Bacaterus / Film Artis India / 10 Film Ajay Devgan Terbaik, Dramatis dan Menguras Emosi

10 Film Ajay Devgan Terbaik, Dramatis dan Menguras Emosi

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi para penggemar film-film Bollywood, nama Ajay Devgan berikut akting dan ketampanannya bukan lagi sesuatu yang asing. Lelaki yang tetap tampan meski sudah menginjak usia lebih dari setengah abad ini merupakan salah satu aktor papan atas industri film India. Namanya dalam sebuah film ibarat jaminan mutu.

Ajay Devgan juga dikenali sebagai suami dari aktris papan atas India, Kajol. Mereka menikah sejak belasan tahun yang lalu. Beberapa kali terlibat dalam film yang sama, mereka berdua adalah pasangan ideal yang diidamkan banyak orang. Sebab masing-masing punya kualitas luar biasa dalam berakting.

Ajay Devgan

Aktor bermata tajam ini mengawali karirnya di dunia akting pada 1991 lalu. Dalam kurun waktu tersebut, sebagai aktor, sutradara sekaligus produser, puluhan film sudah dia hasilkan. Beberapa dari flm-film tersebut berhasil mengantarkannya dinominasikan atau mendapatkan penghargaan bergengsi.

Sebut saja film Naajayaz yang dia bintangi pada 1995 lalu. Film tersebut merupakan film pertama yang membuatnya dinominasikan sebagai aktor terbaik pada penghargaan Filmfare. Sejak itu kesuksesan bagai menjadi nama tengahnya. Film yang dia mainkan selalu diminati sebab berkualitas.

Semakin penasaran dengan film Ajay Devgan dan berniat untuk mulai menontonnya satu-satu? Berikut kami rekomendasikan untuk kamu 10 film terbaik dari Ajay Devgan! Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Naajayaz (1995)

Naajayaz (1995)

Film Ajay Devgan yang pertama ini membuatnya dinominasikan sebagai aktor terbaik dalam ajang penghargaan bergengsi. Secara garis besar, Naajayaz bercerita mengenai petugas polisi yang berdedikasi dan tegas. Dengan kemampuannya dia hampir berhasil mengungkap kasus gengster yang paling terkenal.

Akan tetapi sebelum kasus tersebut benar-benar terungkap, dia dipindahtugaskan. Belakangan diketahui bahwa gangster yang dia kejar-kejar dan coba tangani adalah ayah kandungnya sendiri. Dalam film ini Ajay Devgan berperan sebagai tokoh utama, yakni Inspektur Jay Bakshi.

Naajayaz disutradari oleh Mahesh Bhatt. Selain Ajay Devgan turut juga beberapa aktor dan aktris yang terlibat. Mereka di antaranya adalah Naseeruddin Shah sebagai Raj Solanki (gangster), Juhi Chawla, Deepak Tijori dan Reema Lagoo.

2. Hum Dil De Chuke Sanam (1999)

Hum Dil De Chuke Sanam (1999)

Empat tahun berselang, Ajay Devgan kembali berhasil membintangi sebuah film. Kali ini dia beradu akting dengan dua pemain film papan atas India lainnya, yakni Aishwarya Rai dan Salman Khan. Film tersebut berjusul Hum Dil De Chuke Sanam.

Hum Dil De Chuke Sanam merupakan karya sutradara Leela Bhansali. Film ini adalah film romantis yang menggambarkan perasaan seorang pengacara bernama Vanraj (Ajay Devgan) kepada wanita (Aishwarya Rai) yang sudah memiliki pasangan (Salman Khan).

Bagaimana dengan kelanjutan kisah cinta segitiga ini? Akankan Vanraj merelakan atau mendapatkan gadis impiannya? Hum Dil De Chuke Sanam juga dirilis secara internasional. Judulnya pun disesuaikan menjadi Straight From the Heart.

3. Zakhm (1998)

Zakhm (1998)

Mundur satu tahun ke belakang sebelum penayangan Hum Dil De Chuke Sanam, Ajay Devgan membintangi film yang berhasil untuk pertama kali mengantarkannya menyabet penghargaan nasional. Film tersebut berjudul Zakhm.

Zakhm disutradari oleh Mahesh Bhatt; sutradara yang sama dengan film Naajayaz. Film ini bercerita mengenai perjuangan anak laki-laki yang memiliki keinginan untuk mengubur ibunda yang sudah meninggal menggunakan tata cara Islam. Dalam filmya ini Ajay Devgan dinilai lebih banyak bicara menggunakan mata daripada kata-katanya.

Zakhm dibintangi oleh Ajay Devgan, Sonali Bendre, Pooja Bhatt, Nagarjuna dan Kunel Khemu. Bagaimana sedihnya cerita film ini? Berhasilkan keinginan anak itu terwujud?

4. The Legend of Bhagat Singh (2002)

The Legend of Bhagat Singh (2002)

Film Ajay Devgan bertajuk The Legend of Bhagat Singh merupakan film kedua yang mengantarkannya mendapat Penghargaan Film Nasional atas aktingnya sebagai Bhagat Singh. The Legend of Bhagat Singh merupakan sebuah film biografi sejarah mengenai seorang revolusioner muda bernama Bhagat Singh.

Dia seorang revolusioner yang berjuang untuk kemerdekaan India bersama dengan Asisiasi Republik Hindustan.  Film ini menceritakan tentang perjalanan seorang Bhagat dari mulai kecil hingga berakhir di tiang gantungan pada 23 Maret 1931 silam.

Film bernuansa perjuangan ini disutradarai oleh Rajkumar Santoshi. Selain Ajay Devgan, turut juga terlibat beberapa pemain lain seperti Sushant Singh, Akihilendra Mishra, D. Santosh, Farida Jalal, Raj Babbar dan Amrita Rao. Penasaran bagaimana emosi yang ditawarkan film ini? Segera saksikan!

5. Company (2002)

Company (2002)

Ajay Devgan tentu tidak melulu berperan sebagai good gay; lelaki baik-baik yang memperjuangkan dan membela sesuatu. Sekali waktu, dia juga berperan sebagai bad gay. Salah satunya dalam film Company ini. Ajay Devgan berperan sebagai anggota gangster yang paling ditakuti di Mumbai.

Memainkan peran sebagai Malik, Ajay Devgan sangat apik menjajal kemampuan akting jahatnya. Adegan perang antargeng menjadi salah satu bagian yang membuat film ini semakin seru dan sayang jika dilewatkan. Di film ini, Ajay Devgan beradu peran dengan Vivek Oberoi dan Madan Joshi.

6. Omkara (2006)

Omkara (2006)

Film Ajay Devgan berjudul Omkara yang tayang pada 2006 lalu ini merupakan adaptasi dari karya Shakerspeare pada abad ke-17 berjudul Othello. Dalam film ini Ajay Devgan berperan sebagai Omkara; seorang kepala suku yang mengepalai sekelompok penjahat.

Di antara kelompok-kelompok penjahat yang dia kepalai, tersebutlah Langda Tyagi yang licik dan Kesu. Keduanya dimainkan dengan baik oleh Saif Ali Khan dan Viviek Oberoi. Mereka merupakan dua kelompok penjahat yang cukup aktif.

Langda kemudian diceritakan mengamuk saat Omi justru memilih Kesu sebagai letnan utama. Dengan dendam dan rasa iri, Langda membuat rencana yang melibatkan tunangan Omkara bernama Dolly (Kareena Kapoor). Langda membuat seolah-olah Kesu memiliki hubungan dengan Dolly.

Bagaimana konflik antara mereka berlangsung? Seperti apa menyeramkannya jika kepala sekelompok penjahat marah? Temukan jawabannya hanya di Omkara!

7. Once Upon a Time in Mumbaai (2010)

Once Upon a Time in Mumbaai (2010)

Satu lagi film Ajay Devgan yang bercerita tentang kehidupan seorang gangster. Film yang dimaksud adalah Once Upon a Time in Mumbaai. Film ini disutradarai oleh Milan Luthria. Selain Ajay Devgan pemain lain yang terlibat adalah Emraan Hashmi, Kangna Ranaut, Prachi Desai serta Randeep Hooda.

Film ini bermula dari upaya bunuh diri yang dilakukan oleh Agnel Wilson (Randeep Hooda). Dia merupakan Asisten Komisaris Polisi yang merasa bertanggungjawab atas peristiwa pemboman yang terjadi di Mumbaai pada 1993 silam.

Dia lantas menceritakan bahwa ketidakmampuannya itu pula yang melahirkan seorang gengster bernama Shoaib Khan (Emraan Hashmi). Wilson kemudian memutar ulang memorinya ke Mumbaai di tahun 1970-an. Ketika itu ada seorang penyelundup baik hati bernama Sultan Mirza (Ajay Devgan), lalu akhirnya Sultan digantikan oleh Shoaib.

8. Drishyam (2015)

Drishyam (2015)

Drishyam yang tayang pada 2015 lalu adalah remake dari film berjudul Malayalam (2013). Berlaku sebagai sutradara adalah Nishikant Kamat. Dalam film ini Ajay Devgan beradu akting dengan Shriya Saran dan Tabu.

Ajay Devgan berperan sebagai Vijay Salgaonkar. Dia adalah seorang pengusaha TV kabel yang menikah dengan Nandini dan memiliki dua anak angkat bernama Anju dan Anu. Masing-masing duduk di kelas dua belas dan enam.

Suatu ketika Anju mengikuti sebuah kamp dan mengalami pelecehan seksual. Aktivitasnya selama di kamar mandi direkam oleh kamera handphone tersembunyi milik Sameer Deshmukh.

Ancaman Sameer tidak berhenti sampai di situ. Dia bahkan mengajukan syarat harus berhubungan badan dengan Nandini apabila ingin rekaman tersebut dihilangkan atau dia menjauh dari Anju. Konflik pun berlanjut dengan peristiwa-peristiwa menegangkan lainnya.

9. Raid (2018)

Raid (2018)

Film Ajay Devgan selanjutnya berlatar tahun 1980-an. Raid bercerita tentang seorang Amay Patnaik (Ajay Devgan) yang merupakan seorang petugas Departemen Perpajakan. Dengan berani Amay harus berurusan dengan seorang politisi yang memiliki pengaruh besar bernama Tauji. Politisi tersebut diperankan oleh Saurab Shukla.

Raid adalah film yang disutradarai oleh Raj Kumar Gupta. Film ini tayang pada 2018 lalu dan masuk jajaran box office India dengan penghasilan sekitar 53 Crore Rupee atau Rp 106 miliar. Raid dibintangi juga oleh Ileana D’Cruz sebagai Nita Patnaik, istri dari Amay Patnaik.

10. Tanhaji: The Unsung Warrior (2020)

Tanhaji: The Unsung Warrior (2020)

Satu lagi film biopik sejarah yang dibintangi oleh Ajay Devgan setelah The Legend of Bhagat Singh, yaitu Tanhaji: The Unsung Warrior. Film ini memiliki latar belakang kejadian di abad ke-17 berdasarkan kisah Tanaji Malusare. Dia adalah seorang pemimpin militer Shivaji yang merupakan pendiri Kekaisaran Maratha.

Dikisahkan bahwa Tanaji Malusare berupaya untuk mengambil kembali benteng Kondhana sesaat setelah diserahkan kepada Kaisar Mughal Aurangzeb. Tanhaji: The Unsung Warrior disutradari oleh Om Raut dan dibintangi oleh Ajay Devgan, Kajol dan Saif Ali Khan. Penasaran dengan film Ajah Devgan paling baru ini?

Sepuluh film Ajay Devgan di atas benar-benar harus kamu saksikan. Jalan cerita yang penuh drama dan intrik serta akting Ajay Devgan yang cantik dijamin tidak akan mengecewakan. Selamat menyaksikan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *