Bacaterus / Film Anime / 6 Film Anime Paling Sedih yang Bikin Air Mata Berlinang

6 Film Anime Paling Sedih yang Bikin Air Mata Berlinang

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Januari 2019

Siapa sih yang tak kenal dengan anime? Ya, anime adalah sebuah animasi asal Jepang yang bisa digambar dengan tangan atau dengan teknologi komputer sehingga menghasilkan suatu betuk gambar. Kata anime ini berasal dari bahasa Inggris yaitu “animation” yang merujuk seluruh animasi yang ada di dunia. Akan tetapi, bagi masyarakat di luar Jepang, anime hanya merujuk pada animasi Jepang saja.

Anime ini pertama kali populer pada tahun 1963 yaitu Astro Boy karya Ozamu Tezuka. Seiring berkembangnya teknologi, anime-anime semakin berkembang pesat hingga jauh lebih baik dari segi grafiknya. Masyarakat Jepang sangat antusias terhadap kehadiran anime ini hingga anime menjadi bagian dari hidup masyarakat Jepang.

Anime ini memiliki banyak sekali genre dari mulai aksi, horor, menyenangkan, hingga menyedihkan. Berbagai macam aktivitas kehidupan normal manusia banyak sekali dijadikan alur pada anime meskipun terkadang dicampuri beberapa hal yang bersifat imajinasi. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa anime paling sedih yang wajib kamu tonton.

Anime bergenre sedih ini dijamin bisa membuatmu terbawa perasaan dan menitikkan air mata. Kira-kira apa saja ya anime paling sedih versi Bacaterus yang wajib kamu tonton? Yuk, simak informasi lengkapnya di sini

6 Film Anime Paling Sedih

1. Ano Hana

Ano Hana

* sumber: kireinakumorizora.blogspot.com

Ano Hana: The Flower We Saw That Day merupakan sebuah anime yang sangat populer di Jepang bahkan mendunia. Anime yang disutradarai oleh Tatsuyuki Nagai ini tayang pada bulan april hingga juni 2011 pada sebuah stasiun TV bernama Fuji TV. Selain dibuat dalam bentuk visual dalam TV, anime ini diadaptasi juga menjadi sebuah novel dan manga.

Anime ini mengisahkan kehidupan 6 orang anak yang riang bermain namun akhirnya harus berpisah karena salah satu dari mereka yang bernama “Menma” meninggal karena sebuah kecelakaan. 10 tahun berlalu, Menma datang menemui Jinta, ketua kelompok bermainnya untuk mengabulkan permintaannya yaitu pergi ke akhirat.

Jinta kemudian mengumpulkan semua teman-teman masa kecilnya untuk membantu Menma pergi ke akhirat. Pada detik-detik akhir film ini sangatlah menyedihkan karena mempertontonkan perpisahan kekal sekelompok sahabat.

2. Hotarubi no Mori e

Hotarubi no Mori e

* sumber: aniblogsan.blogspot.com

Hotarubi no Mori e merupakan sebuah film anime bergenre sedih yang diadaptasi dari sebuah manga tahun 2003 karya Yuki Midorikawa. Anime ini cukup populer karena menghadirkan cerita yang sangat menarik dan mampu membawa perasaan para penontonnya hingga menangis.

Hotarubi no Mori e mengisahkan seorang gadis bernama Takegawa Hotaru yang menceritakan pengalaman masa kecilnya ketika ia menghabiskan liburan musim panas di rumah pamannya. Suatu hari ia tersesat di sebuah hutan dan kemudian bertemu seorang pria bertopeng bernama Gin.

Seiring berjalannya waktu, mereka semakin akrab berteman. Namun pertemanan mereka terbatas dengan kontak fisik yang tak boleh bersentuhan secara langsung karena Gin bukanlah seorang manusia normal pada umumnya. Jika disentuh oleh manusia secara langsung, Gin akan hilang dan lenyap untuk selamanya.

Bertahun-tahun mereka saling menjaga satu sama lain agar tetap bersama hingga pada akhirnya Gin harus lenyap meninggalkan Takegawa Hotaru karena menyentuh manusia tanpa sengaja. Sangat menyedihkan, bukan?

3. Isshuukan Friends

Isshuukan Friends

* sumber: arekploso24.blogspot.com

Isshuukan Friends (One Week Friend) adalah anime bergenre sedih yang merupakan manga karya Matcha Mitzuki. Kemudian manga ini diadaptasi menjadi sebuah film anime yang ditayangkan mulai 6 April hingga 22 Juni 2014 dan menyita banyak perhatian dari masyarakat Jepang karena ceritanya yang cukup menarik.

