15 Film Animasi Terbaik yang Bukan Dibuat oleh Disney

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Jika kita mendengar film animasi, maka yang terbayang adalah film-film animasi dari Disney. Mengapa seperti itu? Hal ini terjadi karena Walt Disney Animation Studios adalah studio animasi pertama di Hollywood yang mencetak kesuksesan lewat film-film animasinya, baik itu di layar lebar ataupun di televisi.

Bahkan kemudian studio melebarkan sayap hingga memiliki rumah produksi untuk film-film live-action, penjualan merchandise, mainan dan taman hiburan Disneyland.

Tetapi dengan terus berkembangnya teknologi animasi, semakin banyak pula studio-studio animasi yang awalnya independen kemudian di akuisisi oleh perusahaan film besar. Dua studio animasi besar yang selalu meramaikan peta persaingan film-film animasi ialah Pixar dan DreamWorks.

Pixar dari awal kemunculan hingga kini berada di bawah distribusi Disney, sedangkan DreamWorks yang awalnya berada di bawah Paramount Pictures, saat ini dipegang oleh 20th Century Fox.

Kemudian juga banyak bermunculan studio-studio animasi baru yang merupakan pecahan atau partner dari studio animasi ternama yang kemudian berdiri sendiri dan hak distribusinya dipegang oleh perusahaan-perusahaan besar Hollywood yang bahkan tadinya mereka tidak bergerak di bidang itu, seperti Universal Pictures.

Selain beberapa artikel sebelumnya yang menampilkan deretan film-film animasi terbaik dari Pixar, DreamWorks dan Disney, berikut ini kami pilihkan lagi 15 film animasi terbaik dari beberapa studio animasi lainnya dengan berbagai macam penggunaan teknik animasi yang berbeda.

1. Persepolis

Persepolis

* sumber: elangiepereda.wordpress.com

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Animation, Biography, Drama
  • Sutradara: Vincent Paronnaud, Marjane Satrapi
  • Pengisi Suara: Chiara Mastroianni, Catherine Deneuve, Gena Rowlands
  • Perusahaan Produksi: Celluloid Dreams, CNC, France 3 Cinéma, The Kennedy/Marshall Company, Région Ile-de-France

Dari sejumlah film animasi yang kami bahas di daftar ini, nampakny “Persepolis” adalah film animasi yang tergolong cukup berat. Mengapa? Karena film ini mengambil tema tentang Revolusi Iran, sebuah tema yang tidak lazim kita temukan dalam film-film animasi.

Sinopsis film ini menceritakan tentang gadis berusia 9 tahun bernama Marjane (Chiara Mastroianni). Di usia yang masih sangat dini, Marjane tumbuh menjadi gadis blak-blakan dan dewasa sebelum usianya. Di tengah kondisi negaranya, Iran, yang sedang berevolusi, Marjane mulai mengenal musik-musik dari dunia barat, seperti ABBA dan Iron Maiden.

Saat usianya memasuki belasan tahun, Marjane pindah ke Austria untuk bersekolah. Sayangnya, Marjane merasa kesepian dan homesick sehingga dirinya kembali ke Iran. Ia harus kembali berkerudung dan hidup di tengah masyarakat tiranik.

Baru pada usia ke 24 tahun Marjane memutuskan bahwa dirinya tidak bisa terus menerus hidup di Iran. Ia pun memberanikan diri untuk hijrah dan memulai kehidupan baru di Perancis.

2. The Iron Giant

The Iron Giant

* sumber: www.thetimes.co.uk

  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Animation, Family
  • Sutradara: Brad Bird
  • Pengisi Suara: Jennifer Aniston, Harry Connick Jr., Vin Diesel
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros. Feature Animation

Sebelum Brad Bird menjadi salah seorang sineas di Pixar Studios, dia pernah membesut film animasi di Warner Bros. Animation Studios lewat film The Iron Giant yang merupakan adaptasi dari novel The Iron Man karya Ted Hughes yang diterbitkan di tahun 1968. Menggabungkan animasi tradisional dengan polesan CGI pada proses editingnya, film ini dipuji para kritikus saat penayangannya di bioskop-bioskop di AS.

Tetapi karena Warner tidak melakukan promosi terhadap film ini, di tangga box-office, The Iron Giant hanya berhasil mendapat $31 juta saja. Tetapi setelah dirilis untuk home video dan channel televisi, popularitas film ini meningkat hingga saat ini menyandang cult status dan dianggap sebagai salah satu pionir film animasi modern.

3. The Nightmare Before Christmas

The Nightmare Before Christmas

* sumber: letterboxd.com

  • Tahun Rilis: 1993
  • Genre: Animation, Family, Fantasy
  • Sutradara: Henry Selick
  • Pengisi Suara: Danny Elfman, Chris Sarandon, Catherine O'Hara
  • Perusahaan Produksi: Touchstone Pictures, Skellington Productions Inc., Tim Burton Productions

Ide film animasi ini muncul dari pemikiran sutradara unik Tim Burton saat dia masih menjadi seorang animator di Walt Disney Animation Studios pada tahun 1982. Lewat proses yang lama karena karirnya sebagai sutradara sedang menanjak, akhirnya ide ini kembali diangkat dan Burton memilih Henry Selick sebagai sutradara.

Walt Disney tidak bersedia merilis film ini dibawah benderanya, karena temanya yang tidak cocok untuk ditonton oleh anak-anak. Akhirnya lewat Touchstone Pictures film ini dirilis. Teknik yang digunakan adalah stop-motion. Nuansa mencekam khas Halloween ditampilkan dengan sangat unik diiringi juga oleh alunan musik dari Danny Elfman, musisi yang merupakan sahabat karib Burton, yang juga mengisi vocal karakter utamanya.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram