Bacaterus / Film Jepang / 8 Rekomendasi Film dan Drama Jepang Bertema Balapan

8 Rekomendasi Film dan Drama Jepang Bertema Balapan

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamu penonton setia F1 atau balapan lainnya? Walaupun hanya menonton dan melihat yang terjadi di lintasan, biasanya kita ikut terbawa suasana tegang untuk melihat siapa yang akan jadi pemenang.

Tema balapan ini ternyata cukup menarik dan sudah banyak diangkat ke dalam film seperti film yang terkenal The Fast and The Furious sampai dengan film animasi Cars. Jika di film, tidak hanya merasakan ketegangan saat para pembalap melakukan aksi balapan, tapi kita juga bisa mengetahui cerita para pembalap di luar lintasan.

Ternyata Jepang pun ikut mengangkat tema balapan ini kedalam drama dan film. Bagaimana keseruan aksi para pembalap dari drama dan film Jepang? Berikut ini Bacaterus telah merangkum 8 drama dan film Jepang yang bertemakan balapan.

1. Engine (2005)

Engine

Engine merupakan drama yang menceritakan kisah Jiro kanzaki (Kimura Takuya) seorang pengendara penguji (test driver) F3000 di Eropa, ahli teknik berkendara yang sangat berani dan menakjubkan. Ia seorang yang pemberani dan tidak takut untuk mengemudi dalam kecepatan yang tinggi, bahkan seorang pembalap sekalipun tidak berani.

Jiro yang sempat meraih gelar F1 terpaksa harus Kembali ke Jepang setelah suatu insiden terjadi di tempat bekerjanya. Sampai ia menemukan Kembali pekerjaan menjadi pembalap, ia memutuskan untuk tinggal bersama keluarganya.

Namun, rumahnya berubah menjadi panti asuhan yang dikelola oleh ayahnya dan kakak perempuannya juga dua orang guru yang cukup keras kepala dengan 12 orang anak asuhan.

Meskipun kenyataannya Jiro membenci anak-anak dan ia ingin Kembali ke dunia pembalap daripada harus membantu mengurus panti asuhan. Tapi ia tetap setuju untuk menjadi pengemudi panti asuhan demi tetap bisa tinggal di sana.

2. Midnight Drift (2009)

Midnight Drift

* sumber: www.kadokawa-pictures.jp

Midnight Drift atau yang dikenal juga dengan judul Hashiriya ZERO merupakan film yang menceritakan sebuah pembalap bernama Kazuki (Akira Nagata) yang ingin mendapatkan gelar ZERO. Biasanya para pembalap berkumpul di area yang diberi nama “D & SC” untuk mendapatkan gelar tersebut.

Kazuki merupakan pembalap yang belum berpengalaman, tidak memiliki dasar dalam berkendara tapi ia memiliki cukup bakat. Yuichi (Shijo Shinigawa) yang merupakan pembalap bergelar ZERO melihat jika Kazuki memiliki bakat lantas ia membantu Kazuki untuk meningkatkan bakatnya tersebut.

Sampai suatu Ketika Yuichi mengalami kecelakaan saat melawan lawan yang kuat. Kazuki mengalami trauma kembali ketika menyaksikan kecelakaan tersebut.

Tapi kemudian Kazuki  bekerjasama dengan Masa (Shingo Nakagawa) seorang ahli mesin untuk kembali memulai pertarungan balapan untuk mengambil gelar ZERO.

3. Wangan Midnight: The Movie (2009)

Wangan Midnight The Movie

Wangan Midnight The Movie merupakan film yang diadopsi dari manga karya Michiharu Kusunoki yang berjudul “Wangan Midnight”. Wangan sendiri merupakan suatu wilayah yang jalannya mulus serta bebas hambatan dan biasa digunakan sebagai jalur untuk balapan.

Film yang menceritakan tentang mobil legendaris model Datsun 240Z Fairlady yang memiliki julukan Akuma no Zetto atau dikenal juga dengan The Devil Z. Konon mobil tersebut memiliki kutukan karena pengemudi-pengemudi sebelumnya selalu meninggal dunia.

Akio Asakura (Yuichi Nakamura) seorang pelajar SMA yang sedang mengendarai Nissan 300XZ ditantang dan dikalahkan dengan mudah oleh “Blackbird” yang dikendarai Tatsuya Shima (Kato Kazuki).

Hingga suatu ketika Akio menemukan mobil The Devil Z di tempat pengepulan mobil bekas dan tertarik untuk membelinya. Kemudian mobil The Devil Z tersebut diperbaiki agar Akio bisa menantang balik Tatsuya pengemudi Blackbird.

4. Double Drive: Ookami no Okite (2018)

Double Drive Ookami no Okite

* sumber: www.doubledrive-movie.com

Film ini menceritakan seorang pria Aberu (Rei Fujita) yang tidak sengaja membunuh seorang yakuza bernama Hirosawa Kyousuke (Akihiro Oguni). Aberu melarikan diri, mengendarai mobilnya dalam keadaan pikiran kalut bertemu dengan seorang wanita bernama Kanade (Komiya Arisa), ia meminta bantuan untuk membenarkan motornya yang rusak.

Suatu ketika ia bertemu dengan Junya (Sato Ryuji) salah satu anggota geng Sagami Rengou yang hendak mencuri mobilnya. Namun ternyata ketua geng Sagami Rengou merupakan teman lama Aberu yaitu, Daiji (Komakine Ryusuke).

Aberu yang memiliki pengalaman sebagai mekanik, akhirnya berteman dengan penggila mobil Junya dan bekerjasama. Sementara itu, adik dari yakuza yang dibunuh oleh Aberu terus berusaha mengejar Aberu. Junya yang bekerjasama dengan Aberu pun turut terseret dalam masalah Aberu.

Baca juga: Film tentang Balap Mobil yang Seru untuk Ditonton

5. Double Drive: Ryuu no Kizuna (2018)

Double Drive Ryuu no Kizuna

* sumber: www.doubledrive-movie.com

Double Drive : Ryuu no Kizuna merupakan film lanjutan dari film Double Drive : Ookami no Okite. Setelah kasus Aberu di film sebelumnya, kini giliran masalah dari Junya yang diceritakan dalam film ini.

Junya yang memiliki hutang kepada Shiota (Namioka Kazuki) melarikan diri Bersama Aberu ke kampung halaman Junya. Mereka tinggal di tempat pembuangan mobil bekas yang dimiliki oleh ayahnya Junya.

Suatu ketika Junya mencuri mobil, namun ternyata di dalam mobil tersebut Junya dan Aberu menemukan seorang gadis bernama Arisa (Kizaki Yuria) yang diikat di dalam bagasi mobil. Aberu mendesak Junya untuk menyingkirkan mobil dan juga gadis tersebut.

6. Mayonaka no Super Car (2018)

Mayonaka no Super Car

Film ini menceritakan kisah seorang wanita bernama Shirayuki (Yamamoto Mizuki) yang merupakan seorang desainer mobil. Ia juga bercita-cita untuk menciptakan mobil seperti Nagoya 2000GT yang merupakan mobil terbaik yang pernah ada di Jepang menurutnya.

Suatu ketika Shirayuki ditugaskan untuk bergabung bersama tim pengemudi otomatis. Ketika ia mengunjungi museum Otomotif Nagoya hingga membuatnya terkejut dan segala sesuatu mulai berubah.

Shirayuki bertemu dengan Ricardo (Katono Taikou) yang merupakan generasi ke-4 keturunan Jepang-Brazil yang ingin mencuri mobil 2000GT di museum tersebut.

Kemudian tiba-tiba muncul laki-laki misterius (Karasawa Toshiaki) yang memakai baju balap putih yang muncul di hadapan mereka dan mengubah seluruh museum menjadi ruang fantasi dengan sihirnya yang mengakibatkan Shirayuki dan Ricardo juga ikut terjebak di dalamnya.

7. Over Drive (2018)

Over Drive

Film ini menceritakan kisah seorang kakak beradik yang sama-sama terjun di dunia balap. Hiyama Atsuhiro (Higashide Masahiro) merupakan seorang mekanik mobil dan seorang insinyur di Pabrik balap Spica.

Hiyama Naouzumi (Mackenyu) adalah adik Atsuhiro yang merupakan seorang pembalap muda berbakat di Pabrik Spica namun ia juga seorang yang suka membuat onar. Naozumi berharap dapat mengikuti kejuaraan Reli dunia.

Atsuhiro dan Naouzumi selalu bertengkar karena tingkah Naouzumi yang sembrono ketika mengemudi dan selalu memulai dengan suasana hati yang buruk dan berpengaruh juga kepada timnya.

Suatu ketika Hikaru Endo (Morikawa Aoi) bergabung dengan tim Spica dan menjadi agen Naozumi, tapi Hikaru tidak mengerti tentang dunia mobil balap.

8. Restart: Runaway – Episode Zero (2019)

Restart Runaway - Episode Zero

* sumber: barrierfree-film.org

Film bertema balap ini cukup berbeda dari film balap yang biasanya. Film ini menceritakan seorang gadis kutu buku yang sedikit hikikomori atau seseorang yang menarik diri dari kehidupan sosial bernama Hinata (Tomoka Igari).

Hinata memiliki ketertarikan dengan mobil balap dan bercita-cita menjadi seorang pembalap karena pengaruh ayahnya yang ternyata seorang pembalap juga. Namun Hinata mengalami kecelakaan mobil, sehingga mengharuskan Hinata menggunakan kursi roda.

Suatu hari ibunya (Tezuka Satomi) memanggil kakak dan adik Hinata memberitahu tentang ‘sampah’ di Gudang mereka, yang ternyata merupakan mobil balap milik ayahnya.

Kemudian Hinata pun bertekad untuk membebaskan diri dari bermain game balapan dan memulai balapan yang sesungguhnya. Dengan bantuan Sagano (Oshinari Shugo) yang merupakan seorang mekanik membantu merubah mobil balap milik Hinata.

Itulah rangkuman 8 drama dan film Jepang yang bertemakan balapan yang seru untuk ditonton bagi pecinta film balapan. Kira-kira drama dan film manakah yang menjadi favorit kamu? Jika ada rekomendasi film dan drama lainnya boleh komen di kolom yang tersedia di bawah ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *