7 Film Terbaik Al Ghazali yang Cocok Ditonton di Akhir Pekan

Ditulis oleh Erika Erilia

Siapa yang tak kenal dengan Al Ghazali atau yang akrab disapa Al ini? Putra pasangan Ahmad Dhani dan Maia Estianty tersebut tak hanya mahir bermusik, lho! Al rupanya juga piawai dalam urusan akting. Buktinya, ia sudah membintangi beberapa judul film dengan berbagai genre.

Aktor kelahiran 1 September 1997 ini tampaknya tidak mau membatasi kemampuannya dalam hal akting. Ia tercatat pernah bermain di film action, drama romantis, bahkan film horor. Kalau kamu penasaran dengan penampilan dan kualitas akting Al, pastikan kamu menonton ketujuh film Al Ghazali di bawah ini.

1. Dignitate

  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama
  • Rumah Produksi: MD Pictures
  • Sutradara: Fajar Nugros
  • Pemeran: Al Ghazali, Caitlin Halderman, Giorgino Abraham, Teuku Ryzki

Alfi (Al Ghazali) dan Alana (Caitlin Halderman) adalah teman satu kelas yang selalu saja berdebat, tapi perlahan-lahan muncul rasa saling peduli di antara keduanya. Konflik mulai meruncing ketika orang dari masa lalu Alana kembali muncul. Yang paling mengejutkan lagi, orang tersebut ternyata masih ada hubungannya dengan Alfi.

Dalam film ini, Al Ghazali harus tampil sebagai Alfi dan memerankan seorang remaja laki-laki berkarakter dingin dan keras kepala. Sekilas, Alfi tampak seperti murid laki-laki yang arogan, menyebalkan, dan tidak bersahabat. Tapi di balik itu semua, Alfi sebenarnya punya hati yang lembut dan peduli dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Selain itu, Alfi juga digambarkan sebagai sosok murid yang sangat populer di sekolah, bahkan guru perempuan pun tergila-gila padanya. Dengan karakter seperti itu, tak heran bila tokoh ini akhirnya jatuh ke tangan Al Ghazali. Aktor yang satu ini memang punya visual menarik sekaligus terlihat dingin seperti penggambaran sosok Alfi.

2. Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Aku Tahu Kapan Kamu Mati
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Horor
  • Rumah Produksi: Unlimited Production
  • Sutradara: Hadrah Daeng Ratu
  • Pemeran: Natasha Wilona, Ria Ricis, Al Ghazali

Film ini diadaptasi dari cerita Wattpad karangan penulis Arumi E. Ceritanya tentang seorang gadis SMA bernama Siena (Natasha Wilona) yang memiliki kemampuan untuk melihat kematian orang lain setelah mengalami mati suri. Kehidupan Siena pun kini dipenuhi dengan teror dan ia merasa sangat tidak nyaman dengan 'penglihatannya' tersebut.

Di film horor ini, Al Ghazali kebagian peran sebagai Brama, seorang kakak kelas yang disukai Siena. Brama punya karakter yang cool dan kalem, ia juga tertarik dengan Siena dan berusaha mendekati gadis tersebut. Meski demikian, Brama termasuk tokoh yang punya takdir buruk, terbukti ketika Siena bisa melihat pertanda bahwa ajal Brama semakin dekat.

3. 13: The Haunted

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Horor
  • Rumah Produksi: RA Pictures
  • Sutradara: Rudy Soedjarwo
  • Pemeran: Ahmad Al Ghazali, Valerie Thomas, Endy Arfian, Atta Halilintar, Achmad Megantara, Mikha Tambayong, Marsha Aruan

Sekelompok anak muda berniat membuat vlog untuk mengalahkan The Jackal, duo vlogger horor yang sempat mengacaukan pesta mereka. Garin (Endy Arfian) punya ide untuk membuat video horor dan datang ke tempat mistis yang belum pernah didatangi The Jackal. Mereka akhirnya memutuskan untuk pergi ke Pulau Ayunan yang terkenal angker.

Al Ghazali sendiri berperan sebagai Rama, remaja laki-laki yang dijuluki Mr.Perfect oleh teman-temannya. Bukan tanpa alasan, julukan tersebut memang sesuai dengan sosok Rama yang terlihat memiliki segalanya.

Rama digambarkan sebagai pemuda yang punya wajah tampan, materi berlebih, bahkan memiliki seorang kekasih yang cantik bernama Celsie (Valerie Thomas). Untuk karakter perfect seperti ini tampaknya memang sangat cocok untuk Al Ghazali yang memang terlihat nyaris sempurna di kehidupan nyata.

4. Kembalinya Anak Iblis

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Horor
  • Rumah Produksi: RA Pictures
  • Sutradara: Rudi Soedjarwo
  • Pemeran: Ahmad Al Ghazali, Mikha Tambayong, Valerie Thomas, Steffi Zamora, Endy Arfian, Marsha Aruan, Atta Halilintar

Sekuel dari "13: The Haunted" ini mengisahkan Rama (Al Ghazali) dan beberapa temannya yang kembali ke Pulau Ayunan untuk memulangkan arwah yang selama ini meneror mereka, sekaligus menemukan mayat dua teman mereka yang tewas di film pertama. Akan tetapi, Rama dan kawan-kawannya justru kembali mendapatkan teror yang lebih mengerikan.

Di film ini, Al Ghazali masih dipercaya untuk memerankan tokoh Rama, si Mr.Perfect yang hampir punya segalanya. Namun sedikit berbeda dengan film "13: The Haunted", Rama di sini tak lagi digambarkan sebagai pemuda yang penuh kegembiraan, tapi justru sebaliknya.

Sepulang dari Pulau Ayunan, Rama kerap bermimpi buruk. Semuanya disebabkan karena karena sang adik menghilang di Pulau Ayunan dan kekasihnya mengalami gangguan mental. Rama juga yang akhirnya berinisiatif untuk kembali ke pulau tersebut untuk menyelesaikan semuanya, dan ia meminta bantuan Klara (Mikha Tambayong) dari The Jackal.

5. LDR

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama
  • Rumah Produksi: Maxima Pictures
  • Sutradara: Guntur Soerharjanto
  • Pemeran: Al Ghazali, Verrell Bramasta, Mentari De Marelle, Aurelie Moeremans

Carrie (Mentari de Marelle), gadis yang tergila-gila dengan cerita Romeo dan Juliet ini pergi ke Italia untuk mencari sosok Romeonya sendiri. Ia lalu bertemu dengan Demas (Verrell Bramasta), pemuda yang sedang patah hati setelah diputus oleh pacarnya yang bernama Alexa. Hubungan Carrie dan Demas pun semakin dekat, tapi Paul (Al Ghazali) juga muncul dan mencuri perhatian Carrie.

Di film ini, Al Ghazali masih berusia sekitar 18 tahun, tapi ia  sudah dipercaya untuk memerankan sosok Paul yang berprofesi sebagai seorang penulis novel ternama. Paul memiliki karakter yang terkesan cuek, sinis, dan cool, sehingga sangat cocok diperankan oleh Al Ghazali yang memang memiliki image seperti itu di dunia nyata.

Paul sendiri adalah adik dari Demas, namun ia memiliki hubungan yang kurang akur dengan sang kakak. Hal ini disebabkan karena Demas menganggap Paul sebagai kambing hitam yang menyebabkan hubungannya dengan Alexa menjadi retak. Tak hanya kepada Demas, Paul juga menunjukkan sikap sinis pada Carrie di awal-awal pertemuan mereka.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram