Bacaterus / Film Keluarga / 10 Film Bertema Ayah yang Seru Sekaligus Mengharukan

10 Film Bertema Ayah yang Seru Sekaligus Mengharukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai kepala keluarga, ayah adalah sosok yang berperan penting. Menjadi ayah yang baik dan bertanggung jawab adalah cita-cita setiap pria yang sudah berkeluarga. Nah, karena kita sedang membahas sosok ayah, Bacaterus akan mengulas beberapa film tentang sosok ayah tangguh yang menarik untuk ditonton. Yuk, simak daftar film yang sudah kami rangkum untuk kamu!

1. John Q

John Q (Copy)

John Q dirilis tahun 2002. Film yang diperankan oleh aktor Denzel Washington ini, berkisah mengenai perjuangan sosok ayah bernama John Archibald Quinchy dalam memperjuangkan kesehatan anaknya yang mengalami kelainan jantung. Biaya rumah sakit yang besar serta birokraksi rumah sakit yang rumit, membuat Jhon melakukan aksi penyanderaan di rumah sakit terebut.

Film bergenre action crime ini, selain menampilkan scene yang mampu membawa emosi penonton, film ini juga membawa isu sosial yang relate dengan kehidupan yang ada di masyarakat. Mampukah John menyelamatkan nyawa anak satu-satunya tersebut? Supaya tidak penasaran, lebih baik tonton filmnya.

2. The Pursuit Of Happynes

The Pursuit Of Happynes (Copy)

Film tentang sosok ayah tangguh selanjutnya berjudul The Pursuit of Happynes yang diperankan oleh Will Smith. Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini, berkisah mengenai perjalanan seorang ayah bernama Chris Gardner. Kehidupan yang berat bersama sang anak membuatnya harus memutar otak setiap waktu.

Pertemuan tidak sengaja dengan seorang pria kaya telah menginspirasi dirinya untuk mengikuti jejaknya sebagai seorang pialang saham. Kisah mengharukan perjuangan hidup sang ayah ini memang mampu menguras air mata.

Kegigihan serta usaha untuk bertahan hidup di tengah keterbatasan bisa menjadi inspirasi bagi siapapun yang menonton filmnya. Memiliki rating yang cukup baik, film ini memang sangat direkomendasikan untuk ditonton.

3. Big Fish

Big Fish (Copy)

Big Fish adalah salah satu film drama fantasi yang sudah dirilis tahun 2003.  Bermula ketika Will harus kembali ke rumah ayahnya Ed Bloom yang sedang sakit keras. Film yang menampilkan kilas balik perjalanan magical sang ayah ketika masih muda, mampu membawa penonton ke dalam dunia fantasi yang cukup menghibur.

Film yang mengangkat konflik unik antara ayah dan anak ini, menjadi salah satu tontonan wajib bagi para pecinta film drama fantasi keluarga. Selain memiliki sinematografi yang unik, plot twist dalam film mampu memberi kesan tersendiri bagi penonton.

4. I am Sam

I am Sam (Copy)

Sosok ayah yang cerdas dan bertanggung adalah dambaan setiap anak. Namun, bagaimana jadinya bila sosok ayah tersebut memiliki intellectual disability?

Berjudul I am Sam, film yang sudah dirilis tahun 2001 ini mengangkat isu yang cukup menarik. Perjuangan seorang ayah penyandang intellectual disability bernama Sam Dawson yang diperankan oleh Sean Penn untuk mendapat hak asuh penuh atas putrinya Lucy, memang sangat mengharukan.

Kekurangan yang dimiliki Sam tidak membuatnya menyerah menghadapi Departemen Layanan Anak dan Keluarga yang menginginkan Lucy berada di lembaga sosial, agar Lucy bisa diadopsi oleh keluarga normal. Dengan dibantu pengacara handal yang terkenal dingin dan sinis, mampukah Sam mendapatkan hak asuh atas Lucy? Tonton sendiri film mengharukan yang satu ini!

5. Captain Fantastic

Captain Fantastic (Copy)

Captain Fantastic bercerita mengenai seorang ayah yang mendidik anaknya jauh dari kehidupan modern. Setelah kematian istrinya, Ben Cash yang diperankan oleh Viggo Mortensen melakukan perjalanan bersama anak-anaknya untuk menghadiri pemakaman sang istri di kediaman orang tuanya.

Konflik yang terjadi antara keluarga Ben ini memang menarik untuk disimak. Selain memiliki dialog yang cerdas di beberapa scene, cara extreme Ben dalam mendidik anak bisa membuka sudut pandang baru bagi penonton. Film yang berisi kritik sosial terhadap perkembangan zaman yang semakin pesat, menjadikan film yang memiliki interpretasi yang cukup dalam ini wajib ditonton.

6.Click

Click (Copy)

Film komedi keluarga yang diperankan Adam Sandler ini menjadi salah satu film bertema ayah yang memiliki cerita unik sekaligus ajaib. Bercerita mengenai Michael Newman, seorang kepala keluarga ambisius yang selalu mengeluh dengan kehidupannya.

Keadaan mulai berubah, ketika Newman mendapat sebuah remote control yang mampu mengendalikan kehidupannya. Kemampuan remote control yang bisa digunakan untuk melewati bagian dalam hidupnya tersebut, membuat Newman melewatkan masa-masa penting bersama keluarga yang disayanginya.

Film drama komedi fantasi yang dikemas secara ringan ini memang mampu menghipnotis penonton dengan cerita uniknya.

7. Taken

Taken (Copy)

Film action yang mengangkat sosok ayah sebagai pemeran utamanya berjudul Taken. Film ini dirilis tahun 2008 silam. Film yang diperankan oleh Liam Neeson ini bercerita mengenai Bryan Mills, seorang pensiunan CIA yang berusaha menyelamatkan putrinya, Amanda.

Amanda yang hendak menghabiskan waktu liburan di Prancis telah menjadi korban penculikan sindikat perdagangan wanita. Bryan yang sempat berbicara dengan Amanda melalui telepon sesaat sebelum penculikan terjadi, berusaha menemukan jejak putrinya dengan kemampuan analisa yang ia miliki.

Berhasilkah Bryan membawa Amanda pulang? Film action yang menegangkan ini memang salah satu film action yang harus ditonton.

8. Finding Nemo

Finding Nemo (Copy)

Finding Nemo adalah film animasi produksi Pixar yang mengangkat makhluk laut sebagai tokoh cerita dalam film. Finding Nemo bercerita mengenai perjuangan seekor ikan badut yang berusaha menemukan anaknya bernama Nemo di lautan lepas. Film animasi yang dikemas secara apik ini menampilkan pemandangan bawah laut yang memanjakan mata penonton.

Film yang mempunyai banyak adegan serta dialog lucu hewan laut sepanjang jalan cerita, menambah keseruan petualangan para biota laut tersebut. Memiliki pesan kuat melalui seekor ikan kecil di tengah lautan, film ini memang menarik untuk ditonton bersama keluarga.

9. Searching

Searching (Copy)

Berbicara mengenai sosok ayah yang tangguh, David Kim mungkin adalah salah satunya. Film berjudul Searching ini bercerita mengenai sosok ayah bernama David Kim yang diperankan oleh Jhon Cho yang berusaha menemukan putrinya yang tiba-tiba menghilang secara misterius.

Melalui jejak digital yang digunakan putrinya, David berusaha mengumpulkan informasi mengenai putrinya tersebut. Film yang membawa ketegangan di setiap adegan tersebut menjadi film yang berhasil mencuri perhatian penonton di tahun 2018 lalu. Memiliki plot twist yang berhasil mengecoh penonton,  film thriller yang satu ini memang sayang untuk dilewatkan.

10. Ayah, Mengapa Aku Berbeda ?

Ayah, Mengapa Aku Berbeda (Copy)

Diangkat dari sebuah novel yang cukup terkenal, film karya sutradara Indonesia ini memang menjadi salah satu film bioskop yang cukup sukses di Indonesia. Film ini menceritakan tentang sosok gadis bernama Angel, seorang gadis tuna rungu yang memiliki ayah luar biasa yang selalu menemaninya.

Sosok ayah yang diperankan Surya Saputra mampu menjadi energi positif bagi tokoh yang diperankan oleh Dinda Hauw ini. Film yang menampilkan banyak konflik batin antara ayah dan anak ini memang sanggup membuat penonton berderai air mata. Maka, tak salah bila film ini menjadi rekomendasi tontonan di akhir pekan.

Nah, guys itulah film bertema ayah yang wajib untuk ditonton. Selain memiliki pesan moral yang baik, film-film tersebut dapat mengingatkan kita pada perjuangan ayah yang selama ini berjasa dalam hidup kita. Simak terus, baca terus.com untuk mendapat informasi mengenai film lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *