Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Februari 2019

Let it go, let it go. Can’t hold it back anymore…. Hayo, siapa yang membaca lirik tersebut sambil bernyanyi? Para pembaca Bacaterus pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu beken berjudul Let It Go dari Frozen, animasi produksi Disney yang tayang empat tahun lalu. Lagu ini berhasil meraih penghargaan Best Achievement in Music dari Academy Awards, lho!

Nah, tapi, sebelum Disney mengeluarkan animasi-animasi terkininya seperti Frozen, Tangled, Brave, dan lain-lain, Disney sudah punya banyak stok animasi klasik yang tidak kalah sukses, dengan lagu-lagu ikonis yang selalu bikin terngiang. Tidak hanya sukses di pasaran, lagu-lagunya juga berhasil meraih penghargaan Best Music di Academy Awards Amerika Serikat. Wah, penasaran, kan? Baca terus, ya!

1. Pinocchio (1940)

 pinocchio

Orang tua kadang mewanti-wanti anaknya supaya tidak berbohong kalau tidak mau punya hidung panjang seperti Pinocchio. Boneka kayu yang lucu ini awalnya tidak bisa berbohong, lho, karena sebelum bisa bergerak dan hidup seperti manusia, Pinocchio hanyalah boneka kayu biasa.

Beruntung permintaan Pak Geppetto untuk mempunyai seorang anak lelaki akhirnya dikabulkan oleh Peri Biru. Namun, Pinocchio harus bisa membuktikan diri dulu sebelum benar-benar diubah menjadi anak lelaki manusia sungguhan.

Selain ceritanya yang sarat akan makna, animasi klasik tahun 40-an ini juga diisi oleh soundtrack yang legendaris. Salah satunya adalah When You Wish Upon a Star, yang bisa didengar sekilas di beberapa suara latar adegan pembukaan film-film Disney. Tidak salah jika Academy Awards menganugerahi Leigh Harline (penata musik) dan Ned Washington (penulis lirik) satu piala Oscar untuk lagu tersebut.

2. The Little Mermaid (1989)

the little mermaid

Animasi tentang seorang putri duyung remaja yang rindu akan daratan ini sampai sekarang masih digandrungi banyak orang. Ariel adalah salah satu dari deretan putri Disney yang tidak lekang oleh waktu, diidolakan oleh berbagai kalangan, begitu pula lagu-lagu pengisi kehidupannya selama film berlangsung.

Sayangnya, bukan lagu solo Ariel yang berhasil menyabet gelar juara di Academy Awards 1990, melainkan lagu up-beat yang dinyanyikan si kepiting kecil Sebastian. Namun, lagu Under the Sea yang catchy tidak kalah enak didengar dan enak untuk dinyanyikan, kok!

Alan Menken (penata musik) dan Howard Ashman (penulis lirik) berhasil membawa pulang masing-masing 1 piala Oscar untuk penghargaan Best Music, Original Song, dan 1 piala lagi bagi Alan Menken untuk penghargaan Best Music, Original Score.

3. Pocahontas (1995)

pochahontas

Film animasi ini sampai sekarang masih menuai kritik dan perdebatan lantaran isu rasisme yang masih kental di dalamnya. Meski begitu, animasi yang mengangkat kisah gadis Indian dan perjuangannya mempertahankan tanah leluhurnya dari serangan orang asing ini juga tetap menyenangkan dan menghibur.

Penonton diajak untuk mengetahui kebudayaan dan keragaman masyarakat Indian tak hanya dengan adegan-adegan di filmnya saja, tetapi juga dengan lagu-lagunya yang filosofis.

Tak ayal penghargaan Oscars pun memberikan apresiasi dengan menganugerahi Colors of the Wind dua buah piala Oscar untuk Best Music, Original Song dan Original Musical. Lagu yang dinyanyikan Judy Kuhn sebagai pengisi suara nyanyian Pocahontas ini memang membawakan pesan kultural yang kuat, dan untuk itu, Alan Menken berhasil membawa pulang 2 piala lagi, begitu pula Stephen Schwartz sebagai penulis lirik lagu ini.

4. Aladdin (1992)

aladdin

Siapa yang belum kenal Aladdin dan jinnya? Persahabatan manusia dan jin ini terjalin ketika Aladdin secara tidak sengaja mendapatkan lampu ajaib tempat tinggal Jin. Tentu saja Aladdin diberi 3 permintaan, salah satunya ia gunakan untuk membuatnya kaya raya sehingga dapat melamar putri raja. Siapa sangka ternyata Jasmine, sang putri, tidak begitu peduli pada harta kekayaan?

Namun, setelah Aladdin yang menyamar sebagai Pangeran Ali mengajaknya jalan-jalan naik karpet terbang untuk mengelilingi dunia, Jasmine pelan-pelan akhirnya terpincut juga. Bersama-sama, mereka pergi ke seluruh penjuru dunia sambil menyanyikan lagu yang pasti sudah tidak asing ditelinga. Yup, A Whole New World!

Lagu ikonis yang asyik dinyanyikan untuk duet di karaoke ini berhasil menyabet 2 piala Oscar untuk Best Music, Original Song dan Original Score pada tahun 1993. Lagi-lagi, Alan Menken sebagai penata musik menerima 2 piala, dan Tim Rice sebagai penulis lirik menerima 1 piala. Keren, ya!

 5. Tarzan (1999)

tarzan

Pemuda hutan yang gemar bergelayut di akar gantung pepohonan ini pasti sudah tidak asing lagi. Ceritanya sudah diadaptasi oleh berbagai pihak, termasuk studio Disney sendiri yang membuat versi lain, dengan George dari hutan sebagai pemeran utama. Akan tetapi, cerita Tarzan, kelompok gorilanya, dan Jane masih tetap diminati dan tidak terlupakan sampai sekarang, begitu pula dengan lagu-lagu pengisinya.

Film animasi ini, seperti yang lainnya, sukses mendapatkan penghargaan Best Music, Original Song untuk Phil Collins dan lagunya You’ll be in My Heart. Lagu ini juga sudah di-cover oleh beberapa artis karena naturnya yang mudah didengarkan, salah satunya oleh penyanyi Usher. Ada yang belum pernah dengar lagunya? Wah, ayo segera cek dan dengarkan!

6. Beauty and the Beast (1991)

beauty and the beast

Sebelum kalian menonton versi live action-nya yang diproduksi awal tahun 2017, ini adalah versi orisinalnya. Cerita dan karakter-karakternya yang menarik pun tidak kalah dengan film adaptasi yang terbaru, terlebih karena film animasi ini adalah versi animasi klasiknya.

Selain mengangkat kembali nama Disney pada awal tahun 1991, Beauty and the Beast juga berhasil menambahkan deretan piala Oscar yang diraih studio Disney dengan lagu legendarisnya yang berjudul sama.

Lagu yang dibawakan oleh Celine Dion dan Peabo Bryson ini masih populer sampai sekarang. Meskipun sudah dinyanyikan lagi oleh Ariana Grande dan John Legend di versi tahun 2017, beberapa kalangan masih tetap setia mendengarkan versi aslinya. Karya Alan Menken dan Howard Ashman ini membuat duo penata musik dan penulis lirik itu mendapatkan gelar pemenang dan membawa pulang 2 piala lagi.

7. The Lion King (1994)

the lion king

Perjalanan Simba yang harus menghadapi tragedi di usia muda dan diasingkan dari kampung halamannya tidak hanya membuat para penonton berkaca-kaca, tapi juga ikut bernyanyi dengan sukacita. Yup, nyaris seluruh lagu yang terdapat di film berkarakter hewan ini benar-benar easy-listening dan asyik untuk dinyanyikan sama-sama. Tidak heran, dong, jika Academy Awards pun mengapresiasinya.

Dua lagu di film ini berhasil masuk 1 nominasi Best Music, Original Song secara bersamaan, lho! Meskipun Circle of Life dan Hakuna Matata tidak berhasil membawa pulang piala, ada Can You Feel the Love Tonight yang menjadi andalan. Alhasil, Elton John (penata musik) dan Tim Rice (penulis lirik) pun berhasil pulang ke rumah sebagai pemenang. Salut, deh!

Nah, kalau penasaran, ayo segera dengarkan lagu-lagu yang sudah diulas di atas. Jangan salahkan kalau kalian terngiang terus dan tidak bisa berhenti bernyanyi, ya. Hihihi. Yuk, bagikan komentar kamu di bawah!