiwanya. Premis awal itu mengantar Tom pada lika-liku cerita yang naik-turun bak rollercoaster.

Meski Summer sudah secara tegas berkata bahwa dia tidak percaya dengan hubungan asmara apa pun dan tidak ingin memiliki pacar, Tom dan Summer pada akhirnya memiliki hubungan ‘lebih dari teman’, tapi bukan pacar. Hmm… Mungkin hubungan tanpa status, ya, bahasa kekiniannya? Hihihi.

Mengarungi cerita sederhana pun rumit antara Tom dan Summer, kita juga dikenalkan dengan karakter-karakter pendukung seperti McKenzie dan Paul yang berperan sebagai sahabat Tom, lalu adik remaja Tom, Rachel, yang kata-katanya selalu tepat sasaran, juga bos Tom yang kadang-kadang konyol, Mr. Vance.

Selain cerita dan karakternya yang dinamik, kita juga disuguhi oleh berbagai lanskap bangunan kota Los Angeles yang historis dan mengagumkan. Original soundtrack yang mengiringi jalan cerita pun tidak kalah pas. Tidak heran jika setelah menonton film ini, kamu akan sibuk mencari judul-judul lagu yang ada di film!

Film ini mengantarkan penghargaan Golden Globe 2010 ke tangan Joseph Gordon-Levitt yang berperan sebagai Tom, yaitu nominasi penghargaan Best Performance by an Actor in a Motion Picture – Comedy or Musical. (500) Days of Summer sendiri juga masuk nominasi Best Motion Picture – Comedy or Musical, lho! Tidak heran para penonton memberikan nilai 7.7 di IMDb untuk film ini. Keren, kan?

3. The Kings of Summer (2013)

The Kings of Summer

Film yang diputar di Festival Film Sundance 2013, dengan rating 7,2 di IMDb ini juga tidak kalah menarik dari dua film sebelumnya, lho! Dilihat dari judulnya, apakah film ini tentang raja-raja yang menguasai musim panas?

Tidak salah-salah amat, lho! Film ini bercerita tentang tiga remaja laki-laki yang memutuskan untuk hidup mandiri dengan membangun rumah di hutan dan hidup di dalamnya. Terdengar cukup ekstrem? Tenang, mereka melakukan hal tersebut juga ada alasannya, kok!

Joe Toy, salah satu penggagas ‘ayo kita mandiri dan hidup di hutan sampai mati’ ini sebenarnya sudah tidak tahan tinggal lama-lama dengan ayahnya yang begitu mengatur hidupnya. Patrick, sahabat Joe, juga bosan setengah mati dengan kehidupannya yang biasa-biasa saja. Sementara Biaggio? Yah, dia ikut-ikut saja supaya lebih seru. Hehe.

Berbekal alasan-alasan tersebut, ketiga remaja itu akhirnya melarikan diri ke hutan dekat rumah mereka. Untuk bertahan hidup, mereka membagi-bagi tugas. Joe dan Biaggio mengurus hewan-hewan untuk diburu dan Patrick bercocok tanam.

Pelarian mereka ini tentu membuat keluarga dan lingkungan khawatir. Hingga setelah beberapa minggu berlalu, mereka akhirnya dilaporkan hilang, dan nama serta wajah mereka muncul di banyak stasiun teve serta koran lokal.

Kedamaian dan kebebasan telah dirasakan ketiga cowok ini, tapi cerita tidak berhenti di sana. Nah, konflik mulai muncul ketika Joe mengundang gebetannya Kelly ke rumah mereka di dalam hutan. Penasaran dengan kelanjutannya? Yuk, nonton!

4. The Way, Way Back (2013)

The Way, Way Back

Duncan (Liam James) adalah seorang anak lelaki yang pemalu, serta agak tertutup. Maka ketika ibunya membawa ia pergi untuk menghabiskan liburan bersama pacar ibunya dan anak pacar ibunya, ia pikir liburan musim panasnya akan berantakan. Masalahnya, Duncan tidak menyukai pacar ibunya, Trent (Steve Carrell) yang selalu merendahkannya.

Sesampainya di summerhouse pun ibunya Pam (Toni Collette) malah lebih sering meninggalkannya untuk bersenang-senang dengan teman Trent. Yang mungkin akan membuat musim panasnya tidak begitu buruk adalah tetangganya Susanna (AnnaSophia Robb), tapi lantaran sifat pemalunya, Duncan tidak bisa banyak bicara dengan Susanna.

Hingga, ketika Duncan bersepeda, ia menemukan sebuah water park setempat, Water Wizz. Di sana, ia bertemu dengan para karyawan yang sedang bersenang-senang. Owen (Sam Rockwell) yang easy-going dan agak nyeleneh mengizinkan Duncan untuk bekerja paruh-waktu di sana.

Cepat atau lambat, Owen dan Duncan pun mulai dekat hingga akhirnya mereka menjalin pertemanan yang cukup erat. Owen adalah sosok yang cukup mendekati figur ayah untuk Duncan, membuatnya berharap bahwa pertemanannya dengan Owen dapat membuat Duncan lebih percaya diri untuk membela diri sendiri jika Trent merendahkannya lagi.

Film yang mendapatkan rating 7,4 di IMDb ini menawarkan pengalaman dan cerita hangat tentang keluarga dan kehidupan. Nuansa dan suasana musim panas juga sangat tergambar dan terasa jika kita menontonnya. Tunggu apa lagi?

5. The Descendants (2011)

the descendants

Hawaii! Tempat wisata yang cukup khas untuk dikunjungi ketika liburan musim panas. Nah, tetapi, Hawaii bukanlah tempat yang asing bagi Matt King dan keluarga. Pasalnya, mereka sudah bermukim di pulau itu dari generasi ke generasi!

Keluarga Matt memiliki lahan besar di Kauai yang kontraknya akan habis pada tujuh tahun ke depan. Sayangnya, mereka belum memiliki keputusan apa pun terkait tanah mereka tersebut. Meskipun Matt hidup di tengah keluarga serba berkecukupan, kehidupan Matt tidak begitu mulus.

Ketika Matt dan istrinya Elizabeth tengah memiliki permalasahan rumah tangga, Elizabeth mengalami kecelakaan kapal yang menyebabkannya koma. Selain itu, Matt juga harus mengurus kedua anak perempuannya, Scottie yang suka menghardik anak-anak lain sebagai bentuk cari perhatian, dan Alex yang bersekolah di asrama karena masalah adiksi obat-obatannya.

Film yang memiliki rating 7,3 versi IMDb ini dibintangi oleh George Clooney sebagai Matt dan Shailene Woodley sebagai Alex. Jangan salah, film ini juga menyabet penghargaan Academy Awards 2012 untuk Best Writing, Adapted Screenplay serta masuk 3 nominasi Academy Awards untuk Best Performance by an Actor in a Leading Role, Best Achievement in Directing, dan Best Achievement in Film Editing.

Selain itu, George Clooney juga memenangkan 3 penghargaan dan 2 nominasi Golden Globes. Sangat sukses bukan?

Menarik, bukan? Ngapain jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa menikmati liburan musim panas, dengan nonton juga bisa terasa, kok! Kalian punya rekomendasi film musim panas lainnya? Jangan ragu untuk berkomentar di bawah, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “5 Film Bertema Musim Panas yang Wajib Kamu Tonton”

Tinggalkan komentar