Anime ini bercerita tentang kehidupan remaja SMA bernama Yuki Hase yang menyadari bahwa teman sekelasnya, Kaori Fujimiya memiliki keanehan karena selalu terlihat sendiri tanpa teman. Yuki kemudian mendekati Kaori hingga mendapat alasan mengapa Kaori selalu terlihat sendirian.

Ternyata, Kaori selalu kehilangan ingatannya setiap hari senin. Meskipun demikian, Yuki tetap berusaha menjadi teman yang baik bagi Kaori di setiap minggunya walaupun harus memulai kembali pertemanan dari awal karena ingatan Kaori yang selalu hilang.

4. Kimi no Na wa

Kimi no Na wa

* sumber: www.thejakartapost.com

Kimi no Na wa adalah salah satu film anime tersedih yang diproduksi oleh CoMix Wave Films. Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Makoto Shinkai. Film berdurasi 107 menit ini memiliki cerita berunsur imajinasi yang dapat menguras air mata bagi para penontonnya. Tak heran jika Kimi no Na wa menjadi salah satu anime yang sangat digemari banyak orang.

Kimi no Na wa (Your Name) mengisahkan kehidupan 2 remaja yang sering bertukar tubuh, Mitsuha dan Taki. Seiring berjalannya waktu, mereka mulai terbiasa dengan kondisi ini. Suatu hari mereka saling bertemu di sebuah bukit setelah berusaha dengan keras agar bisa bertemu.

Disana ingatan mereka mulai menghilang dan tak bisa mengingat peristiwa yang telah terjadi. Delapan tahun kemudian, mereka bertemu kembali dalam kereta yang berpapasan hingga akhirnya turun dari keretanya masing-masing dan saling mencari. Mereka bertemu di sebuah tangga dan saling bertanya nama karena seperti pernah saling mengenal.

Selain menjadi film anime paling sedih, Kimi no Na wa juga dinobatkan sebagai film anime terbaik, lho. Cari tahu film-film anime lainnya di artikel film anime terbaik sepanjang masa.

5. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso

* sumber: corneranimeku.blogspot.com

Shigatsu wa Kimi no Uso (kebohongan di bulan april) adalah serial manga karya Naoshi Arakawa yang kemudian diadaptasi menjadi film yang ditayangkan pada Oktober 2014 sampai Maret 2015 di Fuji TV. Bahkan pada 2016, anime ini dijadikan sebuah film live action yang tayang di Bioskop pada bulan September.

Shigatsu wa Kimi no Uso bercerita tentang seorang pianis bernama Kousei Arima yang mendapat didikan keras dari Ibunya untuk menjadi pianis terkenal. Akan tetapi, sejak Ibunya meninggal, ia mengalami penurunan mental hingga kehilangan pendengaran dentingan piano yang dimainkannya. Padahal secara fisik pendengarannya baik-baik saja.

Dua tahun berlalu, Kousei tak pernah memainkan pianonya lagi karena merasa dunianya sudah tak berarti hingga akhirnya ia menemukan seseorang yang mampu mengembalikan warna kembali dalam hidupnya bernama Kaori Miyazono, seorang pemain biola yang handal.

Namun kebahagiaan tak berlangsung lama, karena sosok Kaori Miyazono akhirnya pergi meninggalkan Kousei karena penyakit yang dideritanya selama ini.

6. Koe no Katachi

Koe no Katachi

* sumber: wikiba.asia

Koe no Katachi (A Silent Voice) adalah salah satu film anime remaja bergenre sedih yang ditayangkan pada 17 September 2016 di Jepang. Film ini diproduksi oleh Kyoto Animation dan disutradarai oleh Naoko Yamada. Selain di Jepang, film ini diputar di seluruh dunia pada sekitar bulan Februari dan Juni 2017.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan remaja SMA bernama Shoko Nishimiya yang berbeda dengan teman-temannya yang lain karena memiliki kekurangan yaitu tuli. Hal ini membuatnya sebagai bahan rundungan dari teman-teman di sekolahnya.

Nah itu dia beberapa list anime paling sedih versi Bacaterus yang wajib kamu tonton. Jangan lupa sedia tisu karena anime-anime tersebut dapat membuatmu terbawa perasaan hingga menangis. Anime bergenre sedih di atas tidak hanya bercerita tentang kesedihan percintaan, namun juga tentang kesedihan karena perpisahan yang dialami dalam persahabatan.

Menurutmu film anime mana yang paling sedih? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua terutama kamu para pecinta anime yang membutuhkan referensi anime bergenre sedih. Jangan lupa dicatat sebagai list tontonan animemu, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar