Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2018

Nama Adipati Dolken dikenal sebagai salah satu aktor muda terlaris di tanah air pada saat ini. Pria keturunan Jawa-Jerman ini mulai dikenal saat pertama kali memerankan tokoh Virgo dalam sinetron “Kepompong.” Sejak saat itu, tawaran untuk bermain di film layar lebar mulai berdatangan dan pria bernama asli Adipati Koesmadji ini sekarang lebih fokus berkarir dalam dunia perfilman ketimbang menjadi bintang sinetron.

Pria kelahiran 19 Agustus 1991 ini masih terlihat awet muda meskipun usianya sudah tak lagi belia. Selain itu, kemampuan perannya juga membuat pria yang akrab disapa “Dodot” ini terpilih untuk memerankan peran utama di sejumlah film layar lebar. Nah, jika Anda adalah fans dari Adipati, maka simak ulasan mengenai 10 film Adipati Dolken yang terbaik versi Bacaterus ini.

10 Film Terbaik Adipati Dolken

1. Perahu Kertas [2012]

Perahu Kertas Film Adipati Dolken

Perahu Kertas bukan film Adipati Dolken yang pertama. Namun, di film inilah nama Adipati mulai diperhitungkan dalam dunia layar lebar. Film ini sendiri merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karangan Dewi “Dee” Lestari.

Film ini menceritakan tentang pasang surut hubungan Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). Keduanya saling tertarik satu sama lain, tapi tidak ada yang mau mengungkapkan lebih dulu. Hubungan tersebut diuji ketika Keenan bertemu gadis ayu yang membangkitkan semangatnya, Luhde (Elyzia Mulachela) dan Kugy bertemu Remi (Reza Rahadian). Tak disangka-sangka keempat orang ini terjebak dalam hubungan yang rumit.

2. Malaikat Tanpa Sayap [2012]

Malaikat Tanpa Sayap

Adipati kembali bertemu dengan Maudy Ayunda dalam film Malaikat Tanpa Sayap. Namun, di film ini mereka tidak memerankan Kugy dan Keenan, melainkan Vino (Adipati Dolken) dan Mura (Maudy Ayunda).

Hubungan Vino dengan keluarga tidak dekat, terutama setelah ayahnya, Amir (Surya Saputra), bangkrut karena ditipu rekan bisnisnya. Ibunya, Mirna (Kinaryosih) justru tega meninggalkan adik Vino yang baru berusia 5 tahun.

Suatu hari, Mirna mengalami kecelakaan dan membutuhkan donor darah golongan A rhesus negatif. Vino yang golongan darahnya sama bermaksud mendonorkan darah untuk ibunya. Di situ, Vino bertemu dengan Calo (Agus Kuncoro), yang mencari pendonor jatung dengan golongan darah yang sama dengan Vino.

Ketika Vino mantap bertransaksi dengan Calo, di rumah sakit itu Vino bertemu Mura. Sejak itulah Vino merasa hidupnya berwarna dan ingin membatalkan janjinya dengan Calo. Sayangnya, Calo tidak menerima hal ini dan justru marah besar.

3. Slank Nggak Ada Matinya [2013]

Slank Nggak Ada Matinya

Sebagai aktor serba bisa, Adipati memang selalu bersemangat mencoba berbagai peran baru. Slank Ngga Ada Matinya adalah film Adipati Dolken yang membuat Adipati keluar dari zona aman. Di film ini, Adipati memerankan sosok Bimbim, drummer sekaligus pendiri band legendaris, Slank.

Akting Adipati benar-benar mirip dengan Bimbim. Bahkan, cara bicaranya pun terlihat sama. Totalitas Adipati juga diperlihatkan ketika ia memerankan Bimbim yang sedang sakau dan frustasi saat dihalangi orang-orang terdekatnya untuk mendapatkan narkotika. Benar-benar sebuah totalitas peran yang luar biasa dari Adipati.

4. Sang Kiai [2013]

Sang Kiai

Film Adipati Dolken yang satu ini merupakan film drama biografi yang menceritakan tentang sosok KH Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama dari Jombang, Jawa Timur. Meskipun tidak memperoleh peran utama, tetapi Adipati berhasil membawa pulang Piala FFI untuk kategori pemeran pendukung pria terbaik melalui film Sang Kiai.

Adipati memerankan sosok Harun, murid kepercayaan KH Hasyim Aysari di Pondok Pesantren Tebu Ireng. Harun merupakan murid dengan semangat yang membara untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

5. Operation Wedding [2013]

Operation Wedding

Bagi Anda yang menyukai film drama romantis, Operation Wedding adalah film yang lucu sekaligus romantis untuk ditonton. Film ini menceritakan tentang Windi (Yuki Kato) yang memiliki seorang ayah yang galak, Laksamana Angkatan Laut Kardi (Bucek Depp).

Ketika Windi bertemu kembali dengan cinta monyetnya, Rendi (Adipati Dolken), mereka memutuskan untuk menikah muda. Namun, keinginan tersebut terhalang karena ketiga kakak perempuan Windi belum menikah. Windi dan Rendi mencari berbagai cara untuk membuat kakaknya segera dilamar oleh kekasihnya masing-masing.

Beragam tingkah kocak dan lucu akan mewarnai film ini. Berhasilkah usaha Windi untuk membuat ketiga kakaknya segera dinikahi oleh pacarnya masing-masing?

6. Kukejar Cinta ke Negeri Cina [2014]

Kukejar Cinta ke Negeri Cina

Satu lagi film Adipati Dolken yang menceritakan tentang pasang surut kehidupan cinta dua sejoli. Tokoh utama dalam film ini bernama Imam (Adipati Dolken), mahasiswa abadi yang tak pernah menjalankan kewajibannya sebagai umat Muslim. Imam menjalin kasih dengan Widya (Nina Zatulini) selama 4 tahun. Namun, Widya jengah karena Imam tak kunjung lulus dan melamarnya.

Suatu hari, Imam bertemu dengan Chen Jia Li (Eriska Rein), gadis muslim dari Tiongkok yang berlibur ke Indonesia. Imam jatuh cinta pada Chen Jia Li meskipun sudah ada Widya di hidupnya. Bahkan, Imam nekat memutuskan Widya dan menyusul Chen Jia Li ke negeri tirai bambu.

Di sana, ternyata Imam menemukan kenyataan bahwa Chen Jia Li sedang khitbah dengan seorang pria bernama Ma Fu Hsien. Imam memberanikan diri meminta Chen Jia Li kepada tunangannya itu. Chen Jia Li bimbang ketika diminta untuk memilih. Menurutnya, tak ada alasan untuk menolak pria seperti Ma Fu Hsien.

7. Jenderal Soedirman [2015]

Jenderal Soedirman

Hampir sebagian besar film Adipati Dolken bergenre drama. Namun, di tahun 2015 Adipati mengambil tantangan baru dengan memerankan tokoh pahlawan nasional, Jenderal Soedirman.

Di film “Jenderal Soedirman” ini Anda akan diajak untuk menyaksikan sedikit sejarah saat Jenderal Soedirman memperjuangkan kemerdekaan bersama tentara nasionalnya. Strategi perang gerilya yang disusun oleh Soedirman membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu.

8. Catatan Dodol Calon Dokter [2016]

Catatan Dodol Calon Dokter

Seorang Adipati juga bisa berperan dalam film komedi. Adipati membuktikan kemampuannya sebagai aktor komedi dalam film Catatan Dodol Calon Dokter. Dalam film ini, Adipati berperan sebagai Riva yang masuk ke fakultas kedokteran karena ikut-ikutan sahabatnya, Evi (Tika Bravani).

Kesalahan demi kesalahan dilakukan oleh Riva saat ko-ass. Riva pun mulai meragukan pilihannya sebagai dokter. Belum lagi kedekatan Riva dengan Vena (Aurelie Moremans), ko-ass cantik pemegang saham rumah sakit, justru membuat hubungannya dengan Evi retak. Ketika Evi hendak pergi meninggalkannya, baru Riva sadar bahwa sebenarnya ia mencintai Evi.

9. Posesif [2017]

Posesif

Posesif adalah salah satu film Adipati yang terlaris di pasaran. Aktingnya dengan aktris pendatang baru, Putri Marino, sangat mengagumkan. Jalan cerita film ini juga tak biasa karena menggambarkan kisah cinta SMA dari sisi yang berbeda.

Lala (Putri Marino) menjalin hubungan dengan siswa baru bernama Yudhis (Adipati Dolken). Hidup Lala jadi berwarna ketika ia bersama Yudhis. Namun, indahnya kisah cinta mereka ternyata justru mengenalkan Lala pada sisi gelap cinta. Cinta Yudhis yang tadinya sederhana kini menjadi rumit dan berbahaya. Janji setia yang mereka ucapkan ternyata menjadi sebuah jebakan.

10. #TemanTapiMenikah [2018]

Teman Tapi Menikah

Yang satu ini mungkin film yang sangat spesial bagi Adipati. Pasalnya, di film ini ia dipasangkan dengan sang kekasih, Vanesha Prescilla. #TemanTapiMenikah adalah film yang menceritakan hubungan persahabatan Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion.

Film dengan jalan cerita yang ringan tetapi memiliki akhir yang mengejutkan ini mampu membuat para penonton baper dengan kisah cinta masa sekolah sampai dewasa. Ayu dan Ditto sendiri merupakan teman sejak SMP. Sempat menjalin hubungan dengan orang lain, tetapi akhirnya Ayu dan Ditto memantapkan hubungan mereka dalam ikatan pernikahan.

10 film Adipati Dolken ini bisa Anda tonton untuk mengisi akhir pekan Anda. Tak hanya menyaksikan paras tampan Adipati saja, 10 film ini juga memiliki jalan cerita yang menarik, lho.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .