Bacaterus / Film Terbaik / 10 Film Terbaik yang Menampilkan Tokoh All Star Cast

10 Film Terbaik yang Menampilkan Tokoh All Star Cast

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ensemble Cast adalah sebuah istilah dalam dunia perfilman yang disematkan kepada film-film yang mengumpulkan para aktor/aktris ternama dalam satu film di mana semuanya memegang peranan penting dalam film tersebut.

Jika di dalam istilah olahraga sering disebut “All-Star”. Tentu saja dibutuhkan dana yang besar untuk mengumpulkan para artis terkenal untuk bergabung dalam sebuah produksi film.

Selain biaya yang besar, dibutuhkan juga pembagian cerita yang baik agar kapasitas akting para bintang film ini tidak menjadi sia-sia. Masing-masing karakter yang diperankan harus ditampilkan semaksimal mungkin berbagi dengan karakter lainnya dalam durasi yang terbatas.

Dibutuhkan seorang penulis naskah yang handal untuk menyukseskan produksi film seperti ini. Berikut ini kami pilihkan sepuluh film terbaik yang menampilkan all-star cast dalam performa terbaik mereka yang juga memiliki pembagian kisah yang baik.

10 Film yang Menampilkan All Star Cast Terbaik

1. The Magnificent Seven [1960]

The Magnificent Seven

Film klasik era 1960an karya John Sturges ini merupakan remake versi Hollywood film Jepang karya Akira Kurosawa, Seven Samurai [1954]. Dalam gaya western, para bintang yang berperan di film ini adalah Charles Bronson, Yul Brynner, James Coburn, Steve McQueen, Robert Vaughn dan Eli Wallach.

Film dengan iringan soundtrack dari Elmer Bernstein ini sukses besar dan melahirkan tiga film lanjutan, yaitu Return of the Seven [1966] dengan hanya Yul Brynner sebagai pemeran dari film sebelumnya, Guns of the Magnificent Seven [1969] dan The Magnificent Seven Ride [1972]. Sayangnya, ketiga film ini gagal menyamai kesuksesan film pertamanya.

2. Pulp Fiction [1994]

Pulp Fiction

Film klasik produksi 1994 karya Quentin Tarantino ini berhasil mengangkat kembali karir para bintangnya yang sedang turun, seperti John Travolta, Samuel L. Jackson dan Uma Thurman. Mereka bertiga adalah sosok utama dalam cerita film kriminal yang unik ini.

Di film yang seringkali dianggap sebagai film dengan naskah terbaik ini juga menampilkan Harvey Keitel, Tim Roth, Ving Rhames, Rosanna Arquette, Christopher Walken dan Bruce Willis sebagai pelengkap all-star cast di film ini.

3. Ocean’s Eleven [2001]

Ocean’s Eleven

Untuk remake film era 1960an yang diperankan oleh Frank Sinatra, Steven Soderbergh berhasil mengumpulkan all-star cast yang bersinergi satu sama lainnya. Di antaranya adalah George Clooney, Brad Pitt, Matt Damon, Don Cheadle, Andy Garcia dan Julia Roberts.

Dengan hasil box-office yang besar dan respon positif dari moviegoers, maka film ini dilanjutkan dengan dua film berikutnya, Ocean’s Twelve [2004] dengan penambahan Catherine Zeta-Jones, dan Ocean’s Thirteen [2007] dengan aktor senior Al Pacino sebagai villain utamanya.

4. Love Actually [2003]

Love Actually

Film produksi bersama USA dan UK ini seolah-olah adalah greatest hits dari karya Richard Curtis sebelumnya yang dikumpulkan dalam satu film. Bercerita tentang sepuluh kisah cinta yang unik dan berbeda di setiap jalan ceritanya.

Karena setting cerita di London, maka all-star cast yang tampil pun berasal dari ranah Britania, antara lain Hugh Grant, Liam Neeson, Colin Firth, Laura Linney, Emma Thompson, Alan Rickman, Keira Knightley, Bill Nighy dan Rowan Atkinson. Bagi penikmat film-film romantis yang manis, film ini sangat direkomendasikan, terutama untuk menemani saat Natal Desember ini.

5. Sin City [2005]

Sin City

Film crime-action ini diangkat dari komik karya Frank Miller yang juga bertindak selaku sutradara bersama Robert Rodriguez.

Dengan banyak bintang seperti Bruce Willis, Mickey Rourke, Clive Owen, Jessica Alba, Benicio del Toro, Brittany Murphy dan Elijah Wood, film ini dipuji para kritikus karena visualisasi yang tidak biasa, yaitu tampil dalam hitam-putih dengan rendering yang khas membuat penonton seolah-olah sedang membaca sebuah komik.

Film keduanya juga, Sin City: A Dame to Kill For [2014] tampil dengan konsep yang sama dengan kembalinya beberapa aktor/aktris film sebelumnya ditambah dengan beberapa cast baru seperti Josh Brolin, Joseph Gordon-Levitt, Eva Green, Ray Liotta, Jeremy Piven, Alexa Vega dan Juno Temple.

6. He’s Just Not That Into You [2009]

He’s Just Not That Into You

Film romantic-comedy yang diangkat dari buku self-help karya Greg Behrendt dan Liz Tuccilo ini menampilkan aktor/aktris papan atas Hollywood untuk mendukung ceritanya. Mereka adalah Ben Affleck, Jennifer Aniston, Drew Barrymore, Jennifer Connelly, Bradley Cooper, Scarlett Johansson, Kris Kristofferson dan Justin Long.

Film yang sukses dalam peredarannya di seluruh dunia ini merupakan salah satu film produksi perusahaan film milik Drew Barrymore sendiri, Flower Films.

7. Cloud Atlas [2012]

Cloud Atlas

Film produksi bersama USA dan Jerman ini merupakan proyek ambisius dari Wachowski bersaudara dan Tom Tykwer dalam menerjemahkan novel karya David Mitchell ke layar lebar.

Mengusung cerita yang rumit dalam enam era yang berbeda tetapi saling mempengaruhi satu sama lain, film ini menampilkan all-star cast yang dipimpin oleh Tom Hanks, Halle Berry dan Jim Broadbent dengan durasi tampil yang lebih banyak. Bintang lainnya adalah Hugo Weaving, Jim Sturgess, Susan Sarandon dan Hugh Grant, beserta bintang-bintang lain dari berbagai negara.

8. This Is the End [2013]

This Is the End

Menggabungkan para aktor yang terbiasa bermain dalam film comedy menjanjikan film dengan sarat tawa dan hiburan. Dalam film ini, para komedian ini tampil sebagai diri sendiri dalam situasi datangnya Kiamat yang menghancurkan kehidupan di alam semesta.

All-star cast yang tampil adalah James Franco, Jonah Hill, Seth Rogen, Jay Baruchel, Danny McBride, Craig Robinson dan Michael Cera, ditambah dengan Emma Watson. Mereka berusaha untuk selamat dari Kiamat meski pada akhirnya mereka tetap mengalami kematian dan masuk surga, di mana di sana mereka dihibur dengan penampilan Backstreet Boys.

9. The Cities of Love Trilogy

The Cities of Love Trilogy

Berawal dari ide produser Emmanuel Benbihy, muncullah film anthology yang tidak hanya menampilkan all-star cast tetapi juga menghadirkan all-star director untuk mengarahkan setiap segmen film yang disajikan di film ini.

Paris, je t’aime [2006] adalah film pertama dengan lokasi di kota Paris. Gaspard Ulliel, Steve Buscemi, Catalina Sandino Moreno, Barbet Schroeder, Miranda Richardson, Juliette Binoche, Willem Dafoe, Nick Nolte, Ludivine Sagnier, Maggie Gyllenhaal, Bob Hoskins, Elijah Wood, Olga Kurylenko, Emily Mortimer, Rufus Sewell dan Natalie Portman hadir dalam 18 segmen yang dihadirkan.

Kemudian dilanjutkan dengan New York, I Love You [2008] yang menampilkan 11 segmen dengan setting kota New York.

All-star cast film ini adalah Hayden Christensen, Andy Garcia, Rachel Bilson, Natalie Portman, Irrfan Khan, Orlando Bloom, Christina Ricci, Maggie Q, Ethan Hawke, Chris Cooper, Robin Wright Penn, Anton Yelchin, James Caan, Olivia Thrilby, Blake Lively, Bradley Cooper, Julie Christie, John Hurt, Shia LeBeouf, Jacinda Barrett, Shu Qi, Eli Wallach, Eva Amurri dan Justin Bartha.

Di tahun 2014, dirilis film ketiga, Rio, I Love You, dengan setting di Rio de Janeiro. Keeksotisan kota ini ditampilkan dalam film dengan deretan bintang seperti Jason Isaacs, Harvey Keitel, Vincent Cassel, Rodrigo Santoro, Emily Mortimer, John Turturro dan Vanessa Paradis. Sayangnya, film ketiga ini tidak berhasil mencuri perhatian moviegoers.

10. Garry Marshall Trilogy

Garry Marshall Trilogy

Sebagai seorang sutradara senior, mudah saja bagi Garry Marshall untuk mengumpulkan para bintang dalam filmnya. Film ini cukup sukses meski sedikit mendapat respon negatif.

Film pertama dari rentetan holiday-themed karyanya adalah Valentine’s Day [2010] dengan penampilan all-star cast seperti Jessica Alba, Kathy Bates, Jessica Biel, Bradley Cooper, Jamie Foxx, Jennifer Garner, Topher Grace, Anne Hathaway, Ashton Kutcher, Queen Latifah, Taylor Lautner, Shirley MacLaine, Emma Roberts, Julia Roberts hingga Taylor Swift dalam debut aktingnya.

Film berikutnya adalah New Year’s Eve [2011] dengan para bintang seperti Halle Berry, Jessica Biel, Jon Bon Jovi, Abigail Breslin, Ludacris, Robert De Niro, Josh Duhamel, Zac Efron, Katherine Heigl, Ashton Kutcher, Sarah Jessica Parker, Michelle Pfeiffer, Hilary Swank dan Sofia Vergara.

Sayangnya film ini meraih banyak nominasi di ajang Golden Raspberry Awards yang memberikan penghargaan kepada film-film terburuk. Tidak berhenti sampai disitu, Garry Marshall mempersembahkan karya terakhirnya sebelum wafat dengan Mother’s Day [2016] dengan deretan bintang seperti Jennifer Aniston, Kate Hudson, Julia Roberts, Jason Sudeikis dan Timothy Olyphant.

Itulah sepuluh film rekomendasi yang menampilkan ensemble cast atau all-star cast yang pastinya bertabur bintang film yang sudah pasti kita kenal.

Dengan banyaknya karakter seperti di film-film ini, memang jalan yang terbaik adalah membuatnya sebagai film anthology dengan beberapa segmen seolah cerita pendek. Tetapi akan lebih menarik jika semua karakter memiliki hubungan satu sama lainnya dalam kerumitan kisah hidup mereka.

Trend film seperti ini sepertinya akan terus berlanjut, contohnya dalam persaingan Marvel dan DC Comics dalam menampilkan para superhero mereka lewat The Avengers dan Justice League yang sudah pasti membutuhkan aktor-aktor papan atas untuk memerankan para superhero andalan mereka.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *