Bacaterus / Film Luar Angkasa / 10 Film Bertema Luar Angkasa Terbaik yang Wajib Ditonton

10 Film Bertema Luar Angkasa Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Februari 2020

Tak perlu menjadi astronot untuk bisa menjelajahi luar angkasa. Saat ini sudah banyak film bertema luar angkasa yang setiap tahunnya rilis di bioskop. Meskipun film tersebut sebagian besar adalah fiksi, tetapi setidaknya Anda bisa sedikit membayangkan suasana di luar angkasa.

Jika Anda termasuk orang yang gemar menonton film dengan latar belakang cerita luar angkasa, Bacaterus sudah menyiapkan daftar 10 film bertema luar angkasa yang terbaik sepanjang masa. Yuk, jelajahi dunia luar dengan menonton film-film keren ini.

10 Film Bertema Luar Angkasa Terbaik

1. 2001: A Space Oddysey [1968]

2001 A Space Oddysey Film Bertema Luar Angkasa

Old but gold. Itulah kata-kata yang pas untuk menggambarkan film 2001: A Space Oddysey. Walaupun film ini dirilis pada tahun 1968, tetapi film bertema luar angkasa ini mendapat predikat sebagai film sci-fi terbaik sepanjang sejarah.

Film garapan sutradara Stanley Kubrick ini mengisahkan tentang penemuan benda misterius yang terkubur di bawah permukaan bulan. Dalam film 2001: A Space Oddysey, penonton akan diajak menjelajah luar angkasa yang begitu megah dan menakutkan.

Efek visual yang berada dalam film ini tergolong sangat baik meskipun film ini dibuat pada tahun 60-an, di mana efek visual film belum secanggih saat ini.

2. Alien [1979]

Alien

Alien yang dirilis pada tahun 1979 ini adalah film pertama yang mengawali franchise film Alien dari masa ke masa. Film yang bergenre sci-fi dan horror ini langsung mendapat apresiasi dari masyarakat di seluruh dunia.

Mengambil setting tahun 2122, sebuah pesawat luar angkasa Nostromo menyusuri luar angkasa untuk kembali ke bumi. Namun, pesawat tersebut menerima sinyal SOS dari sebuah planet yang jauh. Saat melakukan pendaratan, salah satu kru diserang oleh mahluk misterius yang baru menetas dari telur.

Pasca penyerangan, kru tersebut tampak baik-baik saja sampai beberapa waktu kemudian alien setinggi 2,5 meter keluar dari dadanya dan mulai meneror seluruh awak pesawat tersebut.

3. Interstellar [2014]

Interstellar

Siapa yang tak kenal Christopher Nolan? Ia adalah sutradara berbakat yang dikenal sukses membangkitkan kembali film Batman melalui The Dark Knight Trilogy. Usai menyelesaikan trilogi film Batman, Nolan menggarap sebuah film bertemakan luar angkasa, Interstellar. Film yang dirilis pada tahun 2014 ini sangat sukses dan menuai pujian dari para kritikus film.

Adapun Interstellar menceritakan perjalanan antar galaksi yang dilakukan oleh Cooper (Matthew McConaughey) dan Brand (Anne Hathaway). Mereka mengemban misi paling penting dalam sejarah manusia, yakni mencari tempat tinggal baru bagi kelangsungan hidup manusia karena bumi akan berakhir.

4. Apollo 13 [1995]

Apollo 13

Siapa bilang semua film bertema luar angkasa adalah fiksi buatan manusia? Apollo 13 adalah salah satu film luar angkasa yang diadaptasi dari kisah nyata. Film ini menggambarkan kejadian dramatis dalam sebuah misi perjalanan ke bulan yang dilakukan oleh NASA.

Tiga astronot yang terdiri dari Lovell (Tom Hanks), Haise (Bill Paxton), dan Swigert (Kevin Bacon) menjalankan sebuah misi ke bulan dengan pesawat Apollo 13. Namun, di tengah perjalanan Apollo 13 mengalami kerusakan internal besar yang mengancam nyawa ketiga astronot di dalamnya. NASA harus menyusun strategi untuk mengembalikan Apollo 13 ke bumi demi menyelamatkan nyawa tiga astronot tersebut.

5. Star Trek [2009]

Star Trek

Apabila Anda menyukai film luar angkasa dengan sentuhan fantasi, Star Trek yang tayang di tahun 2009 ini adalah salah satu yang terbaik. Film yang disutradarai oleh J.J. Abrams ini menceritakan tentang Nero, bangsa Romulan, yang mencoba menghancurkan satu persatu planet di galaksi.

James Kirk (Chris Pine) bersama dengan Spock (Leonard Nimoy) mengumpulkan anggota tim lainnya untuk menghentikan aksi Nero sebelum semuanya terlambat. Alur cerita film ini berjalan dengan cukup dinamis dan mudah dipahami. Namun, seperti beberapa film Star Trek lainnya, jika Anda bukan penggemar film Star Trek tentu Anda tidak bisa langsung memahami film ini.

6. The Martian [2015]

The Martian

Dibintangi oleh Matt Damon, The Martian adalah film luar angkasa yang cukup laris. Terbukti film ini memperoleh penghasilan kotor sebesar US $ 630,2 juta dari budget-nya yang hanya US $ 108 juta. The Martian sempat tayang di bioskop Indonesia.

Film ini mengisahkan tentang Mark Watney (Matt Damon) yang merupakan astronot yang berjuang untuk hidup di Mars seorang diri. Mark ditinggal di Mars oleh timnya karena dianggap meninggal dunia karena diterjang badai yang sempat terjadi di planet tersebut.

Dengan perlengkapan sederhana, Mark bertahan hidup sambil mencoba mengirim sinyal ke bumi. Sementara itu, mantan tim Mark berusaha menyelamatkan Mark dan membawanya kembali ke bumi.

7. Gravity [2013]

Gravity

Bayangkan jika Anda terjebak melayang-layang di luar angkasa yang gelap dan tidak ada oksigen. Pasti rasanya sudah kehilangan harapan untuk hidup, bukan?

Hal tersebut yang dirasakan oleh tokoh Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock) dan astronot kawakan, Matt Kowalsky (George Clooney). Keduanya sedang menjalani misi rutin di stasiun luar angkasa. Namun naas, sebuah insiden terjadi, yaitu stasiun tersebut hancur dan membuat keduanya melayang-layang di luar angkasa.

Akankah keduanya bisa bertahan hidup dan selamat sampai ke bumi? Temukan jawabannya di film bertema luar angkasa dengan judul Gravity.

8. Star Wars: The Force Awakens [2015]

Star Wars The Force Awakens

Menutup akhir tahun 2015, sutradara sekaligus produser J.J. Abrams mempersembahkan sebuah film Star Wars yang dianggap terbaik di antara seri film Star Wars lainnya. Film ini mengambil latar belakang 30 tahun setelah Return of Jedi.

Fokus cerita Star Wars: The Force Awakens ini adalah Rey (Daisy Ridley) yang bergabung dengan mantan Stormtrooper bernama Finn (John Boyega) untuk melakukan perlawanan. Yang membuat Anda harus banget menonton film ini adalah tiga aktor Indonesia turut mendapat cameo di film ini, yakni Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Cecep Arif Rahman.

9. Solaris [1972]

Solaris

Solaris menceritakan tentang perjalanan seorang psikolog bernama Kris Kelvin (Donatas Banionis) ke stasiun luar angkasa milik Soviet. Kris diminta untuk memeriksa sejumlah kosmonot yang mengalami halusinasi dan gangguan psikologis saat sedang mengorbit sebuah planet bernama Solaris.

Sesampainya di sana, Kris juga mengalami hal yang sama. Kris bertemu istrinya, Hari (Natalya Bondarchuk) yang sudah meninggal dunia 10 tahun yang lalu. Apakah itu halusinasi atau merupakan bagian misteri dari Planet Solaris yang belum diketahui?

10. Guardians of the Galaxy [2014]

Guardians of the Galaxy Film Sci-Fi Terbaik

Bukan hanya digemari oleh fans MCU (Marvel Cinematic Universe), Guardians of the Galaxy (GOTG) juga cukup diapresiasi oleh pecinta film bertema luar angkasa. GOTG adalah film luar angkasa yang ringan dan jauh dari kata membosankan.

Penonton akan diajak dalam petualangan Peter Quill (Chris Pratt), seorang buronan yang berniat mencuri Orb, bola misterius, yang diinginkan oleh penjahat berbahaya bernama Ronan (Lee Pace).

Ketika mengetahui kekuatan Orb, Quill tidak memberikannya kepada Ronan karena ingin menyelamatkan alam semesta. Quill menjalani misinya dengan dibantu oleh Gamora (Zoe Zaldana), Rocket (Bradley Cooper) dan Groot (Vin Diesel).

Sejumlah film bertema luar angkasa ini ada yang memiliki cerita ringan sampai dengan yang terbilang cukup berat. Jika Anda ingin mengetahui sedikit banyak tentang dunia luar angkasa, tak ada salahnya Anda menonton kesepuluh film ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *