Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik dari Alicia Vikander yang Mesti Kamu Tonton

10 Film Terbaik dari Alicia Vikander yang Mesti Kamu Tonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Wilayah Skandinavia tidak hanya terkenal menciptakan mitologi nordik yang melegenda. Di sana juga melahirkan sederet aktor dan aktris berbakat dalam dunia seni peran. Salah satu buktinya bisa terlihat dari sosok perempuan kelahiran Swedia bernama Alicia Vikander ini.

Ia berhasil menembus Hollywood dan membintangi sejumlah film-film yang cukup laris manis ditayangkan di layar sinema. Alicia memulai karirnya sebagai pemain teater, dan bermain di sejumlah film pendek serta beberapa serial TV di Swedia.

Debut perdana film layar lebarnya ia lakoni saat berperan di film produksi dalam negerinya sendiri yang berjudul Pure pada tahun 2010. Di tahun 2015, ia mendapatkan nominasi Golden Globe dan BAFTA untuk kategori Best Supporting Actress atas perannya sebagai robot cerdas di film Ex Machina.

Istri dari aktor Michael Fassbender ini kini telah mempersiapkan film terbarunya berjudul Green Knight yang akan rilis di tahun ini. Untuk kamu yang ingin mengetahui film-film yang pernah diperankan oleh Alicia Vikander, Bacaterus akan memberikan rekomendasinya di bawah ini. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. The Danish Girl (2015)

The Danish Girl (2015)

The Danish Girl merupakan sebuah film yang berdasarkan dari novel karya David Ebershoff dengan judul yang sama. Menceritakan tentang kisah nyata sepasang suami istri dari Denmark yang berprofesi sebagai pelukis bernama Einar Wegener (Eddie Redmayne), dan Gerda Wegener (Alicia Vikander).

Einar kemudian melakukan operasi ganti kelamin dan menjadi transgender dengan memiliki nama perempuan, Lili Elbe. Atas perannya di film yang satu ini, Alicia Vikander memenangkan Academy Award untuk kategori Aktris Pendukung Terbaik, dan Eddie Redmayne masuk nominasi Aktor Terbaik di ajang yang sama.

Sementara itu, Film The Danish Girl sendiri mendapatkan nominasi Academy Award untuk Desain Produksi Terbaik, dan Desain Kostum Terbaik, serta menjadi nominasi sebagai Film Inggris Terbaik di penghargaan BAFTA.

2. The Light Between Oceans (2016)

The Light Between Oceans (2016)

Tom Sherbourne (Michael Fassbender) adalah seorang veteran Perang Dunia I. Ia kini bekerja sebagai penjaga mercusuar di pantai Australia, dan menikah dengan gadis setempat bernama Isabel Graysmark (Alicia Vikander).

Istrinya sudah mengalami dua kali kegagalan selama proses kehamilan. Suatu ketika, mereka berhasil menyelamakan seorang bayi perempuan di lautan dan berencana untuk mengadopsinya.

Debut penayangan perdana film The Light Between Oceans dilaksanakan dalam ajang Festival Film Internasional Venice ke-73 pada September 2016. Di kompetisi tersebut, film ini juga bersaing untuk mendapatkan penghargaan Golden Lion.

Film yang mengusung drama romantis ini ceritanya berdasarkan sebuah novel dengan judul yang sama karya penulis M.L Stedman, diterbitkan pada tahun 2012.

3. Tomb Raider (2018)

Tomb Raider (2018)

Angelina Jolie memang cukup berkesan memerankan Lara Croft di film Tom Raider pada tahun 2001 dan 2003. Setelah tidak terdengar kabarnya, sosok perempuan tangguh ini kembali hidup dengan diperankan oleh Alicia Vikander.

Dalam film ini, Lara Croft akan melakukan petualangan yang jauh lebih menegangkan. Ia akan memulai perjalanan berbahaya untuk memecahkan misteri yang ditingalkan oleh ayahnya.

Tom Raider versi remake ini meraup keuntungan secara finansial sebesar 58,3 juta dollar di Amerika, dan meraup pendapatan dengan total 275 juta dollar di seluruh dunia. Penghasilan tersebut langsung mengungguli film terdahulunya yang dirilis pada tahun 2001 dan 2003. Film ini kabarnya akan mendapatkan sekuel keduanya yang dijadwalkan akan tayang pada bulan Maret 2021.

4. Ex Machina (2014)

Ex Machina (2014)

Ex Machina adalah sebuah film fiksi ilmiah yang digarap oleh sutradara asal Inggris Alex Garland. Diceritakan bahwa seorang programmer bernama Caleb Smith diundang oleh atasannya, Nathan Bateman, untuk melakukan tes Turing kepada robot humanoid wanita bernama Ava (Alicia Vikander). Tes tersebut dilakukan untuk menunjukan perilaku kecerdasan yang setara atau berbeda dengan manusia.

Natioan Board of Review memuji film ini dan menjadikannya sebagai salah satu dari sepuluh film independen terbaik di tahun perilisannya. 88th Academy Awards memberikan film ini penghargaan untuk kategori Efek Visual Terbaik.

Selain itu, Ex Machina juga masuk nominasi untuk BAFTA Award sebagai Best British Film, dan Hugo Award dalam kategori Best Drama Presentation – Long Form.

5. Testament of Youth (2014)

Testament of Youth (2014)

Testament of Youth merupakan film drama yang ceritanya berdasarkan dari memoar Perang Dunia 1 dengan judul yang sama ditulis oleh Vera Brittain. Di film ini diceritakan bahwa Vera Brittain (Alicia Vikander) adalah seorang wanita muda yang memutuskan untuk meninggalkan pendidikannya di Somerville College, Oxford. Ia melakukan itu hanya untuk menjadi seorang perawat di masa peperangan.

Pada tahun 2016, Aliansi Jurnalis Film Wanita yang berbasis di Kota New York menganugerahi penghargaan Best Breakthrough Performance kepada Alicia Vikander atas perannya di film ini.

Testament of Youth lalu mendapatkan ulasan positif di situs Rotten Tomatoes dengan nilai 82% berdasarkan dari 109 kritikus. Sementara itu, Metacritic memberikan nilai rata-rata untuk film ini di angka 77/100.

6. A Royal Affair (2012)

A Royal Affair (2012)

Setelah perilisannya di tanggal 29 Maret 2012, film ini kemudian meraih dua Silver Bears di Festival Film Internasional Berlin ke-62. Selain itu, berhasil masuk nominasi untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik dalam Academy Awards ke-85, dan Golden Globe ke-70.

A Royal Affair mendapatkan skor 90% dari Rotten Tomatoes berdasarkan 108 ulasan dengan memiliki peringkat rata-rata diangka 7,3/10. A Royal Affair merupakan film drama sejarah yang digarap oleh seorang sutradara asal Denmark Nikolaj Arcel.

Film ini berlatar belakang pada abad ke-18 saat Raja Christian VII dari Denmark sedang berkuasa. Ia mempunyai istri bernama Caroline Matilda dari Britania Raya yang diperankan oleh Alicia Vikander. Sang istri ternyata mempunyai hubungan asmara dengan dokter kerajaan bernama Johann Friedrich Struensee.

7. The Man from U.N.C.L.E (2015)

The Man from U.N.C.L.E (2015)

Tahun 1963, perang dingin sedang berkecamuk di daratan Eropa. Pada masa itu, seorang agen CIA yang bernama Napoleon Solo (Henry Cavill) menginvestigasi pengembangan nuklir oleh seorang ilmuwan Nazi bernama Dr. Teller.

Solo lalu mendekati anak dari sang ilmuwan, Gabby Teller (Alicia Vikander) untuk mendapatkan petunjuk. Namun, ia malah dikejar-kejar oleh seorang Agen KGB dari Rusia yang tangguh.

Film yang satu ini merupakan hasil adaptasi dari serial TV tahun 1964 dengan judul yang sama. The Man from UNCLE disutradarai oleh Guy Ritchie dan naskahnya ditulis olehnya beserta Lionel Wigram.

Di wilayah Amerika Utara, film ini meraup untung sebesar 45,4 juta dollar, sedangkan di seluruh dunia berhasil meraup pendapatan dengan total 109,8 juta dollar lewat biaya produksi sebanyak 75 juta dollar.

8. Submergence (2017)

Submergence (2017)

Submergence menawarkan sebuah kisah thriller romantis diantara Alicia Vikander dan James McAvoy. Aktor pemeran Profesor X di film X-Men ini berperan sebagai agen Inggris bernama James Moore, sedangkan Alicia Vikander memerankan karakter, Danielle Flinders, seorang ilmuwan ahli bio-matematika.

Film yang satu ini didasarkan dari sebuah novel dengan judul yang sama karya JM Ledgard. James Kini harus menyamar dengan menjadi seorang insinyur laut. Di sisi lainnya, Danielle tengah mengerjakan proyek bawah laut untuk meneliti asal usul kehidupan Bumi.

Keduanya lantas bertemu di sebuah penginapan di Normandia Prancis. Karena sering menghabiskan waktu bersama, mereka saling jatuh cinta. Namun, mereka harus dihadapkan pada kenyataan yang membuat mereka harus terpisah.

9. Earthquake Bird (2019)

Earthquake Bird (2019)

Tokyo tahun 1989 adalah tempat baru bagi kehidupan Lucy Fly (Alicia Vikander). Ia menjadi seorang imigran dan bekerja sebagai penerjemah. Pertemuannya dengan fotografer bernama Teiji membuatnya semakin nyaman berada di Jepang.

Situasi kemudian menjadi pelik saat teman dari Lucy bernama Lily menghilang tanpa jejak. Lucy lalu dicurigai melakukan pembunuhan karena adanya peristiwa tersebut. Earthquake Bird menawarkan sebuah sensasi thriller psikologis yang cukup seru untuk dinikmati.

Film yang dikerjakan oleh sutradara Wash Westmoreland ini berdasarkan dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Susanna Jones. Debut perdana film ini diputar dalam ajang BFI London Film Festival pada tanggal 10 Oktober 2019.

10. Jason Bourne (2016)

Jason Bourne merupakan seri kelima dari waralaba film Bourne yang pertama kali tayang pada tahun 2002. Sekuel terbarunya ini tetap dibintangi oleh Matt Damon, Tommy Lee Jones, Julia Stiles dan Alicia Vikander yang berperan sebagai Heather Lee, salah satu petinggi dari organisasi CIA.

Seminggu selepas rilis perdananya, film ini langsung menempati posisi teratas box office dengan pendapatan 59 juta dollar. Diceritakan bahwa keberadaan Bourne kini telah diketahui, dan organisasi CIA berusaha untuk menangkapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Divisi Intelijen Cyber CIA, Heather Lee, mulai melakukan penyelidikan tentang masa lalu dari Bourne. Ia lalu meminta izin kepada Direktur Intelijen Nasional, Edwin Russell, untuk menghubungi Bourne secara pribadi dan membujuknya bergabung kembali dengan CIA.

Tangguh seperti Viking dan mempesona layaknya gadis Skandinavia, mungkin seperti itulah gambaran tentang Alicia Vikander. Jika kamu sudah terpikat dengan perempuan yang satu ini, maka tidak boleh melewatkan semua rekomendasi film yang sudah diberikan. Semoga ulasan film di atas bisa menambah referensi dalam daftar tontonanmu ya. Selamat menyaksikan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *