Bacaterus / Hiburan / Film Animasi / 10 Film Animasi dengan Karakter Hewan Terbaik & Terpopuler

10 Film Animasi dengan Karakter Hewan Terbaik & Terpopuler

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2018

Binatang bisa bicara?! Barangkali selain burung beo yang terlatih, sepertinya hal tersebut nyaris tidak mungkin. Kalaupun ada, pasti menyeramkan. Eits, tunggu dulu! Siapa yang tahu ketika para binatang benar-benar dibuat seolah bisa bicara bahasa manusia justru jadinya malah lucu dan menggemaskan. Terlebih jika diwujudkan dalam animasi warna-warni.

Yup, sudah banyak animator yang membuat karya berisi kehidupan binatang-binatang di sekitar kita. Jalan cerita yang bagus serta visualisasi yang memanjakan mata justru membuat para hewan yang saling berinteraksi terlihat imut alih-alih menyeramkan.

Nah, di sini Bacaterus sudah menyediakan 10 film animasi berkarakter hewan pilihan yang bisa kalian tonton di waktu luang bersama keluarga. Mau tahu apa saja filmnya? Yuk, baca terus!

10 Film Animasi dengan Karakter Hewan Terbaik

1. Ice Age (2002)

Ice age

Jauh-jauh hari sebelum gajah, harimau, dan kukang berevolusi, ada mamut, harimau gigi pedang, dan kukang yang ukurannya masih jauh lebih besar daripada yang kita kenal sekarang. Di film Ice Age yang paling pertama ini, para hewan itulah yang menjadi pemeran utama: Sid si kukang, Manny si mamut, dan Diego si harimau gigi pedang.

Seperti halnya manusia, ketiga hewan yang sangat jauh berbeda tersebut berkomunikasi satu sama lain dan memiliki kehidupan masing-masing, sebelum mereka dipertemukan takdir untuk menyelamatkan seorang anak manusia dan mengembalikannya ke pelukan orang tuanya.

Ikuti petualangan ketiga hewan purba tersebut selama mereka mencoba bertahan hidup di zaman es yang mematikan. Jangan salah, meskipun mereka memiliki perbedaan masing-masing, mereka tetap bisa saling membantu dan bekerja sama, lho! Bukan saling mangsa-memangsa, kok. Hihihi.

Plot, karakter, dan animasi yang unik serta menyegarkan sukses mengantarkan film ini hingga dilirik penghargaan Oscar untuk masuk nominasi film animasi terbaik. Wah, keren, ya!

2. A Bug’s Life (1998)

a bugs life

* sumber: www.amazon.com

Apa yang akan dilakukan manusia jika rumahnya dirusuh orang asing yang semena-mena? Tentu saja kita akan melawan, bukan? Begitu pula yang dilakukan oleh salah satu anggota koloni semut bernama Flik. Meskipun idenya untuk mengambil alih tanah para semut dari para belalang dibantah oleh kaumnya sendiri, Flik tidak patah semangat. Ia memutuskan untuk mencari dan mengumpulkan ‘koloni’-nya sendiri.

Namun, alih-alih ‘prajurit perang’, sekelompok pemain sirkuslah yang ditemukannya. Meskipun mereka sangat bertalenta, Flik tetap harus melatih teman-teman barunya untuk bersikap selayaknya ‘prajurit perang’ sebelum mereka bisa ia bawa untuk merebut kembali kampung halamannya.

Kesuksesan pun diraih Randy Newman sang sutradara dengan nominasinya di penghargaan Oscar untuk Musik Terbaik dalam Film Musikal atau Komedi. Yup, selain karakternya yang menghibur, lagu-lagu pengisi film membuat penonton tidak bosan dan terus mengikuti jalan cerita hingga akhir.

3. Sing (2016)

sing

* sumber: tangr.com

Siapa yang suka menonton ajang pencarian bakat menyanyi? Nah, bagaimana kalau penyanyinya adalah hewan? Dalam film karya Garth Jennings ini, para hewan berjalan dua kaki, berpakaian, berperilaku dan bersifat mirip sekali seperti manusia, dengan bakat menyanyi yang terpendam di diri hewan masing-masing juga.

Dengan latar belakang masing-masing, para pemain utama film ini dipertemukan dalam sebuah audisi menyanyi yang diselenggarakan oleh seekor koala. Jangan salah, meskipun di dunia nyata koala terlihat imut, koala bernama Buster Moon satu ini sangat ambisius, gigih, serta percaya diri, lho!

Ia bekerja keras, berusaha menemukan binatang berbakat yang dapat menyelamatkan teater bangkrutnya. Para pemenang audisi yang terpilih pun ternyata tidak mengecewakan!

Kebolehan suara mereka memang tidak perlu diragukan lagi. Maka tidak heran jika tiba-tiba penonton jadi minder lantaran merasa suaranya tidak lebih bagus dari tokoh kartun. Hihihi.

Tenang, tentu saja di balik tokoh-tokoh menyenangkan di film peraih 2 nominasi Golden Globe ini ada aktor-aktris manusia berbakat, di antaranya adalah Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, Seth MacFarlane, Taron Egerton, Tori Kelly, dan bahkan penyanyi legendaris Jennifer Hudson! Wah, tidak heran, kan, kalau suara mereka bagus-bagus?

4. Madagascar (2005)

madagascar

Apa jadinya jika hewan kebun binatang melarikan diri ke alam bebas? Mungkin akan menyenangkan, karena mereka kembali ke habitatnya masing-masing. Namun, bagaimana jika hewan-hewan tersebut kehilangan insting alamiah mereka sebagai hewan, sebab sudah lama dimanjakan dengan perhatian dan makanan kebun binatang sehingga?

Adalah empat sekawan Alex si singa, Melman si jerapah, Gloria si kudanil, dan Marty si zebra yang justru ‘terjebak’ di alam liar. Marty yang percaya bahwa tempat mereka bukan di kandang, untuk ditonton oleh para manusia, memutuskan untuk kabur dari kebun binatang.

Ulah Marty tersebut membuat Alex, Gloria, dan Melman terpaksa keluar dari kandang mereka untuk mencari Marty. Hingga, tiba-tiba, mereka terdampar di Afrika.

Adegan-adegan lucu di film ini dipastikan menghibur untuk ditonton bersama keluarga. Karakter yang dinamis dan unik juga menjadi poin tambahan untuk film ini. Selain itu, jika kalian familier dengan serial teve tentang empat pinguin pintar, di film inilah awal mula mereka muncul.

5. Shark Tale (2004)

shark tale

Apa yang ada di pikiran kalian tentang hiu? Mungkin menyeramkan, bertaring tajam, pemakan daging, buas. Jauh berbeda dengan hiu di film satu ini.

Meski dibesarkan dalam keluarga gangster, dengan ayah kepala geng yang paling ditakuti selaut-raya, Lenny tidak tumbuh seperti yang diharapkan keluarganya. Ia tidak garang seperti Frankie kakaknya. Justru, ia tidak seperti hiu pada umumnya sebab Lenny adalah seekor hiu vegetarian!

Sementara itu, di area laut yang berbeda, ada Oscar si montir pencuci paus yang kesal dan lelah karena pekerjaannya. Oscar dan Lenny dipertemukan ketika Frankie (yang saat itu tengah melatih Lenny) menyuruh Lenny memburu dan memakan Oscar. Namun, Lenny yang tidak tega akhirnya membebaskan Oscar, membuat Frankie marah dan menyerbu Oscar untuk memberi Lenny pelajaran.

Sayangnya, Frankie terbunuh oleh jangkar kapal yang jatuh tiba-tiba. Lenny yang merasa bersalah segera pergi, tapi tragedi tersebut justru dimanfaatkan oleh Oscar sebagai titik balik kehidupannya, mengubahnya dari pecundang menjadi pemenang. Dengan tidak adanya saksi pasti, Oscar akhirnya menjadi terkenal lantaran telah ‘berhasil membunuh’ seekor hiu ganas.

Film ini diisi oleh serentetan aktor dan aktris berbakat, seperti Will Smith, Robert de Niro, Jack Black, Angelina Jolie, dan Renée Zellweger. Selain itu, film ini juga berhasil masuk nominasi penghargaan Oscar untuk Animasi Terbaik Tahun 2004.

6. The Lion King (1994)

the lion king

Ungkapan ‘singa si raja hutan’ benar-benar direalisasikan di sini, dengan hierarki yang sempurna layaknya kerajaan sungguhan. Mufasa adalah raja kerajaan Pridelands. Ia didampingi oleh permaisyurinya Sarabi dan anaknya, sang pangeran yang penuh rasa ingin tahu, Simba. Tak jarang rasa penasaran Simba membuatnya justru terjebak dalam situasi berbahaya.

Namun, suatu saat, setelah tragedi menimpa Pridelands, Simba terpaksa harus melarikan diri dan tidak kembali lagi ke tanah kelahirannya. Di pelariannya, ia bertemu dengan Timon dan Pumbaa yang mengajarkan Simba untuk menerapkan moto ‘hakuna matata’, yaitu untuk hidup tanpa kekhawatiran. Lama kelamaan, ia pun melupakan identitas dirinya sendiri sebagai seorang pangeran dan ahli waris kerajaan

Film adaptasi drama Hamlet karya William Shakespeare ini diisi lagu-lagu klasik yang tak lekang oleh waktu. Selain itu, film ini juga berhasil masuk 2 nominasi dan memenangkan penghargaan Oscar untuk Musik Terbaik, serta 3 penghargaan Golden Globe. Wah, harus banget ditonton, tuh!

7. Bambi (1942)

bambi

Animasi klasik Disney, dengan hewan-hewan cantik yang mengerubungi para putri, memang selalu manis dan menyenangkan untuk dilihat. Akan tetapi, alih-alih putri, seekor rusa kecillah yang menjadi protagonis di cerita rekomendasi film ketujuh ini.

Sewaktu kecil, Bambi harus melalui tragedi mengerikan yang mengharuskannya tetap tegar. Seiring waktu berjalan, Bambi pun tumbuh menjadi rusa jantan yang berteman dengan hewan mana pun, dan menjadi pemimpin di kelompoknya. Sayangnya, kedatangan pemburu mulai menguji keberaniannya. Bambi harus mempersiapkan diri untuk menghadapi mereka dengan berani, seperti ayahnya dahulu.

Film klasik yang diproduksi awal tahun 40-an ini sukses menyabet satu penghargaan Golden Globe dan masuk nominasi 3 penghargaan Oscar. Hingga saat ini, banyak orang masih menyeka air mata ketika menonton tragedi yang terjadi di awal kehidupan Bambi. Wah, memang sesedih itu? Ayo, cari tahu!

8. Kung Fu Panda (2008)

kungfu panda

Animasi keenam ini datang dari studio DreamWorks, menceritakan tentang seekor panda pemalas yang justru malah masuk ke dalam tim kung fu legendaris. Berdasarkan ramalan kuno, Po si panda ditunjuk menjadi Ksatria Naga, ‘sang terpilih’. Padahal, ia bantu-bantu di toko keluarganya saja tidak begitu benar. Hihihi.

Bersusah payah Po mempelajari ilmu bela diri yang tidak pernah dicobanya tersebut, bersama dengan tim idolanya Furious Five, yang beranggotakan Tigress si harimau, Monkey si monyet, Mantis si belalang sembah, dan Viper si ular. Mereka berenam berjuang mengalahkan Tai Lung untuk menyelamatkan Tiongkok, di bawah bimbingan Guru Shifu sebagai mentor.

Film ini diisi oleh pengisi suara yang keren-keren, lho! Ada Jack Black, Dustin Hoffman, Angelina Jolie, Jackie Chan, Ian McShane, dan lainnya. Selain itu, animasi komedi ini juga berhasil masuk nominasi penghargaan Oscar untuk Film Animasi Terbaik Tahun 2009 dan nominasi penghargaan Golden Globe untuk kategori sama.

9. Finding Nemo (2003)

finding nemo

Sudah nonton Finding Dory tahun lalu? Nah, sebelum Dory hilang, ada Nemo yang hilang terlebih dahulu. Nyaris serupa dengan Shark Tale, latar belakang tempat film ini juga di laut, meski para binatang lautnya tidak berperilaku mirip seperti manusia layaknya para binatang di Shark Tale.

Diceritakan ada Marlin yang begitu posesif terhadap anak laki-lakinya Nemo, karena tidak ingin kehilangan lagi layaknya ia kehilangan anak-anak dan istrinya sekaligus sebelumnya.

Sayangnya, sifat Marlin yang terlalu mengekang Nemo justru menjadi bumerang. Sebab, ketika Nemo memutuskan untuk memberontak dengan menyentuh perahu manusia yang terlarang untuk disentuh ikan mana pun, Nemo malah ditangkap oleh seorang penyelam/dokter gigi asal Sydney, dan dipisahkan dari ayahnya.

Oleh karena itu, Marlin mati-matian berusaha untuk menemukan dan membawa pulang anaknya kembali, bagaimanapun caranya. Didampingi Dory si ikan pelupa yang tidak sengaja ikut dengannya, Marlin bertualang mengarungi laut lepas demi anak sematawayangnya.

Plot yang menarik dan orisinal membuat penonton dijamin akan terus setia mengikuti cerita hingga akhir, menerka-nerka apakah Marlin akan dipertemukan lagi dengan Nemo atau tidak.

Tidak heran jika keseruan film ini sukses membuat Andrew Stanton sebagai penulis dan sutradara menyabet gelar pemenang Oscar tahun 2004, juga masuk 2 nominasi lainnya dan 1 nominasi Golden Globes. Tidak boleh dilewatkan, deh!

10. Zootopia (2016)

zootopia

Bayangan ketika dunia hewan benar-benar dibuat mirip dengan dunia manusia benar-benar direalisasikan dengan apik oleh orang-orang kreatif di balik film Zootopia. Animasi yang mencerahkan mata, karakter-karakter yang seru, bahkan isu kemanusiaannya ngena, deh!

Seperti halnya manusia, di film ini hewan juga bisa bermimpi, contohnya Judy Hopps si kelinci yang berambisi untuk menjadi polisi. Banyak yang memandangnya sebelah mata sebab kebanyakan kelinci hanya berakhir menjadi pedagang sayuran atau petani, tapi hal itu tidak membuat Judy patah semangat. Ia terus berusaha, hingga akhirnya ia benar-benar menjadi polisi sungguhan. Sayangnya, tidak seperti yang ia harapkan.

Meskipun telah menjadi lulusan terbaik di akademinya dan ditransfer untuk bertugas di pusat kota Zootopia, Judy hanya diberi tugas sebagai polisi pemberi tiket parkir bagi kendaraan yang melanggar jam parkir. Namun, ketika ia secara keras kepala menerima tugas penyelidikan kasus seekor berang-berang hilang, petualangan Judy sebagai polisi sungguhan pun dimulai.

Judy didampingi Nick si rubah, yang tidak hanya pernah menipunya, tapi juga adalah petunjuk utama dari kasus Emmett Otterton si berang-berang hilang. Walaupun awalnya mereka tidak begitu akur, mau tak mau Judy harus bekerja sama dengan Nick untuk menelusuri misteri hewan-hewan yang hilang di Zootopia.

Orisinalitas dan animasinya yang memikat membuat film ini tidak hanya berhasil mendapatkan penghargaan Oscar untuk Film Animasi Terbaik Tahun 2017, tapi juga memenangkan piala Golden Globe untuk kategori yang sama, lho! Siapa yang belum nonton film yang baru rilis tahun 2016 ini? Wah, jangan ketinggalan!

Rekomendasi Film Lainnya

Sudah menonton semua film di atas? Tenang saja, Bacaterus masih punya rekomendasi film animasi terbaik lainnya yang juga menampilkan karakter hewan. Berikut daftar lengkapnya:

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hanya seorang penggemar film, serial televisi, dan kopi yang tengah berusaha untuk kembali menjadi seorang penulis.

Leave A Comment