bacaterus web banner retina

10 Rekomendasi Film Barat Terbaik di Tahun 2022

Film merupakan sebuah karya seni yang banyak diminati oleh banyak orang. Melalui sebuah film, penonton diajak memasuki dunia baru dan tenggelam dalam cerita yang diangkatnya. Ada banyak genre film yang seru untuk diikuti, mulai dari komedi yang mengocok perut sampai film horror yang bikin tak berani tidur sendirian.

Di tahun ini, sederet film terbaik sudah tayang dan siap menemani waktu luangmu. Kami sudah merangkum film-film terbaik dari berbagai genre yang bisa kamu jadikan referensi binge watching-mu. Simak informasi menariknya di bawah ini yuk!

1. The Batman [2022]

The Batman

Di tahun keduanya, Batman menghadapi musuh besarnya, The Riddler, yang melakukan pembunuhan para pejabat Gotham yang korup dengan meninggalkan teka-teki yang menggiring Bruce Wayne membuka masa lalu keluarganya yang kelam.

Bersama Detektif Gordon dan Catwoman, Batman berjibaku mengungkap misteri dan menanggulangi kemelut di Kota Gotham.

Sebagai salah satu film yang ditunggu di tahun 2022, film ini berhasil memenuhi ekspektasi para pecinta film superhero, terutama fans sejati Batman, yang sudah pasti menyematkan film ini sebagai film Batman terbaik setara trilogi The Dark Knight.

Lebih kuat di sisi drama daripada action, tidak membuat Matt Reeves mengabaikan elemen penting dari film superhero tersebut. Meski porsinya lebih sedikit, tapi adegan action di film ini ditampilkan dengan sangat baik, mendebarkan, keras, dan mengesankan.

Batmobile dengan kesan klasik menjadi pembeda, selain mengungkit sisi detektif Batman yang belum pernah ditampilkan di film-film Batman sebelumnya.

2. Munich: The Edge of War [2021]

Munich The Edge of War

Dua diplomat lulusan Oxford berbeda negara berusaha mencegah pecahnya perang besar yang dipicu oleh invasi Nazi di Eropa.

Lewat dokumen rahasia yang coba diperlihatkan kepada PM Inggris, membuat dua sahabat ini menjadi agen rahasia dadakan yang meletakkan nyawa mereka di hadapan ancaman Adolf Hitler dengan pergerakan mereka.

Merupakan adaptasi dari novel karya Robert Harris, kisah dalam film ini murni fiktif belaka tetapi dengan latar belakang sejarah yang akurat sehingga nuansa historisnya sangat terasa.

Ketegangan dalam memburu waktu di saat yang sempit menjadi elemen penting dalam film yang membuat kita ikut hanyut dalam jalan ceritanya ini.

3. Spider-Man: No Way Home [2021]

Spiderman No Way Home_Poster (Copy)

Menjadi film superhero yang lengkap dari semua sisi dan menghibur sehingga durasi film yang panjang tidak akan pernah terasa sama sekali.

Bahkan sangat diyakini masih akan menarik apabila ditonton ulang berkali-kali, membuat film ini merupakan salah satu film terbaik dari Marvel Cinematic Universe yang juga bersinggungan dengan Sony’s Spider-Man Universe.

Menghadirkan tiga Spider-Man sekaligus yang berasal dari semesta lain, mengembalikan nostalgia bersama Tobey Maguire dan Andrew Garfield yang tampil sangat apik seolah menebus keburukan perfoma film terakhir mereka masing-masing sebagai Spider-Man.

Dan cerita di film ini adalah awal dari kerumitan multi-verse yang akan dijabarkan lebih detail dalam film-film MCU selanjutnya.

4. Zack Snyder’s Justice League

Zack Snyder’s Justice League

Film besutan Zack Snyder ini menjadi penghiburan mengesankan bagi penggemar karakter DC yang kecewa terhadap film sebelumnya, Justice League arahan sutradara Joss Whedon. Zack Snyder memasukan scene garapannya yang tidak diselipkan dalam scene Justice League versi Whedon.

Zack Synder’s Justice League mengambil latar waktu pasca kematian Superman alias Clark Kent (Henry Cavill) yang kalah dalam pertarungan melawan Doomsday di Batman VS Superman: Dawn of Justice.

Dalam film ini Bruce Wayne (Ben Affleck) yang berperan sebagai Batman membentuk aliansi superhero yang terdiri dari Aquaman (Jason Momoa), Wonder Woman (Gal Gadot), The Flash (Ezra Miller), dan lain-lain.

Bruce Wayne berusaha mencegah kehancuran dunia akibat serangan dari Desaad, Darkseid dan para penjahat-penjahat lainnya. Meksipun sedikit terlambat, namun, Bruce ingin membuktikan bahwa pengorbanan Clark Kent tidak sia-sia.

5. CODA [2021]

CODA
  • Tahun Rilis: 13 August 2021
  • Genre: Comedy, Drama, Music
  • Produksi: Vendome Pictures, Pathe Films, Picture Perfect Federation
  • Sutradara: Sian Heder
  • Pemeran: Emilia Jones, Marlee Matlin, Troy Kotsur

Satu lagi film yang mengupas tentang kehidupan warga tunarungu dengan berbagai problematika di dalamnya yang memiliki cerita lebih kompleks daripada Sound of Metal (2019).


Mewujudkan impian di atas pandangan miring masyarakat terhadap keluarga tunarungu merupakan ujian tersendiri yang harus dihadapi oleh Ruby sebagai satu-satunya anggota keluarga yang bisa mendengar.

Mencuri banyak perhatian berkat kesederhanaan yang disajikan dengan kesan mendalam dan menyentuh hati, film ini berjaya di banyak ajang penghargaan dan festival film di seluruh dunia, termasuk nominasi Best Picture Oscar.

Ini membuktikan kualitas film CODA menjadi film jebolan Sundance Film Festival dengan nilai tertinggi untuk hak distribusi ini yang hanya tayang secara streaming di Apple TV+ saja.

6. Dune [2021]

Dune_

Sebagai novel fiksi ilmiah terlaris, cerita dalam novel ini dianggap tidak mungkin bisa diadaptasi ke dalam film karena kerumitan dan keunikan nuansa yang terdapat dalam kisahnya.

Setelah kegagalan adaptasi film produksi tahun 1984 karya David Lynch, proyek adaptasi terbaru ini juga sempat diragukan, tetapi semua berhasil ditepis oleh visi sutradara Dennis Villeneuve yang diterjemahkan dengan apik olehnya.

Menjadi salah satu nominator Best Picture Oscar, film dengan Timothee Chalamet dan Zendaya sebagai bintang utamanya ini menjadi salah satu film terbaik di tahun 2021 yang sudah mempersiapkan film sequel-nya yang akan meneruskan kisah petualangan Paul Altreides di dunia futuristik ini.

7. Mass

Mass

Sejak penayangannya, Mass menjadi film yang dibanjiri kritik positif dan kritikus film dan penikmat film lainnya. Rotten Tomatoes, platform ulasan fim memberikan average rating 92% untuk film ini.

Kritik positif di critis census platform tersebut sebagian besar berisi apresiasi dan emosional terhadap film ini.  Film yang mengambil lokasi di Sun Valley Idaho, USA ini berkisah tentang tragedi kelam yang mempengaruhi dua pasangan dengan cara yang berbeda.

Kisah berfokus pada orang tua korban penembakan sekolah yang bertemu empat mata dengan orang tua pelaku insiden penembakan tersebut.

8. Licorice Pizza [2021]

Licorice Pizza_
  • Tahun Rilis: 25 Desember 2021
  • Genre: Comedy, Drama, Romance
  • Produksi: MGM, BRON Studios, Focus Features, Ghoulardi Film Company
  • Sutradara: Paul Thomas Anderson
  • Pemeran: Alana Haim, Cooper Hoffman, Sean Penn

Mungkin kita sudah mafhum bahwa Paul Thomas Anderson memiliki cita rasa berbeda dalam menghasilkan sebuah film. Kesan psikologis yang mendalam dan filosofi hidup yang unik dalam pengembangan karakternya adalah ciri khas yang sangat sulit ditiru oleh sineas lain.

Dan hal ini dia buktikan lagi lewat film komedi remaja yang dibintangi oleh Alana Haim dan Cooper Hoffman ini.

Masuk nominasi Best Picture Oscar sudah cukup membuktikan kualitas film yang soundtrack-nya diisi oleh lagu-lagu dari era awal 1970an, seperti Paul McCartney & Wings dan The Doors, yang semakin menguatkan nuansa nostalgia serta keautentikan nuansa filmnya.

9. West Side Story [2021]

West Side Story
  • Tahun Rilis: 10 Desember 2021
  • Genre: Drama, Romance, Crime, Musical
  • Produksi: Twentieth Century Studios, Amblin Entertainment
  • Sutradara: Steven Spielberg
  • Pemeran: Ansel Elgort, Rachel Zegler, Ariana DeBose

Sejak pentas musikal karya Leonard Bernstein dan Stephen Sondheim ini hadir pada tahun 1957, kisah yang terinspirasi dari Romeo & Juliet karya William Shakespeare ini sudah pernah diadaptasi ke layar lebar lewat arahan Robert Wise dan Jerome Robbins yang berhasil menang sebagai Best Picture di ajang Oscar.

Kali ini sutradara senior Steven Spielberg mencoba menghadirkan kembali sebuah remake yang naskahnya ditangani oleh Tony Kushner.

Film ini pun masuk nominasi Best Picture Oscar yang menancapkan rekor sebagai film remake kedua yang masuk nominasi Best Picture dan prestasi pribadi Steven Spielberg yang masuk nominasi Best Director di setiap dekade dalam karirnya.

10. Tick, Tick…Boom! [2021]

Tick, Tick... Boom!_

Satu lagi film musikal terbaik tahun 2021 yang merupakan original film Netflix berdasarkan biografi Jonathan Larson, seorang komposer Amerika yang kisahnya pernah diadaptasi ke pentas musikal pada tahun 2001 hingga 2016.

Menjadi film andalan Netflix di ajang Oscar bersama film The Power of the Dog (2021), film yang menjadi debut penyutradaraan Lin-Manuel Miranda ini dibintangi oleh Andrew Garfield yang tampil dalam performa terbaiknya dengan membawa pulang kemenangan di Golden Globe Awards sebagai Best Actor.

Itulah 10 film barat terbaik tahun ini. Sepanjang tahun ini penikmat film disuguhi film-film menarik dari berbagai genre. Ulasan positif dan tinggi yang diberikan pada penonton menjadi salah satu parameter pada penonton bahwa film ini wajib kamu tonton.

Nah, kira-kira dari daftar film di atas, yang manakah yang film favoritmu? Coba isi komentar di kolom komentar di bawah ini, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram