bacaterus web banner retina

Inilah 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Bae Doona

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juli 2021

Aktris Korea Selatan kelahiran 11 Oktober 1979 seperti terlahir untuk menjadi seorang pelakon. Tidak butuh waktu lama bagi Bae Doona untuk menarik perhatian para sutradara besar seperti Bong Joon Ho. Terhitung dua tahun dari debutnya di dunia akting, aktris ini langsung bermain dalam sebuah film arahan Bong Joon Ho berjudul Barking Dogs Never Bite (2000).

Benar saja, melalui aktingnya di film tersebut, Doona mendapat penghargaan sebagai Best New Actress pada penghargaan Blue Dragon Film Awards 2000. Sejak itu, tawaran bermain film atau drama tidak berhenti mengalir. Film Bae Doona menawarkan sebuah premis dan alur cerita menarik. Karakter yang dia mainkan pun bukan jenis kodian alias tidak standar-standar saja.

Bae Doona pernah bermain sebagai atlet tenis meja asal Korea Utara, pemanah profesional yang sekuat tenaga mengalahkan monster, seorang petugas kepolisian yang lesbian, hingga sesosok boneka seks tiup. Penasaran dengan kemampuan akting Bae Doona dalam film-film terbaik yang dia bintangi? Berikut rekomendasinya untuk Anda!

1. Sympathy for Mr. Vengeance (2002)

Sympathy for Mr. Vengeance (2002)
  • Tanggal/Tahun Rilis:  29 Maret 2002
  • Genre: Action, Psychological Film, Thriller, Drama, Crime
  • Produksi: Studio Box, TMS Entertainment/Seoul Movie
  • Sutradara: Park Chan Wook
  • Pemeran: Song Kang Ho, Shin Ha Kyun, Bae Doona, Han Bo Bae

Pada 2002 lalu, Bae Doona bermain dalam sebuah film berjudul Sympathy for Mr. Vengeance bersama Song Kang Ho dan Shin Ha Kyun. Di sini, Bae Doona berperan sebagai Cha Yeon Mi. Dia adalah kekasih Ryu (Shin Ha Kyun) lelaki bisu yang sangat menyayangi adik perempuannya.

Ryu adalah seorang pekerja pabrik dengan gaji pas-pasan. Penghasilan yang dia dapat untuk biaya penyembuhan sang adik yang sedang sakit keras. Semakin hari, sakit sang adik semakin parah. Ryu yang bingung memutuskan untuk menjual ginjalnya. Nahas jangankan mendapat uang, Ryu justru ditipu.

Dia kehilangan ginjal tanpa mendapatkan uangnya terlebih dahulu. Dalam keadaan buntu, Yeon Mi menyerankan Ryu untuk menculik anak bosnya, Park Dong Jin (Song Kang Ho) dan meminta tebusan. Apakah mereka akan berhasil mendapatkan uang yang dibutuhkan?

2. Linda Linda Linda (2005)

Linda Linda Linda (2005)
  • Tanggal/Tahun Rilis:  23 Juli 2005
  • Genre: Persahabatan, Musik, Sekolah, Remaja
  • Produksi: Covers&Co, VAP, Viz Pictures  
  • Sutradara: Nobuhiro Yamashita
  • Pemeran: Bae Doona, Aki Maeda, Yuu Kashii, Shiori Sekine

Dalam film Bae Doona yang tayang pada 2005 lalu, sang aktris bermain sebagai murid pertukaran dari Korea bernama Sun. Walau kemampuan berbahasa Jepang yang dia miliki terbatas, Sun diceritakan terpilih sebagai vokalis sebuah band sekolah yang terdiri atas siswi-siswi berbakat.

Semua bermula ketika gitaris dan vokalis band yang sebelumnya memutuskan untuk berhenti. Kei (Yu Kashi), Kyoko (Aki Maeda) dan Nozumi (Shiori Sekine) akhirnya terpaksa merekrut vokalis baru. Dalam jangka waktu tiga hari, para gadis tersebut dituntut untuk menampilkan yang terbaik. Mampukah mereka?

3. Take Care of My Cat (2001)

Take Care of My Cat (2001)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 12 Oktober 2001
  • Genre: Drama, Remaja, Persahabatan
  • Produksi: Cinema Service (Distributor) 
  • Sutradara: Jeong Jae Eun
  • Pemeran: Bae Doona, Lee Yo Won, Ok Go Woon, Lee Eun Shil

Lima orang perempuan muda berusia awal 20-an bersahabat dan tinggal di kota pelabuhan yang bersejarah, Incheon. Persahabatan mereka diuji waktu dan kesibukan karena masing-masing mulai tumbuh jadi perempuan dewasa. Bae Doona sendiri berperan sebagai Tae Hee, seorang gadis berbakat yang terperangkap dalam bisnis sauna milik keluarga tanpa bayaran.

Tae Hee berteman dengan empat gadis lain, salah satunya adalah Ji Young (Ok Go Woon). Hidup Ji Young tidak kalah berat karena dia belum juga mendapat pekerjaan. Gadis itu tinggal bersama kedua kakek neneknya dan seekor anak kucing yang diberi nama Teetee. Anak kucing itu ternyata bukan milik Ji Young sebab dia hanya menemukannya.

Bingung karena tidak sanggup merawat Teetee, JI Young memberikan kucing itu pada Hae Joo (Lee Yo Won) sebagai hadiah ulang tahun. Hae Joo pun tidak ingin merawat Teetee, dia lantas mengembalikannya  pada Ji Young.  Teetee harus berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah yang lain. Lalu bagaimana akhir nasib si anak kucing yang malang itu?

4. The Host (2006)

The Host (2006)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 27 Juli 2006
  • Genre: Monster, Action, Thriller, SciFi
  • Produksi: Chungeorahm Film, Sego Entertainment
  • Sutradara: Bong Joon Ho
  • Pemeran: Song Kang Ho, Byun Hee Bong, Park Hae Il, Bae Doona

Mendapat rating 7.1 dari IMDb, film Bae Doona selanjutnya ini wajib masuk daftar tontonan Anda. The Host juga banjir banyak penghargaan bergengsi. Ia dinobatkan sebagai Best Film pada ajang Blue Dragon Film Awards 2006, Korean Film Awards 2006, Asian Film Awards 2007 dan Baeksang Arts Awards 2007. 

Melalui perannya sebagai Park Nam Joo di film The Host, Bae Doona juga dinominasikan sebagai Best Supporting Actress pada penghargaan Blue Dragon Film Awards 2006 lalu. The Host bercerita mengenai sesosok monster berbentuk seperti ular berukuran besar yang tumbuh secara tidak disadari di bawah Sungai Han.

Suatu hari, ia menampakkan diri dan menjadi bencana bagi warga-warga di sana. Seketika Sungai Han penuh dengan mayat dan darah. Tidak terkecuali putri dari Pask Gang Du (Song Kang Ho) yang sehari-hari berjualan di pinggi Sungai Han.

Lelaki itu melihat dengan mata kepalanya sendiri, Hyun Seo dimakan dan dibawa pergi oleh monster tersebut. Pihak pemerintah kehabisan cara untuk mendapatkan gadis itu kembali. Hingga akhirnya Gang Du beserta keluarga bertekad untuk melakukan penyelamatan secara mandiri. Park Nam Joo, dengan keahliannya sebagai atlet panah ikut turun tangan. Berhasilkah mereka mendapatkan Hyun Seo kembali?

5. Barking Dogs Never Bite (2000)

Barking Dogs Never Bite (2000)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 19 Februari 2000
  • Genre: Komedi, Drama, Psychological
  • Produksi: Cinema Service, Uno Films
  • Sutradara: Bong Joon Ho
  • Pemeran: Lee Sung Jae, Bae Doona, Kim Ho Jung, Byun Hee Bong

Di sebuah apartemen kelas menengah Yoon Ju yang merupakan seorang dosen perguruan tinggi tinggal di sana. Ketenangannya suatu hari harus terusik oleh suara gonggongan anjing. Dia pun mencari tahu dan menemukan seekor anjing tengah berdiri di depan pintu tetangganya. Sudah terlanjur kesal, Yoon Ju langsung mengira bahwa gonggongan anjing yang mengganggunya berasal dari makhluk berbulu tersebut.

Sang dosen lantas menculik dan menguncinya di ruang bawah tanah. Hyun Nam (Bae Doona) yang bekerja sebagai sekretaris di kantor pengawas apartemen mendapati seorang gadis kecil menangis. Gadis kecil itu mengadu telah kehilangan anjingnya. Hyun Nam yang hidupnya penuh masalah tidak pikir panjang untuk membantunya. Apakah mereka berhasil menemukan anjing si gadis kecil?

6. As One (2012)

As One (2012)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 3 Mei 2012
  • Genre: Drama, Olahraga, Based True Story
  • Produksi: CJ Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: Moon Hyun Sung
  • Pemeran: Ha Ji Won, Bae Doona, Han Ye Ri, Choi Yoon Young

Film Bae Doona berjudul As One yang dia bintangi bersami Ha Ji Won dibuat berdasarkan kejadian nyata atas menegangnya hubungan antara Korea Utara dan Selatan pada tahun 1987 silam.

Ketika itu guna meredam ketegangan di Semenanjung Korea, KTT menyepakati untuk membentuk tim olahraga yang menggabungkan dua negara. Pilihannya pun jatuh pada olahraga tenis meja yang terkenal di dunia negara sekaligus diharapkan dapat menjadi simbol pemersatu antara Utara dan Selatan.

Di bawah nama Korea, tim tersebut akhirnya bertanding di World Table Tennis Championships di Chiba, Jepang tahun 1991. Mengesampingkan ambisi masing-masing, Ri Bun Hui (Bae Doona) atlet tenis meja dari Korea Utara dan Hyun Jung Hwa (Ha Ji Won) dari Korea Selatan harus menjadi satu tim. Bisakah dua atlet yang semula bersaing sengit ini memenangkan perlombaan sekaligus mengendurkan ketegangan antara dua negara?

7. Tunnel (2016)

Tunnel (2016)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 10 Agustus 2016
  • Genre: Bencana, Survival, Drama
  • Produksi: Showbox (Distributor)
  • Sutradara: Kim Sung Hoon
  • Pemeran: Ha Jung Woo, Bae Doona, Oh Dal Su, Nam JI Hyun

Dalam aktingnya di film Tunnel, Bae Doona memenangkan penghargaan sebagai Popular Star Award di ajang 37th Blue Dragon Film Awards. Di sini dia berperan sebagai Se Hyun, seorang istri yang panik karena suaminya terjebak reruntuhan terowongan. Diceritakan bahwa Lee Jung Soo (Ha Jung Woo) dalam perjalanan pulang untuk merayakan ulang tahun putrinya dan Se Hyun.

Belum sampai tujuan, ketika mobilnya melewati sebuah terowongan di bawah gunung, terowongan tersebut runtuh. Jung Soo pun terkubur di bawah berton-ton beton serta puing-puing bersama dua botol minuman, handphone dan kue ulang tahun putrinya. Apakah tim penyelamat mampu mengeluarkannya dari sana? Bisakah Jung Soo bertahan untuk Se Hyun dan putri mereka?

8. A Girl at My Door (2014)

A Girl at My Door
  • Tanggal/Tahun Rilis: 19 Mei 2014
  • Genre: Drama, Kejahatan, Psychological Film
  • Produksi: CGV Movie Collage, CJ Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: July Jung
  • Pemeran: Bae Doona, Kim Sae Ron, Song Sae Byeok, Kim Jun Gu

Ada yang mengesankan dalam film Bae Doona berjudul A Girl at My Door ini selain akting sang aktris, yaitu kesediaannya untuk berakting tanpa bayaran. Bersama pemeran utama lainnya, Kim Sae Ron, Bae Doona setuju untuk tidak mendapat bayaran dalam filmnya kali ini. Semua disebabkan oleh anggaran yang terbatas yang dikeluarkan oleh Dewan Film Korea.

A Girl at My Door merupakan film yang menggambarkan hubungan dan perdebatan hak-hak LGBT di Korea Selatan. Film ini bercerita tentang seorang lulusan akademi kepolisian bernama Young Nam (Bae Doona) yang suatu hari berinisiatif menyelamatkan gadis remaja berusia 14 tahun bernama Do Hee (Kim Sae Ron) dari siksaan ayah tirinya.

Belakangan, inisiatif dan rasa ibanya justru menjadi petaka sebab dia dituduh melakukan pelecehan pada Do Hee. Semua bermula ketika ayah tiri Do Hee melihat Young Nam berciuman dengan kekasih wanitanya. Alih-alih menolong, Do Hee justru ikut menjerumuskan Young Nam ke dalam penjara. Bagaimana kelanjutan kisah Do Hee dan Young Nam?

9. Air Doll (2009)

Air Doll (2009)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 14 Mei 2009
  • Genre: Fantasi, Drama, Romance
  • Produksi: Asmik Ace Entertainment, Fortissimo Films
  • Sutradara: Hirokazu Kore-eda
  • Pemeran: Bae Doona, Arata, Itsuji Itao, Joe Odagiri

Setelah Linda Linda Linda, Air Doll menjadi film Jepang selanjutnya yang ikut dibintangi oleh Bae Doona. Premis film ini sangat menarik karena ia bercerita tentang boneka seks tiup bernama Nozomi (Bae Doona) yang setiap hari bertugas menenami dan memuaskan pemiliknya, yaitu seorang lelaki paruh baya yang tinggal sendirian bernama Hideo (Itsuji Itao).

Saat Hideo pergi bekerja, Nozomi diam-diam hidup. Dia mengenakan pakaian pelayan dan menjelajahi dunia luar di luar apartemen Hideo. Hingga akhirnya dia diterima bekerja di sebuah toko video dan terlibat hubungan asmara dengan salah satu karyawan bernama Junichi (Arata).

Suatu hari, Hideo mengetahui bahwa Nozomi bukan lagi boneka seks yang bisa menemaninya saat sendirian. Apa yang terjadi selanjutnya antara mereka? Bisakah Nozomi bahagia dengan Junichi?

10. Saving My Hubby (2002)

Saving My Hubby (2002)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 18 Oktober 2002
  • Genre: Komedi, Drama, Action
  • Produksi: Korea Pictures (Distributor)
  • Sutradara: Hyun Nam Seop
  • Pemeran: Bae Doona, Kim Tae Woo, Lee Chan Min, Joo Hyun

Film Bae Doona yang tayang pada 2002 ini tidak kalah menarik. Bercerita tentang kehidupan mantan pemain bola voli berprestasi yang harus pensiun karena hamil oleh kekasihnya. Di usianya yang baru menginjak 20 tahunan, Geum Soon (Bae Doona) harus beradaptasi dengan kehidupan baru sebagai ibu rumah tangga beranak satu.

Pada hari pertama kerja suaminya, Joo Tae (Kim Tae Woo), Geum yang sudah sibuk dengan urusan rumah tangga mendapat kabar bahwa Joo Tae mabuk dan tidak mampu membayar tagihan minuman.

Bebannya bertambah berat ketika dia juga mendapat kabar bahwa sang mertua akan berkunjung. Sembari menggendong bayi mereka yang berusia 6 bulan, malam-malam Geum bergegas menyelamatkan suaminya yang tengah disandera para geng sewaan pemilik klub.

Kiprah Bae Doona bukan hanya terkenal di perfilman Korea. Beberapa kali dia terlibat dalam pembuatan film Jepang dan film Amerika, seperti Cloud Atlas dan Jupiter Ascending. Bagaimana? Penasaran dengan kemampuan aktingnya yang luar biasa? Eksekusi segera dengan cara menontonnya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram