Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Januari 2019

Bagi seorang wanita, kehamilan adalah sebuah proses yang sangat berat namun membahagiakan. Banyak kesusahan yang didapat, terutama perubahan fisik dan kesulitan lainnya, tetapi semua mampu dijalani dengan rasa senang karena akan segera memiliki anak, buah hati yang selalu dinanti.

Banyak cerita menarik, unik, dan lucu, bahkan yang mampu meningkatkan motivasi dari proses kehamilan yang dilalui oleh para wanita di seluruh dunia. Dunia film tentunya menggunakan kehamilan ini sebagai salah satu pendukung penting sebuah film, bahkan ada yang menjadikannya tema utama.

Di bawah ini, Bacaterus pilihkan sepuluh film yang memiliki tema utama tentang kehamilan, yang ternyata lebih banyak didominasi oleh genre comedy. Penasaran? Langsung simak ulasan lengkapnya, ya!

10 Film Bertema Kehamilan Terbaik

1. She’s Having a Baby [1988]

She’s Having a Baby [1988]

* sumber: www.allmovie.com

Dalam proses kelahiran, tidak hanya bayi yang lahir, tetapi seorang ayah dan suami yang baik pun ikut lahir. Film comedy karya John Hughes ini menampilkan kisah pasangan pengantin baru dalam menghadapi kehidupan berumah tangga mereka dan proses mereka menjadi orang tua.

Meski film ini bukanlah film yang sukses secara finansial dan kualitas, tetapi akting Kevin Bacon cukup baik sebagai seorang pria yang menyadari jika dirinya sudah harus meninggalkan fase “single man” menuju “married man.” Di film ini juga tampil Alec Baldwin sebagai aktor pendukung yang mencuri perhatian.

2. Father of the Bride Part II [1995]

* sumber: www.allmovie.com

Jika di film pertama kita jatuh cinta dengan nuansa pernikahan, maka di film lanjutannya ini kita dihadapkan pada fase kelahiran. Uniknya, sang calon kakek juga menunggu kelahiran calon anaknya. Steve Martin dan para aktor-aktris di film pertamanya kembali meramaikan kisah comedy yang hangat ini.

Di film ini, dipaparkan seluk-beluk proses kehamilan hingga kelahiran, dalam perspektif comedy tentunya, tetapi tetap humanis dan penuh pesan moral yang pantas dijadikan nasihat bagi para calon ibu-bapak dalam menghadapi salah satu fase yang berat dalam hidup ini. Intinya adalah tetap bersama dalam keluarga.

3. Nine Months [1995]

* sumber: www.allmovie.com

Dalam menyikapi kehamilan, ada dua perasaan yang muncul, yaitu bahagia dan cemas. Dua perasaan inilah yang menghinggapi pasangan yang diperankan dengan sangat baik oleh Hugh Grant dan Julianne Moore. Sang wanita sangat bahagia dan antusias dengan kehamilannya, sebaliknya sang pria yang merasa cemas.

Film ini akan mengundang banyak senyum dan tawa, terutama setiap kali karakter dokter asal Rusia muncul, yang diperankan dengan akting terbaik dari Robin Williams. Selain itu, kita akan dibuat mengerti dengan perasaan kebanyakan pasangan dalam proses menjadi orang tua kelak.

4. Citizen Ruth [1996]

* sumber: www.film.avclub.com

Kehamilan seseorang ternyata bisa menjadi lahan politik juga. Ini terjadi dalam kisah film yang dibintangi oleh Laura Dern. Dirinya hamil tetapi oleh pemerintah dianggap tidak mampu untuk menghidupi sang jabang bayi dan dianjurkan untuk melakukan aborsi.

Kemudian, muncul dua pihak yang ingin menariknya ke dalam kelompoknya, yaitu kelompok pro-life dan pro-choice. Awalnya, mereka bersikap baik dan seolah-olah peduli terhadap derita sang calon ibu, ternyata dia hanya dijadikan icon di media bagi persaingan politik kedua pihak ini.

5. Saved! [2004]

* sumber: www.fanpop.com

Seorang gadis menjadi frustrasi begitu mengetahui jika kekasihnya adalah seorang gay. Kenyataan lebih mengejutkan bahwa ternyata dia hamil! Dan hal ini semakin membuatnya frustrasi. Di film religius dengan banyak karakter ini, sang gadis yang hamil hanyalah salah satu kisah dari banyaknya cerita yang disajikan.

Terjadi kekisruhan di sekolah karena berita kehamilan ini, yang salah satunya memicu kelompok religius menganggap dirinya seorang pezina yang tidak layak ditolong, tetapi banyak juga yang menaruh simpati kepadanya. Pada akhirnya, sang gadis menemukan keimanannya saat kelahiran anaknya.

6. Juno [2007]

* sumber: www.allmovie.com

Film remaja ini memiliki tema yang tidak biasa, yaitu kehamilan. Tema ini diangkat secara serius meski terkesan ringan dengan sedikit sentilan humor disana-sini. Michael Cera dan Ellen Page tampil sangat klop dalam film indie karya Jason Reitman ini.

Juno mengandung anak hasil hubungannya yang tidak disengaja. Meski bertanggung jawab, tetapi Juno tidak ingin memiliki anak itu, tetapi dia tidak ingin melakukan aborsi. Maka dia pun menyerahkan anaknya kelak kepada pasangan yang sudah lama mengidamkan kehadiran anak dalam pernikahan mereka.

7. Knocked Up [2007]

* sumber: www.allmovie.com

Rupanya di tahun 2007 ini tema kehamilan menjadi favorit. Salah satunya adalah film comedy arahan Judd Apatow dengan humor khasnya. Hampir sama dengan Juno, film ini mengisahkan tentang kehamilan yang tidak diduga oleh pasangan yang bukan kekasihnya.

Rasa tanggung jawab karena perbuatannya itu membuat Seth Rogen harus siap dengan segala konsekuensi sebagai seorang ayah kelak. Dia pun mulai menyiapkan apa yang harus disiapkan dan dilakukan. Meski dalam konteks comedy, pendalam karakter dan psikologi manusianya cukup tergali dengan baik.

8. Waitress [2007]

* sumber: www.allmovie.com

Masih di tahun yang sama, muncul lagi satu film tentang kehamilan yang menyorot lebih dalam tentang sisi psikologis wanita dalam masa terberatnya. Dibintangi oleh Keri Russell, yang berperan sebagai seorang waitress di sebuah resto pie dalam keadaan hamil yang semakin membesar.

Surat-surat yang ditulis olehnya sebagai semangat dalam menjalani hidup sendiri dan menyambut sang buah hati, adalah bagian yang sangat menyentuh dalam film ini. Terlihatlah betapa beratnya pengorbanan seorang ibu bagi anaknya yang sangat dicintainya.

9. Baby Mama [2008]

* sumber: www.allmovie.com

Tina Fey berperan sebagai seorang wanita karir yang tidak sempat memikirkan kehidupan pribadinya sehingga divonis tidak bisa melahirkan di usianya saat ini dengan resiko yang banyak sekali. Akhirnya, dia memutuskan untuk mencari seorang wanita yang akan menjadi ibu bagi anaknya kelak.

Dalam konteks comedy, kisah pilu ini mampu mengundang tawa dan senyum yang banyak. Dimulai dari pertikaian dan perang dingin, hingga akhirnya mereka menemukan titik temu bagi masa depan anak mereka kelak. Ada senang, ada sedih, dan ada bahagia yang ditampilkan di film ini.

10. What to Expect When You’re Expecting [2012]

* sumber: www.allmovie.com

Film ini menceritakan lima pasangan yang sedang menantikan kelahiran anak mereka dengan segala problematika hidup mereka masing-masing. Ada yang belum siap, ada yang terlalu siap, ada juga yang harus menanti anak bukan dari rahimnya sendiri, dan masih banyak cerita lainnya.

Dibintangi oleh banyak aktor-aktris ternama, film ini diangkat dari buku best-seller yang berisi tips dan trik selama hamil, namun kemudian dibuat menjadi film layar lebar yang mencoba menerjemahkan isi buku lewat karakter-karakter yang ada di film ini.

Deretan film di atas hanyalah gambaran sekelumit dari banyaknya ragam kejadian yang dialami selama masa kehamilan. Semua pasangan mengharapkan proses yang satu ini dan mereka mampu menjalaninya bersama dalam suka dan duka, seperti janji di pernikahan mereka. Tetapi masalah selalu saja hadir untuk mendewasakan kita.

Intinya, baik istri maupun suami, harus siap ketika diberi amanah berupa anak. Tidak perlu khawatir masalah ekonomi dan lain halnya, karena anak membawa rezekinya sendiri. Kita cukup merawatnya sedari dalam kandungan dengan baik dan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan, dan terus begitu hingga mereka beranjak dewasa kelak.