bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Ario Bayu, Aktor Senior dengan Berbagai Peran

Ario Bayu merupakan salah satu aktor papan atas dan terbilang senior yang telah memerankan berbagai judul film. Wajahnya sudah begitu familiar di layar lebar dan memainkan beragam peran, mulai dari peran sebagai seorang sultan hingga memerankan karakter presiden. 

Semenjak tahun 2004 hingga saat ini, Ario Bayu masih aktif di dunia perfilman Indonesia. Dari sekian banyak judul yang dibintanginya, berikut sepuluh film terbaik dari Ario Bayu! 

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

film terbaik ario bayu_Soekarno Indonesia Merdeka_

Soekarno: Indonesia Merdeka adalah film biopik yang mengangkat kisah presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. Film ini berfokus pada kisah saat Soekarno diasingkan ke Ende sampai Bengkulu hingga masa-masa proklamasi Indonesia. Ario Bayu memerankan tokoh Soekarno dalam film ini. 

Film ini menceritakan mengenai Soekarno yang sering sakit-sakitan di masa kecilnya, namun menjadi sosok berpengaruh saat ia dewasa. Saat Soekarno diasingkan di Bengkulu, diceritakan juga kisahnya saat bertemu dengan Fatmawati, meski saat itu Soekarno masih menikah dengan Inggit Garnasih. 

2. Rumah Dara

film terbaik ario bayu_Rumah Dara_

Film Rumah Dara yang memiliki judul internasional Macabre adalah film horror sadis yang memiliki semboyan “Horor menemukan seorang ibu”. Sebelum ditayangkan di Indonesia, film ini sudah lebih dulu diputar di berbagai festival internasional. Pada film ini, Ario Bayu berperan sebagai tokoh Adjie. 

Adjie bersama sang istri, Astrid dan teman-temannya baru saja pulang menemui adiknya, Ladya. Mereka kemudian pergi mengantar Adjie dan Astrid ke bandara.

Di perjalanan, mereka bertemu seorang gadis yang membawa mereka ke rumah misterius. Di rumah tersebut, satu persatu teman Adjie pun dibunuh hingga ia kehilangan istri dan bayinya yang baru lahir. 

3. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

film terbaik ario bayu_Sultan Agung Tahta, Perjuangan, dan Cinta_

Ario Bayu juga pernah memerankan film drama sejarah dan memerankan tokoh Sultan Agung Hanyakrakusuma dalam film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta. Film ini mengangkat kisah mengenai kiprah Sultan Agung yang membawa Kesultanan Mataram Islam menuju puncak kejayaannya. 

Film ini dimulai saat Sultan Agung muda masih memiliki nama Raden Mas Rangsang. Di masa muda, diceritakan bahwa Raden Mas Rangsang jatuh cinta pada wanita bernama Lembayung, namun sang sultan harus merelakan cintanya demi tahta.

Setelah naik tahta dan bergelar Sultan Agung Hanyakrakusuma, ia pun memerintah kesultanan hingga bertempur melawan VOC. 

Baca juga: Film Terbaik Karya Sutradara Hanung Bramantyo

4. 27 Steps of May

film terbaik ario bayu_27 Steps of May_

Film 27 Steps of May adalah film yang mengambil latar belakang peristiwa kerusuhan Mei tahun 1998 yang menimbulkan banyak peristiwa pemerkosaan. Di film ini, Ario Bayu memerankan tokoh pesulap yang tidak pernah disebutkan namanya hingga akhir film. 

Dikisahkan May adalah gadis remaja yang menjadi korban pelecehan seksual saat meletusnya peristiwa 98. Hal itu memberikan trauma berat hingga bertahun-tahun kemudian. May tak pernah lagi berbicara atau pun keluar rumah. Suatu hari, ia bertemu sosok pesulap dari dinding kamarnya yang mulai membuat hidupnya kembali berwarna. 

5. Perempuan Tanah Jahanam

film terbaik ario bayu_Perempuan Tanah Jahanam_

Ario Bayu juga pernah membintangi sebuah film horror karya sutradara Joko Anwar yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam. Pada film yang memiliki judul internasional Impetigore ini, Ario Bayu berperan sebagai tokoh Ki Saptadi.

Film ini juga menjadi salah satu film yang meraup cukup banyak penonton dan menjadi box office di tahun penayangannya. Ki Saptadi diceritakan sebagai sosok dalang yang disegani di Desa Harjosari.

Namun ia juga merupakan sosok misterius yang terlihat menyimpan sebuah rahasia. Perlahan, rahasia mengenai kutukan di desa tersebut pun terungkap, dan Ki Saptadi adalah orang yang bertanggung jawab atas terjadinya kutukan bayi tanpa kulit di desa tersebut. 

6. Ratu Ilmu Hitam

film terbaik ario bayu_Ratu Ilmu Hitam_

Film bergenre horror lainnya yang dibintangi Ario Bayu adalah film Ratu Ilmu Hitam. Film ini merupakan karya adaptasi dari film berjudul sama yang pernah tayang tahun 1981. Pada Festival Film Indonesia 2020, Ratu Ilmu Hitam meraih lima nominasi dan memenangkan dua diantaranya. Di film ini, Ario Bayu berperan sebagai tokoh Hanif. 

Hanif beserta istri dan anak-anaknya pergi ke panti asuhan tempat dulu ia dibesarkan. Ia juga bertemu dengan teman-teman lamanya, Anton dan Jefri yang juga membawa keluarganya.

Kedatangan mereka ke panti asuhan adalah untuk menjenguk Pak Bandi, pengasuh panti yang sedang sakit keras. Namun mereka mulai menemukan hal-hal ganjil dan mengerikan saat menginap di panti. 

7. Buffalo Boys

film terbaik ario bayu_Buffalo Boys_

Film Buffalo Boys adalah film bergenre action yang merupakan kolaborasi Indonesia dan Singapura. Di Singapura, film yang mengangkat kisah mengenai cowboy ini juga menjadi film yang diajukan untuk Academy Awards ke 91. Pada film ini, Ario Bayu memerankan tokoh yang bernama Jamar. 

Dikisahkan Jamar bersama saudara laki-lakinya, Suwo, baru saja selesai bekerja dengan paman mereka di Transcontinental Railroad.

Mereka pun pulang ke Indonesia dan harus melawan gangster kulit putih di kereta api. Setibanya di Indonesia, keduanya harus kembali melawan pemimpin Belanda yang jahat untuk membebaskan rakyat Indonesia dari jajahan kolonial. 

8. Asih 2

film terbaik ario bayu_Asih 2_

Asih 2 merupakan film horor yang menjadi salah satu rangkaian film Danur Universe dan menjadi sekuel dari film Asih yang rilis dua tahun sebelumnya. Film ini diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati. Pada film ini, Ario Bayu memerankan tokoh Razan. 

Razan dan sang istri, Sylvia memutuskan untuk membawa pulang seorang anak berumur enam tahun yang tertabrak mobil setelah lari dari hutan.

Mereka menamai anak mereka Ana dan berharap kehadirannya bisa menghilangkan kesedihan atas kepergian anak kandung mereka. Namun hal-hal aneh justru muncul semenjak pasangan itu membawa Ana ke rumah mereka. 

9. Catatan (Harian) Si Boy 

film terbaik ario bayu_Catatan (Harian) Si Boy_

Film Catatan (Harian) Si Boy yang rilis tahun 2011 merupakan regenerasi dari serial Catatan Si Boy yang sempat booming di tahun 1980-an. Pada film ini, Ario Bayu memerankan karakter bernama Satrio, seorang pembalap liar. 

Saat tertangkap dan dibawa ke kantor polisi, Satrio bertemu dengan gadis bernama Natasha yang sedang mencari pria bernama Boy. Berbekal buku harian milik Boy yang dipegang oleh ibu Natasha saat sekarat, keduanya pun memulai pencarian hingga terjadi cinta segitiga dan hal-hal tak terduga di antara mereka. 

10. Dead Mine

film terbaik ario bayu_Dread Mine_

Film Dead Mine adalah film yang banyak menampilkan bintang-bintang dari berbagai negara dan disutradarai oleh sineas asal Inggris. Pada film Dead Mine, Ario Bayu berperan sebagai Kapten Tino Pranawa dan beradu akting dengan para aktor-aktor yang berasal dari Asia dan Eropa. 

Pada film ini dikisahkan ada sebuah harta karun tambang yang tersimpan di bunker peninggalan tentara Jepang di Teluk Tomini, Sulawesi.

Seorang miliarder bernama Pryce kemudian mendanai ekspedisi untuk menemukan bunker tersebut bersama Kapten Tino Pranawa dan anak buahnya. Namun mereka harus menghadapi perompak dan bahaya lain yang tak terduga. 

Wah, ternyata sudah cukup banyak peran yang dibintangi oleh Ario Bayu di berbagai filmnya, ya. Bagaimana menurutmu, peran manakah yang paling cocok diperankan oleh Ario Bayu? Ceritakan di kolom komentar yang telah Bacaterus sediakan ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram