bacaterus web banner retina

10 Anime Movie Terbaik di 2022

Butuh rekomendasi film anime terbaik di tahun ini? Kami pilihkan daftarnya untukmu. Anime-anime di bawah ini sebagian besar sudah banyak ditunggu oleh para penggemarnya, terutama mereka yang mengikuti seri televisi atau versi manga. Cerita yang menarik dengan karakter-karakter yang memorable, didukung grafis yang indah jadi kekuatan film-film ini.

Anime yang termasuk dalam jajaran terbaik di tahun ini sangat bervariasi. Apa saja judul film anime yang terbaik itu? Berikut pilihannya!

1. Fruits Basket: Prelude

fruits basket prelude_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama, Romance, Slice of Life
  • Produksi: TMS Entertainment
  • Sutradara: Ibata Yoshihide
  • Pemeran: Sawashi Miyuki, Hosoya Yoshimasa

Fruit Basket: Prelude (2022) merupakan film anime adaptasi dari manga series karya Natsuki Takaya. Film ini baru ditayangkan secara resmi di bioskop Jepang pada 18 Februari 2022.

Ceritanya berpusat pada kisah orang tua Toharu, Kyoko, dan Katsuya dalam suatu perjalanan singkat yang tak tergantikan.

Kyoko adalah seorang anak yang tidak bisa mempercayai siapa pun di dunia ini. Ia menjalani kehidupannya yang sunyi. Suatu ketika, Kyoko bertemu dengan Katsuya Honda dan hubungan mereka berdua dimulai.

Sayangnya, hubungan Kyoko dan Katsuya tidak direstui oleh semua orang. Tapi yang terpenting bagi Kyoko dan Katsuya adalah kelahiran anak mereka, Toharu Honda.

2. Odd Taxi Movie: In the Woods

film anime terbaik_Odd Taxi Movie In the Woods_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Mystery
  • Produksi: OLM, P.I.C.S.
  • Sutradara: Kinoshita Baku
  • Pengisi Suara: Hanae Natsuki

Odd Taxi Movie: In the Woods merupakan film adaptasi dari seri anime Odd Taxi. Sama seperti pada seri animenya, film ini menceritakan kisah Odokawa yang berprofesi sebagai pengemudi taksi. Namun, ceritanya menggambarkan kejadian yang terjadi setelah seri animenya selesai.

Otagawa merupakan pengemudi taksi yang pendiam. Dia banyak menghabiskan hari-hari biasanya di jalanan kota, berusaha untuk tidak terlibat masalah dengan orang lain. Namun, suatu hari secara tidak terduga dia terlibat dalam sebuah insiden hilangnya seorang gadis SMA dan rentetan insiden lainnya.

Roda hidup Otagawa pun terus menerus berubah, bersamaan dengan insiden-insiden yang terjadi dan dirinya ikut terseret. Namun, apa sebenarnya yang terjadi?

3. Doraemon the Movie: Nobita's Little Star Wars

film anime terbaik_Doraemon the Movie Nobita's Little Star Wars 2021_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Adventure, Comedy, Sci-Fi
  • Produksi: Shin-Ei Animation
  • Sutradara: Susumu Yamaguchi
  • Pengisi Suara: Wasabi Mizuta, Megumi Oohara, Yumi Kakazu, Tomokazu Seki, Subaru Kimura

Film ini merupakan sebuah remake dari film Doraemon Movie: Nobita no Little Star Wars yang dirilis pada tahun 1985. Penayangan film ini sempat tertunda karena adanya pandemi COVID-19. Pada film ini, Nobita mulai melakukan petualangan baru bersama teman-temannya menuju ke planet Pirika.

Suatu hari, Nobita mengambil sebuah roket kecil yang terbang di dekatnya. Tidak disangka, di dalam roket kecil itu terdapat sebuah makhluk kecil bernama Papi. Dia datang ke Bumi dari sebuah planet bernama Pirika untuk melarikan diri dari kejaran tentara PCIA.

Awalnya, Doraemon dan teman-temannya bingung dengan ukuran Papi yang sangat kecil. Kemudian Doraemon menggunakan senter pengecil dan mengubah ukuran dirinya serta teman-temannya menjadi lebih kecil. Dia, Nobita dan teman-teman lainnya pun bisa bermain bersama.

Namun, sebuah kapal perang datang ke Bumi untuk mengejar Papi dan mulai menyerang Nobita CS. Papi menyalahkan dirinya sendiri karena telah melibatkan Nobita CS. Untuk melindungi Papi dan planetnya, Doraemon dan Nobita CS pergi menuju ke pulau Pirika.

4. Bubble

film anime terbaik_Bubble_

Film ini ditayangkan di Festival Film Internasional Berlin pada 10 February 2022. Film ini diadaptasi dari sebuah manga karya Erubo Hijihara. Opening song film ini dibawakan oleh Eve, sementara ending song-nya dinyanyikan oleh Riria yang menjadi pengisi suara pada karakter utama di film ini.

Filmnya menceritakan kisah gravitasi di Tokyo yang telah rusak setelah gelembung menghujani dunia. Terpisah dari dunia luar, kini Tokyo menjadi taman bermain bagi sekelompok anak muda yang kehilangan keluarganya. Salah satu permainan yang sering dilakukan adalah parkour.

Hibiki, seorang ace muda yang dikenal karena memiliki gaya permainan yang berbahaya. Suatu hari, dia membuat gerakan yang sembrono sehingga terjatuh. Namun, Uta, seorang gadis misterius berhasil menyelamatkan Hibiki.


Suatu ketika Hibiki dan Uta bisa mendengar sebuah suara unik yang hanya bisa didengar oleh mereka. Hibiki dan Uta perlahan saling tertarik satu sama lain. Pertemuan mereka pun mengarahkan pada sebuah perubahan dunia.

5. Totsukuni no shôjo 

film anime terbaik_Totsukuni no shôjo_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Supernatural
  • Produksi: Wit Studio
  • Sutradara: Kubo Yuutarou
  • Pengisi Suara: Fukuyama Jun, Takahashi Rie

Film ini diadaptasi dari sebuah manga seri karya Nagabe. Ia memiliki gaya penggambaran yang cukup unik dan berbeda dari kebanyakan anime lainnya. Film ini pertama kali tayang pada Fantasia Festival Film Internasional di Montreal pada 1 Agustus 2019. kemudian pada Maret 2022, film ini ditayangkan kembali dengan durasi yang lebih panjang.

Filmnya menceritakan kisah seorang gadis muda eksentrik bernama Shiva. Dia ditinggalkan di hutan yang penuh dengan binatang buas dan bisa memberikan kutukan jika disentuh. Suatu ketika, Shiva bertemu dengan seekor binatang yang dipanggilnya dengan ‘Guru’.

Guru merupakan binatang baik dibandingkan binatang lainnya. Guru mengatakan kalau bibinya Shiva akan datang menjemput. Padahal ternyata bibinya telah meninggalkan Shiva dihutan.

Shiva yang mencoba mencari bibinya malah bertemu dengan tentara dari daerah lain yang menganggap kalau Shiva adalah monster. Kemudian, Guru menyematkan Shiva yang memiliki banyak pertanyaan di benaknya.

6. Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These – Gekitotsu

film anime terbaik_Ginga Eiyuu Densetsu Die Neue These – Gekitotsu_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi
  • Produksi: Production I.G
  • Sutradara: Tada Shunsuke
  • Pengisi Suara: Suzumura Kenichi, Miyano Mamoru

Ginga Eiyuu Densetsu: Die Neue These – Gekitotsu diadaptasi dari novel fiksi ilmiah dengan judul yang sama karya Tanaka Yoshiki. Film ini merupakan season ke-3 dari seri Ginga Eiyuu Densetsu atau yang dikenal juga dengan judul Legend of the Galactic Heroes.

Film ini menceritakan tentang dua orang laki-laki bernama Yang Wein Li dan Von Lohengramm Reinhard yang berjuang untuk membuat strategi dalam perang berdarah tanpa akhir. Adalah Yang, diperintahkan untuk muncul di hadapan Free Planet Alliance dan cukup terguncang ketika menemukan satu kasus korupsi.

Sementara itu, Reinhard yang sedang menjadi komandan, menemukan ketidaksetiaan bawahannya yang melancarkan sebuah serangan ganas. Serangan tersebut bertujuan untuk merebut kembali Benteng Iserlohn. Yang dan Reinhard pun akhirnya menemukan musuh mereka yang sebenarnya dan tidak terduga-duga.

7. Shika no Ou: Yuna to Yakusoku no Tabi

film anime terbaik_Shika no Ou Yuna to Yakusoku no Tabi_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Production I.G
  • Sutradara: Masashi Ando, Masayuki Miyaji
  • Pengisi Suara: Sakurai Tooru, Watanabe Anne, Takeuchi Ryouma, Kimura Hisui, Tsutsumi Shinichi

Shika no Ou: Yuna to Yakusoku no Tabi diadaptasi dari novel fantasi karya Nahoko Uehashi. Penayangan film ini tertunda dua kali akibat masih adanya pandemi COVID-19. Film ini pertama kali ditayangkan pada acara Annecy International Animation Film Festival.

Filmnya menceritakan tentang kejadian setelah terjadinya perang yang kejam. Kekaisaran Zol menguasai tanah dan warga rival Aquafa, kecuali wilayah Kuda Api Aquafa. Di tempat itu, masih terdapat anjing-anjing liar yang pernah menyebabkan penyakit ‘Demam Serigala Hitam’ mematikan.

Saat sekawanan anjing sedang menuju ke sebuah tambang yang dikendalikan oleh Zol, Van, mantan tentara yang diperbudak dan seorang gadis bernama Yuna digigit oleh anjing itu. Tapi, keduanya berhasil melarikan diri dan mereka jadi satu-satunya yang selamat dari serangan tersebut.

Van dan Yuna akhirnya bisa hidup bebas dan mencari kehidupan yang damai di pedesaan. Sayagnya, penyakit mematikan itu mulai merajalela kembali. Mereka kini berada di sebuah persimpangan perjuangan yang jauh lebih besar dari pada sebelumnya.

8. Gintama: The Final

Gintama: The Final

Gintama: The Final (2021) yang tayang awal tahun 2021, sampai saat ini posisinya belum tersaingi. Meraih rating 9.00 dari Myanimelist film ini bercerita tentang pertarungan Gintoki, Katsura dan Takasugi melawan pasukan Tendoushuu yang telah mengambil alih Terminal.

Diketahui bahwa kapal induk di atas Terminal menyerap Altana dalam jumlah besar lalu menyalurkannya pada tubuh Shouyou sehingga bisa membangkitkan dan memberinya keabadian sejati.

Namun, tanpa jantung, Shouyou hanya mampu meregenerasi dan memelihara tubuhnya untuk sementara. Katsura dan Hitsugi menghancurkan jantung tersebut untuk membebaskan Utsuro.

Gintoki sendiri bersatu kembali dengan Kagura dan Shinpachi menuju puncak Terminal. Di sisi lain Takasugi mencapai kapal Tendoushuu dan menemukan bahwa Shouyou telah dihidupkan kembali dan membunuh sisa Tendoushuu yang ada. Shouhou hanya punya satu keinginan: mengakhiri hidupnya dan hidup Utsuro.

Baca juga: Kocak dan Seru! Yuk, Tonton Anime Gintama Sesuai Urutan

9. Crayon Shin-chan: Shrouded in Mystery! The Flowers of Tenkazu Academy

SHINCHAN_
  • Rilis: 2021
  • Genre: Comedy
  • Produksi: Shin-Ei Animation
  • Sutradara: Wataru Takahashi
  • Pengisi Suara: Yumiko Kobayashi, Mari Mashiba, Tamao Hayashi, Teiyuu Ichiryuusai, Chie Satou, Ryou Hirohashi

Cerita dimulai ketika Shinnosuke atau yang sering dipanggil Shin-chan dan teman-temannya mengunjungi sekolah super elit yang dikenal dengan Academy Tenkazu (Tenkatouitsu Kasukabe Private Academy) selama satu minggu. Shin-chan dan Kazama bertengkar sehingga ia keluar dari asrama.

Tiba-tiba Kazama diserang dan pada keesokan harinya ia bertingkah aneh. Kazama tidak sepintar biasanya dan ada tanda aneh yang tertinggal di badan Kazama. Kemudian dibentuklah sekelompok detektif bernama ‘Klub Detektif Kasukabe’ untuk memecahkan misteri tersebut.

10. Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time

Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Action, Sci-Fi
  • Produksi: Khara
  • Sutradara: Hideaki Anno
  • Pengisi Suara: Yuko Miyamura, Megumi Ogata, Kotono Mitsuishi, Fumihiko Tachiki

Film animasi ini bukan sekadar akhir dari tetralogy Rebuild of Evangelion melainkan simpulan dari semua cerita Neon Genesis Evangelion. Sebagai animasi karya Hideaki Anno, Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time cukup padat dengan beragam simbol dan kaitan dengan mitologi serta cerita yang berlapis.

Tim dari Wille, yang dipimpin Maya Ibuki, bekerja memulihkan kota ke keadaan semula sebelum diserang oleh Nerv. Mereka dibantu Wunder dan Mari Illustrious Makinami dari unit-08. Ketika Willie membenahi Paris, Mari berhasil mengalahkan penyerang. Di sisi lain Shinji Ikari, Asuka Shikinami dan Rei masih berjalan di pinggiran Tokyo-3 dengan putus asa.

Ketiganya lalu tiba di sebuah pemukiman dan bertemu Toji, Hikari dan Kensuke, para penyintas yang saat ini sudah dewasa. Shinji perlahan pulih dengan bantuan mereka, Rei memilih menjadi petani dan menetap di sana. Sayang, Rei yang membutuhkan LCL tidak dapat bertahan.

Demikian pilihan film anime terbaik yang bisa kamu pilih sebagai tontonan akhir pekan nanti. Daftar anime tersebut cukup bermacam-macam dari segi genre dan jenis manga. Mereka datang dari kreator-kreator andal yang piawai membuat cerita. Gimana? Tertarik nonton yang slice of life atau action dulu, nih?  

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram