bacaterus web banner retina

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 September 2021

Film merupakan sebuah karya seni yang banyak diminati oleh banyak orang. Melalui sebuah film, penonton diajak memasuki dunia baru dan tenggelam dalam cerita yang diangkatnya. Ada banyak genre film yang seru untuk diikuti, mulai dari komedi yang mengocok perut sampai film horror yang bikin tak berani tidur sendirian.

Memasuki pertengahan tahun 2021, sederet film terbaik sudah tayang dan siap menemani waktu luangmu. Kami sudah merangkum film-film terbaik dari berbagai genre yang bisa kamu jadikan referensi binge watching-mu. Simak informasi menariknya di bawah ini yuk!

1. Zack Snyder’s Justice League

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 1
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Adventures, Fantasy, Sci-Fi
  • Produksi: Warner Bros, Pictures DC
  • Sutradara: Zack Snyder
  • Pemeran: Ben Affleck, Henry Cavil, Amy Adams, Gal Gadot, Ray Fisher, Jason Momoa, Ezra Miller, Willem Dafoe, Jeremy Irons

Film besutan Zack Snyder ini menjadi penghiburan mengesankan bagi penggemar karakter DC yang kecewa terhadap film sebelumnya, Justice League arahan sutradara Joss Whedon. Zack Snyder memasukan scene garapannya yang tidak diselipkan dalam scene Justice League versi Whedon.

Zack Synder’s Justice League mengambil latar waktu pasca kematian Superman alias Clark Kent (Henry Cavill) yang kalah dalam pertarungan melawan Doomsday di Batman VS Superman: Dawn of Justice.

Dalam film ini Bruce Wayne (Ben Affleck) yang berperan sebagai Batman membentuk aliansi superhero yang terdiri dari Aquaman (Jason Momoa), Wonder Woman (Gal Gadot), The Flash (Ezra Miller), dan lain-lain.

Bruce Wayne berusaha mencegah kehancuran dunia akibat serangan dari Desaad, Darkseid dan para penjahat-penjahat lainnya. Meksipun sedikit terlambat, namun, Bruce ingin membuktikan bahwa pengorbanan Clark Kent tidak sia-sia.

2. A Quiet Place II

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 3

Sekuel film A Quite Place II seharusnya bisa kita nikmati sejak tahun 2020. Sayangnya, pandemi membuat perilisan film ini mundur dan sekarang tayang di Amerika tahun 2021. Kisah dalam film lanjutan ini masih berfokus pada usaha Evelyn Abbot (Emily Blunt) yang berhasil ke luar dari rumah.

Ia dan anak-anaknya bertahan hidup di luar dalam keheningan yang mendalam. Mereka dipaksa menjelajahi tempat asing yang tanpa disadari ada mahluk lain yang lebih ganas yang siap memburu mereka. Mahluk ini memburu mereka lewat jalur pasir.

3. In the Heights

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 5
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Musical, Romance
  • Produksi: Warner Bros
  • Sutradara: John M. Chu
  • Pemeran: Anthony Ramon, Corey Hawkins, Leslie Grace, Melissa Barrera

Mengambil latar di kota Manhattan, In The Heights hadir dengan sajian filmnya yang dipenuhi kegembiraan, perayaan dan visual yang mempesona.

In The Heights merupakan sebuah film musikal yang mengadapatasi karya panggung dari duo Lin-Manuela Miranda dan Quiara Alegria yang bertajuk sama. Film ini berkisah mengenai kehidupan komunitas latin dengan kebiasaan dan tradisi mereka.

Kisah berfokus pada kehidupan pemuda Usnavi (Anthony Ramos) yang punya mimpi membuka bisnis sendiri kelak di negeri asalnya, Dominika.

Dalam perjalanan mencapai mimpinya, Usnavi bertemu dengan hal-hal yang tidak pernah ia duga, termasuk bertemu teman masa kecilnya, Nina (Leslie Grace).

4. Mass

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 7
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre:  Drama
  • Produksi: 7 Eccles Street 5b Production
  • Sutradara: Fran Kranz
  • Pemeran: Reed Birney, Ann Dowd, Jason Isaac, Martha Plimpton

Sejak penayangannya, Mass menjadi film yang dibanjiri kritik positif dan kritikus film dan penikmat film lainnya. Rotten Tomatoes, platform ulasan fim memberikan average rating 92% untuk film ini.

Kritik positif di critis census platform tersebut sebagian besar berisi apresiasi dan emosional terhadap film ini.  Film yang mengambil lokasi di Sun Valley Idaho, USA ini berkisah tentang tragedi kelam yang mempengaruhi dua pasangan dengan cara yang berbeda.

Kisah berfokus pada orang tua korban penembakan sekolah yang bertemu empat mata dengan orang tua pelaku insiden penembakan tersebut.

5. Swan Song

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 9
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: House of Gemini
  • Sutradara: Todd Stephens
  • Pemeran: Udo Kier, Jenifer Coolidge, Linda Evans, Michael Urie

Kisah dalam film Swan Song berfokus pada Pat Pitsenbarger (Udo Kier), seorang penata rambut terkemuka di Ohio dan seorang figure terkemuka di komunitas gaynya. Sekarang ia tinggal di sebuah panti jompo.

Suatu hari ia diminta untuk menjadi penata rias untuk pemakamannya. Ia melarikan diri dari panti jompo dengan dandanan dan perhiasan yang mencolok.

Ia tahu bahwa hari itu adalah hari terakhir baginya. Film berdurasi 1 jam 45 menit di sini menampilkan Pat yang ingin menikmati hati-hari terakhir dengan sangat penuh.

Ia mengunjungi makam kekasihnya yang meninggal terkena AIDS, melampiaskan dendamnya pada anak juniornya yang mengkhianatinya dan juga menikmati suasana malam di bar semasa ia berjaya sebagai penata rias kenamaan.

6. Cruella

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 11

Masih segar dalam ingatan kisah tentang sosok Cruella di dalam film Dalmation (1996) yang lalu. Ia adalah sosok desainer unik yang membenci anjing dalmation.

Dalam film ini Emma Stone didapuk menjadi Cruella, sosok wanita bengis tersebut. Film ini berlatar kota London di era 1970-an dan mengangkat kisah Cruella semasa muda.

Di masa itu, dikisahkah ada seorang perempuan muda Bernama Estella (Emma Stone) yang dikenal suka memberontak namun cerdas.

Estella punya penampilan yang khas berupa rambut berwarna putih dan hitam. Ia meniti karir desainernya dari bawah dengan menjadi pegawai biasa di rumah mode milik Ny Baroness (Emma Thompson). Karirnya melaju pesat seiring dengan kinerjanya yang memuaskan sang pemilik.

Namun, Estella yang dikenal dengan sifat dan karakternya yang baik berubah menjadi berhati dingin pasca terlibat satu peristiwa dengan Ny Baroness dan liontin merah warisan ibunya hilang. Sejak saat itu pula ia dikenal dengan nama Cruella.

7. Nobody

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 13
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Crime, Thriller, Drama
  • Produksi: Eight Two Films
  • Sutradara: Ilya Naishuller
  • Pemeran: Bob Odenkirk, Aleksey Serebryakov, Connie Nielsen, Christopher Lloyd, Michael Ironside, Colin Salmon

Pemeran utama dalam film Nobody adalah Bob Odenkrik yang berperan sebagai Hutch Mansell. Ia adalah ayah dan suami yang tenggelam dengan kegiatan di rumah. Kehidupannya layaknya pria berkeluarga pada umumnya.

Suatu hari rumahnya dibobol maling. Hutch mengetahui hal itu dan membiarkan maling-maling itu melancarkan aksinya. Ia takut keluarganya akan terkenal hal buruk jika ia melawan mereka. Namun, bukan pujian yang didapatkannya.

Keluarga dan orang sekitarnya mencapnya sebagai seorang pengecut karena tak berani melawan. Kecewa dengan hal tersebut, ia pun melampiaskan rasa marahnya pada kelompok geng jalanan yang ia temui.

Rupanya salah satu anggota geng tersebut merupakan saudara bos kriminal mafia Rusia (Aleksey Serebryakov). Bos yang tidak terima saudaranya dihajar oleh Hutch, mencari Hutch dan membalaskan dendam saudaranya.

Perubahan pada diri Hutch dan masalah yang menimpanya membuat masa lalunya terungkap. Becca (Connie Nielson), istrinya merasa ada yang membuatnya mencari tahu masa lalu suami yang dikenalnya ramah dan hangat itu.

8. Sabaya

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 15
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre:  Documentary
  • Produksi: Lolav Media, Ginestra Film
  • Sutradara: Hogir Hirori
  • Pemeran Perempuan Yang Ditahan Isis

Harus diakui bahwa karya film sutradara Hirori berikut ini membuat sebuah tontonan yang memilukan. Sabaya hadir dengan kisah yang berfokus pada sekelompok orang yang mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan perempuan dan gadis-gadis muda yang diculik oleh tentara ISIS.

Mereka dijadikan budak seks selama dalam penyekapan di kamp Al Hol di Suriah. Sabaya kental dengan nuansa jurnalistik yang mengangkat kisah perjuangan para perempuan bertahan hidup di tengah ancaman yang setiap saat bisa merenggut nyawanya.

9. Judas and The Black Messiah

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 17
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Biography, History, Drama
  • Produksi: Bron Studios, Bron Creative
  • Sutradara: Shaka King
  • Pemeran: Daniel Kaluuya, LaKeith Stanfield, Jesse Plemons, Dominique Fishback, Ashton Sanders

Film dokumenter besutan Shaka King berikut ini berkisah mengenai hari-hari terakhir seorang aktivis kulit hitam yang nyawanya melayang di tangan polisi. Di beberapa situs ulasan film, Judas and The Black Messiah mendapat rating yang bagus.

Tak tanggung-tanggung, di Rotten Tomatoes, film ini nangkring di urutan teratas dengan perolehan nilai 96% dari Tomatoer. Sedangkan di imdb, film ini mendapat skor 7,5/10.

Judas and The Black Messiah mengikuti kisah seorang Fred Hampton, aktivis kulit hitam di tahun 1968 yang meninggal karena perlakuan kasar polisi. Ia dianggap membahayakan polisi dan agen kamanan FBI.

Kisah dalam film ini banyak mengangkat kisah Hampton yang berjuang melawan kekerasan dan rasisme yang terjadi di Amerika yang banyak menimpa orang kulit hitam.

10. Sator

10 Film Barat Terbaik di Tahun 2021 19
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Horror, Mystery, Thriller
  • Produksi: Mistik Jade Film
  • Sutradara: Jordan Graham
  • Pemeran: Michale Daniel, Rachel Johnson, Aurora Lowe, Gabriel Nicholson, June peterson

Buat penggemar film horror dengan ketegangan yang tinggi, Sator adalah film yang wajib kamu tonton. Kisah ini diangkat dari pengalaman masa muda mendiang nenek Jordan Graham yang bertemu langsung dengan sosok Sator si iblis menyeramkan di rumahnya.

Pengalaman tersebut dituliskannya dalam sebuah catatan. Dari catatan tersebut ia menggarap kisah yang seperti ia sajikan melalui film garapannya.

Kisah dalam Sator mengikuti keluarga yang dibuntuti oleh sosok mahluk yang mengancam seluruh anggota keluarga.

Itulah 10 film barat terbaik tahun 2021. Sepanjang tahun ini penikmat film disuguhi film-film menarik dari berbagai genre. Ulasan positif dan tinggi yang diberikan pada penonton menjadi salah satu parameter pada penonton bahwa film ini wajib kamu tonton.

Nah, kira-kira dari daftar film di atas, yang manakah yang film favoritmu? Coba isi komentar di kolom komentar di bawah ini, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram