10 Rekomendasi Film Barat Terbaik di Tahun 2022

Ditulis oleh Siti Hasanah

7. Mass

Mass
Tahun Rilis 2021
Genre
Sutradara
Pemeran Jason Isaacs Martha Plimpton Ann Dowd Reed Birney

Sejak penayangannya, Mass menjadi film yang dibanjiri kritik positif dan kritikus film dan penikmat film lainnya. Rotten Tomatoes, platform ulasan fim memberikan average rating 92% untuk film ini.

Kritik positif di critis census platform tersebut sebagian besar berisi apresiasi dan emosional terhadap film ini.  Film yang mengambil lokasi di Sun Valley Idaho, USA ini berkisah tentang tragedi kelam yang mempengaruhi dua pasangan dengan cara yang berbeda.

Kisah berfokus pada orang tua korban penembakan sekolah yang bertemu empat mata dengan orang tua pelaku insiden penembakan tersebut.

8. Licorice Pizza [2021]

Licorice Pizza_
  • Tahun Rilis: 25 Desember 2021
  • Genre: Comedy, Drama, Romance
  • Produksi: MGM, BRON Studios, Focus Features, Ghoulardi Film Company
  • Sutradara: Paul Thomas Anderson
  • Pemeran: Alana Haim, Cooper Hoffman, Sean Penn

Mungkin kita sudah mafhum bahwa Paul Thomas Anderson memiliki cita rasa berbeda dalam menghasilkan sebuah film. Kesan psikologis yang mendalam dan filosofi hidup yang unik dalam pengembangan karakternya adalah ciri khas yang sangat sulit ditiru oleh sineas lain.

Dan hal ini dia buktikan lagi lewat film komedi remaja yang dibintangi oleh Alana Haim dan Cooper Hoffman ini.

Masuk nominasi Best Picture Oscar sudah cukup membuktikan kualitas film yang soundtrack-nya diisi oleh lagu-lagu dari era awal 1970an, seperti Paul McCartney & Wings dan The Doors, yang semakin menguatkan nuansa nostalgia serta keautentikan nuansa filmnya.

9. West Side Story [2021]

West Side Story
  • Tahun Rilis: 10 Desember 2021
  • Genre: Drama, Romance, Crime, Musical
  • Produksi: Twentieth Century Studios, Amblin Entertainment
  • Sutradara: Steven Spielberg
  • Pemeran: Ansel Elgort, Rachel Zegler, Ariana DeBose

Sejak pentas musikal karya Leonard Bernstein dan Stephen Sondheim ini hadir pada tahun 1957, kisah yang terinspirasi dari Romeo & Juliet karya William Shakespeare ini sudah pernah diadaptasi ke layar lebar lewat arahan Robert Wise dan Jerome Robbins yang berhasil menang sebagai Best Picture di ajang Oscar.

Kali ini sutradara senior Steven Spielberg mencoba menghadirkan kembali sebuah remake yang naskahnya ditangani oleh Tony Kushner.

Film ini pun masuk nominasi Best Picture Oscar yang menancapkan rekor sebagai film remake kedua yang masuk nominasi Best Picture dan prestasi pribadi Steven Spielberg yang masuk nominasi Best Director di setiap dekade dalam karirnya.

10. Tick, Tick…Boom! [2021]

Tick, Tick... Boom!_

Satu lagi film musikal terbaik tahun 2021 yang merupakan original film Netflix berdasarkan biografi Jonathan Larson, seorang komposer Amerika yang kisahnya pernah diadaptasi ke pentas musikal pada tahun 2001 hingga 2016.

Menjadi film andalan Netflix di ajang Oscar bersama film The Power of the Dog (2021), film yang menjadi debut penyutradaraan Lin-Manuel Miranda ini dibintangi oleh Andrew Garfield yang tampil dalam performa terbaiknya dengan membawa pulang kemenangan di Golden Globe Awards sebagai Best Actor.

Itulah 10 film barat terbaik tahun ini. Sepanjang tahun ini penikmat film disuguhi film-film menarik dari berbagai genre. Ulasan positif dan tinggi yang diberikan pada penonton menjadi salah satu parameter pada penonton bahwa film ini wajib kamu tonton.

Nah, kira-kira dari daftar film di atas, yang manakah yang film favoritmu? Coba isi komentar di kolom komentar di bawah ini, ya.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram