10 Rekomendasi Film Anime Terbaik di Tahun 2022

Ditulis oleh Siti Hasanah

Film anime terbaik yang dirilis tahun ini? Jika kamu sedang mencari rekomendasinya, kamu berarti ada di artikel yang tepat. Disini kami akan memaparkan judul film anime yang bisa kamu tonton.

Sebagian judul film-film ini merupakan film yang sudah vakum selama beberapa tahun sehingga bikin penggemar rindu. Perilisan film ini tentunya menjadi pengobat rindu pada anime tersebut. 

Sebagian lagi adalah film yang berupa single shot. Single shot tentunya cocok ditonton bagi kamu yang baru mengenal dunia anime. Tahun ini banyak film anime dari perusahaan anime terkenal di Jepang yang menjanjikan. Tanpa perlu berlama-lama, langsung saja cek yuk informasinya di bawah ini.

1. Totsukuni no Shôjo

film anime terbaik 2022-1_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Supernatural
  • Produksi: Wit Studio
  • Sutradara: Kubo Yuutarou
  • Pengisi Suara: Fukuyama Jun, Takahashi Rie

Film anime ini diangkat dari seri manga garapan Nagabe. Kisahnya mengikuti seorang gadis unik bernama Shiva. Shiva ditinggalkan di hutan sejak lahir oleh orang tuanya. Ia hidup dengan binatang buas sampai besar. Hutan itu juga aneh dan banyak hal yang tidak masuk akal terjadi. 

Shiva bertemu dengan seekor binatang buas yang kemudian dipanggilnya “Guru”. Guru bersikap baik pada Shiva, tidak seperti binatang lainnya. Pada Shiva, guru mengatakan bahwa Bibinya akan datang untuk menjemput. Akan tetapi itu adalah sebuah kebohongan. Bibi Shiva sudah kabur entah kemana sejak Shiva kecil. 

Shiva yang penasaran dengan Bibinya berusaha untuk mencari ke desa. Dalam perjalanan mencari Bibinya, Shiva bertemu dengan tentara yang membawanya ke penjara. Shiva ditangkap sebab ia dianggap monster. Namun, Guru datang dan menyelamatkan Shiva dari tentara itu. 

2. Fruit Basket: Prelude

film anime terbaik 2022-2_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life
  • Produksi: TMS Entertainment
  • Sutradara: Ibata Yoshihide
  • Pengisi Suara: Sawashi Miyuki, Hosoya Yoshimasa

Film satu ini merupakan adaptasi dari seri manga karya Natsuki Takaya. Kisahnya berpusat pada orang tua Toharu, Kyoko, dan Katsuya, yang disajikan dalam penggambaran singkat tapi amat penting.

Kyoko merupakan anak yang punya masalah kepercayaan. Dia tidak mempercayai siapapun di dunia. Hidupnya sangat sunyi dan dia selalu sendiri. 

Suatu hari Kyoko bertemu dengan Katsuya Honda dan menjalani satu hubungan yang lebih serius. Sayang sekali hubungan keduanya tidak mendapat restu dari orang tua kedua belah pihak.

Namun, baik Katsuya dan Kyoko bertekad untuk meneruskan hubungan mereka tanpa mempedulikan orang lain. Sampai akhirnya Toharu Honda lahir. Bagi Kyoko dan Katsuya, Toharu adalah yang terpenting. 

3. Doraemon The Movie: Nobita’s Little Star Wars

film anime terbaik 2022-3_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Adventure, Comedy, Sci-Fi
  • Produksi: Shin-Ei Animation
  • Sutradara: Susumu Yamaguchi
  • Pengisi Suara: Wasabi Mizuta, Megumi Oohara, Yumi Kakazu, Tomokazu Seki, Subaru Kimura

Doraemon itu memang ngangenin. Berapa lama pun ia vakum, rasanya penggemarnya tidak akan pindah ke lain anime. Tahun 2022 ini, Doraemon merilis film anime yang merupakan remake dari film tahun 1985. Film ini menggambarkan petualangan Nobita di Planet Pirika. 

Doraemon dan teman-temannya melakukan perjalanan ke planet kecil itu, lalu terjebak dalam pertarungan antara Papi dan sebuah kapal perang musuh.

Planet Pirika itu berukuran sangat kecil. Saking kecilnya, Doraemon dan yang lainnya harus menggunakan senter pengecil untuk menyesuaikan ukuran Papi dan rakyat di sana. 

Karena terlanjur berada di Planet Pirika, Doraemon pun membantu mereka melawan musuh. Selain itu, Nobita tidak tega membiarkan Papi berjuang sendirian sementara dirinya kembali ke dunia. Sekuat Tenaga, Nobita pun membantu Papi agar musuh tidak menghancurkan Planet Pirika. 

4. Bubble 

film anime terbaik 2022-4_
Tahun Rilis 2021
Genre
Sutradara
Pemeran Jun Shison Riria
Review Baca di sini

Film yang diilustrasikan oleh Makoto Shinkai ini memuat kisah kota Tokyo yang mengalami kerusakan gravitasi pasca gelembung misterius muncul di langit kota itu.

Dikisahkan, Tokyo kini menjadi kota yang terisolir. Tapi keadaan dan kondisi kota Tokyo dimanfaatkan oleh sekelompok anak-anak parkour untuk berlatih. Bagi mereka, gravitasi yang rusak di kota ini menciptakan arena parkour yang ideal. 

Dalam kelompok parkour itu, nama Hibiki muncul sebagai yang terbaik. Dia adalah pemain andal yang tidak segan menjajal gaya-gaya parkour yang berbahaya.

Namun, suatu ketika Hibiki terlalu ceroboh sehingga ia terpeleset dan jatuh dan tenggelam ke laut. Di sana terdapat lubang yang menghisap semua benda-benda yang terdapat di sekitarnya. 

Entah dari mana, muncul seorang gadis yang menyelamatkan Hibiki dari lubang itu. Gadis misterius itu lalu dibawa Hibiki ke kelompok parkour-nya. Di sana, ia dilatih parkour dan bergaul dengan anggota yang lain. Uta, gadis yang menyelamatkan Hibiki kala itu, rupanya mendengar suara-suara aneh yang didengar oleh Hibiki. 

Hibiki kemudian mempelajari bahwa suara itu ada kaitannya dengan gelembung yang muncul di Tokyo. Gelembung itu pula yang menjelaskan tentang asal usul Uta. 

5. Legend of Galactica Heroes: Die Neue These - Kaikou

film anime terbaik 2022-5_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi
  • Produksi: Production I.G
  • Sutradara: Tada Shunsuke
  • Pengisi Suara: Suzumura Kenichi, Miyano Mamoru

Film anime yang diadaptasi dari sebuah novel fiksi ilmiah ini berkisah tentang dua orang anak laki-laki yang bernama Yang Wein Li dan Von Lohengramm Reinhard. Mereka berjuang untuk menyelamatkan negara dari perang besar yang berkecamuk. 

Yang Wein Li diperintahkan untuk datang ke planet Alliance, namun di sana ia banyak menemukan kasus korupsi yang parah.

Sementara itu, Reinhard, yang diposisikan sebagai komandan, menghadapi pemberontakan dari bawahannya. Mereka bersekutu untuk mengkudeta negara dan merebut benteng Iserlohn. 

Yang Wein Li dan Reinhard harus mencari tahu siapa pengkhianat yang sebenarnya. Keduanya juga berusaha menyusun strategi demi menyelamatkan negara. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram