10 Film Animasi Terbaik di Tahun 2022

Ditulis oleh Siti Hasanah

Dalam beberapa tahun terakhir ini animasi menjadi genre yang banyak diminati. Ini semua berkat karya-karya ciamik dari beberapa studio animasi, seperti Pixar, Sony Pictures Animation, Illumination Entertainment.

Tak hanya studio besar, kini studio-studio kecil pun ikut meramaikan dunia film animasi. Nah kali ini Bacaterus akan membahas daftar film animasi terbaik yang dirilis di tahun ini. Penasaran apa saja filmnya? Yuk cek daftarnya di sini.

1. Peter Rabbit 2

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Adventure, Comedy, Fantasy, Kids & family
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Will Gluck
  • Pemeran dan Pengisi Suara: Domhnall Gleeson, Rose Byrne, James Corden, Margot Robbie, Lennie James, Elizabeth Debicki, David Oyelowo

Film ini merupakan sekuel dari film pertamanya yang rilis pada tahun 2018. Di film kedua ini diceritakan kalau Thomas (Domhnall Gleeson) dan Bea (Rose Byrne) hendak menikah. Fakta ini membuat Peter (James Corden) jadi bimbang. Selain itu, Peter juga masih belum menyukai Thomas. Dia berpikir kalau Thomas masih membencinya.

Peter merasa kalau semua orang melihat dirinya hanya sebagai pemberontak saja. Jadi, saat Thomas dan Bea berencana untuk pergi ke suatu tempat, Peter merasa ini merupakan kesempatan baginya untuk melarikan diri. Peter kemudian memutuskan untuk pergi ke kota dengan teman-temannya. Mereka pergi menuju tempat mempunyai banyak buah-buahan, yaitu farmer market.

Di pasar itu Peter dan teman-temannya mengambil alias mencuri banyak buah. Namun sayang mereka tertangkap sehingga mereka tak bisa melarikan diri. Akhirnya Peter pun harus mencari cara agar bisa menyelamatkan teman-temannya tersebut.

2. Luca

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Kids & Family, Animation, Fantasy, Comedy
  • Produksi: Pixar, Walt Disney
  • Sutradara: Enrico Casarosa
  • Pengisi Suara: Jacob Tremblay, Emma Berman, Jack Dylan Grazer, Saverio Raimondo, Maya Rudolph, Marco Barricelli, Jim Gaffigan

Luca merupakan film animasi kolaborasi antara Pixar dengan Walt Disney. Film animasi ini mengambil setting di Riviera Italia dan bercerita mengenai persahabatan yang tidak biasa antara manusia dan monster laut yang menyamar sebagai manusia.

Diceritakan Luca (Jacob Tremblay) adalah seorang "monster laut". Dia hidup di bawah pengawasan ibu (Maya Rudolph) dan ayah (Jim Gaffigan). Alasan orang tuanya mengawasi Luca karena dia mungkin ditemukan oleh manusia karena monster laut bisa berubah bentuk jadi manusia ketika berada di darat, tapi dengan cepat bisa berubah kembali saat bersentuhan dengan air.

Dia kemudian bertemu dengan sesama monster bernama Alberto (Jack Dylan Grazer) yang membawanya ke dunia manusia.  Keduanya lalu berteman dengan Giulia (Emma Berman) seorang anak perempuan yang penuh semangat.

Ketiganya kemudian bergabung untuk mengikuti lomba triathlon tahunan Portorosso dan sukses mengalahkan juara bertahan yang juga merupakan pengganggu kota Ercole Visconti (Saverio Raimondo).

3. Trollhunters: Rise of the Titans

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Drama, Adventure, Fantasy, Family Comedy
  • Produksi: DreamWorks Animation, Double Dare You (DDY), DreamWorks Animation Television, CGCG Inc. (I), Original Force, 88 Pictures, Netflix
  • Sutradara: Francisco Ruiz Velasco, Johane Matte, dan Andrew Schmidt
  • Pengisi Suara: Guillermo del Toro, Dan Hageman, Marc Guggenheim, Kevin Hageman

Mengikuti cerita para pahlawan dari serial Trollhunters, 3Tales and Wizards, Rise of the Titans menggambarkan pertempuran terakhir yang dilakukan oleh para pahlawan tersebut melawan Arcane Order yang jahat.

Mungkin Arcadia Oaks nampak seperti kota biasa, tapi berada di pusat garis magis serta luar angkasa membuat kota ini menjadi penghubung untuk pertempuran-pertempuran yang terjadi di antara makhluk dunia lain seperti alien, troll, dan penyihir.

Kini, para pahlawan dari serial tiga serial hits tersebut bekerja sama dalam sebuah petualangan paling epik yang mengharuskan mereka melawan Arcane Order. Tujuannya adalah agar kota tersebut bisa terbebas dari ancaman kerusakan yang diakibatkan oleh Arcane Order.

4. PAW Patrol: The Movie

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Comedy, Kids & family, Adventure
  • Produksi: Paramount Pictures, Paramount Animation, Nickelodeon Movies, Spin Master Entertainment
  • Sutradara: Cal Brunker
  • Pengisi Suara: Dax Shepard, Jamiyka Jones, Iain Armitage, Jimmy Kimmel, Lilly Bartlam,Kimberly Kardashian, Marsai Martin, Randall Park, Monique Alvarez, Tyler Perry, Raoul Bhaneja, Ron Pardo, Yara Shahidi, Will Brisbin

Humdinger (Ron Pardo), mantan Walikota Foggy Bottom membuat ulah lagi di Adventure City. Walikota Humdinger merupakan saingan terbesar untuk Ryder dan Paw Patrol. Para anjing yang biasa berkeliaran bebas kini mendapatkan larangan dari sang walikota. Adventure City atas perintah dari Walikota Humdinger, kini penuh dengan para kucing. 

Kekacauan yang disebabkan oleh Walikota Humdinger tak hanya membahayakan para anjing tapi juga kehidupan manusia lainnya. Saat berada di Adventure City, Ryder dan tim mendapatkan bantuan dari Liberty dachshund, sekutu baru yang cerdas. Menggunakan gadget serta perlengkapan baru, bersama-sama mereka berjuang untuk menyelamatkan Adventure City dan warganya.

5. Vivo

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Comedy, Kids & family, Animation, Adventure
  • Produksi: Sony Pictures Animation
  • Sutradara: Kirk DeMicco
  • Pengisi Suara: Gloria Estefan, Juan de Marcos González, Paloma Morales, Brian Tyree Henry, Lin-Manuel Miranda, Katie Lowes, Michael Rooker, Leslie David Baker, Zoe Saldana,Olivia Trujillo, Nicole Byer, Ynairaly Simo

Diceritakan Vivo, satu-satunya kinkajou di hutan hujan, menghabiskan kesehariannya bermain musik bersama Andrés, pemilik dirinya, di hadapan orang-orang di alun-alun yang ramai. Vivo dan Andrés walaupun tidak berbicara menggunakan bahasa yang sama, mereka adalah pasangan yang sempurna. Itu karena keduanya cinta pada musik.

Suatu hari Andrés menerima surat dari Marta Sandoval, teman lamanya yang terkenal. Marta mengundang teman duetnya dahulu ke konser perpisahannya. Namun sebelum itu terjadi, sebuah tragedi terjadi, Andrés meninggal.

Sekarang semuanya ada di tangan Vivo untuk bisa menyampaikan pesan Andrés yang tak pernah bisa dia sampaikan, yaitu sebuah surat cinta yang dia tulis dulu untuk Marta dalam bentuk lagu. Untuk bisa menemui Marta, Vivo bertemu dengan Gabi, seorang anak perempuan yang unik dan enerjik. Dia seorang free-spirit. Akankah Vivo berhasil menyampaikan surat Andrés pada Marta?

6. Ron's Gone Wrong

  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Sci-Fi, Comedy, Adventure, Family
  • Produksi: Twentieth Century Fox Animation, 20th Century Studios, Locksmith Animation,
  • Sutradara: Alessandro Carloni, Bledsoe Sophia, Jean-Philippe Vine, Octavio E. Rodriguez dan Sarah Smith
  • Pengisi Suara: Audrey Hsieh, Bentley Kalu, Ava Morse, Ed Helms, Iara Nemirovsky, Justice Smith, Jack Grazer, Kylie Cantrall, Olivia Colman, Marcus Scribner, Ricardo Hurtado, Thomas Barbusca, Rob Delaney, Zach Galifianakis

Ron's Gone Wrong mengisahkan cerita seorang bocah lelaki yang berusia 11 tahun bernama Barney. Seperti kebanyakan murid sekolah menengah pertama, dia berusaha untuk bisa menyesuaikan diri di lingkungannya. Dan menyesuaikan diri itu artinya dia harus mempunyai B-Bot, teman robot yang sangat canggih yang hampir sama dengan Baymax dalam "Big Hero 6."

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram